Software Terbaik Untuk Membuat Website Gratis

Software Terbaik Untuk Membuat Website Gratis

Website sebagai rumah online bisnis Anda tentu merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap bisnis saat ini. Saat membuat website, Anda juga akan dihadapkan dengan keharusan memilih software terbaik dalam proses pembuatannya dan kalau bisa softwarenya gratis. Untuk pemula, software gratis tentu lebih banyak diminati dan tak jarang sudah memiliki fitur yang lengkap untuk membuat website sederhana.

Lewat artikel ini, saya akan memberikan Anda daftar software alternatif terbaik dalam membuat website secara gratis selain WordPress tentunya. Tanpa panjang lebar, untuk membantu Anda memilih solusi terbaik untuk membangun situs website Anda, berikut adalah panduan yang mengulas layanan gratis paling populer dan terlengkap di pasaran saat ini.

1. Wix

Dengan hampir 90 juta pengguna di seluruh dunia, Wix saat ini adalah salah satu penerbit situs web paling populer. Wix menjadi sangat populer karena kemampuannya membuat website sederhana dengan desain menarik hanya dengan drag and drop saja. Anda tidak perlu memiliki skil pemrograman dalam menggunakan Wix. Apa pun proyek Anda, baik profesional atau personal, Wix menyediakan lebih dari 500 template dan memberi Anda banyak kebebasan dalam berkreasi dengan website Anda. 

Wix
Wix

Jika tujuannya adalah untuk membuat situs website kecil dan sederhana untuk online shop Anda, layanan Wix gratis sudah lebih dari cukup karena Wix menawarkan storage penyimpanan 500MB dan bandwidth hingga 500MB. Akan tetapi untuk Wix versi gratis, hosting website Anda akan berada di bawah nama domain wixsite.com, situs Anda akan menampilkan logo Wix serta iklan, contohnya nama-toko-anda.wixsite.com. Jika Anda ingin menggunakan nama domain sendiri, menghapus iklan dan menambah kapasitas storage, Anda harus berlangganan paket premium dari Wix yang tentu saja berbayar.

Jika Anda memiliki bisnis kecil-kecilan dan merasa belum begitu paham membuat website dari awal, saya sarankan untuk menggunakan Wix versi gratis terlebih dahulu dan tidak perlu menggunakan domain sendiri. Saat masih kuliah dulu dan minim skil untuk membuat website yang advance, saya juga menggunakan Wix. 

2. Shopify

Shopify adalah platform pembuatan situs website khusus untuk kegiatan e-commerce. Karena saya menggunakan Shopify juga untuk beberapa online shop saya, saya bisa bilang Shopify ini sangat mudah digunakan. Shopify ini cocok bagi kalian yang memiliki online store yang cukup serius. Anda dapat membuat situs website secara online, mengelola produk yang Anda jual dan memproses semua pesanan lewat Shopify langsung. Shopify ini juga menawarkan fungsi integrasi gratis dengan platform pembayaran (payment gateway), seperti PayPal, Stripe, Midtrans, dan lainnya.

Shopify
Shopify

Selain itu, membuat website juga sangat mudah karena ada banyak template dan fitur untuk menyesuaikan website sesuai dengan kreativitas Anda. Untuk Shopify ini meski membuat websitenya gratis, akan tetapi ada biaya langganan per bulannya, yaitu dimulai dari $ 29,00 hingga $ 299. Menurut saya, Shopify ini sangat cocok bagi Anda yang butuh website untuk jualan dan memang sudah sangat serius untuk jualan. Saya sendiri menggunakan plan basic yaitu $ 29,00 saja untuk beberapa online store saya.

3. TokoTalk

TokoTalk adalah platform untuk membuat website toko online secara gratis. Menurut saya, TokoTalk ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki e-commerce platform dan mencari alternatif lain selain Shopify.

TokoTalk
TokoTalk

TokoTalk menawarkan sistem otomatis untuk mengelola toko online Anda, mulai dari menerima order sampai mengirimkan notifikasi ke customer. TokoTalk sendiri masih terbilang pemain baru, yaitu sejak April 2018 dan berada di bawah pimpinan PT Codebrick Indonesia yang sebagian kepemilikannya dipegang oleh startup asal Korea Selatan (Codebric). Fitur andalan TokoTalk adalah sistem chatnya, karena TokoTalk sendiri dikembangkan berdasarkan kebiasaan customer online di Indonesia yang menggunakan fitur chat saat memesan. 

4. Jimdo

Jimdo adalah alat pembuatan situs web yang merupakan alternatif yang sangat baik untuk Wix berkat antarmuka (interfacenya) yang sangat user-friendly. Software online ini memiliki banyak fitur untuk membuat pembuatan situs website lebih mudah. Beberapa menit sudah sangat cukup untuk mengintegrasikan teks, gambar, atau video untuk membuat toko online, halaman portofolio, atau pun sekadar blog.

Jimdo
Jimdo

Jimdo relatif mudah digunakan dan memiliki banyak template yang dapat disesuaikan, sama seperti Wix yang sepenuhnya memberikan Anda kebebasan dalam kreativitas. Jika versi gratisnya cukup untuk situs website amatir kecil, paket berbayar dari Jimdo ini mudah diakses dan memungkinkan Anda membuat situs website profesional yang bisa dioptimalkan untuk Google.

5. Weebly

Pemain lama lainnya di bidang konstruksi situs website adalah Weebly. Weebly ini ditujukan untuk pemula dan profesional. Dalam versi gratisnya, Weebly meng-host situs web Anda pada sub-domainnya sendiri, menangani keamanan dan pembaharuan backend, dan memberi Anda banyak fitur yang Anda butuhkan untuk mendesain situs website Anda melalui sistem drag and drop dan WYSIWYG (What You See Is What You Get).

Weebly
Weebly

Jika Anda memiliki kebutuhan lebih lanjut, Anda juga dapat mengakses kode HTML dan CSS untuk menyesuaikan desain. Selain itu, salah satu kelebihan Weebly adalah software ini menawarkan fitur untuk mengoptimalkan situs Anda di mesin pencari.

6. SiteW

SiteW
SiteW

Membuat website dengan SiteW ini sangat mudah karena kesederhanaannya.  SiteW adalah solusi pembuatan website gratis asal Perancis yang cukup menonjol karena kemudahannya (user-friendly). SiteW ini sudah aktif lebih dari sepuluh tahun lamanya dan masih meningkatkan dan menambahkan fungsi baru. Menggunakan SiteW dalam membuat website sederhana Anda sangat cepat, aman, dapat diakses di mana saja. SiteW dapat menjadi alternatif membuat website secara gratis untuk online shop, web pribadi atau halaman portfolio CV Anda.

7. Strikingly

Strikingly adalah software untuk membuat website yang dikembangkan oleh startup asal California. Sama seperti SiteW, Strikingly juga memiliki antarmuka yang sangat baik bagi penggunanya.

strikingly
Strikingly

Ambisi startup ini adalah untuk mendemokratisasikan pembuatan situs website yang mudah dan dapat diakses oleh setiap orang. Versi gratis  dari Strikingly memungkinkan Anda untuk membangun situs di bawah domain strikingly.com dengan bandwidth 5 GB / bulan. Namun, Jika Anda ingin memiliki lebih banyak fitur lainnya, seperti nama domain Anda sendiri, Strikingly menawarkan paket berbayar mulai dari $ 8 per bulan.

8. Webnode

Webnode adalah sistem pembuatan situs web online yang dikembangkan oleh Westcom, sebuah startup asal Ceko. Software ini memiliki versi dasar gratis tetapi juga menawarkan paket berbayar untuk menghadirkan fungsi lainnya. Webnode menawarkan penggunanya untuk membuat website sendiri secara mudah dengan menawarkan banyak template.

Webnode
Webnode

Jika Anda adalah pemula, Anda bisa langsung mengedit template yang Anda pilih sesuai dengan kreativitas Anda. Jika Anda ingin membuka toko online, Webnode juga memiliki fungsi e-commerce untuk mengimpor produk Anda, membuat varian, dan memiliki sistem pembayaran.

9. Simplesite

Jika Anda ingin merancang situs website tapi merasa masih kurang memiliki keahlian teknis, maka SimpleSite dapat menjadi solusi yang baik untuk Anda. Website builder ini menyandang namanya dengan sangat baik karena editor websitenya adalah editor paling sederhana di pasaran.

SimpleSite
SimpleSite

Selain itu, SimpleSite menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk pemula dengan semua fitur yang diperlukan. Dengan demikian situs tersebut cocok untuk desktop mode, mobile mode ataupun tablet. Template yang ada dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan website Anda. SimpleSite ini juga menawarkan versi gratis dengan iklan dan terbatas hanya untuk 15 halaman saja. 

10. Ionos

Ionos atau yang dahulu dikenal sebagai 1&1 MyWebsite juga dapat menjadi solusi alternatif pembuatan website sederhana bagi pemula. Saat ini Ionos menawarkan banyak template untuk penggunanya beserta fitur edit drag and drop yang mudah digunakan tanpa skil pemograman atau coding. Untuk menemani Anda dalam membuat situs website Anda, Ionos menawarkan tutorial yang tersedia langsung pada antarmukanya.

Ionos 1&1 MyWebsite
Ionos

Untuk awalnya Ionos ini memang gratis selama sebulan, akan tetapi Ionos menawarkan paket berbayar untuk versi Creator mulai dari $ 5,00 per bulan, versi Creator + dengan harga $ 15,00 per bulan, dan versi Online Store yang gratis selama 3 bulan pertama, lalu $ 20,00 per bulan. Menurut saya, Ionos juga dapat menjadi alternatif selain Shopify atau TokoTalk dan menguntungkan bagi Anda yang baru saja mau memulai online store. 

Beberapa faktor yang harus diperhatikan saat memilih software untuk membuat website

Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan saat akan membuat website. Jika Anda tidak memiliki banyak budget untuk membuat website ataupun kemampuan teknis untuk mengembangkan situs web Anda, Anda harus mempertimbakan untuk membuatnya sendiri. Namun, sejumlah kriteria harus dipertimbangkan untuk memilih solusi software pembuatan website terbaik.

Kemudahan penggunaan

Alat desain situs website Anda atau editor website builder tersebut haruslah ramah pengguna (user-friendly) agar Anda dapat berkreativitas dengan bebas. Saat ini hampir semua website builder menawarkan fitur drag and drop dan kemampuan untuk melihat ‘perubahan’ secara langsung lewat fitur ‘preview’ atau ‘tinjauan’. Untuk Anda yang sudah berpengalaman perihal membuat website, penting sekali bagi Anda untuk memilih software yang memungkinkan Anda mendapatkan akses penuh dalam mengubah kode HTML secara langsung dan dapat mengontrol proses pengembangan situs web di editor WYSIWYG.

Ketersediaan Template

Alih-alih memulai membuat website dari halaman kosong, lebih baik menggunakan software pembuat website yang menawarkan variasi template yang sesuai dengan tema website yang Anda mau untuk menghemat waktu dan lebih efisien. Biasanya website builder sudah menyiapkan variasi template gratis untuk bisnis Anda, akan tetapi jika Anda menginginkan template yang lebih kompleks, Anda dapat membeli template berbayar.

Extension yang Dibutuhkan

Beberapa website builder memerlukan integrasi plugin untuk mendapatkan hasil maksimal dari situs website  Anda dengan menambahkan fitur baru, seperti opsi pemesanan, kalender online, toko online, opsi pembayaran, opsi pengiriman, dan lainnya. Jika Anda berencana untuk membuat situs web profesional, Anda harus merencanakan pembuatan website dan kemungkinan instalasi plug in dalam website Anda.

Optimisasi di Mesin Pencari

Kriteria yang sering dilupakan yang tetap merupakan salah satu yang paling penting adalah optimalisasi situs Anda untuk referensi organik. Apa gunanya memiliki situs yang bagus jika tidak ditemukan oleh mesin pencari? Sebelum menentukan website builder mana yang akan Anda pilih, baiknya untuk memeriksa reviewnya terlebih dahulu dan memastikan bahwa solusi yang Anda pilih memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tag yang berbeda (judul, deskripsi meta, dan lainnya …), untuk menghasilkan site map, untuk dapat menghubungkan situs Anda ke Google Search Console atau untuk memungkinkan Anda melakukan “redirect 301”. 

Memiliki Customer Service atau Support Team yang Baik

Ketika Anda memutuskan untuk membuat Website sendiri, memiliki CS atau support team yang dapat dihubungi sewaktu-waktu jika Anda mengalami kesulitan merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Selain itu, solusi yang Anda pilih hendaknya memiliki halaman tutorial dan juga FAQ yang lengkap mengenai fitur dan layanan sehingga Anda dapat membuat dan memodifikasi situs web Anda semudah mungkin.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat situs web Anda, Anda juga dapat menggunakan jasa saya untuk membuat website. Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *