Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya
Perlu diketahui bahwa saat ini iklan konvensional sudah kurang peminatnya. Selain karena membutuhkan biaya yang mahal, juga tidak ada parameter untuk mengukur performa iklan secara tepat. Inilah alasan mengapa banyak pebisnis lebih tertarik belajar digital marketing.
Digital marketing memungkinkan untuk melakukan pemasaran dengan cara yang mudah, murah serta memiliki jangkauan pasar yang luas. Terlebih lagi, siapapun bisa melakukannya, termasuk diantaranya pebisnis kelas UMKM. Lalu apa itu digital marketing? Apa keuntungannya dan bagaimana cara mulai belajarnya? Artikel ini akan membahasnya secara lengkap.
Apa Itu Digital Marketing?
Secara sederhana, yang menjadi definisi digital marketing adalah aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan media digital atau internet. Menggunakan media atau platform yang beragam mulai dari website marketing, sosial media marketing, email marketing, google bisnisku, dan lain sebagainya.
Dalam 20 tahun terakhir, semakin banyak yang menggunakan internet marketing, namun mencapai puncaknya sekitar 10 tahun terakhir. Karena cara pemasarannya yang lebih efektif dan efisien lantaran biaya promosi yang lebih rendah, namun menghasilkan konversi yang lebih tinggi ketimbang marketing konvensional.
Keuntungan Menjadi Digital Marketer
Setidak-tidaknya dalam kurun 10 tahun terakhir ini, digital marketing mengalami puncak traffic-nya. Jika membandingkannya dengan marketing konvensional, digital marketing memiliki banyak kelebihan antara lain :
1. Lebih Hemat Biaya
Bayangkan jika UMKM harus bersaing dengan perusahaan besar dengan memasang iklan di televisi, koran, billboard, spanduk, reklame, dan lain sebagainya. Tentu hal itu membutuhkan biaya yang sangat besar, bahkan kelewat besar bagi UMKM dengan modal yang terbatas.
Berbeda jika menggunakan digital marketing, pelaku UMKM memiliki kesempatan membuat iklan dengan jangkauan yang tidak jauh berbeda dengan perusahaan besar. Bisa bersaing secara sejajar dengan cara marketing yang sama. Inilah yang menyebabkan perusahaan kecil mampu menyaingi perusahaan besar dalam meningkatkan brand awareness-nya.
2. Menjangkau Target Market Lebih Besar
Internet seperti rimba luas tanpa batas, dan dengan internet marketing, Anda bisa menjangkau target market lebih luas lagi. Misal, toko yang berlokasi di Aceh bisa dengan mudah mendapatkan pembeli dari Papua, begitupun sebaliknya.
Bahkan tak jarang mendapat pembeli dari luar negeri. Dengan jangkauan yang luas inilah yang menyebabkan bisnis lebih cepat berkembang.
Dan kabar baiknya lagi, dengan jangkauan yang sangat luas ini, Anda bisa membidik target market dengan spesifikasi tertentu. Seperti jenis kelamin, lokasi, demografi, minat dan bakat, tingkat usia, dan berbagai spesifikasi lainnya, agar pemasaran lebih tertarget dengan tingkat konversi yang lebih tinggi.
3. Membantu Komunikasi Lebih Baik
Digital marketing bisa membantu komunikasi yang baik dengan pelanggan melalui sosial media, email, website, Google MyBusiness, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, Anda bisa menyapa mereka secara real-time 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
Selain itu, pelanggan juga bisa menyampaikan berbagai pertanyaan, keluhan, kritik, saran, atau apapun terkait produk dan layanan. Kelebihan inilah yang tidak tersedia pada marketing konvensional.
Dengan komunikasi dua arah ini, Anda bisa mengerti bagaimana cara menjalankan perusahaan agar sinkron dengan apa yang pelanggan dan target market butuhkan.
4. Data Lebih Akurat
Digital marketing memungkinkan bagi pebisnis untuk mendapat data yang akurat tentang pelanggan. Dari informasi ini Anda bisa mengetahui apa saja produk yang banyak peminatnya, konten seperti apa yang banyak penggemarnya, cara pembayaran seperti apa yang paling populer, dan lain sebagainya.
Semua data itu bisa Anda gunakan untuk memperbaiki jalannya bisnis, menyediakan konten yang relevan dengan produk sekaligus ramah audiens, menyediakan berbagai pilihan pembayaran untuk mempermudah transaksi pelanggan, dan perbaikan-perbaikan lain agar bisnis semakin baik.
Cara Belajar Digital Marketing
Setelah mengetahui apa saja keuntungan internet marketing, mungkin Anda tertarik untuk belajar digital marketing. Jika masih pemula, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mempelajari digital marketing dengan mudah, murah dan menyeluruh.
1. Mulai dari Personal Blog Pribadi
Platform pertama yang harus digital marketer miliki adalah website. Website seperti toko online yang tidak hanya berguna sebagai etalase untuk meletakkan produk, akan tetapi juga sebagai portofolio online yang menampilkan profil perusahaan.
Jika belum memiliki website marketing perusahaan, Anda bisa memulainya dengan menggunakan blog pribadi. Baik blog dengan domain berbayar ataupun blog dengan domain gratisan.
Akan tetapi sebisa mungkin pilih blog dengan domain berbayar, karena terlihat lebih profesional baik dalam pandangan audiens ataupun robot search engine sendiri.
2. Ikuti Kursus Digital Marketing Berbayar
Cara belajar digital marketing selanjutnya adalah dengan mengikuti kursus digital marketing. Baik yang berbayar yang umumnya praktisi digital marketing sering adakan, atau yang pemerintah adakan melalui Kominfo atau Departemen perdagangan dan usaha kecil atau lewat Kelas Prakerja.
Kursus digital marketing ini biasanya lengkap dengan praktik nyata, tentang bagaimana cara membuat toko online menggunakan beberapa platform. Lalu biasanya akan memberikan sertifikat sebagai bukti keahlian di bidang digital marketing.
3. Baca Buku dan Blog Digital Marketing
Selain mengikuti kursus berbayar, Anda juga bisa membaca beberapa buku digital marketing dan membuka toko online. Biasanya buku ini ditulis oleh praktisi dan dijual dengan berbagai bentuk di toko buku.
Pilihlah buku yang mudah dalam memahaminya serta lengkap dengan tutorial. Atau sesuai dengan kebutuhan karena tidak semua buku isinya sama.
Ada yang menyajikan teori digital marketing secara lengkap, tapi juga ada yang khusus membedah platform tertentu saja. Misalkan hanya membahas bagaimana sukses jualan di Instagram, atau misal tentang bagaimana membuat website marketing yang unik dan menarik.
4. Tonton Video Youtube
Tapi bagi Anda yang tidak mau repot membeli buku, bisa menggunakan cara belajar digital marketing lainnya dengan menonton video YouTube. Ada banyak sekali channel YouTube yang membahas tentang digital marketing.
Tidak hanya dari para ahli atau akademisi yang berkecimpung dalam digital marketing, tapi juga dari beberapa digital marketer perusahaan besar ternama. Beberapa dari mereka akan senang hati memberi ilmu terkait internet marketing.
Dan sebagai tanda terima kasih, Anda bisa menekan tombol subscribe, like, dan memberi komentar pada channel YouTube-nya.
5. Ikuti Webinar Digital Marketing
Webinar adalah seminar yang dilakukan secara daring yang biasa membahas banyak tema, termasuk diantaranya tentang digital marketing. Dibandingkan dengan e-course, webinar biasanya dilakukan oleh akademisi seperti kampus atau sekolah kejuruan, baik berbayar atau gratis.
Tidak ada salahnya mengikuti webinar ini, terutama jika diadakan oleh para ahli di bidangnya. Anda bisa mengetahui bagaimana cara mereka melakukan digital marketing mulai dari awal hingga sukses dan mengetahui pula berapa omset bisnis setelah digitalisasi.
6. Dengarkan Podcast Digital Marketing
Podcast sekarang tidak hanya dimiliki para artis untuk membahas seputar gosip saja, tapi juga digunakan oleh digital marketer untuk berbagi cerita, pengalaman, serta tips dan trik terkait internet marketing.
Cari saja di Google podcast tentang digital marketing yang dibagi gratis. Dengarkan baik-baik, jika perlu catat beberapa bagian yang dirasa cukup penting.
7. Join Group Facebook
Ada banyak group Facebook yang membahas tentang ilmu dan perkembangan internet marketing. Anggotanya beragam, mulai yang sudah ahli hingga mereka yang masih pemula. Gabung saja bersama group tersebut.
Jika ada pertanyaan, Anda bisa bertanya dengan membuat postingan. Semua anggota group yang tahu jawabannya akan menjawab dengan senang hati.
8. Join Forum Digital Marketing
Tidak hanya di Facebook saja, forum digital marketing juga hadir pada group WhatsApp, Telegram, Discord, hingga obrolan di Kaskus atau komunitas lainnya yang mana Anda bisa masuk menjadi anggota. Cara belajar digital marketing seperti ini cukup efektif karena menyediakan ruang untuk diskusi.
9. Follow Influencer Digital Marketing Di Media Sosial
Banyak influencer digital marketing yang membuat akun sosial media atau membuat halaman khusus yang menampilkan profil serta berbagai postingan terkait ilmu digital marketing. Anda bisa menjadi followernya atau menyukai halaman sosial medianya, agar tidak ketinggalan semua ilmu tentang internet marketing yang ditulisnya.
10. Daftar Kursus Sertifikasi Gratis
Tertarik mengikuti kursus digital marketing gratis bersertifikat? Bisa saja. Ada banyak kursus online bersertifikat dan gratis pula yang tersedia di internet seperti halnya Facebook Blueprint, Google Ads Sertification, Google Analytics Academy, dan lain sebagainya.
Meski gratis, materinya tetap lengkap dan berbobot, karena yang menyelenggarakan adalah perusahaan digital raksasa besar dunia.
11. Ambil Master/ S2 Jurusan Digital Marketing
Nah, bagi Anda yang tertarik cara belajar digital marketing dari jalur akademis, tidak ada salahnya mengambil jurusan S2 jurusan digital marketing. Jurusan ini biasanya ada di fakultas ekonomi atau teknologi informatika.
Tidak hanya kampus swasta saja, jurusan digital marketing ini juga banyak terdapat di kampus negeri yang memiliki. Jika keuangan Anda berlebih, tidak ada salahnya mengambil kampus di luar negeri.
12. Learn Digital with Google
Anda dapat mengakses program Google digital garage secara gratis. Program ini dibuat untuk membantu pengusaha kecil menengah menggunakan digital marketing untuk pemasarannya. Materi pembelajarannya sangat mudah untuk dicerna namun tentunya Anda harus punya komitmen untuk menyelesaikan course hingga selesai.
13. Digital Marketing Seminar Dan Konferensi
Konferensi adalah pertemuan antar organisasi, hingga antar negara untuk membahas dan menyelesaikan berbagai permasalahan. Termasuk juga pertemuan untuk membahas digital marketing.
Ada beberapa konferensi digital marketing yang diikuti banyak digital marketer dunia, seperti waset.org dan SXSW conference. Jika berminat, Anda bisa melihat kapan jadwal konferensi dilakukan lalu mendaftar secara online.
14. LinkedIn Learning
Masih belum puas dengan beberapa cara belajar digital marketing di atas? Coba saja memanfaatkan LinkedIn Learning, yaitu e-course yang diadakan oleh sosial media LinkedIn. Tujuannya adalah untuk meningkatkan skill anggotanya.
Untuk bisa mengikuti kelas ini, tentu saja Anda harus memiliki akun di LinkedIn dan yang terpenting, mengerti Bahasa Inggris. Karena mayoritas materinya disampaikan dengan menggunakan Bahasa Inggris.
15. Magang/ Internship
Ada beberapa perusahaan yang membuka kesempatan magang atau internship untuk posisi digital marketing. Umumnya Anda bisa menemukan informasinya di beberapa situs pencari kerja dan freelancer seperti jobstreet, jooble, Indeed, JobsDB, dan lain sebagainya.
Walaupun magang, biasanya perusahaan masih memberi gaji meski tidak penuh. Cara belajar digital marketing seperti ini memiliki banyak manfaat, karena selain dapat ilmu gratis, juga ada fee yang bisa Anda dapatkan meski tidak seberapa.
16. Cobalah Jadi Freelancer
Dan ini adalah cara belajar digital marketing yang terakhir, yaitu dengan menjadi freelancer yang berhubungan dengan pemasaran digital. Seperti menjadi desain grafis freelance, menjadi content writer freelance, data analis freelance dan lain sebagainya.
Langkah ini cukup efektif bagi Anda yang ingin mendapatkan ragam ilmu dari banyak perusahaan, serta tidak terikat dengan waktu dan jam masuk kantor.
Kesimpulan
Digital marketing adalah cara pemasaran atau kampanye iklan dengan biaya murah, mudah, dan sangat efektif untuk menaikkan penjualan. Namun ilmu harus dikuasai dulu oleh siapapun yang ingin menaikkan omset tanpa banyak mengeluarkan biaya iklan.
Maka dari itu, perlu ilmu yang cukup agar bisa menguasai terkait internet marketing ini. Dengan melakukan langkah belajar digital marketing dari berbagai cara dan sumber.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!
Penulis: FA
Editor: Yoan Letsoin
Terima kasih atas informasinya perihal cara belajar digital marketing untuk pemula. Meningkatkan strategi yang baik dan tepat sangat dibutuhkan untuk tiap bisnis agar terciptanya bisnis yang baik. Selain itu, Jasa Buat Logo Murah juga buat kartu nama dapat membantu memasarkan branding bisnis.
Sama-sama Kak Lovino. Sukses buat jasa logo dan kartu namanya! – Yoan