Last Updated on November 11, 2023 by Monika Tanaya
Judul menarik dan berada di halaman pertama pencarian saja tidak cukup untuk menarik traffic. Audiens perlu ringkasan singkat mengenai isi artikel secara keseluruhan. Agar bisa memberi gambaran apa yang akan mereka dapatkan setelah membaca artikel tersebut. Inilah yang dinamakan meta description.
Bagi penulis konten profesional, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya meta deskripsi (meta description). Akan selalu disertakan setiap menulis artikel konten. Karena sebaik apapun sebuah artikel ditulis, tanpa ada meta deskripsi tetap saja belum lengkap. Lalu apa itu meta description? Apa manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya? Berikut informasi selengkapnya!
Apa Itu Meta Description?
Meta deskripsi adalah gambaran singkat mengenai isi artikel secara keseluruhan. Tujuan utamanya adalah menarik visitors agar mau membuka tautan. Diletakkan setelah judul dan alamat URL pada SERP. Sekilas memang nampak sepele. Tapi jika sebuah tautan tidak disertakan meta deskripsi akan kehilangan peluang untuk mendapatkan kunjungan atau traffic.
Tidak hanya menarik pengunjung saja. Meta deskripsi juga akan menarik perhatian mesin pencari. Melakukan perayapan lalu menemukan situs Anda dan menempatkannya pada halaman pertama mesin pencarian. Dengan cara inilah traffic diharapkan bisa naik.
Manfaat Meta Description
Meta deskripsi tidak seperti artikel konten yang menjadi faktor utama pada optimasi website. Namun keberadaannya mampu meningkatkan performa dan mengarahkan traffic ke arah situs. Berikut beberapa manfaat meta deskripsi yang bisa Anda dapatkan setelah menetapkannya.
1. Hadir Sebagai Iklan Mini
Ketika audiens telah berada pada SERP, akan banyak sekali tawaran artikel yang bisa diklik. Tak perlu nunggu semua halaman google yang ditampilkan dari kata kunci. Bahkan di halaman pertama saja, persaingan antar link cukup ketat.
Di sinilah pentingnya membuat meta deskripsi untuk konten. Sebagai iklan mini yang menarik perhatian audiens agar mau berkunjung ke link konten tersebut. Mereka akan membaca sebuah alasan mengapa perlu membuka link. Atau hal baru apa yang akan mereka dapatkan setelah membaca konten tersebut.
2. Berpeluang dipilih Bot Search Engine
Bayangkan ketika Anda berada di posisi ini. Ada audiens yang mengetikkan kata kunci. Anda tahu bahwa apa yang mereka cari ada pada situs yang anda miliki. Lalu anda bicara pada mesin pencarian agar mengarahkan halaman situs yang relevan pada audies.
Kalau yang menawarkan hanya Anda saja, mungkin robot mesin pencari akan nurut-nurut saja. Tapi bagaimana jika yang menawarkan konten yang relevan dengan kata kunci itu banyak? Jelas bot mesin pencari hanya akan memilih beberapa konten dengan tampilan menarik saja untuk berada di page one. Selebihnya akan diletakkan pada halaman lainnya. Dan meta deskripsi inilah yang menjadikan tampilan konten menjadi menarik agar search engine bersedia menawarkan konten Anda pada visitors.
Baca Juga: Cara Mudah Agar Cepat Diindeks oleh Google
Tanpa meta deskripsi, ada bagian halaman lain situ yang tidak relevan akan tercampur, bagian penting dari halaman akan hilang, dan beberapa teks akan terpotong. Tidak hanya bot mesin pencarian saja yang tidak tertarik. Audiens juga pasti tidak tertarik. Karena merasa konten tersebut tidak relevan dengan apa yang mereka inginkan.
3. Meningkatkan Rasio Klik (CTR)
Audiens cenderung tertarik membuka konten jika mereka yakin apa yang ditulis di dalamnya memang relevan dengan kata kunci yang mereka ketikkan. Buatlah kalimat meta deskripsi dengan narasi yang menarik. Tawarkan pada audiens bahwa link tersebut memang memberikan informasi sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Dengan cara seperti ini akan lebih banyak lagi pengunjung yang bersedia membuka konten. Sehingga rasio klik menjadi lebih besar. Yang pada akhirnya akan memperkaya jumlah traffic pada situs tersebut.
4. Rasio Tinggi, Peringkat Naik
Lalu apa efek dari meningkatnya rasio klik? Tentu saja kenaikan ranking website pada search engine. Robot mesin pencarian akan menandai website dengan jumlah klik yang tinggi. Lalu menambahkan nilainya dan menempatkan pada halaman pertama mesin pencarian. Anda bisa membuktikannya sendiri. Konten yang berada pada halaman pertama mesin pencarian pasti memiliki meta description. Inilah yang membuat tampilan link konten menjadi terlihat lebih profesional.
5. Rencana Sinopsis yang Tertarget
Pernah datang ke toko buku? Dari rumah Anda sudah berniat membeli buku tentang bagaimana cara menanam cabai secara hidroponik. Sesampainya di toko buku, ada banyak judul buku yang membahas tentang hidroponik. Dengan keadaan buku masih tersegel rapi dan tidak boleh dibuka sebelum membeli.
Bagaimana cara Anda bisa menemukan buku yang sesuai dengan keinginan? Iya. Benar sekali. Cara yang paling sering digunakan adalah membaca sinopsis yang ditulis pada buku. Ulasan dan gambaran singkat terkait isi buku secara keseluruhan. Itulah meta deskripsi. Sinopsis singkat yang tertarget. Sebuah cara yang digunakan untuk menarik minat visitors agar mau membuka konten dan membacanya hingga akhir.
Cara Membuat Meta Description
Setelah mengetahui apa manfaat meta description, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menulis meta deskripsi. Seperti menulis artikel, menulis meta deskripsi juga tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa langkah sederhana dalam membuatnya :
1. Gunakan Bahasa yang Menarik
Yang dimaksud dengan bahasa yang menarik adalah bahasa yang bisa mempengaruhi psikologi pembaca. Permainkan diksi agar orang menjadi penasaran untuk membuka linknya.
Contoh: “Memiliki wajah kusam akan mengurangi rasa percaya diri wanita, berikut 5 skincare alami yang bisa membuat wajah glowing dengan sehat layaknya selebritis Korea!”
Perhatikan struktur kalimat di atas. Tidak panjang tapi mampu menimbulkan rasa penasaran pembaca. Angka 5 yang diselipkan dalah contoh mampu mempengaruhi psikologi audiens karena memberi kesan terpercaya. Bahan alami yang ditawarkan akan membuat mereka berfikir tidak perlu mengeluarkan banyak uang agar bisa cantik glowing.
2. Masukkan Kata Kunci
Perhatikan kembali kalimat di atas. Ada kata kunci yang dimasukkan. Yaitu “skincare alami”. Mengapa harus menggunakan kata kunci? Agar mudah ditemukan oleh bot mesin pencarian.
Pro Tip: Pelajari cara membangun strategi efektif SEO, dimana kebanyakan content writer menulis berdasarkan kata kunci pilihan yang relevan untuk website!
3. Perhatikan Panjang Karakter
Meta description tidak harus menggunakan kalimat yang panjang. Singkat tapi mampu merangkum semua isi artikel konten. Panjang meta deskripsi antara 140 hingga 160 karakter. Kurang dari itu tidak bisa merangkum isi tulisan. Lebih dari itu akan membuat visitors tidak tertarik membacanya. Coba perhatikan kembali contoh meta deskripsi pada poin 1. Panjangnya hanya 158 karakter. Sangat ringkas. Tapi bisa memberi gambaran mengenai apa yang akan dibaca pada keseluruhan isi artikel.
Jika Anda menuliskan lebih dari 160 karakter, biasanya sisa karakter tidak akan terbaca lagi dan akan disingkat oleh SERP menjadi titik-tik (…). Lihat contoh di bawah ini.
4. Hindari SPAM keyword
Apa itu spam keyword? Yaitu kata kunci yang akan dianggap mesin pencarian sebagai spam. Sehingga akan dilewatkan begitu saja ketika ada audiens yang mengetikkan kata kunci yang relevan. Untuk bisa mengetahui apakah masuk spam atau tidak, Anda bisa mencarinya di tool pencarian kata kunci. Baik yang gratisan maupun berbayar.
5. Pastikan Memiliki Manfaat Untuk Pembaca
Tips menulis meta deskripsi yang terakhir adalah memiliki manfaat bagi pembaca. Anda perlu memberikan alasan mengapa audiens perlu membuka konten tersebut. Termasuk berisi informasi yang sangat dibutuhkan oleh pembaca.Itulah penjelasan singkat terkait meta description. Setelah membaca artikel ini, tentu Anda tidak melewatkan untuk menulis meta deskripsi agar bot search engine ataupun visitors bersedia membuka link konten yang disajikan.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!