Review LinkedIn Learning

Apa itu LinkedIn Learning?

Jika Anda muncul di artikel ini dan sedang mencari ulasan atau review mengenai LinkedIn Learning, Anda sudah datang ke tempat yang tepat karena saya akan membagikan ringkasan pengalaman saya ketika menggunakan platform Linkedin Learning!

Apa itu Linkedin Learning?

Saya percaya bahwa proses belajar adalah proses yang tidak pernah berakhir selama Anda masih hidup di dunia ini, berapa pun usia Anda. Sebagai seorang profesional muda, saya sering kali perlu memperbarui keterampilan saya dan belajar lebih banyak tentang hal-hal lainnya yang dapat membantu saya ‘unggul’ dalam apa yang saya lakukan untuk menonjol dalam persaingan.

Ada dua opsi untuk meningkatkan keterampilan Anda atau mempelajari lebih banyak hal. Pertama, Anda dapat kembali ke sekolah atau membaca lebih banyak buku. Tetapi solusi tradisional ini tidak praktis karena biaya masuk ke perguruan tinggi bisa menjadi sangat mahal dan juga memakan waktu. Lalu yang kedua adalah mencari kelas pembelajaran elektronik atau kelas online.

Saat ini (terutama di saat pandemi Covid-19), kursus online adalah hal yang lumrah untuk meningkatkan keterampilan baru, jauh lebih mudah untuk mengambil keterampilan yang tepat. Dan salah satu platform pembelajaran kelas online adalah melalui LinkedIn Learning.

Sejak diakuisisi oleh Microsoft, LinkedIn sepertinya cukup sibuk melebarkan sayapnya ke domain baru. Sebelumnya LinkedIn sempat menghadirkan konten video original, kini mereka juga merambah ke ranah pendidikan dengan meluncuran LinkedIn Learning.

Tidak banyak orang yang tahu, tetapi pada tahun 2015 LinkedIn mengakuisisi salah satu portal pembelajaran online yang sangat populer yang disebut Lynda.com, dan LinkedIn Learning dapat dikatakan sebagai reinkarnasi dari Lynda.com dengan analitik yang lebih mengagumkan.

Yes! LinkedIn Learning hadir dengan analitik yang terintegrasi sehingga perusahaan dapat memantau kemajuan karyawan mereka saat menggunakan platform. Namun, untuk memiliki akses ke LinkedIn Learning, Anda harus memiliki akun premium LinkedIn terlebih dahulu.

Antarmuka atau interface yang sangat baik

LinkedIn Learning adalah bagian dari Massive Open Online Course  (MOOC), yang berarti LinkedIn Learning adalah platform untuk kursus online yang dapat diakses melalui web untuk jumlah peserta yang tidak terbatas (atau banyak peserta). Untuk kategori platform MOOC, saya dapat mengatakan bahwa LinkedIn Learning memiliki antarmuka yang baik karena desainnya sangat intuitif (semua fitur ada pada tempatnya). Selain itu, desainnya juga rapi dan bersih.

Antarmuka situs dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian tersebut adalah ajakan bertindak (Call To Action – CTA) untuk uji coba, menjelajahi kursus oleh para pakar, filter untuk memilih kursus berdasarkan topik, rangkaian kursus kreativitas yang sedang trending, dan yang terakhir adalah paket bundling untuk kelas bagi tim. Secara keseluruhan, antarmukanya sangat mudah digunakan sehingga setiap orang yang mengunjungi situs tidak akan bingung mencari hal-hal tertentu.

LinkedIn Learning menawarkan banyak kursus online

Sebagai pakar SEO, saya yakin konten itu penting. Karena setiap orang ingin meningkatkan keterampilan mereka dan mempelajari lebih banyak hal, nilai konten di platform online sering kali dipertanyakan. Saya paham sekali jika sebagian besar orang yang mencari ulasan tentang platform e-learning sering kali ragu mengenai hal-hal seperti, “apakah platform ini memiliki konten yang berkualitas?”, “apakah kursus online oleh si B dapat membantu meningkatkan skil profesional saya?” , dll.

Setelah saya periksa, saya dapat mengatakan bahwa LinkedIn Learning menawarkan banyak kursus. Beberapa diantaranya sangat bagus, dan beberapa di antaranya… biasa-biasa saja dan cukup mendasar.

Setelah Anda masuk ke dalam platform, Anda dapat melihat bahwa platform penuh dengan kursus pengantar untuk setiap topik. Berdasarkan pengalaman saya, cukup sulit untuk menemukan kursus lanjutan. Namun sekali lagi, pengalaman ini bisa berbeda untuk setiap individu.

Tetapi saya percaya jika Anda baru saja mulai belajar dan Anda yakin bahwa Anda belum mengetahui banyak hal, cobalah kelas di LinkedIn Learning dan pelajari banyak topik yang Anda minati mulai dari yang paling mendasar. Tetapi jika Anda menginginkan kursus berkualitas tinggi dengan konten yang sangat bagus di dalamnya dan lebih spesifik, saya sarankan Anda untuk memeriksa pakar yang Anda sudah kenal dan memiliki kredibilitas yang cukup tinggi untuk membawakan topik tersebut dan memeriksa apakah mereka memiliki kelas di platform e-learning

Sertifikasi kursus di LinkedIn Learning

Sertifikasi adalah salah satu hal yang dapat ditawarkan sebagai nilai jual oleh beberapa kursus di LinkedIn Learning. Seperti yang Anda ketahui, sertifikasi setelah menyelesaikan kursus mungkin penting bagi beberapa profesional muda, untuk dimasukkan ke dalam CV mereka sebagai validasi keterampilan baru mereka. Beberapa orang di industri atau perusahaan seringkali juga lebih memilih untuk mempekerjakan calon mereka yang memiliki banyak sertifikasi di bidangnya.

Meskipun kursus di LinkedIn Learning tidak terakreditasi, saya harus mengatakan bahwa kursus tersebut tetap memberikan nilai bagi pengguna. Integrasi antara LinkedIn dan LinkedIn Learning juga berjalan secara otomatis karena Anda dapat memiliki sertifikat dan lisensi yang Anda selesaikan di profil linkedIn online Anda. Bagaimanapun, merek LinkedIn sendiri adalah salah satu merek sosial besar dan terkenal untuk jejaring profesional.

Tetapi sekali lagi jika Anda berencana mendaftar untuk platform e-learning dengan sertifikasi terakreditasi, saya tidak akan menyarankan platform ini untuk Anda karena Anda mungkin dapat memilih platform berbayar lain dengan paket serupa yang menawarkan sertifikasi terakreditasi yang Anda cari.

Harga LinkedIn Learning

Sekarang mari kita bahas tentang harga yang ditawarkan LinkedIn Learning!

Untuk mendapatkan akses ke banyak kursus di LinkedIn Learning, Anda harus mendaftar ke paket LinkedIn Premium. LinkedIn memiliki 4 paket premium, yaitu Paket Karir, Paket Bisnis, Paket Penjualan, dan Paket Perekrutan. Harga LinkedIn Premium Plan (Career Plan) mulai dari $ 29,99 per bulan. Jadi, pada dasarnya jika Anda mendaftar untuk paket Karir dengan $ 29,99 per bulan, Anda dapat memiliki akses ke Pembelajaran LinkedIn.

Jika Anda yakin memilih platform Pembelajaran LinkedIn untuk belajar dalam jangka panjang, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membayar layanan selama setahun setelah 1 bulan uji coba gratis dengan diskon 33%, atau $ 19,99 per tahun.

Semua paket LinkedIn Learning menawarkan uji coba 30 hari untuk paket premium mereka tetapi Anda harus mendaftar dengan kartu kredit Anda terlebih dahulu. Nah, banyak perusahaan mungkin meminta detail kartu kredit untuk uji coba gratis guna mencegah orang membuat lebih dari satu profil untuk mendapatkan beberapa uji coba gratis.

Hal ini tentu sangat ‘fair’ dan sungguh wajar. Namun jika Anda hanya mau mencoba terlebih dahulu, Anda bisa mendaftarkan akun Anda menjadi LinkedIn premium, mengambil uji coba 30 hari dan membatalkannya sebelum jatuh tempo di hari ke-30.

Pro

  • LinkedIn Learning memiliki antarmuka yang bagus dan mudah digunakan.
  • Menawarkan banyak kursus dengan topik berbeda dan
  • Brand LinkedIn itu sendiri adalah brand yang sangat bagus dalam dunia bisnis.
  • Harganya kompetitif dibandingkan dengan MOOC lain dan juga menawarkan fitur paket premium dasar untuk pengguna LinkedIn.

Kontra

  • Kursus tidak memberikan sertifikasi terakreditasi.
  • Kurangnya kursus lanjutan, sebagian besar kursus untuk pemula.

Kesimpulan

Jadi, kembali ke pertanyaan pertama yang mungkin Anda miliki sebelum meninjau platform ini. Apakah LinkedIn Learning layak untuk dicoba? Saya akan mengatakan bahwa itu semua tergantung di mana tingkat skil Anda sekarang. Apakah Anda adalah seorang ‘ahli’ atau Anda baru saja ‘mulai’ belajar di kategori yang ingin Anda pelajari?

Saya pasti akan merekomendasikan LinkedIn Learning untuk profesional muda yang perlu mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan dasar. Jika Anda sudah memiliki akun premium di LinkedIn, mengapa tidak mencoba LinkedIn Learning karena Anda sudah tentu dapat mengakses fitur tersebut.

Tetapi jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin membutuhkan lebih dari sekedar kursus dasar yang disajikan untuk pemula, lanjutan dan mungkin pekerjaan Anda memerlukan sertifikat resmi dari organisasi terakreditasi atau platform pendidikan yang benar-benar kredibel, Anda mungkin harus memeriksa platform MOOC lainnya, seperti Coursera atau Udemy.

Saya harap informasi yang disajikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk memutuskan mengasah skil Anda lewat platfrom MOOC alias kelas online! Jika Anda memutuskan untuk mencoba LinkedIn Learning, Anda dapat mendaftar sekarang dan menikmati uji coba 30 hari. Apa pun yang mungkin Anda putuskan, saya berharap yang terbaik untuk Anda. Salam sukses!

Baca Juga:

Product Rating

8

Fitur LinkedIn Learning

7.9/10

Harga LinkedIn Learning

8.0/10

Keseluruhan

8.2/10

3 tanggapan pada “Review LinkedIn Learning”

  1. Well, I used LinkedIn learning and some of their courses not only just for beginners. But, indeed the premium price offered is quite expensive and even though you already downloaded the material via apps, unfortunately, it will expire and you should have downloaded it again. So, definitely, you have to keep renewing the paid subscription. so sad.

    1. Hi Yipikaye,

      Yes, indeed LinkedIn Learning is growing its platform and inviting more and more content creators/coaches to market their content. However if you think that their premium plan is quite expensive, you can always find the alternative to LinkedIn Learning, such as Udemy, Coursera, Audacity (depends on your objective and budget). Btw, I mentioned Coursera as well because there is free courses at Coursera.

      And recently I found about Google Digital Garage free class and certification for Digital Marketing, maybe you should check that out (I might write the review later for my reader her as well once I finish the test ^^).

      Good bless and hope you are doing well with all your activities!

  2. Hi, yes, I’ve used Coursera as well as Udemy. But in Coursera, the material provided is still not that deep. Hopefully, that’s just based on my experience. I’ve also already bought a few courses from Udemy when the pandemic begins, but sadly still haven’t had time to learn them. And yes, of course, all the courses have their advantages and disadvantages. Hopefully, all who learn from the courses that have been taken can get what they need. Thank you for your suggestion. Break a leg! ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *