Daftar Buku Digital Marketing Terbaik untuk Pemula

Buku Digital Marketing Terbaik

Dalam melakukan penelitian untuk postingan kali ini, saya tidak menemukan banyak pilihan buku digital marketing daripada yang saya harapkan pada setiap topik yang ingin saya bahas. Mungkin saja di era digital 4.0 ini, topik-topik seperti buku digital marketing, buku tentang Google Adsense atau buku tentang SEO ini lebih sering dibahas dalam postingan dan ebook. Namun, jika Anda membaca artikel ini maka Anda, seperti saya, lebih memilih format pembelajaran yang ditawarakan oleh “buku” yang bagus daripada buku digital marketing terbitan mandiri (self published). Berikut ini adalah rekomendasi 10 buku digital marketing terbaik untuk Anda.

1. Digital Marketing All-in-One for Dummies oleh Stephanie Diamond

  • Format: Digital Marketing All-in-One for Dummies tersedia dalam format Paperback dan Kindle e-book.
  • Harga: USD $23,27 – $24,49 ( Rp 347.125 – Rp 354.212)

Buku dengan judul “Digital Marketing All-in-One for Dummies” yang ditulis oleh Stephanie Diamond adalah pilihan yang sangat baik jika Anda baru saja memutuskan untuk mulai belajar mengenai topik digital marketing. Buku ini mencakup semua topik penting yang perlu Anda ketahui untuk membangun dan menerapkan strategi pemasaran (strategi marketing) yang unggul. Buku ini menawarkan tips yang mudah dipahami untuk membantu Anda mengubah audiens menjadi pelanggan setia. Digital Marketing All-in-One for Dummies oleh Stephanie Diamond mencakup delapan topik penting yang perlu Anda fokuskan dalam pemasaran online, termasuk SEO dan media sosial di dalamnya.

2. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan

Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital oleh Philip Kotler
  • Format : Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital tersedia dalam format Kindle e-book, Audiobook dan Hardcover
  • Harga : US$ 15.00 – $18.90 (Rp 216.953 – Rp 274.518)

Dunia marketing selalu berubah mengikuti teknologi. Buku “Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital” adalah buku pegangan yang sangat dibutuhkan untuk pemasaran generasi saat ini. Ditulis oleh Philip Kotler, Bapak Marketing Terkemuka di dunia, buku ini membantu Anda menavigasikan dunia yang semakin terhubung dan mengubah landscape konsumen untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan, dengan lebih efektif. Pelanggan saat ini memiliki lebih sedikit waktu dan perhatian untuk dicurahkan pada brand dan bisnis Anda dan mereka dikelilingi oleh banyak sekali alternatif di setiap saluran komunikasi. Anda perlu melakukan hal-hal yang menarik perhatian mereka, dan menyampaikan pesan yang ingin mereka dengar.

Buku ini mengkaji pergeseran dinamika kekuatan pasar, paradoks yang ditimbulkan oleh konektivitas, dan semakin terpecahnya sub-budaya yang akan membentuk konsumen masa depan; landasan ini menunjukkan mengapa Marketing 4.0 menjadi sebuah keharusan bagi produktivitas, dan buku ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menerapkannya pada usaha dan brand Anda saat ini.

3. SEO 2021: Learn search engine optimization with smart internet marketing strategies oleh Adam Clarke

SEO 2021: Learn search engine optimization with smart internet marketing strategies oleh Adam Clarke
  • Format : Buku SEO 2021 tersedia dalam format Kindle e-book, Audiobook, Paperback, dan Mass Market Paperback
  • Harga : US$ 3.99 – $18.98 (Rp 57.710 – Rp 274.518)

Untuk yang satu ini masih tergolong baru karena baru saja diupdate pada Desember 2020 ini. Apa pun latar belakang Anda, Buku SEO 2021 akan memandu Anda melalui teknik pengoptimalan mesin pencarian yang digunakan untuk meningkatkan trafik situs website online dengan langkah-langkah yang tepat untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google, dan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan banyak pelanggan.

Di dalam buku ini, Adam Clarke akan menjelaskan konsep SEO dengan bahasa yang sederhana yang mudah dipahami untuk marketers pemula dan yang sudah ahli sekalipun. Selain itu ada juga bagian dimana buku akan membahas cara kerja algoritme Google dan cara menghitung hasil penelusuran. Topik lainnya yang akan dibahas adalah bagaimana menemukan kata kunci yang akan mengarahkan pelanggan ke situs Anda, trik SEO lokal dan ada pula tutorial step by step yang dibuat eksklusif untuk pembaca. Tunggu apa lagi? Beli sekarang!

4. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing oleh Simon Kingsnorth

Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing
  • Format : Digital Marketing Strategy – An Integrated Approach to Online Marketing tersedia dalam format Kindle e-book, Paperback, dan Hardcover.
  • Harga : US$ 29.92 – $31.49 dan $102.39 untuk hardcover ( Rp 420.000 – Rp 455.457 dan Rp 1.482.079 untuk hardcover.

Banyak sekali buku yang mencakup bahasan digital marketing, akan tetapi untuk mencari buku yang mencakup semua disiplin ilmu digital marketing bisa menjadi tantangan. Buku berjudul Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing yang ditulis oleh Simon Kingsnorth ini sangat penting dan sangat mudah dibaca. Buku ini juga menyediakan kerangka kerja langkah-demi-langkah yang dapat diakses untuk perencanaan, integrasi, dan pengukuran setiap platform marketing dan teknik digital dan semuanya disesuaikan untuk mencapai tujuan bisnis yang menyeluruh.

Buku juga selalu diperbaharui dan hadir membahas media sosial, SEO, pemasaran konten (content marketing), pengalaman pengguna (user experience), dan loyalitas pelanggan (customer loyalty). Strategi digital marketing adalah sebuah ‘peta’ yang ideal untuk menavigasi topik mengenai otomatisasi pemasaran (marketing automation), personalisasi, email marketing, integrasi online dan offline, kekuatan AI (artificial inteligence) teknologi dan bahasan perlindungan data dan strategi privasi.

5. Checkout: The Step-by-Step, 7C Method to Build a Dominant Ecommerce Brand oleh Neil Verma dan Ren Moulton

Checkout: The Step-by-Step, 7C Method to Build a Dominant Ecommerce Brand
  • Format : Checkout: The Step-by-Step, 7C Method to Build a Dominant Ecommerce Brand tersedia dalam format Kindle e-book dan Paperback
  • Harga : US$ 4.99 – $ 19.95 ( Rp 72.173 – Rp 288.548 )

Anda memulai bisnis Anda atau toko online Anda tahun ini? Great! Industri e-commerce berkembang, dan banyaknya pemain yang terjun pada industri ini membuat aktivitas membangun bisnis e-commerce yang menguntungkan lebih sulit dari sebelumnya. Apa yang berhasil 5 tahun lalu belum tentu berhasil dilakukan saat ini. Banyak marketers atau pemilik bisnis yang tidak sabar yang cenderung mementingkan konversi lewat saluran berbayar untuk langsung ‘kembali modal’. Dan tak jarang marketers dan pemilik bisnis memprioritaskan pengguna berbayar meskipun setiap pengusaha tahu bahwa pengguna organik juga sangat perlu untuk diperhatikkan.

Lewat buku Checkout: The Step-by-Step, 7C Method to Build a Dominant Ecommerce Brand, Neil Verma dan Ren Moulton memperkenalkan konsep 7C, strategi branding secara menyeluruh dan secara spesifik dibuat untuk e-commerce. Buku ini merupakan hasil studi menyeluruh dari 100 brand e-commerce terkemuka dan membahas strategi brand blue chip di dalamnya. Strategi branding 7C ini adalah strategi holistik untuk menghilangkan spekulasi, mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas Anda.

6. The Connector’s Way: A Story About Building Business One Relationship at a Time oleh Patrick Galvin

The Connector's Way: A Story About Building Business One Relationship at a Time
  • Format : The Connector’s Way: A Story About Building Business One Relationship at a Time tersedia dalam format Kindle e-book, Audiobook dan Paperback
  • Harga : US$ 7.99 – $12.95 (Rp 115.564 – Rp 187.303)

Hubungan yang kuat adalah kunci sukses pribadi dan profesional! Buku dengan judul “The Connector’s Way: A Story About Building Business One Relationship at a Time ” ini mengupas hal yang paling penting dalam membangun bisnis Anda, yaitu HUBUNGAN ANTAR MANUSIA. Tema mengenai ‘Hubungan antar manusia’ atau human connection ini sangat underrated sekali dan saya secara pribadi ingin sekali merekomendasikan buku ini untuk Anda dalam membangun bisnis.

Dalam buku ini ada tokoh bernama Robert Hanson, pemilik agen asuransi yang sedang berjuang. Dengan mengikuti nasihat dari dua mentor, Robert mengungkap rahasia kuat yang membangun hubungan yang telah lama tidak dia ketahui, meskipun hal tersebut selalu terlihat jelas. Saat Anda mengikuti perjalanan transformatif Robert dan bisnisnya, Anda akan menemukan tujuh aturan sederhana namun bersifat seperti ‘prinsip’ untuk membangun bisnis. Apakah Anda ingin maju dalam karier Anda atau menumbuhkan perusahaan, buku ini akan mendorong Anda untuk bertindak dan memberikan jalan yang jelas menuju sukses!

7. Influencer: Building Your Personal Brand in the Age of Social Media oleh Brittany Hennessy

Influencer: Building Your Personal Brand in the Age of Social Media oleh Brittany Hennessy
  • Format : Influencer : Building Your Personal Brand in the Age of Social Media tersedia dalam format Kindle e-book, Audiobook, Paperback dan MP3 CD
  • Harga : US$ 9.99- $23,94 (Rp 144.527- Rp 346.343)

Setiap influencer favorit Anda memulai dengan follower berjumlah nol dan harus membuat banyak percobaan untuk mencapai posisi dimana mereka saat ini dan kemudian memonitize konten. Akan tetapi untuk menjadi pembuat konten top, Anda perlu memahami strategi di baliknya. Britanny Hennessy akan memandu Anda untuk mengenal prinsip influencer marketing. Dari membuat konten yang disukai, serta penggunaan hashtag untuk ditemukan oleh audiens Anda. Dalam buku ini, Brittany Hennessy akan mengungkapkan bagaimana cara membangun audiens Anda dan membuat mereka terlibat, mengemas brand Anda dan mempromosikan brand favorite Anda serta bagaimana cara memonetize konten Anda dan berapa “angka” yang harusnya Anda tagih. Di dalam buku ini juga terdapat tips untuk bekerja sama dengan agen, mempromosikan brand tanpa ‘menjelekkan brand lain’ dan masih banyak lagi.

8. Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen oleh Donald Miller

Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen
  • Format : Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen tersedia dalam format Kindle e-book, Audiobook, Paperback dan hardcover
  • Harga : US$ 9.45 – $ 12.13 (Rp 141.130- Rp 222.594)

Baik Anda seorang marketing director atau pemilik bisnis atau seorang politisi ataupun influencer, Buku dengan judul “Building a StoryBrand” akan mengubah cara Anda berbicara tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, dan nilai unik yang Anda berikan kepada pelanggan dan audiens Anda.

Building a StoryBrand yang ditulis oleh Donald Miller adalah buku berupa solusi untuk terlibat dengan pelanggan atau audiens Anda. Di dalam buku, Donald menyajikan tujuh poin cerita yang bersifat universal mengenai bagaimana manusia merespon sesuatu, beberapa diantaranya adalah alasan sebenarnya pelanggan melakukan pembelian, cara menyederhanakan pesan brand sehingga orang memahaminya, dan cara membuat pesan yang paling efektif untuk situs web, brosur, dan media sosial.

9. This Is Marketing: You Can’t Be Seen Until You Learn to See oleh Seth Godin dan João Bosco Medeiros

This Is Marketing: You Can't Be Seen Until You Learn to See oleh Seth Godin
  • Format : This Is Marketing: You Can’t Be Seen Until You Learn to See tersedia dalam format Kindle e-book, Audiobook, Paperback dan hardcover
  • Harga :US$ 9.31 – $ 14.99 (Rp 130.000 – Rp 212.000 )

Godin menawarkan buku berupa core marketing dalam satu paket yang ringkas dan mudah diakses untuk semua kalangan, baik pendiri startup teknologi, pemilik bisnis kecil, atau pemilik bisnis skala besar. Seorang marketer yang hebat tidak menggunakan konsumen untuk memecahkan masalah perusahaan mereka; mereka menggunakan aktivitas marketing untuk memecahkan masalah orang lain. Taktik mereka adalah mengandalkan empati, koneksi, dan sisi emosional audiens alih-alih iklan dan saluran email yang biasanya berisi spam. Beberapa topik dalam buku membahas;

  1. Bagaimana membangun kepercayaan dan izin dengan target pasar Anda.
  2. Membahas cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda adalah membantu orang lain untuk menjadi seperti apa yang mereka inginkan.
  3. Mengapa pendekatan lama untuk periklanan dan pencitraan brand tidak lagi berfungsi saat ini.
  4. Keputusan pembelian.
  5. Seni positioning dan masih banyak lagi

10. 3 Months to No.1: The 2021 “No-Nonsense” SEO Playbook for Getting Your Website Found on Google oleh Will Coombe

3 Months to No.1: The 2021 "No-Nonsense" SEO Playbook for Getting Your Website Found on Google
  • Format : 3 Months to No.1: The 2021 “No-Nonsense” SEO Playbook for Getting Your Website Found on Google tersedia dalam format Kindle e-book, dan Paperback
  • Harga : US$ 9.99 – $ 18.99 (Rp 142.000 – Rp 268.000)

Buku ini tidak menyimpan ‘rahasia’ yang tidak dapat Anda temukan tersebar di seluruh Internet. Sebaliknya, buku yang dibuat oleh Will Coombe ini membuat pencarian Anda untuk topik belajar SEO menjadi lebih terarah. Buku ini memberi tahu Anda apa yang harus difokuskan dan kapan Anda harus fokus. ‘3 Months to No. 1’ memberikan Anda Playbook langkah demi langkah bagaimana SEO bekerja. Salah satunya dengan pendekatan yang ‘segar’ dan lebih membumi dan sederhana. Beberapa topik bahasan di dalam buku:

  1. Online Marketing 101
  2. • Nasihat pribadi untuk bisnis Anda
  3. • Bagaimana menemukan kata kunci yang menghasilkan uang
  4. • Konfigurasi WordPress untuk kesuksesan SEO
  5. • Cara mendapatkan tautan / backlink
  6. • Kursus kilat dalam topik content marketing
  7. • Social Media
  8. • Strategi SEO untuk bisnis lokal
  9. • SEO untuk e-commerce (termasuk Shopify, Magento, & WooCommerce)
  10. • Diagnosis dan menghindari hukuman dari Google
  11. • Mengapa lebih cepat menggunakan strategi ‘white hat SEO’.

Kesimpulan

Setelah meninjau semua buku pemasaran digital saat ini, jika Anda adalah seorang pelajar atau pemula, saya secata pribadi merekomendasikan Digital Marketing All-in-One for Dummies oleh Stephanie Diamond untuk dibaca dan dipelajari terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa fokus kepada tematik lainnya untuk aktivitas branding, SEO dan lainnya yang sudah saya susun dalam daftar.

Baca juga : 10 Buku Manajemen Terbaik untuk Pemula

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *