Review Trello Project Management

Review Trello Project Management

Summary Trello

Trello adalah salah satu software manajemen proyek yang sederhana dan memiliki reputasi brand yang cukup kuat dan secara pribadi saya merekomendasikan software ini untuk Anda dan tim kecil Anda. Trello adalah software yang dapat menjadi alat kolaborasi dan berfungsi mengatur semua proyek Anda ke dalam satu dashboard. Antarmuka Trello juga sangat mudah digunakan sehingga Anda selalu dapat memeriksa secara detail mengenai proyek tertentu yang telah dituliskan dalam papan di antarmukanya, Anda juga dapat menemukan informasi mengenai siapa yang mengerjakan tugas-tugas tertentu, dan juga sejauh apa kemajuan pada setiap tugas dalam suatu proyek.

Ulasan Trello
Tampilan Trello

Fitur Trello

Tampilan Kanban Trello
Tampilan Kanban Trello

Tampilan Kanban dengan papan dan kartu

Dengan menggunakan Trello, Anda dan tim Anda pasti dapat membuat papan (board) dari dasbor utama atau dari tab papan dan kemudian menamai papan berdasarkan proyek yang Anda dan tim Anda kerjakan. Latar belakang default Trello berwarna biru, tetapi jika Anda ingin mengubahnya, Anda dapat menyesuaikannya dari sisi kanan papan berdasarkan preferensi Anda. Tampilan Kanban merupakan salah satu fitur khas dari Trello yang diambil dari kebiasaan menggunakan notes kecil seperti, ‘post-it’.

Setelah membuat papan kerja, Anda dapat menambahkan kartu yang biasanya berisi detail pekerjaan atau tugas ke setiap papan di kolom. Misalnya, Anda dapat menambahkan kartu di “List Tugas”, “Sedang dikerjakan”, “Menunggu Persetujuan”,”Selesai”, dan “Perlu Ditinjau Ulang” berdasarkan kemajuan dalam setiap tugas di kartu untuk membuat alur kerja proyek Anda. Kartu juga dapat difilter dengan label berwarna dan disiapkan untuk waktu-waktu tertentu, misalnya, ‘jatuh tempo minggu depan’. Anda juga dapat mengatur filter privasi untuk menjadikan proyek tersebut menjadi publik, atau hanya untuk pribadi dan untuk akses tim.

Fitur Trello
Fitur Trello

Power-ups

Fitur Trello Power-Ups menambahkan fungsionalitas ekstra ke papan Trello Anda. Anda dapat menambahkan tombol ke papan, menampilkan preview untuk dokumen lampiran pada kartu Trello, dan banyak lagi. Fitur Power-ups dapat menambahkan tampilan kalender, voting, Google Drive dan Notejoy. Ftur ini memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal saat menggunakanTrello.

Otomatisasi

Salah satu fitur yang terbilang baru di Trello adalah kemampuannya untuk membuat otomatisasi yang dikenal sebagai perintah berjalan atau “Butler”. Power-up ‘Butler’ memungkinkan otomatisasi papan Trello Anda dengan serangkaian aturan, perintah terjadwal, dan tombol kustomisasi. Anda juga dapat membuat aturan Anda sendiri yang kemudian akan ‘memicu’ tindakan tertentu secara otomatis.

Fitur Butler Trello Otomatisasi
Fitur Butler Trello untuk Otomatisasi

Misalnya, setiap kali Anda memindahkan kartu ke kolom “Tugas Selesai”, tindakan tersebut bisa secara otomatis mencentang semua subtugas yang tersisa di kartu itu. Atau, jika Anda memindahkan kartu ke kolom “Tugas perlu ditinjau ulang”, Anda dapat menambahkan secara otomatis rambahan 10 hari ke batas deadline yang sebelumnya diatur untuk tugas tersebut.

Fitur Butler memungkinkan Anda mengotomatiskan jenis tindakan berulang tersebut. Daftar pemicu dan tindakan tidak begitu lengkap, tetapi sudah cukup mencakup banyak skenario umum. Fitur ini gratis tetapi sebagian besar fungsi lainnya mengharuskan Anda untuk melakukan upgrade.

Aplikasi Trello yang Mobile Friendly

Trello memiliki aplikasi yang dapat Anda download untuk Android dan iOS. Ada juga aplikasi Trello untuk Slack. Aplikasi pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan antarmuka Trello yang dapat Anda akses lewat browser Anda. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan Anda untuk beralih dari desktop ke aplikasi seluler.

Integrasi

Yang juga perlu diketahui adalah fakta bahwa Trello terintegrasi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga. Ini termasuk Slack, Google Drive, Jira, HourStack, Gmail, Placker, Box dan Gantify antara lain. Sangat memudahkan Anda dan tim tentunya, apalagi jika Anda ingin menghubungkan Trello dengan tools lainnya yang Anda gunakan.

Harga Trello

Harga berlangganan Trello
Harga berlangganan Trello

Trello menawarkan versi gratis untuk Anda dan tim untuk mencoba tools ini, tentunya dengan fitus dasar yang juga terbatas. Namun jika Anda sudah yakin mau berlangganan dan mendapatkan akses ke fitur Trello yang lebih luas, Anda dapat mempertimbangkan paket langganan berbayar mereka. Trello menawarkan paket berbayar mereka, mulai dari US $ 12,50 per bulan per pengguna atau US $ 9,99 per bulan per pengguna jika Anda berlangganan setiap tahun.

Rekomendasi Trello : Pro & Kontra

Pro

  • Trello memiliki antarmuka yang sangar intuitif dan ramah pengguna yang membuatnya mudah digunakan. Kata lainnya, Trello memiliki UI/UX yang bagus.
  • Sangat saya rekomendasikan untuk para entrepreneur yang bekerja dengan tim kecilnya, freelance, start up company, blogger, proyek desainer, penulis atau pengusaha.
  • Trello menawarkan paket gratis selamanya

Kontra

Kesimpulan

Trello jelas merupakan salah satu alat manajemen proyek terbaik untuk freelancer, blogger, pengusaha, dan bisnis kecil karena fitur dan harganya. Antarmuka Trello sederhana dan sangat mudah digunakan dan juga dapat disesuaikan berdasarkan preferensi Anda sendiri. Tetapi saya pribadi tidak akan merekomendasikan Trello jika Anda sedang mengerjakan proyek yang lebih besar dan lebih kompleks yang tentunya memerlukan fitur canggih untuk pelaporan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudak mencoba Trello? Jika belum, Anda dapat mendaftarkan akun Trello gratis hari ini! Atau cek software serupa yang dapat dijadikan alternatif Trello.

Baca Juga:

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *