Manfaat dan cara membuat video marketing untuk brand Anda

Manfaat Video Marketing untuk Bisnis Anda

Video marketing kini semakin diminati para pelaku bisnis dan para marketer sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kesuksesan sebuah bisnis saat melakukan promosi. Namun apa pentingnya dan manfaat nyata menggunakan video marketing sebagai alat promosi produk selain meningkatkan penjualan? Kami akan membahasnya lebih lanjut di artikel ini.

Apa itu video marketing?

Video marketing adalah grafik visual yang perlu dimasukkan sebagai komponen dari rencana marketing komunikasi yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan audiens dengan brand Anda. Video menjadi elemen yang semakin penting dalam content marketing modern. Ada banyak jenis video marketing yang dikategorikan berdasarkan konten video tersebut, yaitu company profile, video review, video testimonial, video dari siaran langsung (live), video how-to, video penjelasan (explanation video), video pelatihan perusahaan (training). Sedangkan dari segi tampilan ada video klip, slide show, animasi, animasi white board dan masih banyak lagi. Anda dapat menggabungkan jenis video marketing ini atau membuatnya secara terpisah.

Mengapa video marketing itu penting?

Promosi bisnis akan semakin hits dan disukai konsumen jika dihadirkan dengan tampilan dan desain visual yang menarik. Salah satu aktivitas berkembang yang paling banyak dilakukan marketer saat ini adalah video marketing. Tampilannya yang lebih atraktif dan komunikatif dibandingkan dengan format grafik 2D yang sederhana membuat media promosi ini dinilai paling ideal untuk menarik perhatian masyarakat luas.

1. Pengenalan brand dan produk

Promosi video marketing terbukti efektif dalam memperkenalkan brand produk bisnis Anda. Menurut HubSpot, 72% pelanggan lebih suka mempelajari produk atau layanan melalui video. Kini banyak pebisnis yang mulai berpromosi melalui media sosial, seperti YouTube, Twitter, Facebook dan lain-lain. Selain dari jejaring sosial, Anda bisa meletakkannya di situs Anda sehingga pengunjung website Anda bisa menonton video dari produk yang ditawarkan. Tujuan video marketing adalah agar lebih banyak orang tahu tentang produk bisnis Anda.

2. Menjamin kualitas produk bisnis

Anda bisa membuat video marketing berupa testimoni dari customer setia Anda. Anda juga dapat membuat video produksi produk, profil perusahaan, dan sebagainya. Sehingga calon konsumen percaya dengan perusahaan dan kualitas bisnis Anda. Dalam beberapa kasus, video marketing juga berguna untuk menghindari serangan black campaign oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Menjangkau pasar global

Promosi bisnis dengan cara ini juga berperan dalam memperluas target pasar bisnis Anda hingga tak terbatas. Seluruh dunia dapat melihat video marketing yang telah Anda buat, sehingga potensi jangkauan pasar Anda akan sangat besar dan luas. Kemudahan dalam mengakses internet kini semakin memudahkan peluang untuk mengembangkan bisnis Anda ke pasar internasional.

4. Video akan meningkatkan SEO

Mesin pencari akan mulai menilai dan memberi peringkat situs web melalui SEO dalam video marketing. Mesin pencari menempatkan lebih banyak investasi dalam konten video dan mulai menyadari betapa penting dan berharganya video marketing bagi audiens. Kegiatan ini dapat meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari, rasio click – view, open rates, dan konversi. Video yang diberi tag dengan benar di Youtube (mesin pencari terbesar kedua setelah Google yang dimiliki oleh Google juga) dapat memberikan ‘keajaiban’ bagi SEO Anda.

5. Video meningkatkan tingkat konversi

Studi terbaru oleh Wyzowl menemukan bahwa 81 persen konsumen online lebih cenderung membeli produk yang mereka pertimbangkan untuk dibeli setelah menonton video dari brand tersebut. Dan tidak hanya itu, 76% pemasar juga mengatakan itu membantu mereka meningkatkan penjualan. Jadi, video marketing itu sendiri jelas merupakan konten yang harus dimiliki marketer atau brand, untuk terlibat dengan audiens mereka dan menjadi top of the mind dalam industri.

Cara membuat video marketing

Video marketing adalah cara yang tepat untuk memperkenalkan produk yang Anda jual agar menonjol, dibandingkan dengan pendekatan marketing lainnya yang hanya menggunakan teks caption atau grafis 2D. Jika Anda membuat video marketing dengan benar, pendekatan ini akan membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan mengubahnya menjadi pelanggan setia.

1. Kumpulkan data dan insights dari Audiens

Mengembangkan kampanye video marketing paling sering dilakukan dengan melakukan riset pasar, analisis kompetitif, dan mengumpulkan wawasan atau insights dari audiens Anda terlebih dahulu. Setelah Anda memiliki informasi ini dan dapat membentuk strategi Anda, Anda dapat menentukan pesannya. Apa yang Anda ingin audiens dengar, lihat, dan rasakan? Pesan apa yang ingin Anda sampaikan? Bagaimana Anda akan mengarahkan audiens tersebut untuk melakukan apa yang Anda mau?

2. Menentukan goal dan tujuan video marketing Anda

Di sini Anda harus berdiskusi dengan tim marketing Anda mengenai tujuan yang ingin Anda dapatkan setelah audiens Anda menonton video Anda. Tujuan ini akan membuat Anda memberikan CTA (call to action) yang tepat dalam mengarahkan audiens Anda. Berikut beberapa contoh tujuan yang biasanya digunakan :

  • Traffic situs
  • View count
  • Shares
  • Video completion
  • Brand awareness
  • Lead generation
  • Retensi customer

3. Menentukan durasi video marketing

Banyak yang mengatakan bahwa hook video ada di 10 detik pertama. Jujur, saya sedikit kurang setuju dengan penyataan ini karena iklan yang bisa di-skip di Youtube durasinya hanya 5 detik saja. Menurut saya 5 detik pertama adalah durasi yang SANGAT PENTING untuk semua video marketing Anda yang terintegrasi. Hal ini saya simpulkan karena beberapa video yang dimainkan di sosial media memberikan durasi yang cukup lama, 5 detik -1 menit. Jadi pastikan untuk selalu berpatokan ke durasi yang paling singkat, yaitu Youtube Ads.

Namun, jika Anda tidak menggunakan Youtube Ads dan hanya menggunakan Instagram contohnya, Anda dapat menggunakan paling tidak 15 detik untuk story dan preview IGTV.

Bagaimana dengan durasi video maksimal? Untuk durasi video, sebaiknya dibuat maksimal 2 menit saja. Namun panjang maksimal video biasanya dapat Anda sesuaikan juga dengan platform komunikasi yang Anda gunakan. Ingat selalu sesuaikan dan integrasikan video Anda di semua platform dan ambil patokan paling krusial atau benang merah di semua platform komunikasi Anda.

4. Merencanakan storyboard video marketing Anda

Storytelling memang penting dalam dunia konten marketing, akan tetapi itu semua harus dimulai dengan perencanaan storyboard terlebih dahulu agar saat Anda memilih untuk shooting beberapa footage untuk scene yang Anda inginkan, Anda sudah tahu apa yang harus Anda prioritaskan untuk diambil gambarnya. Perencanaan storyboard juga perlu dilakukan secara matang agar saat syuting berlangsung tidak akan ‘bocor’ dalam segi waktu dan budget yang dikeluarkan.

 

Sumber: events.ctlt.ubc.ca

Maksud saya di sini, bayangkan jika Anda menyewa tempat untuk 5 jam, namun tidak berhasil rampung mengambil semua gambar scene karena Anda tidak memiliki konsep matang mengenai apa yang harus Anda ambil untuk video. Tidak hanya Anda akan membayar lagi untuk menyewa tempat, namun Anda juga harus mengeluarkan budget lebih untuk model dan beberapa pekerja yang Anda hire untuk syuting tersebut. Maka dari itu, perencanaan secara matang mengenai apa yang harus Anda ambil sebelum syuting dimulai adalah sesuatu yang krusial dan sangat penting untuk dilakukan.

4. Mulai membuat video marketing

Membuat video marketing dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Menggunakan video editing software

Pertama, jika Anda memutuskan untuk membuat video Anda sendiri , Anda dapat menggunakan video editing software baik versi gratis maupun berbayar. Yang harus Anda lakukan adalah memiliki semua bahan untuk video marketing Anda, baik footage video dan mungkin audio dan beberapa teks yang mungkin Anda butuhkan untuk melengkapi konten video marketing Anda.

Jika Anda memiliki skil design untuk mengedit video, Anda dapat memanfaatkan skil tersebut untuk merekam beberapa scene footage sesuai konsep Anda, dan mengedit scene animasi langsung di video editing software favorit Anda. Namun, jika Anda kekurangan footage atau memang tidak melakukan proses pengambilan gambar atau syuting sendiri, Anda dapat menggunakan beberapa sumber footage gratis yang saya rekomendasikan di sini.

  • Menggunakan template dengan platform online video editor

Anda tidak memiliki keahlian teknis untuk menggunakan software video editor di desktop Anda. Jangan kuatir ataupun berkecil hati, Anda dapat menggunakan template yang ditawarkan beberapa online video editor yang dapat Anda akses langsung dari browser kesayangan Anda. Beberapa online video editor ini juga dapat diakses secara gratis. Anda cuma perlu mendaftarkan email Anda dan mencoba beberapa template yang sudah mereka sediakan untuk Anda dan mencari beberapa stock image, stock footage video ataupun stock royalty free audio.

  • Menyewa jasa videographer

Jika Anda memiki budget untuk video marketing namun tidak dapat mengerjakan video tersebut sendiri karena keterbatasan waktu, skil dan lainnya, Anda bisa mendelegasikan tugas tersebut kepada videographer. Anda dapat meng-hire mereka langsung lewat platform freelancer seperti Fiverr, Upwork, dan lainnya.

Anda juga dapat menyewa Jasa Marketing Online Indonesia untuk membantu Anda dalam membuat video marketing brand Anda. Tim kami akan dengan senang hati membantu Anda.

5. Review video Anda kembali

Jika video Anda sudah rampung, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah ada typo dan error lainnya. Untuk melakukan ini, Anda butuh ‘fresh eyes’ atau orang lain untuk memeriksa video Anda terlebih dahulu sebelum dipublish.

6. Publish video Anda

Jika semua hal di atas sudah rampung, yang Anda perlu lakukan adalah memposting dan publish video marketing Anda di berbagai platform komunikasi Anda, seperti website dan sosial media untuk menjangkau audiens Anda. Adapun itu, usahakan konten video Anda dipublish ketika kebanyakan audiens Anda sedang online. Cara memeriksanya adalah lewat fitur analitik di website dan insights di sosial media Anda.

Anda mungkin akan tertarik untuk membaca rekomendasi waktu terbaik untuk posting konten di sosial media yang telah kami sajikan di bawah ini:

Baca juga:

Demikian manfaat dan cara membuat video marketing untuk bisnis Anda. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda melakukan perencanaan konsep video Anda agar dapat sukses mempromosikan bisnis Anda. Salam sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *