Last Updated on Agustus 8, 2023 by Monika Tanaya
Kami tidak perlu memberi tahu Anda betapa pentingnya gambar atau grafis untuk diposting di media sosial Anda. Maka dari itu, kami telah mengumpulkan panduan ukuran gambar untuk setiap sosial media lewat infografis di bawah ini.
Berikut ini adalah panduan daftar ukuran gambar social media terbaik untuk Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, Pinterest, TikTok, dan Snapchat pada tahun 2021.
Image Size Facebook Tahun 2021
- Ukuran gambar profil Facebook: 180 x 180 piksel
- Ukuran foto sampul Facebook (facebook cover) : 820 x 312 piksel
- Bagikan ukuran gambar tautan: 1200 x 630 piksel
- Ukuran gambar yang diposting di Facebook: 1200 x 630 piksel
- Ukuran gambar yang disorot di Facebook: 1200 x 717 piksel
- Ukuran gambar acara Facebook: 1920 x 1005 piksel
- Ukuran gambar sampul grup Facebook: 1640 x 856 piksel
- Ukuran video Facebook: 1280 x 720 piksel
- Ukuran gambar iklan Facebook: 1200 x 628 piksel
- Ukuran iklan video Facebook: 1080 x 1350 piksel (rasio 4: 5), minimal 1080 x 1080 piksel, rasio 16: 9 hingga 9:16 juga didukung
- Ukuran iklan story Facebook: 1080 x 1920 piksel
- Ukuran gambar iklan Facebook Messenger: 1200 x 628 piksel
Image Size Instagram Tahun 2021
- Ukuran gambar profil Instagram: 110 x 110 piksel
- Ukuran foto Instagram: 1080 x 1080 piksel (persegi), 1080 x 566 piksel (lanskap), 1080 x 1350 piksel (potret)
- Ukuran Cerita Instagram: 1080 x 1920 piksel
- Ukuran yang disarankan untuk video Instagram: 1080 x 1080 piksel (persegi) 1080 x 567 piksel (lanskap), 1080 x 1350 piksel (potret)
- Posting dan iklan carousel: direkomendasikan 1080 x 1080 piksel (persegi), 1080 x 566 piksel (lanskap) dan 1080 x 1350 piksel (potret) juga didukung, dapat berupa video atau gambar statis
- Panjang video Instagram maksimum: 60 detik
- Thumbnail foto Instagram: 161 x 161 piksel
- Ukuran iklan Instagram: 1080 x 566 piksel (lanskap), 1080 x 1080 piksel (persegi)
- Ukuran Video Instagram IGTV: 1080 x 1920 piksel
- Ukuran foto sampul IGTV: 420 x 654 piksel
- Gulungan Instagram: 1080 x 1920 piksel
Image Size Twitter Tahun 2021
- Ukuran gambar profil Twitter: 400 x 400 piksel
- Ukuran gambar sampul Twitter: 1500 x 500 piksel
- Ukuran gambar pesan Twitter: 1200 x 675 piksel
- Ukuran gambar kartu Twitter minimum: 120 x 120 piksel
- Ukuran video Twitter: 1280 x 1084 piksel
- Panjang maksimum video Twitter: 140 detik
- Ukuran gambar Twitter untuk iklan: 800 x 418 piksel (kartu situs web), 800 x 800 piksel (gambar kartu aplikasi), 800 x 800 piksel (carousel), 800 x 418 piksel (kartu pesan langsung), 800 x 418 piksel (peta percakapan ).
- Ukuran iklan Twitter (video): 720 x 720 piksel (persegi), 1280 x 720 piksel (lanskap), 720 x 1280 piksel (potret) Durasi: 12 detik atau kurang (disarankan), 2 menit dan 20 detik (maksimum)
- Gambar mini video: 640 x 360 piksel (minimum)
- Ukuran gambar Twitter untuk armada: 1080 x 1920 piksel
LinkedIn Image Size Tahun 2021
Halaman Profil Pribadi
- Ukuran gambar profil LinkedIn: 400 x 400 piksel
- Ukuran foto latar belakang LinkedIn: 1584 x 396 piksel
- Ukuran gambar pesan LinkedIn: 1200 x 1200 piksel (persegi) 1080 x 1350 piksel (potret)
- Ukuran posting tautan LinkedIn: 1200 x 627 piksel
- Ukuran video LinkedIn: 256 x 144 piksel (minimum) hingga 4096 x 2304 piksel (maksimum)
- Durasi video LinkedIn maksimum: 10 menit
Halaman Profil Perusahaan
- Ukuran logo perusahaan di LinkedIn: 300 x 300 piksel
- Ukuran foto sampul LinkedIn: 1128 x 191 piksel
- Ukuran iklan dinamis LinkedIn: 100 x 100 piksel (logo perusahaan)
- Ukuran Gambar Konten Sponsor LinkedIn: 1200 x 627 piksel
- Gambar Spanduk Bisnis LinkedIn: 646 x 220 piksel
- Ukuran gambar LinkedIn untuk tautan posting blog: 1200 x 627 piksel
- Ukuran gambar LinkedIn Stories: 1080 x 1920 piksel
Image Size Youtube Tahun 2021
- Ukuran gambar profil YouTube: 800 x 800 piksel
- Foto sampul saluran YouTube: 2560 x 1440 piksel (komputer) dan 1546 x 423 piksel (smartphone)
- Ukuran thumbnail YouTube: 1280 x 720 piksel
- Iklan Tampilan YouTube: 300 x 250 piksel
- Iklan hamparan di YouTube: 480 x 60 piksel
- Iklan Spanduk Pengiring YouTube: 300 x 250 piksel
- Durasi iklan video YouTube yang dapat dilewati: 12 detik hingga 6 menit
- Durasi iklan video YouTube yang tidak dapat dilewati: 15 atau 20 detik (tergantung wilayah)
- Durasi Iklan Video Bumper YouTube: 6 detik
- Video standar YouTube: Dari 426 x 240 piksel hingga 3840 x 2160 piksel, rasio aspek 16: 9
Image Size Pinterest Tahun 2021
- Gambar profil Pinterest: 165 x 165 piksel
- Gambar tampilan papan Pinterest: 222 x 150 piksel
- Ukuran standar pin Pinterest: Gambar vertikal 1000 x 1500 piksel
- Spesifikasi video Pinterest: persegi (1: 1) atau vertikal (2: 3, 9:16) Durasi: Maksimum 30 menit
- Video promosi Pinterest: persegi (1: 1) atau layar lebar (16: 9) Durasi: maksimum 30 menit
- Carousel yang dipromosikan oleh Pinterest: 2 hingga 5 gambar per carousel, rasio aspek: 1: 1 atau 2: 3, 1000 × 1000 piksel atau 1000 × 1500 piksel
- Ukuran gambar pin Pinterest: 1080 x 1920 piksel
- Durasi video Pin Pinterest: 1 hingga 60 detik
Image Size TikTok Tahun 2021
- Video TikTok: 1080 x 1920 piksel, disarankan maksimum 15 detik
- Foto profil TikTok: 200 x 200 piksel
- Durasi iklan video TikTok di News Feed: 9 hingga 15 detik disarankan, diperbolehkan 5 hingga 60 detik
- Format video dari iklan dalam feed TikTok: 9:16, 1: 1 atau 16: 9
- Ukuran tampilan gambar iklan dalam feed TikTok: rasio 1: 1
Image Size Snapchat Tahun 2021
- Gambar Iklan Snapchat: 1080 x 1920 piksel
- Gambar Snapchat Geofilter: 1080 x 1920 piksel
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!