Bagaimana Cara Menganalisis Website Kompetitor?

analisis trafik kompetitor

Last Updated on Mei 4, 2023 by Monika Tanaya

Saat Anda memulai riset pasar, maka memiliki perkiraan jumlah trafik dari situs web kompetitor Anda adalah sebuah langkah utama. Saat saya hendak membuat website, aktivitas yang paling senang saya lakukan adalah melakukan analisis kompetitor ini. Namun, terkadang karena keterbatasan pengetahuan mengenai BAGAIMANA cara melakukannya, Anda mungkin hanya akan meng-copy dan paste semua konten dalam website kompetitor Anda begitu saja.

Tidak salah, karena cara ini bisa saja berhasil. Akan tetapi saya akan membahas beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar Anda tidak perlu meniru semua hal yang dilakukan kompetitor Anda. Anda cukup mencari tahu mana langkah sukses mereka dan menjalankan langkah yang terbukti sukses tersebut. Lebih efisien, bukan? 

Sebenarnya apa alat sederhana yang dapat memungkinkan Anda untuk membuat analisis kompetitor dan seberapa akuratnya kah alat-alat ini? Untuk membantu Anda memulai analisis kompetitor secara mandiri, saya usulkan tiga solusi sederhana yang saya gunakan.

SEMrush

Analisis domain dengan SEMrush
SEMrush Domain overview kompas.com

SEMrush adalah alat yang berorientasi pada referensi organik maupun berbayar yang dapat memungkinkan untuk menganalisis visibilitas situs Anda dengan situs pesaing Anda di mesin pencari. Jika Anda berlangganan SEMrush, tentu akan sangat gampang sekali bagi Anda mengecek setiap domain untuk Anda analisis.

Analisis kompetitor dengan SEMrush
Analisis kompetitor dengan SEMrush

Sebenarnya masih banyak platform evaluasi domain lainnya yang bisa membantu Anda, contohnya seperti UberSuggest oleh Neil Patel. Tapi jika dibandingkan dengan platform evaluasi lainnya yang pernah saya gunakan, SEMrush ini sangat powerful dan dapat dilihat sebagai yang paling akurat, karena mereka selalu melakukan pembaruan data.

Analisis Trafik (Traffic analytics)

Dikembangkan oleh SEMrush, Traffic Analytics adalah alat pelengkap yang memungkinkan untuk membuat analisis intelijen kompetitif dengan memberikan estimasi jumlah trafik situs web tersebut.

Trafific Analytics  SEMrush
Trafific Analytics SEMrush

Dari mana asal trafik kompetitor Anda? Sejauh mana mereka berhasil memobilisasi target audiens mereka? Anda hanya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini jika Anda memiliki akses ke akun Google Analytics dari situs web kompetitor  yang bersangkutan. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan informasi tentang trafik, distribusi geografis, perilaku pengunjung dan informasi lainnya lewat bantuan fitur traffic analytics SEMrush.

SimilarWeb

Analisis trafik Kompas.com dengan Similarweb
Analisis trafik Kompas.com dengan Similarweb

Alat kedua yang bisa Anda gunakan adalah, SimilarWeb. SimilarWeb ini menempati urutan teratas dalam kategori user-friendly tool yang menyajikan data secara komprehensif. Setelah Anda memasukkan alamat situs (domain) untuk dievaluasi di SimilarWeb, alat ini akan langsung menyajikan daftar panjang informasi dengan sangat rinci.

Beberapa statistik kemudian ditampilkan di antarmukanya seperti total kunjungan, tingkat keterlibatan, rata-rata lama sesi atau rasio pentalan (bounce rate). Platform evaluasi ini juga memberikan informasi yang lebih bertarget seperti asal pengunjung, lalu lintas yang diperoleh melalui jejaring sosial serta perilaku pengunjung tertentu. Untuk memperdalam perbandingan, Similarweb menawarkan saran situs yang mirip dengan yang baru saja dievaluasi.

Trafik Kompas.com dengan SimilarWeb
Trafik Kompas.com dengan SimilarWeb

Dalam versi gratis atau uji coba, Similarweb tetap sangat terbatas. Versi berbayarnya, di sisi lain, menawarkan lebih banyak fitur dan analisis yang lebih mendalam.

Alexa

Alexa adalah salah satu platform analisis tertua yang masih ada di pasaran saat ini. Ini juga merupakan alat yang sangat praktis yang telah mempertahankan ketenarannya terhadap para pesaingnya.

Analisis trafik dengan Alexa.com
Alexa

Tidak seperti alat analisis trafik terbaru, Alexa tidak menyajikan data yang sangat rinci seperti jumlah pengunjung atau kinerja setiap kata kunci. Platform ini biasanya hanya menetapkan peringkat situs.

Sebenarnya, informasi di  Alexa tidak selalu tepat. Meskipun demikian, untuk brand yang kecil, sedikit ‘kegagalan’ analisis ini tidak terlalu menjadi perhatian. Memang, bahkan jika platform ini tampaknya usang, dalam kerangka studi tertentu, data yang ditawarkannya tetap dapat digunakan dengan baik untuk menganalisis kompetitor Anda.

Keterbatasan Alat-Alat Analisis Kompetitor

Meskipun SEMrush, SimilarWeb dan Alexa ini efisien dan lengkap, informasi yang mereka berikan hanyalah perkiraan. Dan perlu diperhatikan bahwa masing-masing alat memiliki kelemahan dalam proses analisis. Selain itu, trafik lalu lintas situs adalah nilai yang sangat tidak stabil yang dapat berevolusi naik ataupun menurun selama periode waktu yang sangat singkat. Hanya alat seperti Google Analytics yang dapat mengumpulkan data secara waktu nyata asalkan Anda adalah administrator situs yang dimaksud.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk memulai analisis kompetitor sederhana. Anda juga dapat membaca cara membangun strategi SEO untuk pemula di sini. Semoga sukses!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

1 tanggapan pada “Bagaimana Cara Menganalisis Website Kompetitor?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *