Apa itu Title Tag, Meta Title, dan SEO Title?

Apa itu Title Tag, Meta Title, dan SEO Title_

Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya

Tiga istilah yang memiliki arti serupa walaupun berbeda cara penulisannya! Itulah title tag, meta title, dan SEO title yang akan menjadi pembahasan di artikel ini. Title tag merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi SEO konten website Anda. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari istilah ini secara mendalam!

Pengertian Title Tag (Meta/ SEO Title)

Title tag (meta title/ SEO title) adalah judul artikel yang muncul di halaman hasil saat dilakukan pencarian. Biasanya title tag ini terletak di bawah link dan di atas meta description pada Google SERP.

Fungsi Title Tag (Meta/ SEO Title)

Selain menjadi salah satu faktor yang memaksimalkan kerja SEO, meta title juga memiliki fungsi lainnya seperti berikut ini.

1. Mengoptimasi Konten Website Anda

SEO title yang mengandung keyword dan ditulis dengan tepat di dalam judul bisa turut mengoptimasi konten website Anda agar menempati posisi teratas di halaman pertama Google SERP.

2. Menjadi Judul yang Ditampilkan di Tab Web Browser

Ketika pengguna internet membuka banyak tab di web browser, maka SEO title inilah yang akan menjadi penanda tab konten website Anda.

3. Menjadi Judul yang Ditampilkan Saat Dibagikan ke Jejaring Sosial

Ketika pengguna internet membagikan konten Anda ke jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, maka judul inilah yang akan terpampang dengan font diperbesar. Buatlah judul yang jelas dan menarik sehingga banyak orang ingin mengklik tautan yang dibagikan tersebut.

4. Menjadi Backlink

Title tag menjadi backlink yang menjadi penghubung bagi  pengguna internet dan website Anda.

Cara Optimasi SEO Title Tag (Meta/ SEO Title)

Tentu saja meta title harus dioptimasi agar bisa berfungsi seperti yang disebutkan sebelumnya. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengoptimasinya.

1. Tulis Judul yang Tidak Terlalu Panjang

SEO title tidak akan efektif apabila ditulis terlalu panjang. Judul yang efektif biasanya terdiri dari maksimal 70 karakter saja.

2. Masukkan Keyword dalam Judul Konten

Judul yang memiliki keyword di dalamnya akan lebih mudah dikenali oleh Google dan berpotensi berada di peringkat atas apabila relevan dengan keyword yang dicari oleh pengguna internet.

3. Buat Judul yang Berbeda untuk Setiap Konten atau Halaman Web

Apabila ada judul yang sama di website Anda, Google tidak akan “melihat” website Anda. Pastikan judul konten dan halaman website Anda berbeda.

4. Judul Harus Relevan dengan Isi Konten

Anda harus pastikan bahwa title tag relevan dengan isi konten website agar strategi SEO yang diterapkan berhasil dan membuat website Anda menempati posisi teratas di halaman pertama Google SERP.

5. Jangan Spam Keyword dalam Judul

SEO title yang hanya terdiri dari keyword yang digunakan berulang0ulang akan membuat mesin pencari kesusahan untuk menemukan website Anda.

Demikian penjelasan mengenai title tag, meta title, dan SEO title. Ketiga istilah ini memiliki peran dan fungsi yang sama untuk mengoptimasi SEO website Anda.

Semoga artikel ini berguna untuk Anda dan selamat mencoba!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Penulis: Tami Kira

About The Author

2 tanggapan pada “Apa itu Title Tag, Meta Title, dan SEO Title?”

    1. Hi David,

      Saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda dengan pasti karena kurangnya informasi mengenai situs yang akan Anda optimasi. Akan tetapi persoalan SEO itu memang agak sedikit kompleks, tergantung saat di Audit apakah masalahnya banyak technical SEO, on-page SEO, atau bisa saja semuanya sudah OK namun perlu dukungan off-page SEO.

      Ibaratkan orang yang obesitas yang mencoba untuk sehat. Masalahnya metabolismenya bisa saja disebabkan oleh asupan kalori berlebihan, kurang tidur, kurang olahraga, dll… Penanganannya pun tidak hanya sekadar kurangi makan/ defisit kalori, tapi harus juga disiplin melakukan angkat beban sebelum cardio, dan harus juga banyak minum air putih serta istirahat yang cukup / tidak begadang. Semoga analogi ini mudah untuk dimengerti ya.

      Coba saja semua teknik improve SEO situs kamu dari site ini, ataupun site lain yang membahas tentang SEO. Tetap semangat dan salam sukses!

      Regards,

      Yoan Letsoin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *