15 Cara Mudah Memperpendek Link

  • Tools
Cara Mudah Mempersingkat Link

Dengan keberadaan media sosial di mana-mana, blogger dan pengelola komunitas semakin banyak menggunakan pereduksi tautan atau penyingkat link URL.  Sebenarnya untuk apa banyak orang memilih untuk mempersingkat tautan atau link url mereka? Di sini saya akan membahas keuntungan mempersingkat url dan membagikan 8 rekomendasi tautan yang dapat digunakan secara mudah sebagai perangkat untuk mempersingkat link Anda.

Apa itu Penyingkat URL?

Penyingkat URL atau peredam tautan adalah sebuah ‘tool’ atau ‘perangkat’ dapat mengubah URL halaman website menjadi URL yang lebih pendek dan mudah dibagikan. Tujuannya adalah memperpendek URL sependek mungkin, agar gampang untuk dibagikan, terutama di jejaring sosial seperti Twitter, yang membatasi jumlah karakter dalam sebuah posting.

URL yang dipersingkat akan bekerja dengan cara mengirimkan pengalihan ke URL halaman website yang asli dan hal ini membuat Anda dapat melacak setiap klik yang masuk ke halaman tersebut dan tetap memiliki laporan statistik yang rinci.

Apa keuntungan dari memperpendek URL?

Saat Anda membagikan postingan di jejaring sosial, Anda mungkin merasa tidak menarik untuk memiliki URL tambahan yang panjang  yang  dapat merusak tampilan postingan Anda secara visual. Link shortener ini memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah tersebut dan dapat membuat URL Anda lebih terlihat profesional, kredibel dan dan menarik. Postingan yang menarik dalam media sosial dengan url yang terlihat kredibel dan profesional,  tentunya dapat mendorong lebih banyak orang untuk men-share atau membagikan postingan tersebut.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat menyesuaikan URL Anda, yang akan membuatnya lebih mudah diingat. Juga sangat berguna untuk menyembunyikan URL asli Anda, misalnya ketika itu merupakan tautan afiliasi.

Terakhir, sebagian besar penyingkat URL memungkinkan Anda untuk melacak klik. Dengan demikian, Anda akan tetap mendapatkan laporan statistik pada link singkat Anda (contohnya seperti jumlah klik, jumlah tayangan, sumber klik atau geolokasi).

Tanpa menunggu lebih lama lagi, berikut ini adalah 15 cara untuk mempersingkat link URL:

Cara mempersingkat URL Bit.ly

1. Bit.ly

Bitly adalah yang tautan penyingkat link yang paling populer dari semua tautan lainnya dan penyingkat URL yang paling banyak digunakan. Tidak diperlukan pendaftaran untuk mengakses fitur dasar alat ini. Anda dapat langsung menggunakan perangkat memperpendek link secara langsung di halaman utamanya. Akan tetapi, jika Anda memilih untuk mendaftar dan log in, Anda akan mendapatkan laporan yang lebih lengkap lagi karena Bitly menyediakan laporan statistik seperti jumlah klik yang diperoleh link Anda, tanggal dan waktu klik, geolokasi, jumlah share.

Kekuatan utama Bit.ly adalah Anda dapat mengambil kembali tautan yang pernah Anda buat karena sudah disimpan di akun Anda dan lewat bit.ly juga Anda dapat meng-custom URL Anda sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Cutt.ly persingkat link

2. Cutt.ly

Cutt.ly adalah penyingkat URL yang sangat sederhana dan sangat fungsional. Penyingkat URL ini dikembangkan di Polandia. Sama seperti pesaingnya Bitly, perangkat ini menyediakan akses ke sejumlah laporan statistik (jenis perangkat, jumlah klik, geolokasi, browser, sistem operasi, dll.). Anda dapat menyesuaikan URL alias untuk menggunakan nama yang Anda inginkan. Fitur ini dapat sangat berguna untuk link atau tautan  yang dibuat untuk keperluan afiliasi.

Ow.ly link pendek

3. Ow.ly

Alternatif populer lainnya, Ow.ly adalah penyingkat tautan yang terintegrasi ke dalam solusi manajemen media sosial yang lebih dikenal sebagai HootSuite. Anda dapat mempersingkat tautan tanpa mendaftar, tetapi Anda harus memasukkan kode CAPTCHA. Anda juga dapat dengan mudah berbagi file, gambar, dan video dengan mudah dalam semua jenis format. Ow.ly menjadi sangat menarik jika dibarengi penggunaannya bersama HootSuite, terutama jika Anda menggunakan fitur penjadwalan postingan otomatis di berbagai media sosial.

Buffer memperpendek link

4. Buffer

Buffer adalah pesaing langsung Hootsuite, dan yang saya bicarakan di nomer 3. Yang menarik dalam menggunakan buffer adalah fiturnya. Ketika Anda sudah terdaftar, Anda dapat langsung memprogram postingan Anda dalam buffer. Setiap kali Anda memasukan link dalam postingan Anda, Buffer akan langsung mempersingkat link tersebut secara otomatis. Anda juga dapat melacak statistik link tersebut untuk melihat berapa banyak klik yang Anda dapatkan. Sayangnya, Buffer ini tidak terlalu lengkap jika dibandingkan dengan Ow.ly dengan Hootsuite.

Rebrandly persingkat link

5. Rebrandly 

Rebrandly adalah generator penyingkat link pendek ultra minimalis namun sangat efisien. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan statistik dan Anda juga dapat membagikan url singkat tersebut dalam sekali klik pada media sosial Anda. Kelebihan Rebrandly adalah fitur untuk menyingkat link dengan menggunakan domain brand Anda sendiri.

perpendek link  AdF.ly

6. AdF.ly

AdF.ly menawarkan perangkat penyingkat link url Anda dengan cara yang menarik. AdF.ly bekerja dengan menawarkan para penggunanya mendapatkan uang jika menggunakan layanannya. Semakin banyak klik yang Anda peroleh pada link AdF.ly Anda, semakin banyak uang yang akan Anda peroleh melalui Paypal (Pembayaran mulai dari $ 5, Sekitar 70.000 Rupiah).
Meskipun angka tersebut terbilang kecil, hal ini bisa menjadi menarik jika Anda dapat menciptakan banyak klik kepada url yang Anda singkatkan tersebut. Anda juga akan mendapatkan statistik terperinci untuk setiap tautan saat Anda mendaftar.

Short URL  Shorturl.at

7. Shorturl.at

Interface perangkat Shorturl.at ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis menerbitkan dan mempersingkat URL Anda ke halaman Twitter atau Facebook Anda. Tak jauh beda dengan perangkat penyingkat url lainnya, shorturl.at juga menyediakan laporan statistik untuk Anda jika Anda mendaftar untuk layanan premiumnya dengan biaya $9 perbulannya (Sekitar 130.000 Rupiah).

TinyURL link pendek

8. TinyURL

TinyURL mungkin salah satu penyingkat link paling populer di masa lalu, dan masih banyak yang menggunakannya hingga saat ini. Meskipun interface perangkat yang terlihat agak  ketinggalan zaman, perangkat yang berdiri 18 tahun lalu ini masih memiliki banyak fitur menarik. Secara khusus, perangkat ini memastikan bahwa URL yang diperpendek tidak akan pernah kadaluarsa. TinyURL juga menawarkan untuk memvisualisasikan isi link sebagai pop-up sebelum mengkliknya.

Bit.do URL shortener

9. Bit.do

Bit.do adalah salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi jika kamu ingin memperpendek link. Hampir sama dengan website lainnya, pemendek link Bit.do sangat mudah utuk digunakan. Anda juga dapat menyingkat link di Bit.do tanpa perlu membuat akun dan melakukan pendaftaran. Dan yang paling menarik adalah link dari bit.do ini bisa Anda customize sesuai dengan keinginan Anda.

T2M link pendek

10. T2M

T2M menawarkan jasa untuk memperpendek dan menyingkat link Anda. Selain itu, T2M juga memungkinkan Anda untuk memeriksa trafik yang didatangkan dengan link yang sudah diperpendek tersebut. Untuk tambahan fitur lainnya yang tidak kalah canggih adalah fitur pembuatan QR code juga. Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggunakan T2M?

Memperpendek link Tiny.cc

11. Tiny.cc

Mempersingkat URL secara anonim mungkin tidak selalu merupakan ide yang bagus. Mengapa demikian? Karena biasanya URL yang sifatnya anonim memiliki masa akhir atau tanggal kedaluwarsa. Tiny.cc adalah salah satu tempat untuk Anda mempersingkat URL, baik secara anonim ataupun terdaftar. Tidak hanya mempersingkat URL, Tiny.cc juga dapat membantu Anda melacak, dan mengelola URL. Ditambah lagi dengan fungsi tambahan, yaitu menghasilkan kode QR.

Mempersingkat link Soo.gd

12. Soo.gd

Soo.gd ternyata juga merupakan salah satu website yang bisa Anda gunakan saat memperpendek link. Yang perlu Anda lakukan adalah mencopy link asli yang panjang dan paste link tersebut ke Soo.Gd. Voila! jadilah link pendek yang siap kamu sebar di berbagai saluran marketing. Sangat mudah, bukan? Oh ya, Soo.Gd juga menyediakan Smart Multi URL Shortener loh!

bl.ink

13. bl.ink

bl.ink adalah tempat dimana Anda bisa memperpendek dan mempersingkat link URL dengan mudah. Dasbor bl.ink ini juga cukup user friendly. Namun fungsi BL.INK tidak hanya sekadar memperpendek link Anda, namun Anda bisa juga sekaligus menggunakan fitur custom link dan melacak lokasi orang yang mengklik, perangkat yang digunakan, hingga bahasa yang mereka gunakan sehari-hari setelah menyebarkan link tersebut.

s.id

14. s.id

s.id adalah manajemen tautan dalam satu platform website. platform ini menawarkan 3 fungsi utama, yaitu manajemen tautan, laporan statistik, dan kemudahan mobilitas. Namun yang paling penting di sini adalah fungsi manajemen tautannya. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengatur tautan agar gampang diingat oleh penunjung dan dapat pula dikostumisasi untuk membantu branding produk Anda di dunia internet.

Mempersingkat link tautan dengan is.gd

15. Is.gd

is.gd adalah layanan gratis untuk mempersingkat alamat web dan URL lainnya. Is.gd sangat berguna dalam banyak keadaan. Misalnya saja saat Anda hendak mengirim alamat link tautan melalui SMS dan jumlah karakter dibatasi. Selain itu Is.gd juga dapat membantu Anda melakukan customization untuk link Anda.

Penutup

Demikian 15 tautan penyingkat link yang dapat Anda gunakan untuk mempersingkat link Anda agar menjadi lebih menarik untuk dibagikan di media sosial.Jika Anda mengetahui perangkat lainnya yang dapat mempersingkat link url, silakan tinggalkan rekomendasi di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *