Review GetResponse untuk Aktivitas Marketing Bisnis Anda

Review GetResponse untuk aktivitas email marketing

Last Updated on Juli 28, 2023 by Yoan Letsoin

GetResponse adalah salah satu software all in marketing tools yang berdiri sudah lebih dari 15 tahun yang lalu. Hingga saat ini GetResponse sendiri sudah memiliki ratusan ribu pelanggan di 183 negara dan tersedia dalam 27 bahasa yang berbeda. Yes, GetResponse adalah salah satu platform yang dapat bekerja sebagai solusi komprehensif untuk mengotomatisasi kegiatan marketing bisnis Anda.

Getresponse adalah aplikasi pemasaran email yang memungkinkan Anda untuk masuk dan menyimpan daftar kontak email, membuat buletin atau newsletter yang dapat dikirim ke pelanggan dalam daftar kontak Anda, mengotomatisasi email Anda kepada pelanggan melalui fitur Autoresponder, melihat dan menganalisis statistik yang berkaitan dengan kampanye email marketing dan masih banyak lagi.

GetResponse telah menjadi platform yang dirancang untuk para marketer yang memang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Opini ini saya lontarkan karena fitur yang ditawarkan GetResponse, merupakan salah satu fitur terbaik dan canggih yang pernah saya gunakan, sama seperti ActiveCampaign dan SendinBlue.

Jika Anda mempertimbangakan untuk belanganan GetResponse, saat ini GetResponse menyediakan uji coba gratis selama 30 hari sehingga Anda dapat mencobanya tanpa banyak batasan. Tetapi sebelum Anda melakukannya, izinkan saya menghemat waktu Anda dengan mereview all-in-one marketing tool ini. Dalam postingan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda kekuatan dan kelemahan GetResponse.

Fitur GetResponse

Fitur GetResponse
Fitur GetResponse

Email Marketing

Melalui GetResponse, Anda dapat melakukan aktivitas email marketing ke daftar kontak dari database Anda. GetResponse memungkinkan Anda mengirim email secara massal ke banyak kontak di daftar kontak Anda (broadcast). Yang harus Anda lakukan adalah menulis dan menyiapkan email Anda, masukkan database daftar kontak Anda, lalu klik tombol kirim.

Dalam membuat email untuk keperluan email marketing, GetResponse menyediakan desain template yang dapat Anda gunakan secara langsung. Anda dapat menggunakan desain ini untuk meningkatkan tampilan email Anda, akan tetapi ingat, untuk selalu membuat email marketing sesederhana mungkin. Selain itu, desain template email yang ada juga sangat fleksibel sehingga tampilan email akan otomatis disesuaikan dengan gadget yang digunakan pelanggan atau prospek Anda saat membaca email.

Fitur GetResponse Autoresponder dapat menjalankan email marketing Anda secara otomatis. Autoresponder menampilkan serangkaian email campaign seperti welcome series, abandon cart dan lainnya yang dikirimkan kepada pelanggan dan prospek sesuai dengan jadwal yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda dapat mengatur jadwal pengiriman email untuk welcome series. Jadi ketika ada prospek yang mendaftarkan emailnya untuk newsletter di blog atau situs web Anda, mereka akan segera mendapatkan email sambutan dari Anda. Kemudian, seminggu setelah itu mereka bisa mendapatkan penawaran diskon untuk beberapa produk yang Anda berikan. Tiga minggu kemudian mereka bisa mendapatkan undangan email untuk mengikuti Anda di media sosial dan seterusnya, sesuai dengan apa yang Anda setting di GetResponse.

Templat GetResponse untuk Email Marketing
Templat GetResponse untuk Email Marketing

Sebelum mengirim atau menjadwalkan email, Anda memiliki opsi untuk mengaktifkan fitur “Perfect Timing”. Pada sebagian besar platform pemasaran email lainnya, Anda mungkin harus menjalankan beberapa kali split-test terlebih dahulu dengan A/B testing untuk mengetahui waktu terbaik dalam hal mengirimkan email. Tetapi di sini, GetResponse akan melakukan optimasi itu secara otomatis untuk Anda, untuk setiap kontak yang Anda miliki. Hal ini tentu saja tidak hanya akan menghemat banyak waktu Anda, tetapi juga memberi Anda hasil yang lebih baik daripada mencoba menemukan waktu terbaik secara keseluruhan untuk seluruh daftar kontak Anda. .

Pengaturan Waktu yang Sempurna lewat “perfect timing” lewat GetResponse ini lebih advance dari all-in-one marketing tool lainnya. Fitur ini bekerja dengan menggunakan data historis untuk setiap penerima email untuk menentukan kapan mereka paling mungkin membuka email dalam inbox mereka, dan kemudian mengirimkan email marketing yang Anda siapkan persis pada jangka waktu yang “sempurna” itu.

Sales Funnel

AutoFunnel GetResponse
AutoFunnel GetResponse

GetResponse menawarkan CRM bawaan di dalam aplikasinya dan CRM ini adalah fitur yang termasuk dalam paket berbayar mereka. Saya akui CRM ini sangat berguna jika Anda seorang pemasar B2B (business to business), tetapi tidak terlalu signifikan fungsinya jika Anda seorang blogger (ini hanya pengalaman pribadi). CRM di dalamnya ini akan menampilkan fitur sales funnel, dimana Anda dapat menambahkan notes,event, dan reminder untuk setiap user. Yang paling penting, CRM dan sales funnel di dalamnya sudah terintegrasi langsung dengan saluran otomatisasi email marketing Anda. Anda dapat menambahkan segmentasi untuk kontak prospek/ pelanggan Anda sesuai dengan kondisi tertentu. Kondisi ini sudah Anda set biasanya dengan ‘tag’.

Landing page (Halaman Arahan)

Melalui fitur landing page, GetResponse dapat memungkinkan Anda membuat halaman arahan web yang memiliki tampilan menarik tanpa perlu skil dalam melakukan coding dan desain. Melalui fitur landing page ini, Anda dapat membuat halaman arahan Anda sendiri yang dapat Anda gunakan untuk menangkap prospek atau pelanggan potensial untuk mendaftarkan email mereka dan berlangganan newsletter Anda.

Halaman Arahan GetResponse - Landing Page
Halaman Arahan GetResponse – Landing Page

Bagi Anda yang tidak mengerti apa itu halaman arahan atau landing page, halaman arahan adalah situs web tempat pengunjung pertama mengunjungi situs web Anda. Biasanya halaman arahan ini dibuat dengan tujuan mengumpulkan data pengunjung seperti alamat email, nama, nomor telepon atau whatsapp, dan lainnya. Nah, alamat email yang terkumpul ini akan Anda gunakan untuk mengirimkan email marketing.

Getresponse sendiri memiliki beragam template desain untuk membuat landing page yang menarik. Jadi Anda tinggal memilih template mana yang ingin Anda gunakan dan kemudian mengeditnya sesuai keinginan dan konten Anda. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, Anda tidak perlu memiliki pengetahuan tentang coding untuk membuat halaman landing page di GetResponse, cukup edit, drag and drop saja. Selain itu, halaman arahan yang Anda buat akan secara otomatis menjadi fleksibel tampilannya jika dilihat di desktop, tablet dan mobile.

Marketing Automation

Fitur Autoresponder GetResponse mungkin sudah cukup baik untuk Anda, tapi mungkin fitur marketing automationnya lebih menarik jika Anda sudah lama berkecimpung dalam dunia marketing dan automation. Dari semua pembuat otomatisasi alur kerja yang telah saya coba, pembuat alur kerja otomatisasi GetResponse bisa dibilang yang paling fleksibel dan sedikit lebih kuat.

Editor GetResponse memberi Anda lebih banyak kontrol daripada kebanyakan workflow builder lainnya. Editor memungkinkan Anda untuk men-drag elemen apa pun yang terdaftar di sisi kanan layar Anda. Anda juga dapat menghubungkan elemen apa saja ke elemen lain sebanyak yang Anda suka. Dalam hal elemen, Anda dapat memilih dari kondisi (condition), tindakan (action), dan penyaring (filter). Kondisi ini ditentukan dengan settingan yang sudah Anda buat sebelumnya, “apakah pelanggan memenuhi kriteria tertentu yang Anda inginkan?”. Anda dapat memilih dari lebih dari 40 template otomatisasi untuk menghemat waktu Anda jika Anda tidak ingin memulai dari awal.

Templat Automation dengan GetResponse

Fitur otomatisasi menawarkan empat jenis pengujian A/B (A/B Testing). Saat membuat email baru, Anda dapat mengaktifkan A/B Testing dan memilih untuk menguji salah dari; dari subjek pengiriman, dari ‘alamat pengirim’, konten email, dan waktu pengiriman.

Saat artikel ini ditulis, GetResponse sudah memiliki 120 integrasi. 33 platform di-support langsung oleh GetResponse, sementara sisanya lewat pihak ketiga. Angka ini sebenarnya tidak begitu banyak jika Anda membandingkannya dengan email marketing tool lainnya seperti Aweber, yang memiliki lebih dari 800 integrasi. Tetapi, menurut saya, jumlah integrasi GetResponse yang lebih kecil ini memang masuk akal karena sebenarnya sudah cukup sekali untuk kegiatan marketing.

Webinar

Fitur webinar adalah fitur GetResponse paket berbayar yang memiliki kemampuan untuk membuat dan sekaligus menghosting webinar dalam akun Anda. Fitur ini bermanfaat jika aktivitas marketing Anda mengharuskan Anda membuat dan meng-hosting webinar untuk pelanggan dan prospek Anda. Dan kabar baiknya adalah men-setting webinar sangatlah mudah ketika Anda menggunakan GetResponse.

GetResponse juga menawarkan fitur webinar yang dibutuhkan, seperti chat dan polling. Tidak ketinggalan juga fitur webinar lainnya seperti fitur berbagi layar (screen sharing), papan tulis (whiteboard), dan integrasi dengan Youtube. Mungkin bagian terbaik dari fitur webinar ini adalah Anda dapat membuat daftar kontak email dengan informasi webinar dan akses ke statistik peserta webinar.

Harga

Sekarang, mari kita bicara tentang paket harga GetResponse! GetResponse menawarkan 4 paket harga, yaitu Basic, Plus, Professional dan Enterprise. Fitur yang ditawarkan pada setiap paket sedikit berbeda, walaupun semua paket dapat ditingkatkan dan dapat mendukung daftar database kontak yang besar (jika database Anda sudah sangat banyak). Di sini saya akan menjabarkan harga paket untuk 1000 kontak di dalamnya.

Paket Harga Langganan GetResponse

Basic

Paket Basicr relatif murah dibandingkan dengan sebagian besar penyedia software email marketing lainnya. Dengan hanya $ 15 per bulan, Anda dapat memiliki akses ke fitur berikut:

  • Email Pemasaran
  • Penjawab otomatis / Autoresponder
  • Landing page (unlimited)
  • Template untuk otomatisasi (unlimited)
  • 1 sales funnel
  • Lead funnel (unlimited)
  • Facebook Ads
  • Jualan e-product

Plus

Paket Plus biayanya $ 49 per bulan dan dapat di-upgrade dari paket Basic. Fitur pada paket plus mencakup semua fitur dari paket basic dan tambahan fitur lainnya, seperti:

  • Pembuat otomasi (5 alur kerja/ workflow)
  • Webinar (maksimal 100 peserta)
  • Contact Scoring (skoring kontak) & pemberian tag
  • 5 Sales Funnel
  • Work together (3 user)
  • Webinar Funnel(5 corong)

Professional

Paket Profesional menawarkan setiap fitur yang ada pada paket Basic dan Plus dengan $ 99 per bulan. Fitur tambahan yang ada pada paket professional adalah:

  • Pembuat otomatisasi (unlimited)
  • Webinar berbayar
  • Webinar (maks 300 peserta)
  • Sales funnel (unlimited)
  • Webiner funnel (unlimited)
  • Work together (5 user)
  • On-demand webinar

Enterprise

Enterprise adalah paket harga tertinggi yang ditawarkan GetResponse. Dalam paket Enterprise ini, GetResponse menawarkan semua paket yang ditawarkan paket professional dan fitur tambahan lainnya seperti:

  • Email transaksional (paid add-on)
  • Account Manager
  • Dedicated IP address / alamat IP khusus
  • Konsultasi
  • Single sign-on (SSO)
  • Webinar (maks 500 peserta)
  • Konsultasi perihal email kampanye

Tidak ada harga saklek yang ditawarkan di situs web mereka untuk paket Enterprise, jadi jika Anda pikir paket Enterprise dengan segala fiturnya adalah solusi marketing untuk bisnis Anda, Anda bisa langsung menghubungi GetResponse dan meminta harga penawaran.

Rekomendasi: Pro & Kontra

Pro

  • Salah satu all-in-pne marketing tools yang canggih
  • Interfacenya mudah digunakan
  • Menawarkan uji coba 30 hari gratis.

Kontra

  • Tidak disarankan jika Anda seorang pemula dan hanya perlu memiliki alat pemasaran sederhana untuk menyiarkan dan mengirim buletin setiap bulan secara manual.
  • GetResponse tidak menyediakan paket gratis.

Jika Anda baru memulai dan membutuhkan platform sederhana untuk mengelola email marketing Anda, mungkin Anda perlu mempertimbangkan alat email marketing sederhana, seperti MailChimp. Karena mereka menawarkan fitur yang sederhana, yang membuatnya lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan.

Saya tidak akan merekomendasikan GetResponse jika Anda baru memulai otomasi pemasaran Anda dan tidak memiliki banyak database atau anggaran untuk dibelanjakan pada platform dan software marketing apa pun. Meskipun saya mengatakan bahwa GetResponse mudah digunakan, MailChimp dan SendinBlue mungkin sesuatu yang dapat cocok untuk Anda (sebagai pemula) karena mereka menawarkan paket gratis.

Jika Anda menginginkan platform yang dapat membantu Anda mengotomatisasi hampir semua aspek saluran pemasaran Anda, maka GetResponse adalah salah satu tools yang dapat Anda pertimbangkan. GetResponse menawarkan banyak fitur yang Anda butuhkan untuk membangun sales funnel lengkap termasuk landing page builder, webinar hosting, automation dan banyak lagi.

Meskipun tidak ada paket gratis, GetResponse menyediakan uji coba gratis selama 30 hari dan Anda tidak perlu menyertakan informasi kartu kredit saat mendaftarkan diri. Dengan uji percobaan 30 hari ini memberi Anda akses ke hampir semua fitur yang dimiliki GetResponse, dengan batasan hanya 1000 kontak saja.

Kesimpulan

GetResponse adalah platform email marketing berfitur lengkap untuk para marketer yang pernah saya gunakan. GetResponse juga dapat menjadi senjata yang canggih karena fiturnya yang kuat untuk automation. Jika Anda mempertimbangkan GetResponse untuk aktivitas marketing, Anda bisa cek tawaran uji coba 30 hari tanpa biaya apapun sekarang!

Product Rating

8.7

Fitur

9.1/10

Harga

7.9/10

Keseluruhan

9.2/10

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *