10 Video editing software untuk pemula

10 video editing software untuk pemula

Software untuk mengedit video tentu dapat membantu Anda mempromosikan produk di berbagai platform, seperti Instagram, Facebook, YouTube, atau juga website Anda sendiri. Khusus artikel kali ini, saya akan menyusun review singkat 10 software pengeditan video gratis yang mudah digunakan untuk pemula.

Keuntungan terbesar dari perangkat lunak pengeditan video gratis untuk desktop adalah bahwa software ini cenderung memiliki lebih banyak fitur daripada kebanyakan aplikasi pengeditan video lewat aplikasi mobile. Jika Anda ingin mengedit video promosi Anda dengan anggaran terbatas, berikut kami tampilkan review 10 video editing software untuk pemula.

1. Filmora oleh Wondershare

Filmora Wondershare
Filmora Wondershare

Filmora adalah software yang menawarkan pengeditan video standar, sederhana, dan berkualitas tinggi dari Wondershare; tetapi Wondershare juga menawarkan FilmoraGo (untuk pengeditan yang dilakukan di perangkat mobile) dan Filmora Scrn. Desain platform ini sangat intuitif dan mudah digunakan, dan dilengkapi dengan filter, overlay, elemen motion, transisi, dan beberapa pilihan musik bebas royalti. Wondershare memang memiliki software pengeditan untuk pengguna yang lebih profesional (FilmoraPro). Akan tetapi untuk pemula, Filmora9 mungkin lebih cocok. Antarmukanya memiliki estetika yang mirip dengan produk Adobe dan mungkin Anda akan merasa ‘riweuh’ awalnya, tapi jika Anda langsung mencoba dan praktik, sebenarnya software ini cukup mudah digunakan.

2. OpenShot

OpenShot editing software pemula
OpenShot

OpenShot adalah salah satu software dengan interface yang sungguh sangat mudah untuk digunakan sehingga menjadikan platform ini video editor yang sungguh cocok untuk pemula. OpenShot memiliki antarmuka yang intuitif dan desain minimal yang sempurna untuk aktivitas pengeditan sederhana. Perangkat lunak ini jelas merupakan pilihan yang efisien untuk bisnis kecil. Oh, tidak hanya itu, Openshot juga memiliki feature untuk membantu Anda mengubah ukuran ukuran klip, penskalaan klip, cut frame video, memasukan credit, pemetaan waktu (timer), edit audio dan preview real time.

3. Lightsworks

Lightsworks video editing software
Lightsworks

Lightworks menampilkan antarmuka software yang sederhana dan sangat intuitif, sehingga mudah digunakan. Lightworks juga menawarkan kumpulan tutorial video terperinci, menjadikannya salah satu opsi perangkat lunak pengeditan video Linux yang lebih mudah diakses dan dipelajari dalam daftar ini. Platform ini memiliki rangkaian video stok asli dan klip musik yang dilisensikan untuk digunakan dalam video apa pun yang Anda edit di program. Hal ini tentunya memungkinkan Anda memberikan tampilan yang untuk video marketing Anda. Mudah untuk mendistribusikan video Anda dengan fitur export cepat ke YouTube, Vimeo, Facebook, dan Instagram. Tidak hanya itu, software ini juga mendukung berbagai format video.

4. Editor Video Movavi

Movavi video editing software
Movavi

Movavi menawarkan dua versi editor yang berbeda: Movavi Video Editor dan Movavi Video Editor Plus. Versi Plus memiliki desain antarmuka yang diperbarui dan memberi Anda beberapa fitur tambahan serta pembaruan dan pemrosesan yang lebih cepat. Software ini cukup mudah digunakan sehingga bahkan para pemula pun tidak akan butuh waktu lama untuk memahaminya. Ada banyak tutorial dan panduan pengguna yang tersedia dan support yang akan membantu Anda melalui formulir web jika Anda membutuhkannya. Kedua versi memiliki serangkaian besar fitur pengeditan termasuk crop, rotasi, pan, zoom, trimming, deshake, transisi, filter, judul animasi, intro, picture-in-picture, stiker, callout, dan efek. Ada juga perekam video built-in, serta perekam suara dan perekam layar. Anda juga memiliki opsi untuk memilih satu dari 14 bahasa yang tersedia, termasuk Jerman dan Jepang.

5. VSDC

VSDC Video Editing Software
VSDC

VSDC adalah perangkat lunak pengedit video di desktop yang tersedia sebagai versi gratis dan berbayar. Meskipun versi gratisnya memiliki fitur terbatas, versi gratis masih dilengkapi dengan suite pengeditan video lengkap VSDC, termasuk fitur masking tool dan efek video layar hijau. Jika Anda memiliki anggaran untuk menggunakan versi lengkap, Anda akan menikmati fitur lainnya seperti stabilisasi video, efek pasca-produksi , kemampuan slideshow / presentasi, template diagram 3D, dan masih banyak lagi.

6. Blender

Blender video editing software
Blender

Blender adalah paket kreasi 3D open-source gratis. Ini termasuk fitur untuk membantu membuat model dan membuat animasi 3D. Software ini merupakan hasil kreasi kolaboratif dari ratusan pengembang (developer) dari seluruh dunia. Komunitas pengguna yang besar memberi software Blender sekumpulan tools yang ekstensif.
Perangkat lunak ini dirancang sebagai rangkaian animasi 3D tetapi dilengkapi dengan editor video fungsional yang seharusnya cukup untuk sebagian besar kebutuhan pengguna. Software juga dapat menangani pengeditan yang lebih kompleks, seperti penyamaran video, menjadikan Blender editor video yang fleksibel untuk pengguna pemula dan untuk mereka yang memang sudah berpengalaman.

7. Pinnacle

Pinnacle video editing software
Pinnacle

Pinnacle Studio adalah aplikasi pengeditan video yang cepat, berfitur lengkap, mendekati level profesional. Alat masking di software ini membuatnya lebih appealing, meskipun saat kami mencoba platform ini, kami masih menemukan beberapa ketidakstabilan. Pinnacle sebenarnya ditujukan untuk para video editor tingkat profesional, dengan fitur dan efek pengeditan yang sangat baik seperti video stop-motion, pengeditan multicam, dan motion tracking. Pinnacle juga mendukung konten VR 360 degree, dan kecepatan renderingnya adalah salah satu nilai jual yang tinggi untuk kategori video editing software bagi pemula.

8. iMovie

iMovie video editing software

Editor video klasik Youtube gratis yang memungkinkan Anda membuat trailer bergaya Hollywood dan klip video resolusi 4K yang menakjubkan. iMovie dapat menjadi pilihan sempurna untuk YouTuber pemula yang baru mengenal intro, transisi, dan pilihan filter. iMovie memiliki video 4K untuk film berkualitas bioskop, sangat mudah diakses dan mudah digunakan. iMovie juga memiliki versi mobile yang kuat yang memungkinkan Anda untuk mengedit dari iPhone dan Android juga koleksi tambahan judul dan kredit animasi. iMovie menawarkan opsi berbagi langsung untuk mendistribusikan video Anda dan membuat filter video kreatif untuk menambahkan sentuhan sinematik.

9. Lumen5

Lumen5 video editing software
Lumen5

Sebagai sebuah bisnis, Anda mungkin mencari cara untuk membuat video dengan mudah atau bahkan menggunakan kembali bentuk konten lain, seperti postingan blog dan artikel. Lumen5 membuat tujuan ini mudah dicapai. Lumen5 menggunakan kecerdasan buatan (AI – Artificial Intelegence) untuk dengan cepat mengubah postingan teks menjadi video sederhana dan menyenangkan dalam waktu yang sangat singkat. Yang harus Anda lakukan adalah memilih tema, warna, dimensi video, lalu copy-paste teks ke bingkai video. Dalam beberapa langkah mudah, video Anda akan selesai. Anda kemudian dapat membagikannya di media sosial dll. SUNGGUH SANGAT GAMPANG!

10. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah software pilihan bagi sebagian besar profesional di industri per-editan video. Fakta bahwa iAdobe Premiere Pro memiliki antarmuka yang ramah pengguna juga menjadikannya pilihan yang cocok untuk pemula. Dengan harga berlangganan sebesar $ 20,99 per bulan, Adobe Premiere Pro menawarkan banyak fitur dan memungkinkan Anda untuk benar-benar bereksperimen dan menjelajahi semua opsi. Versi terbaru dari Adobe Premiere Pro CC juga kompatibel dengan tablet dan komputer touch screen.

Demikian review singkat 10 video editing software untuk pemula. Untuk Anda yang baru mau memulai membuat video marketing, Anda memiliki 3 opsi, membayar jasa videographer, mengedit video Anda dengan video editing software atau juga menggunakan platform video maker dengan template. Apapun pilihan Anda, saya harap Anda bisa dengan mudah mengeksekusi konten dan mengubahnya menjadi video marketing yang menarik. Salam sukses!

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *