10 Google Tools Gratis untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Google Tools untuk meningkatkan traffic website

Apakah Anda tahu bahwa Google bukan hanya sekadar mesin pencari? Google telah berkembang dan juga menyediakan berbagai tools gratis untuk para marketer, developer, dan para profesional lainnya untuk membantu mereka memberikan hasil pencarian terbaik di bidangnya masing-masing. Google tools ini disediakan secara gratis dan dapat berguna untuk meningkatkan traffic website Anda.

Google Tools ini dapat bekerja mulai dari menaikkan peringkat SEO, membangun brand awareness, brand engagement, serta melacak dan mengelola reputasi brand Anda. Mari kita lihat 10 Google tools gratis untuk membantu meningkatkan traffic website Anda, produktivitas dan engagement brand Anda.

1. Google Analytics

Di era digital ini, big data adalah hal yang teramat penting. Faktanya, tanpa aktivitas ‘tracking’  atau pelacakan yang tepat dari trafik situs web, bisnis mungkin akan ‘buta’ dalam hal cara mengoptimalkan situs web mereka. Baik blog pribadi, portal berita, halaman bisnis, website e-commerce, atau website perusahaan, Google Analytics dianggap sebagai tool penting untuk setiap situs web. 

Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic  Website
Tampilan dashboard Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu tools gratis dari Google yang paling kuat dan efektif bagi para digital marketer untuk membantu memantau lalu lintas situs website Anda. Anda dapat melacak orang yang mengunjungi situs Anda, berapa banyak waktu yang mereka habiskan dalam website, kueri (kata kunci) penelusuran apa yang mereka gunakan, dan banyak lagi. Kemudian Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengoptimalkan situs Anda lebih lanjut dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik serta meningkatkan lalu lintas Anda.

Dari sekian banyak fitur di Google Analytics, menurut saya kemampuan untuk mengidentifikasi sumber atau media ke situs web Anda adalah salah satu fitur terbaik. Berdasarkan data yang ditampilkan, Anda dapat mengetahui apakah upaya marketing Anda telah membuahkan hasil atau belum. Ini dapat memberikan referensi yang kuat untuk pengambilan keputusan Anda selanjutnya dalam meningkatkan kinerja situs web Anda.

2. Google Data Studio

Google Data Studio untuk Meningkatkan Traffic  Website
Interface Google Data Studio

Analitik selalu menjadi tantangan bagi para digital marketer, namun, Google Data Studio memungkinkan Anda membuat visualisasi dan laporan data yang dapat disesuaikan. Selain itu, Anda bahkan dapat berbagi laporan tersebut dengan klien Anda, nilai tambah yang sangat besar terutama jika Anda bekerja dalam tim. Google Data Studio adalah generasi baru alat visualisasi dan pelaporan data gratis. Data Studio memungkinkan Anda dengan mudah terhubung ke semua data Anda dan mengubah data tersebut menjadi laporan yang menarik dan informatif yang dapat Anda sesuaikan, sajikan, dan bagikan sepenuhnya.

3. Google Search Console

Google search console untuk Meningkatkan Traffic  Website
Tampilan Google search console

Google Search Console adalah tools yang diciptakan untuk membantu digital marketer, webmaster, ahli SEO profesional untuk memahami bagaimana Google melihat halaman website Anda. Tools ini dapat memberi Anda laporan terperinci dan informasi pengindeksan tentang laman Anda langsung dari indeks milik Google.

Google Search Console juga membantu Anda menganalisis kinerja situs web dan membuat peningkatan yang mungkin diperlukan. Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan akun Google Analytics Anda sehingga Anda dapat mengoptimalkan konten situs web dan kinerja pencarian Anda. Tools gratis ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah apapun dengan situs web Anda sehingga Anda dapat memperbaikinya dan meningkatkan peringkat Anda.

4. Google Bisnisku

Google Bisnisku untuk Meningkatkan Traffic  Website
Google Bisnisku

Google Bisnisku atau akrab dengan sebutan Google My Business memberikan peluang bagi bisnis Anda untuk muncul di hasil penelusuran dengan kata kunci “Dekat Saya” atau “Near Me” di Google Maps. Klaim listingan bisnis Anda di Google Bisnisku agar bisnis Anda dapat ditampilkan di hasil penelusuran. 

Alat ini membantu Anda memberikan informasi yang akurat terkait perusahaan Anda sehingga orang-orang dapat lebih mengenal bisnis Anda. Anda dapat menampilkan nomor telepon, jam buka, dan petunjuk arah di Google Penelusuran dan Maps. Selain itu, Anda juga dapat menarik lebih banyak pelanggan baru dengan profil bisnis gratis Anda di Google. Bagi yang memiliki bisnis food and beverages, sangat direkomendasikan untuk memanjakan para audiensnya dengan foto tempat dan makanan tentunya.

5. Google Keyword Planner

Keyword Planner adalah bagian dari Google AdWords yang memungkinkan para digital marketer merencanakan kampanye berbayar mereka. Google Keyword Planner adalah alat yang hebat untuk membantu Anda mengidentifikasi kata kunci dengan tujuan menargetkan audiens yang relevan untuk blog dan konten situs web Anda. Untuk mengakses Keyword Planner, Anda perlu mendaftar untuk akun Google AdWords secara gratis.

Google Keyword Planner untuk Meningkatkan Traffic  Website
Google Keyword Planner

Bila Anda sudah terdaftar dan masuk, Anda dapat menemukan ide kata kunci baru yang relevan dengan produk, layanan, dan target pelanggan Anda. Keyword Planner akan menampilkan data volume pencarian dalam statistik historis yang merupakan salah satu faktor kunci terpenting untuk situs web Anda. Selain itu, data ide kata kunci adalah alat yang berguna untuk SEO ke situs web Anda. Berdasarkan data pencarian, Anda dapat memiliki banyak ide mengenai apa yang harus dimasukkan ke dalam teks Anda agar lebih relevan dengan audiens Anda.

6. Google Tag Manager

Google Tag Manager untuk Meningkatkan Traffic  Website
Google Tag Manager

Tools gratis ini membantu Anda memperbarui tag dan cuplikan kode di situs web dan aplikasi seluler Anda dengan cepat dan mudah. Anda dapat memasukkan JavaScript dan tag HTML yang digunakan untuk melacak dan analitik pada situs web di Tag Manager tanpa menyentuh bagian backend situs web.

Banyak situs web tidak menerapkan fungsi pelacakan atau memiliki pengumpulan data yang tidak dapat diandalkan karena injeksi kode yang biasanya berantakan. Untuk mengatasinya, saya sangat menyarankan menggunakan Google Tag Manager untuk menggabungkan dan mengelola semua kode pelacakan atau skrip Anda.

Contoh terbaik penggunaan alat ini adalah dalam perihal menggunakan Facebook Ads. Beberapa pengguna Facebook Ads kebanyakan lupa atau tidak memasang Facebook Pixel ke situs web mereka untuk tujuan pelacakan konversi, pengoptimalan, dan re-targeting. Yang perlu diketahui adalah Facebook Ads sebenarnya sudah terintegrasi dengan Google Tag Manager, sehingga sebenarnya yang cukup Anda lakukan adalah mengklik dan mengikuti instruksi yang diberikan tanpa perlu coding yang rumit.

7. Search & Test My Site lewat Think with Google

Search dan Test My Site lewat Think with Google untuk meningkatkan traffic website
Think with Google

Search lewat Think with Google 

Fitur search lewat Think with Google adalah tool gratis yang dapat digunakan developer untuk mendapatkan insights dari konsumen dan tren yang ada. Data dan insights terbaru tentang audiens atau industri dapat membantu Anda untuk mendapat informasi yang relevan, dan mendorong Anda untuk membuat aplikasi yang akan disukai audiens Anda. Tool Google untuk developer ini membantu Anda menganalisis tren pasar dan mempelajari cara paling efektif untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Menerapkannya dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengguna dan ulasan positif untuk aplikasi Anda.

Test My Site lewat Think with Google

Untuk mendapat peringkat yang baik di Google Penelusuran seluler, situs web Anda harus memiliki kecepatan ‘pemuatan’ yang cepat dan situs web yang dioptimalkan untuk seluler. Saran saya adalah sebaiknya Anda menggunakan fitur Test My Site dari Think with Google untuk memeriksa skor situs web Anda pada kinerja seluler. 

Anda hanya perlu memasukan domain atau url website Anda. Setelah beberapa menit, Anda akan menerima rekomendasi untuk meningkatkan kinerja situs web di semua perangkat. Laporan lengkapnya biasanya dikirimkan lewat email. Saya juga menggunakan fitur ini, beberapa waktu lalu dan mengalami masalah kecepatan dan sekarang saya sedang memperbaiki kinerja website agar lebih optimal lagi.

8. Google PageSpeed ​​Insights

Google PageSpeed Insights untuk meningkatkan traffic website
Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed ​​memberi Anda seperangkat tools dan informasi yang dapat membantu Anda menganalisis dan mengoptimalkan situs web Anda. Tools ini tentu saja gratis untuk developer dan memungkinkan Anda membangun situs web yang memiliki kinerja yang baik. Jika Anda adalah developer atau web designer yang benar-benar ingin memahami faktor-faktor untuk meningkatkan kecepatan situs web Anda, cobalah tools PageSpeed ​​Insights dari Google dan periksa skor Anda pada kecepatan dan pengoptimalan situs web Anda.

Versi terbaru Google PageSpeed Insights sekarang menampilkan data dari First Contentful Point (FCP) Anda, pengukuran saat pengguna melihat respons visual dari halaman. DOM Content Loaded (DCL), serta pengukuran saat dokumen HTML telah dimuat dan diuraikan. Agak teknikal ya penjelasannya? Semoga bisa dipahami para developer dan web designer. Lain kata, PageSpeed ​​Insights berguna dalam memberikan masukan tentang bagaimana Google mengindeks situs web Anda secara berbeda untuk versi desktop dan seluler. 

9. Google Trends

Google Trends adalah tools bermanfaat yang memungkinkan Anda melihat volume pencarian kata kunci sehingga Anda dapat membuat pilihan kata kunci yang lebih cerdas untuk website Anda. Tools ini juga membantu Anda menjelajahi berita, cerita, pencarian terbaru, dan banyak lagi. Anda dapat mencari apa saja melalui Google Trends dan bahkan mempersempit ke negara atau kategori tertentu. Alat ini berguna untuk mengidentifikasi tren terbaru atau berita viral di lokasi Anda. Idealnya, setelah Anda mengidentifikasi suatu tren, Anda dapat membuat postingan blog baru, promosi atau ide baru yang mencerminkan tren tersebut.

Google Trends untuk meningkatkan traffic website
Google Trends

Fitur utama di Google Trends memungkinkan Anda memahami bagaimana tren penelusuran bervariasi dari waktu ke waktu di berbagai wilayah dan terhadap satu sama lain. Ini membantu Anda menjalankan perbandingan untuk melihat perbedaan antara beberapa kata kunci pencarian. Dan ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana volume pencarian kata kunci berfluktuasi dari waktu ke waktu.

Logikanya misalnya seperti video interview atau podcastnya beberapa Youtuber, salah satunya Master Dedi Corbuzier yang kerap mewawancarai sosok yang sedang trending atau naik daun. Nah, misalkan konten viral adalah tentang Indonesia yang saat ini ditolak 59 negara karena penanganan Covid-19 terbilang buruk. Jika ini menjadi trend, maka semua content creator, di Youtube, website berita, dan platform lainnya akan menggunakan kata kunci tren ini agar mereka mendapatkan audiens.

10. Google Alerts

Google Alerts adalah tools gratis yang memungkinkan Anda memantau web untuk kata kunci tertentu. Anda dapat membuat ‘alert’ tentang perusahaan Anda atau kata kunci terkait niche market Anda untuk mendapatkan akses ke berita terbaru, atau ketika kata kunci itu disebutkan di web manapun yang sudah diindeks Google. Anda juga dapat menggunakannya untuk memantau aktivitas online kompetitor Anda dan menganalisis apa aktivitas marketing yang berhasil untuk mereka dan apa yang tidak.

Google Alerts untuk meningkatkan traffic website
Google Alerts

Tips berguna saat membuat Google Alert adalah untuk menghindari penggunaan kata kunci yang sifatnya terlalu umum. Semakin tepat kata kunci, semakin relevan ‘alert’ untuk Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda memanfaatkan filter pencarian seperti bahasa, wilayah atau sumber.

Demikian 10 Google tools gratis yang wajib dimiliki untuk meningkatkan performa website Anda. Manfaatkan sepenuhnya semua alat ini untuk menganalisis, meneliti atau memantau aktivitas Anda atau pesaing Anda guna mencapai tujuan bisnis Anda. 

Apakah Anda tahu tools Google lainnya? Jika Anda memiliki infomasi tools Google gratis lainnya untuk meningkatkan performa website, sharing di kolom komentar ya! Semoga Anda semua tetap semangat dan sukses di tengah epidemi ini! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *