Last Updated on Februari 14, 2023 by Monika Tanaya
Ketergantungan manusia terhadap internet semakin tinggi. Termasuk ketika mereka sedang mencari sebuah produk. Biasanya melakukan riset online terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Inilah mengapa memasang iklan di platform online sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Dan Google Ads adalah salah satunya.
Tentang Google Ads
Lalu apa itu Google Ads? Google Ads adalah media iklan dari google yang memungkinkan users untuk memasang iklan pada search engine ini. Dengan iklan berbayar google ini, audiens bisa merasakan kesan secara langsung terkait produk atau layanan yang anda berikan.
Cara kerja Google Ads adalah dengan menampilkan produk atau layanan sesuai dengan kata kunci tertentu. Dibanding dengan platform lainnya, Google Ads memberi hasil yang lebih cepat dan terukur. Karena menyasar target market yang tepat.
Kelebihan Google Ads
Selain memberi hasil instan dan terukur, Google Ads juga memiliki keunggulan lainnya. Apa saja kelebihan Google Ads dibandingkan dengan platform iklan lainnya? Berikut penjelasannya selengkapnya :
1. Hemat Biaya
Memasang iklan di TV, radio, banner, atau spanduk memang cukup efektif. Tapi itu hanya sebatas untuk produk-produk tertentu saja. Terutama produk dari produsen ke konsumen luas. Bukan layanan B2B yang tidak dibutuhkan banyak orang.
Menawarkan produk bisnis to bisnis pada khalayak ramai kurang tepat. Karena sasaran market masih luas dan kurang spesifik. Biaya iklan akan lebih besar dibanding dengan konversi yang didapat.
Inilah mengapa produk atau layanan B2B lebih efektif menggunakan iklan online seperti Google Ads. Karena iklan ini hanya mengikuti audiens yang memang membutuhkannya. Bukan audiens yang tidak membutuhkan. Sehingga target market akan lebih spesifik.
2. Lebih Cepat dibandingkan SEO
SEO merupakan cara organik untuk menempatkan website pada halaman pertama mesin pencarian. Tujuannya adalah agar website mudah ditemukan. mendapat banyak pengunjung dan meningkatkan konversi.
Sayangnya, proses SEO membutuhkan waktu yang cukup lama. Serta dukungan backlink dari website populer dan bebagai elemen lainnya. Selain menyita waktu juga membutuhkan lebih banyak biaya. Karena ada beberapa komponen SEO yang harus dibeli. Seperti artikel dan backlink.
Google Ads memberikan cara yang lebih instan. Lebih cepat daripada SEO. Sehingga menghasilkan output yang lebih optimal.
3. Jangkauan yang Luas
Dibandingkan dengan Yahoo, Bing, ataupun search engine yang lain, google merupakan mesin pencari paling unggul. Karena mampu menguasai pasar hingga 97,09%.
Disinilah alasan mengapa beriklan menggunakan Google Ads sangat efektif. Karena bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan berbagai spesifikasi.
4. Target Market Lebih Spesifik
Kelebihan lain beriklan di Google Ads adalah bisa menentukan target marketing lebih spesifik. Berapa usia target, tinggal dimana, suka dengan apa, jenis kelamin laki-laki atau perempuan, dan target spesifik lainnya. Semua bisa disetting agar audiens sesuai dengan target market.
Tidak hanya itu saja. Anda juga bisa menargetkan audiens yang membuka google dengan perangkat apa. Seperti apa yang kita tahu bahwa google bisa dibuka dengan mobile, desktop dan tablet. Anda bisa menargetkan ketiganya atau hanya salah satu diantaranya.
5. Marketing Berulang-ulang
Apakah anda pernah mengalami ini? Membuka iklan yang tampil pada website yang anda kunjungi. Lalu iklan ini tetap muncul saat anda telah beralih pada website lainnya.
Inilah yang dinamakan dengan remarketing. Atau marketing berulang-ulang. Tujuannya adalah mempertahankan target market potensial. Agar terus ingat dan berakhir dengan konversi atau pembelian.
6. Reputasi Website
SEO adalah langkah untuk meningkatkan reputasi website. Dengan cara menulis artikel, membangun backlink, membuat link internal, dan lain sebagainya. Sayangnya, cara itu membutuhkan waktu yang cukup lama.
Berbeda dengan Google Ads. Google Ads adalah cara mudah dan instan untuk membangun reputasi website di search engine. Dengan cara ini audiens akan lebih cepat mengenal website. Membangun brand awareness tanpa banyak mengorbankan waktu untuk branding.
Tips Iklan di Google Ads
Setelah mengetahui apa itu Google Ads lengkap dengan berbagai kelebihannya, sekarang anda harus tahu. Bagaimana tips memasang iklan di Google untuk hasil yang lebih optimal.
1. Tujuan Adwords Adalah Jelas
Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memasang AdWords atau Google Ads adalah menentukan tujuan yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, anda bisa menentukan konsep iklan yang akan dijalankan. Mulai dari konsep landing page, copy writing, dan lainnya.
Copy writing untuk iklan produk dan layanan tentu berbeda. Begitu juga dengan konsep sales pagenya. Karena tujuan yang tidak jelas akan cenderung melebar dan menghabiskan budget lebih banyak lagi.
2. Kata Kunci yang Tepat
Iklan pada AdWords selalu mengandalkan kata kunci. Karena yang akan ditampilkan merupakan iklan sesuai dengan keyword yang diketikkan oleh audiens.
Agar bisa menemukan kata kunci yang tepat, anda bisa mencarinya di tool pencarian kata kunci. Baik yang berbayar maupun yang gratisan. Carilah kata kunci yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis anda.
3. Copy Writing yang Menarik
Kekuatan iklan terletak pada copy writing. Tulislah copy writing yang menarik audiens. Dengan menampilkan manfaat yang bisa diperoleh dari layanan atau produk.
Jangan hanya menulis copy writing untuk audiens saja. Tapi juga untuk google. Caranya dengan menyisipkan kata kunci pada judul, headline, meta deskripsi dan sebagainya.
4. Gunakan Landing Page yang Sesuai
Jangan buat audiens kecewa dengan judul yang hanya clickbait. Pastikan anda membuat landing page yang sesuai. Agar pengunjung bisa melihat tawaran sesuai dengan ekspektasinya.
Desain landing page sedemikian rupa. Agar pengunjung tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.
5. Mobile friendly
Mengapa harus mobile friendly? Karena 50,02 persen pengguna internet membuka google dengan perangkat mobile. Dengan membuat iklan yang mobile friendly diharapkan jangkauan target market lebih luas. Sehingga menghasilkan konversi yang lebih besar juga.
6. Testing
Sebelum memasukkan materi iklan, sebaiknya uji kembali masing-masing komponen iklan. Seperti penggunaan landing page, copy writing dan lain sebagainya. Jika anda memiliki lebih dari satu opsi, lakukan testing satu per satu. Dengan tujuan untuk mendapat pilihan terbaik dari opsi yang anda miliki.
7. Retargeting
Tips iklan di Google AdWords selanjutnya adalah retargeting. Yaitu mencoba menawarkan kembali pada pengunjung yang telah membuka tautan namun belum juga melakukan pembelian.
Cara memakai google Ads ini sudah banyak dilakukan oleh marketer profesional. Dan hasilnya cukup memuaskan. Banyak visitors yang merasa penasaran dengan retargeting yang mereka lakukan. Hingga akhirnya memutuskan untuk membelinya.
8. Monitoring
Tips terakhir iklan di Google Ads adalah melakukan monitoring dengan menggunakan Google Analytic. Tool ini akan membantu memantu data visitors. Terkait lokasi, hobi, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Termasuk juga jumlah kunjungan pada iklan tersebut.
Dari data ini anda bisa mengevaluasi, mengambil kesimpulan dan keputusan. Langkah optimasi apa yang akan diambil. Apakah melanjutkan iklan atau tidak. Dan berbagai keputusan lain terkait iklan yang dipasang.Nah, itulah ulasan singkat terkait Google Ads. Dari uraian diatas bisa diambil kesimpulan bahwa Google Ads adalah platform iklan yang memang layak untuk digunakan.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!