15 Cara Meningkatkan Traffic Website Anda Secara Gratis

15 Cara Meningkatkan Traffic Website Anda Secara Gratis

Salah satu cara termudah untuk menarik bisnis baru adalah menarik dan meningkatkan banyak pengunjung ke situs web Anda. Meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dapat menjadi cara yang paling hemat biaya untuk meningkatkan penjualan Anda, yang artinya Anda memerlukan strategi yang kuat untuk meningkatkan angka audiens online Anda. Lewat artikel ini, saya ingin menjelaskan beberapa cara terbaik untuk meningkatkan traffic menuju situs website Anda.

Mengapa Anda perlu menghasilkan traffic ke situs Anda?

Lalu lintas situs web merupakan indikator penting dan pendorong pertumbuhan bisnis. Ini dapat membantu Anda untuk:

  • Meningkatkan SEO dan kredibilitas Anda di mesin pencari.
  • Menghasilkan lebih banyak prospek, tingkatkan konversi, dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  • Melihat seberapa baik aktivitas marketing Anda bekerja.
  • Mengumpulkan wawasan tentang audiens Anda untuk membuat keputusan yang strategis.

Namun untuk mencapai beberapa manfaat di atas, Anda perlu menaikkan traffic ke situs website Anda dengan cara yang benar. Tidak hanya itu, Anda juga harus berfokus untuk mendapatkan traffic yang berkualitas. Ada banyak cara untuk meningkatkan traffic di situs web Anda, dan dalam artikel ini, kami akan membahas 15 cara untuk meningkatkan traffic website secara gratis. Langsung saja, berikut cara meningkatkan pengunjung blog!

1. On-Page SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai hasil jangka panjang yang konsisten. Selama Anda memiliki peringkat tinggi di Google, Anda akan dapat menghasilkan lalu lintas atau traffic organik secara pasif ke situs Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu menulis tentang topik yang dicari orang. Dengan kata lain, Anda harus menuliskan topik yang berpotensi mendatangkan trafik dari mesin pencari.

Ada banyak taktik SEO yang dapat Anda lakukan di setiap halaman situs web Anda untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hal ini juga termasuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang dicari audiens Anda, dan menulis meta deskripsi yang ringkas untuk halaman Anda. Deskripsi meta muncul di bawah URL Anda dalam hasil pencarian. Dengan mengetahui deskripsi tentang halaman tersebut, audiens Anda akan tertarik lebih jauh untuk meng-klik dan membuka halaman website Anda. Taktik SEO pada halaman seperti ini gratis, tetapi membutuhkan waktu.

Tools for Any SEO Challenge

2. Targetkan Kata Kunci Long Tail

Jika Anda sudah melakukan penelitian kata kunci yang dicari banyak Audiens (high intent keyword) dan kata kunci populer (popular keyword), kini saatnya Anda menargetkan kata kunci berekor panjang (long tail keyword). Long tail keyword ini pada dasarnya menyumbang sebagian besar penelusuran website. Ini artinya jika Anda tidak menargetkannya sebagai bagian dari paid traffic atau upaya SEO, website Anda justru akan ketinggalan.

Baca juga: Apa itu Long Tail Keywords dan bagaimana mencarinya?

Meskipun kata kunci ekor pendek (short-tail keyword) sering kali lebih sering dicari, akan lebih sulit untuk menentukan peringkatnya di mesin pencari. Sebaliknya, menargetkan kata kunci berekor panjang, memberi Anda peluang yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi (bahkan biasanya di halaman pertama) untuk kueri yang spesifik untuk produk dan layanan Anda. Dan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian berarti lebih banyak traffic yang masuk ke website Anda.

Selain itu, seiring dengan kemajuan mesin pencari dan kemampuan untuk melakukan voice-to-text search, orang-orang menggunakan frasa yang lebih spesifik untuk mencari secara online. Pahami juga konsep NLP terhadap SEO untuk memilih kata kunci. Selian itu, ada banyak alat gratis yang tersedia untuk membantu Anda menemukan kata kunci untuk ditargetkan, salah satunya adalah Answer the Public dan Ubersuggest oleh Neil Patel.

3. Tautkan Secara Internal

Kekuatan profil tautan Anda tidak hanya ditentukan oleh berapa banyak situs yang menaut kembali ke Anda, tetapi juga dapat dipengaruhi oleh struktur tautan internal Anda. Saat membuat dan menerbitkan konten, pastikan untuk memperhatikan peluang tautan internal. Ini tidak hanya membantu SEO, tetapi juga menghasilkan pengalaman yang lebih baik dan lebih berguna bagi pengguna, landasan untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Baca juga: Cara membangun strategi SEO yang efektif untuk pemula

4. Tulis Guest Blog

Kegiatan guest blogging tidak pernah mati, terlepas dari apa yang mungkin pernah Anda dengar. Dengan menjadi guest blogger atau penulis tamu dan menjadi kotributor di situs website yang memiliki reputasi yang baik dapat meningkatkan lalu lintas blog ke situs web Anda dan membantu membangun brand Anda. Namun, berhati-hatilah, standar untuk guest blogger ini sudah berubah secara radikal selama delapan belas bulan terakhir, dan taktik spam dapat mengakibatkan hukuman yang berat. Jadi, saran saya lakukanlah dengan hati-hati, jangan menjadi spammer.

5. Perbarui Konten yang Sudah Kadaluarsa

Meskipun Anda sudah memiliki peringkat yang baik untuk keyword yang Anda targetkan, pesaing atau kompetitor Anda mungkin mencoba untuk “mencuri” posisi teratas. Google juga dapat “menurunkan” peringkat Anda jika konten Anda sudah kadaluarsa. Jadi, Anda perlu menjaga konten Anda tetap segar dan update untuk mempertahankan peringkat Anda. Untuk menemukan halaman dengantrafik yang menurun, lihat Google Analytics Anda.

6. Mempromosikan Konten di Komunitas Online dan Media Sosial

Tidaklah cukup hanya menghasilkan konten yang bagus dan berharap orang-orang menemukannya, Anda harus lebih bersikap proaktif. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan trafik ke situs web Anda adalah dengan mendistribusikan (share) konten Anda di komunitas online menggunakan saluran media sosial. Salah satu contohnya adalah Twitter. Twitter sangat ideal untuk link pendek sedangkan promosi lewat LinkedIn dapat membantu situs Anda, terutama jika Anda bergelut di sektor B2B. Jika Anda adalah perusahaan produk B2C, Anda mungkin menemukan daya tarik yang hebat dengan situs sosial yang penuh dengan gambar seperti Pinterest dan Instagram.

Baca juga : Rekomendasi Media Sosial Populer untuk Bisnis Anda

7. Email Marketing

Mengirim buletin atau newsletter secara reguler dan mempromosikan penawaran melalui email marketing adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda dan juga dapat membantu mendapatkan trafik ke situs web Anda. Berikan informasi berguna berupa konten yang sesuai dengan audiens Anda dan sertakan link ke halaman di situs Anda, dimana mereka dapat mengakses isi konten dengan lengkap, seperti melalui postingan blog dan halaman arahan (landing page) untuk penawaran tertentu.

Pastikan bahwa Anda tidak terus membombardir dan spamming pembaca Anda dengan email. Jika newsletter Anda bersikap seperti spam, maka para pelanggan Anda akan opt out, memblock email Anda dan berhenti berlangganan. Selain itu juga, pikirkan baik-baik penggunaan subjek email Anda. Hal ini akan sangat memengaruhi apakah pengguna membuka email Anda atau tidak. Jika email Anda tidak pernah dibuka, email tersebut tidak dapat mendatangkan trafik ke situs Anda.

Baca juga: Alasan mengapa Anda harus mengirimkan newsletter pada pelanggan Anda

8. Buat Google Bisnisku (Google MyBusiness)

Tahukah Anda bahwa listingan bisnis Anda di Google Bisnisku yang dioptimalkan akan mendapatkan lebih banyak kunjungan daripada listingan yang tidak lengkap? Jangan lupa untuk memberikan tautan dari Google Bisnisku milik Anda menuju situs website Anda. Menurut saya, Google MyBusiness atau Google Bisnisku ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak trafik ke situs web Anda. Perlu diingat juga bahwa Google semakin pintar, jika listingan Anda memberikan semua informasi yang dibutuhkan calon pelanggan untuk membuat keputusan, mereka mungkin mengabaikan situs Anda dan menghubungi atau langsung mengunjungi bisnis Anda secara langsung untuk konversi. Konversi secara langsung tentu akan lebih baik daripada sekadar mengunjungi website Anda.

Baca juga: 14 Langkah Jitu Optimasi Google MyBusiness

9. Membuat Infografis

Membangun infografis berkualitas tinggi atau dengan menghadirkan konten visual hanyalah salah satu bentuk clickbait. Ada banyak contoh clickbait yang dapat Anda manfaatkan, tetapi tidak semuanya sama. Akan tetapi, jika Anda dapat membuat infografis dengan desain yang bagus dengan konten yang dicari oleh banyak orang, maka infografis Anda tersebut akan ditautkan oleh banyak orang. Pada dasarnya , infografis dapat membuat mesin pemasaran otomatis untuk situs Anda. Pastikan Anda menyewa desain grafis handal untuk membuat infografis atau dengan menggunakan beberapa tools cara online.

Baca juga : 7 Tool untuk Membuat Infografis Menarik dengan Mudah dan Cepat

10. Menjawab Pertanyaan di Quora

Quora adalah situs Q&A di mana siapa pun dapat mengajukan pertanyaan atau menjawabnya, yang berarti Anda dapat menjawab pertanyaan yang ada di niche website Anda, membangun otoritas akun Anda, dan menghasilkan trafik untuk situs web Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menjawab pertanyaan di platform ini dan menautkan kata kunci yang tepat untuk mengaitkan konten di situs atau blog Anda. Namun, jangan gunakan platform ini untuk melakukan spam. Pastikan jawaban Anda terperinci dan Anda tahu apa yang Anda bicarakan. Ingat, menjadi ‘sincere’ sangat diperlukan saat menjawab pertanyaan di Quora.

11. Gunakan Kembali Konten Dengan Format Berbeda dan Distribusikan di Saluran Lain

Mengubah tujuan konten berarti mengambil satu aset dan menggunakannya kembali di tempat lain. Kedengarannya cukup sederhana secara teori, tetapi bisa jadi rumit dalam pelaksanaannya. Untuk benar-benar membuat teknik ini berfungsi, ada baiknya untuk menghasilkan konten dengan tujuan repurposing, sehingga Anda dapat dengan mudah memotong dan memilahnya ke dalam format yang berbeda dan mendistribusikannya ke saluran yang berbeda.

Misalnya, konten berbasis teks semuanya bagus, tetapi mengubah konten basis teks menjadi video dapat membuat konten menjadi lebih berharga dalam menarik pengunjung baru dan membuat situs Anda tentunya lebih menarik karena menyediakan banyak format. Data menunjukkan bahwa retensi informasi secara signifikan lebih tinggi untuk materi visual daripada teks, yang berarti bahwa video marketing adalah cara terbaik untuk menarik dan mempertahankan perhatian audiens Anda, sekaligus meningkatkan traffic ke situs Anda.

Baca juga:

12. Muncul di Podcast

Banyak orang saat ini mendengarkan podcast. Karena itu, podcast menjadi salah satu saluran pemasaran terpopuler saat ini. Brand seperti Drift contohnya, sudah masuk dalam dunia podcast dan membuat versinya sendiri, tetapi membuat podcast adalah pekerjaan yang mudah namun agak sedikit rumit untuk Anda yang tidak passionate dengan podcast karena Anda akan membutuhkan peralatan, keterampilan mengedit, tamu untuk podcast, dan lain-lain. Dan jika Anda memiliki sumber daya yang terbatas, tampaknya bukan ide yang baik untuk langsung menyiapkannya.

Baca juga: 10 Platform Hosting Podcast Terbaik untuk Anda

Jika Anda tidak tertarik atau kurang sumber daya manusia untuk membuat podcast sendiri, Anda hanya perlu menjadi tamu dalam podcast orang lain. Begini, podcast saat ini sudah menjamur dan tentu saja para content creator podcast memerlukan bintang tamu untuk konten mereka. Yang perlu Anda lakukan adalah ‘reaching out’ dan hubungi para pemilik podcast yang audiensnya adalah audiens Anda dan jadilah tamu di podcast tersebut. B

13. Coba Untuk Mendapatkan Ranking Lewat Video di YouTube

Pencarian di mesin pencari Google bisa sangat kompetitif dalam hal frase kunci tertentu. Namun dalam SEO YouTube, setiap orang masih memiliki kesempatan yang sama untuk menghibur, engaged, dan menentukan peringkat. Bagaimana caranya? Meskipun kata kunci atau keyword dan maksud penelusuran (search intent) itu penting, komponen utama SEO YouTube adalah keterlibatan tinggi (high engagement). Maksud saya, untuk rank di Youtub, metrik seperti suka dan tidak suka, rasio klik-tayang (RKT), waktu menonton rata-rata, dll menjadi sangat penting. YouTube ingin pemirsa tetap menggunakan platformnya selama mungkin. Itu membantu mereka menghasilkan lebih banyak uang lewat iklan. Dan untuk menghargai Anda, mereka akan memberi Anda visibilitas ranking di Youtube tentunya.

14. Belajar Dari Data Google Analytics Anda

Google Analytics adalah salah satu tools gratis dari Google untuk Anda gunakan, dan data insights yang diperoleh dari Google Analytics ini dapat membantu Anda mengarahkan trafik lebih lanjut ke situs web Anda. Gunakan tautan terlacak untuk kampanye pemasaran Anda dan periksa analisis situs web Anda secara teratur. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi strategi dan jenis konten mana yang berfungsi, mana yang perlu ditingkatkan.

Baca juga: 10 Google Tools Gratis untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

15. Berkolaborasi dengan Brand dan Influencer

Jika ada influencer atau brand yang cukup terkenal dan juga berada di niche Anda, baiknya Anda berkolaborasi dengan influencer atau brand tersebut dengan cara meminta mereka menuliskan artikel di blog Anda atau Anda dapat pula menginterview influencer dan brand tersebut. Hal ini dapat membantu mengarahkan trafik melalui pencarian organik tetapi juga melalui influencer atau brand yang mempromosikan konten ke audiens mereka.

Aktivitas ini juga dapat membantu menambahkan lebih banyak variasi pada konten Anda dan menunjukkan kepada pengunjung Anda bahwa Anda aktif di bidang Anda. Atau, Anda dapat meminta influencer untuk menyebutkan bisnis Anda di ulasan atau postingan ringkasan mereka sendiri. Cara ini masih gratis, namun Anda tetap membutuhkan kolaborasi dengan influencer dan brand untuk bisa saling bertukar keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *