Last Updated on November 16, 2023 by Monika Tanaya
Laporan penjualan harus dimiliki oleh perusahaan besar maupun kecil. Jangan tunda untuk membuat laporan penjualan, karena data-data yang ada di dalam laporan tersebut adalah informasi tentang transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Jadi, laporan penjualan ini sifatnya konfidensial.
Kali ini Marketing Online Indonesia akan menjelaskan tentang laporan penjualan yang harus Anda ketahui dan menyediakan template gratisnya.
Definisi Laporan Penjualan
Laporan penjualan adalah dokumen, berkas, atau file yang berisi catatan penjualan barang atau jasa perusahaan. Laporan penjualan atau sales report ini dicatat setiap hari dan dilaporkan secara berkala, baik dalam rapat harian, mingguan, atau bulanan. Nantinya, laporan penjualan tersebut akan dianalisis bersama sebagai tolok ukur untuk mengambil keputusan penting perusahaan ke depannya.
Ukuran keberhasilan suatu perusahaan yang dibawakan dalam laporan penjualan dapat diukur dari segi hasil (pendapatan, barang terjual, bertambahnya pembeli) dan proses (rapat dengan calon klien, panggilan telepon, email, ajakan kerja sama).
Informasi yang Terdapat dalam Laporan Penjualan
Agar laporan bisa disampaikan dengan baik dan detail, berikut ini adalah daftar informasi yang harus ada dalam laporan penjualan, yaitu:
- Nama produk yang dijual
- Jumlah produk terjual
- Total penjualan produk
- Rata-rata transaksi per hari
- Jumlah transaksi tambahan (upselling)
- Rata-rata siklus penjualan produk
- Email atau panggilan telepon yang masuk dan keluar
- Prospek kerja sama saat laporan dibuat
- Perpanjangan kerja sama yang terjadi saat laporan dibuat
- Tingkat pengembalian produk penjualan
- Tingkat konversi yang dihasilkan
Fungsi Laporan Penjualan bagi Bisnis Anda
Laporan penjualan penting bagi perusahaan karena memiliki beberapa fungsi di bawah ini:
- Sebagai bentuk pertanggungjawaban tim yang terlibat dalam penjualan produk atau jasa di perusahaan.
- Menjadi data akurat penjualan produk yang terjadi dalam periode tertentu.
- Laporan penjualan dapat menunjukkan prospek bisnis ke depannya.
- Laporan penjualan dapat menjadi motivasi untuk bekerja lebih giat dan kreatif lagi.
- Laporan penjualan sebagai bukti nyata hasil pekerjaan di lapangan dan dapat menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan.
Cara Membuat Laporan Penjualan
- Pilihlah tema yang akan diangkat dalam rapat perusahaan.
- Tentukan tujuan dan indikator pengukuran dari pembuatan laporan penjualan dengan tema yang sudah ditentukan.
- Sesuaikan laporan yang akan disampaikan dengan peserta yang hadir dalam rapat.
- Kumpulkan bukti transaksi dalam periode tertentu yang dapat mendukung laporan penjualan.
- Susun dan hitung laporan penjualan dengan teliti.
- Rangkum laporan penjualan dalam satu media untuk dipresentasikan saat rapat.
Laporan Penjualan Template Gratis dari Marketing Online Indonesia
Kami tahu bahwa Anda disibukkan oleh rencana bisnis, produk, atau layanan perusahaan Anda. Maka dari itu, Marketing Online Indonesia menyediakan template laporan penjualan gratis dan siap pakai untuk Anda:
Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membuat laporan penjualan untuk perusahaan Anda!
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!