Last Updated on Februari 5, 2023 by Monika Tanaya
Sebagian besar pengguna internet saat ini menggunakan media sosial dalam keseharian mereka. Jika kita hendak membuka bisnis kecil lewat online shop, memiliki website tidaklah cukup, Anda hendaknya masuk ke marketplace dan memiliki akun di jejaring sosial ini. Pertanyaannya, jejaring sosial mana sih yang sangat populer saat ini? Tanpa berbicara panjang lebar, berikut adalah definisi dan daftar jaringan sosial utama yang digunakanan banyak orang di dunia saat ini.
Definisi jejaring sosial atau social media
Banyak buku dan artikel yang mencoba mendefinisikan apa itu jejaring sosial. Menurut KBBI Daring, jejaring sosial adalah jejaring yang terdiri atas individu-individu atau organisasi-organisasi yang berinteraksi. Definis lain jejaring sosial adalah laman dan aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dan berbagi melalui internet. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jejaring sosial adalah situs web yang memungkinkan pengguna Internet membuat halaman pribadi untuk berbagi dan bertukar informasi berupa foto,suara, dokumen, artikel, link website atau video dengan komunitas teman dan jaringan kenalan mereka ataupun organisasi.
Selain menciptakan hubungan antara individu dan organisasi dan berbagi (mempublikasikan konten seperti artikel, berita, foto, video, suara, file, dan lainnya), jejaring sosial juga dapat memungkinkan Anda untuk memberikan pendapat atau berdialog dengan yang pengguna lainnya, berkontribusi pada proyek partisipatif, dan juga mengumpulkan informasi. Berikut jejaring sosial populer diklasifikasikan berdasarkan kategori
Jejaring sosial umum
Facebook adalah satu-satunya situs di mana Anda kemungkinan besar akan menemukan teman, kolega, dan kerabat di sekitar Anda sehingga platform ini menjadi populer. Meskipun Facebook terutama berfokus pada berbagi foto, tautan, dan kehidupan sehari-hari, pengguna juga dapat menunjukkan dukungan (berupa like atau follow) untuk brand atau organisasi tertentu dengan menjadi fan di halaman page Facebook brand atau organisasi tersebut.
Ada beberapa orang ‘penting’ yang sengaja tidak memiliki Facebook atau beberapa orang teman saya memilih tidak memiliki profile online sama sekali dengan alasan khusus lainnya. Akan tetapi saat mereka membuka usaha atau mulai berbisnis, mau tidak mau memiliki akun Facebook saat ini menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa dihindari.
Mungkin yang paling sederhana dari semua platform media sosial, Twitter hanyalah salah satu yang paling menyenangkan dan menarik untuk digunakan. Pesan dibatasi hingga 140 karakter atau kurang, tetapi itu lebih dari cukup untuk mengirim tautan pendek, berbagi gambar atau bahkan bertukar ide dengan tokoh selebriti atau influencer favorit Anda. Membuat profil baru hanya membutuhkan beberapa menit dan interfacenya sangat sederhana dan mudah digunakan. Twitter sempat kehilangan pamornya, namun saat ini kembali bertahan dan merupakan jejaring sosial yang menarik karena ada saja thread khusus membahas segala sesuatu.
Snapchat
Ini adalah platform sosial untuk berbagi foto dan video yang tersedia di smartphone dan memungkinkan Anda untuk mengobrol dengan teman menggunakan gambar. Kekhasan jaringan sosial ini adalah bahwa setiap gambar atau video yang dikirim hanya dapat dilihat untuk jangka waktu tertentu oleh penerimanya. Yang khas dari Snapchat ini adalah banyaknya filter-filter dan emoji yang menarik untuk dipakai.
Jejaring sosial untuk profesional
Satu-satunya jejaring sosial yang benar-benar berorientasi untuk bisnis dan para profesional di dunia kerja. LinkedIn ini sangat ideal untuk tetap berhubungan dengan mantan rekan kerja, bertemu pelanggan, pemasok, merekrut karyawan baru dan mengikuti berita terbaru di industri Anda. Saat ini juga LinkedIn juga menawarkan platform belajar bernama LinkedIn learning yang hanya diakses oleh akun LinkedIn premium.
Bagi para pelajar dan eksekutif muda, buatlah akun LinkedIn dan aktiflah di berbagai organisasi atau kegiatan. CV online kalian lewat linkedIn ini sangat berguna agar terlihat lebih profesional saat kalian mungkin dalam masa mencari kerja. Gunakan foto yang juga terlihat profesional juga ya!
Jejaring sosial Visual
Instagram adalah platform milik Facebook yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto atau video yang diambil dengan smartphone dengan teman-teman Anda. Selain itu Instagram saat ini menawarkan akun privat dan bisnis dan menawarkan fitur Instastory yang dikembangkan setelah munculnya Snapchat. Anda juga dapat memilih dari berbagai filter foto, filter video, fitur live streaming dan IGTV untuk video yang lebih dari 1 menit.
Banyak bisnis dan online shop yang menggunakan Instagram untuk memperkenalkan dan membangun brand mereka. Sama seperti media sosial lainnya, Instagram juga memiliki fitur tag berdasarkan lokasi, hashtag topik, serta fitur untuk memberikan tag harga barang langsung lewat gambar produk yang diposting.
Meskipun gaungnya tidak begitu terdengar, Pinterest masih merupakan platform yang cukup kuat dan berfungsi sebagai platform dimana banyak penggunanya mencari inspirasi mengenai apapun. Pinterest ini sangat populer di kalangan wanita dan komunitas DIY (Do It Yourself). Platform ini memungkinkan Anda untuk berbagi foto, dan segala macam visual kreatif yang dapat disematkan, disimpan, atau diduplikat oleh orang lain.
Sekadar tips, jika Anda memiliki produk yang Anda jual online, buatlah akun Pinterest dan pin produk dari halaman marketplace atau website Anda langsung ke Pinterest. Dengan demikian, jika seseorang mencari inspirasi mengenai produk tertentu, gambar produk Anda akan muncul dan pengguna tersebut akan terarah ke halaman produk Anda. Ini adalah trik yang baik untuk membuat konversi langsung!
Flickr
Flickr adalah situs berbagi foto dan video yang banyak digunakan oleh baik fotografer profesional dan amatir. Pengguna dapat mengedit foto mereka secara online, mengelola dan membagikannya, serta mendapatkan lisensi Creative Commons. Jika kalian adalah pemula dan sedang ingin membuat portfolio hasil foto kalian, selain Instagram dan tentunya website kalian, kalian bisa mempertimbangkan membuat akun Flickr.
Jaringan sosial video
Youtube
Sebagai layanan berbagi video, YouTube telah menjadi sangat populer sehingga katalog miliaran dan milyaran videonya telah berubah menjadi “Mesin pencari terbesar kedua di dunia, setelah Google tentunya”. Lewat Youtube, pengguna dapat membagikan, memberi peringkat, dan mengomentari semua video yang mereka tonton. Platform ini telah diakusisi oleh Google dan siapa sih yang tidak kenal Youtube? Youtube hingga saat ini merupakan pemimpin dalam jejaring sosial video.
Tik Tok
TikTok (juga disebut Douyin) adalah aplikasi asal Cina yang diluncurkan pada 2016 lalu. Jejaring sosial ini memungkinkan untuk melihat, membuat, mengedit, dan berbagi klip musik melalui format video 60 detik. Awalnya TikTok ini dikenal dengan Musical.ly, tapi setelah di beli oleh Byte Dance, mereka me-rebrand produk Musical.ly menjadi yang kita kenal sekarang dengan sebutan Tik Tok. Aplikasi ini sangat populer di kalangan anak muda kekinian dan jika usaha kalian menargetkan anak muda sebagai pasarnya, sebaiknya buatlah akun Tik Tok yang unik.
Jejaring sosial komunitas
Reddit adalah situs bookmark komunitas yang memungkinkan anggota untuk mengirimkan tautan dan memilih konten yang diusulkan oleh pengguna lain. Berakar kuat dalam budaya web, platform ini adalah salah satu jaringan sosial paling berpengaruh. Meskipun demikian untuk mengakses Reddit di Indonesia, Anda harus memiliki akun VPN atau memanfaatkan proxy karena beberapa ISP (Internet Service Provider), seperti Indihome telah memblokir Reddit karena Menkominfo merasa Reddit berbahaya untuk aktivitas internet yang sehat.
Sekian untuk review singkat platform jejaring sosial mana saja yang masih populer saat ini yang mungkin bisa memberi andil atau berpengaruh secara signifikan kepada bisnis Anda. Apakah Anda memiliki saran akan jejaring sosial populer lainnya yang pantas ditambahkan ke daftar ini? Jangan ragu untuk memberi tahu saya di dalam komentar. Salam sukses!
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!