Last Updated on November 16, 2023 by Monika Tanaya
Membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bahkan, pebisnis pemula juga cenderung akan terfokus pada produk yang akan dia jual dan lupa dengan satu hal fundamental, yaitu business proposal. Padahal, business proposal ini bisa menjadi panduan dasar ketika menjalankan bisnis, alat yang digunakan untuk menarik investor, dan juga analisis SWOT (strength/kekuatan, weakness/kelemahan, opportunity/kesempatan, dan threat/ancaman) produk atau layanan perusahaan Anda.
Nah, Anda tidak perlu bingung untuk membuat business proposal dari nol, karena kali ini Marketing Online Indonesia akan menyediakan template gratisnya! Eits, tapi sebelum itu, Anda perlu mengetahui tentang apa itu business proposal, cara membuat, dan juga tipsnya.
Apa itu Business Proposal?
Business proposal adalah sebuah dokumen formal yang isinya menjelaskan tentang tentang produk atau layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, baik dalam bentuk cetak maupun digital. Nantinya business proposal ini akan diberikan kepada calon klien potensial agar tertarik dengan produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan.
Tipe-tipe Business Proposal
Ada 2 jenis tipe proposal berdasarkan tujuan pembuatannya, yaitu:
- Unsolicited Business Proposal: proposal yang dipersiapkan oleh perusahaan untuk diberikan kepada calon klien potensial.
- Solicited Business Proposal: Proposal yang dibuat berdasarkan permintaan klien agar mereka dapat memutuskan apakah akan bekerja sama dengan perusahaan Anda atau tidak.
Cara Membuat Business Proposal
Berikut ini adalah cara singkat untuk membuat business proposal sesuai urutannya:
- Buatlah halaman judul yang eye catching yang mudah dimengerti.
- Pastikan untuk membuat tabel konten proposal bisnis Anda.
- Buat halaman yang berisi tentang detail perusahaan Anda, seperti alamat, nomor yang bisa dihubungi, dan email.
- Buat halaman berisi ringkasan atau tujuan dari business proposal yang Anda buat.
- Siapkan paparan mengenai masalah atau kebutuhan yang menjadi latar belakang bisnis Anda.
- Beri solusi kepada calon klien potensial bagi perusahaan Anda.
- Jelaskan kualifikasi yang perusahaan Anda miliki untuk meyakinkan calon klien potensial.
- Sediakan beberapa pilihan penawaran harga yang dapat menarik minat calon klien potensial.
- Buat kesimpulan dari poin-poin di atas dan yakinkan calon klien bahwa perusahaan Anda adalah pilihan terbaik bagi mereka.
- Buat halaman yang berisi syarat dan ketentuan/ S&K (terms and conditions/T&C).
- Buat halaman persetujuan yang berisi data (nama, jabatan, alamat perusahaan, email,dll) dan kolom tanda tangan sebagai bukti kerja sama kedua belah pihak.
Setelah menyerahkan atau mengirimkan business proposal perusahaan, pastikan untuk menindaklanjuti kesepakatan Anda lewat email jika belum juga mendapatkan respon dari klien setelah penandatanganan persetujuan.
Tips Agar Business Proposal Anda Dilirik Calon Klien Potensial
Sampul yang eye catching tidaklah cukup untuk menarik perhatian calon klien, melainkan Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:
- Sebelum membuat proposal, Anda harus peka terhadap kebutuhan klien.
- Jika Anda membuat proposal yang diminta klien, maka usahakan untuk berdiskusi dengan mereka terlebih dahulu agar mengetahui lebih banyak detail tentang apa yang klien Anda butuhkan.
- Business proposal harus dibuat dengan metodologi yang tepat dan sesuai dengan profil klien Anda.
- Berikan solusi win-win bagi klien dan perusahaan Anda.
- Analisis kompetitor dibutuhkan untuk membuat business proposal yang lebih baik.
- Cermati dan teliti ulang proposal Anda sebelum diserahkan atau dikirim kepada klien. Jangan sampai ada typo atau kesalahan tata bahasa yang bisa mengurangi kredibilitas business proposal Anda.
Business Proposal Template Gratis dari Marketing Online Indonesia
Kami tahu bahwa Anda disibukkan oleh rencana bisnis, produk, atau layanan perusahaan Anda. Maka dari itu, Marketing Online Indonesia menyediakan template business proposal gratis dan siap pakai untuk Anda:
Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membuat business proposal Anda!
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!