Last Updated on Maret 30, 2023 by Monika Tanaya
Meta tag memainkan peranan penting bagi SEO karena mempengaruhi tampilan website pada SERP dan menarik perhatian pengunjung untuk mengakses website. Dengan demikian, meta tag dapat berdampak pada traffic, engagement rate, dan click through rate halaman website kita. Namun apa itu meta tags?
Pengertian Meta Tags
Meta tags adalah salah satu jenis tag HTML yang berfungsi untuk “mendeskripsikan” konten supaya dapat dipahami mesin pencari. Tag ini ditempatkan pada bagian head HTML suatu halaman website. Terdapat berbagai jenis meta tag yang mengirimkan “sinyal” yang berbeda-beda ke mesin pencari. Beberapa meta tag yang lebih sering digunakan dalam praktik SEO mencakup title tag, meta description, meta robots attribute, dan viewport meta tags.
Title Tag
Title tag merupakan salah satu meta tag yang paling krusial karena mengandung judul halaman website, karena itu pastikan untuk mencantumkan keyword di dalamnya. Selain itu, title tag juga mempengaruhi ranking pada SERP. Google merekomendasikan title tag untuk tidak lebih dari 60 karakter dan sesuai dengan search intent pengguna. Kita dapat melihat pemakaian title tag pada hasil pencarian di SERP dan bagian atas browser ketika mengakses halaman tertentu seperti pada contoh berikut:
Meta Description
Meta description berfungsi untuk menampilkan deskripsi singkat mengenai isi sebuah halaman website. Karena meta description tampil di SERP, kita dapat menyematkan keyword–keyword yang relevan dengan search intent untuk menarik perhatian pengguna dan meningkatkan click through rate. Agar optimal, meta description sebaiknya terdiri dari maksimal 160 karakter dan hindari penggunaan meta description duplikat pada website. Berikut merupakan contoh penggunaan meta description untuk pencarian keyword “meta tags”
Meta Robots Attribute
Meta robots attribute merupakan tag yang memberi instruksi terkait crawling dan indexing halaman website pada mesin pencari. Beberapa parameter yang sering digunakan meliputi “index/noindex”, “Dofollow/nofollow”, dan “noarchive”
- Index dan noindex
parameter ini menginstruksikan web crawler untuk mengindeks atau tidak mengindeks suatu halaman web, sehingga bisa atau tidak bisa dilihat dan diakses oleh pengguna.
- DoFollow dan nofollow
parameter ini berkaitan dengan links yang ditempatkan dalam halaman web dan mengarahkan pengunjung ke halaman lain. “DoFollow” akan menginstruksikan web crawler untuk mengikuti link–link tersebut. Sebaliknya dengan “Nofollow”, web crawler tidak akan mengikuti link yang ada. Biasanya “Nofollow” digunakan apabila mendapatkan backlink yang berpotensi dianggap spam oleh mesin pencari.
- Noarchive
noarchive mengirimkan instruksi kepada mesin pencari untuk tidak menyimpan cache atau menampilkan halaman yang mengandung tag tersebut
Viewport Meta Tag
Viewport adalah area halaman website yang dapat dilihat oleh pengunjung website. Nah, ukuran area ini akan berubah menyesuaikan ukuran layar device yang dipakai pengguna untuk mengakses website kita. Dengan mayoritas traffic berasal dari mobile, viewport meta tag menjadi semakin penting. Tag ini memberi sinyal kepada browser mengenai ukuran dan skala suatu konten dalam ukuran layar device yang berbeda-beda sehingga memungkinkan tampilan yang mobile-friendly. Viewport meta tags biasanya ditambahkan pada bagian <head> sebuah website.
Bagaimana cara menambahkan meta tag?
Masing-masing platform pembuatan website menyediakan opsi yang berbeda-beda untuk menambahkan meta tags. WordPress seperti biasa, menyediakan berbagai pilihan plugin gratis dan berbayar. Kita dapat menggunakan plugin populer seperti Yoast dan All in One SEO Pack untuk menambahkan meta tag pada halaman-halaman website yang kita buat menggunakan WordPress.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!