Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook

waktu terbaik posting di Facebook

Last Updated on Desember 4, 2022 by Monika Tanaya

Pada tahun 2019, Facebook mengubah algoritma mereka untuk memprioritaskan postingan yang dinilai lebih relevan dan ‘bermakna’ terutama dari keluarga dan teman Anda daripada menonjolkan konten dari akun bisnis. Tentu saja ini membuat persaingan makin sulit dalam mengandalkan konten organik. Sebagian besar brand mungkin mau tidak mau harus mulai strategi Facebook Ads mereka. Namun, adakah cara agar konten organik brand bisa mendapatkan engagement yang tinggi tanpa membayar ads? Jawabannya tentu saja ada!

Waktu Terbaik Posting di Facebook

Selain membuat konten berkualitas tinggi, salah satu taktik paling efektif untuk “meretas” algoritma adalah memastikan Anda memposting pada waktu yang tepat. Tetapi kapan waktu terbaik untuk memposting di Facebook? 

Seperti kebanyakan hal dalam hidup ini, tidak ada jawaban yang mudah tentang waktu terbaik untuk memposting di Facebook. Ada banyak penelitian tentang topik ini, dan semuanya memberikan hasil yang berbeda. 

Sprout Social mampu membuat beberapa kesimpulan keseluruhan dari survei posting konten Facebook milik klien mereka. Berikut adalah hasil penelitian oleh Sprout Social

  • Waktu terbaik untuk memposting adalah hari Rabu pukul 11.00 dan 13.00.
  • Hari terbaik dalam seminggu dalam penelitian secara keseluruhan adalah Rabu
  • Anda akan mendapatkan interaksi paling konsisten pada hari kerja dari jam 9 pagi – 3 sore.
  • Hari terburuk untuk memposting konten Facebook adalah hari Minggu, yang melihat paling sedikit keterlibatan.
  • Anda akan menemukan keterlibatan terendah selama pagi dan malam hari sebelum jam 7 pagi dan setelah jam 5 sore setiap hari

Orang-orang lebih cenderung memperhatikan kiriman Facebook Anda pada pertengahan minggu, dari pagi hingga sore hari. Banyak orang mungkin memeriksa aplikasi Facebook mereka saat jam istirahat seperti jam makan siang, dan sore setelah pulang dari kantor.

Tergantung Target Audiens Anda

CoSchedule mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dengan Sprout Social. Mereka mengumpulkan hasil penelitian dari 25 studi untuk mencari pola waktu terbaik untuk memposting di Facebook dan menemukan variasi yang signifikan dalam penggunaan Facebook, tergantung pada industrinya. Namun,  banyak hasil penelitiannya yang kerap juga mengonfirmasi hasil penelitian SproutSocial. Berikut adalah hasil penelitian beberapa platform yang digabungkan oleh CoSchedule:

  • Hootsuite menyarankan untuk memposting antara jam 12-3 siang pada hari kerja. 
  • Hubspot menyarankan jam 1 siang hingga 4 sore adalah waktu yang terbaik untuk posting konten di Facebook.
  • Falcon.io menyarankan bahwa jam 12-4 sore adalah saat paling baik untuk posting di Facebook
  • Unmetric merekomendasikan jam 9 pagi dan 2 siang sebagai waktu terbaik.
  • Hasil penelitian TrackMaven bertolak belakang dengan penelitian lainnya yang kemudian menyarankan bahwa jam 8 malam pada hari Kamis adalah waktu terbaik untuk posting di Facebook.

Dari hasil penelitian yang beragam ini dapat ditarik kesimpulan yang sama, yaitu setiap orang menggunakan Facebook dengan cara yang berbeda. Jadi, tugas Anda adalah untuk mengenali lebih lanjut siapa dan apa saja aktivitas target audiens Anda.

Tergantung pada industri dan sektor bisnis Anda

Menurut tim CoSchedule, cara yang paling wajar untuk mengetahui waktu yang tepat adalah mengkategorikan sektor bisnis Anda dan berikut adalah hasil penelitiannya:

  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk industri B2C: 09.00 hingga 22.00, 12.00 – 13.00, 16.00 hingga 17.00.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk B2B: 09.00 hingga 16.00, dan juga pukul 15.00 hingga 16.00.
  • Waktu Terbaik untuk Mengeposkan di Facebook untuk industri Software: 9 pagi hingga 5 sore, kemudian turun. Jam 09.00, 15.00, dan 17.00 adalah waktu yang terbaik.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk industri kesehatan: 06.00-07.00, 09.00, dan 11.00-12.00 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Mengeposkan di Facebook untuk Media: 07:00, 11:00, dan 18:00.
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk Pendidikan Tinggi: 8 pagi, siang, 3 sore.

Sprout Social juga melengkapi hasil penelitian CoSchedule dengan menambahkan waktu terbaik untuk posting di Facebook untuk beberapa industri lainnya:

  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk industri Consumer Goods: Rabu jam 1 siang dan Jumat jam 11 pagi
  • Waktu Terbaik untuk Mengeposkan di Facebook untuk Media: Selasa, Rabu, dan Kamis pukul 5 pagi, Jumat dari pukul 8–9 pagi
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk industri pendidikan: Rabu jam 9 pagi. dan Sabtu jam 5 pagi
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk Organisasi non-profit: Rabu dan Jumat pukul 8-9 pagi
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk perusahaan Teknologi: Rabu dari pukul 09.00 – 12.00
  • Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk industri kesehatan: Rabu mulai pukul 10.00-12.00
  • Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook untuk sektor keuangan (finansial): Rabu jam 12 siang
  • Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook untuk industri pariwisata: Selasa jam 2 siang, Rabu jam 1 siang, dan Jumat jam 11 pagi

Menemukan Waktu Terbaik Anda dengan Facebook Insights

Salah satu cara menemukan waktu terbaik untuk memposting di Facebook ke audiens Anda adalah dengan menggunakan fitur Facebook Insights Anda. 

Facebook Insights juga menampilkan data tentang konten Anda yang paling sukses dan yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mencatat konten mana saja yang menunjukkan keterlibatan paling banyak. Anda dapat mempertimbangkan untuk memposting lebih sering pada waktu terbaik sesuai konten yang memiliki engagement tinggi pada fitur insights Anda. 

Demikian ulasan mengenai waktu terbaik untuk posting di Facebook, jika Anda juga mencari rekomendasi waktu terbaik untuk posting di Instagram, Anda dapat mengaksesnya di sini. Selamat planning dan selamat mencoba!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

14 tanggapan pada “Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook”

    1. Halo Luki,

      Terima kasih sudah mampir di marketingonline!

      Berdasarkan riset yang dilakukan CoSchedule, Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk Pendidikan Tinggi: 8 pagi, siang, 3 sore.
      Dan berdasarkan riset Sprout Social, Waktu Terbaik untuk Memposting di Facebook untuk industri pendidikan: Rabu jam 9 pagi. dan Sabtu jam 5 pagi.

      Benang merahnya adalah pagi dan sore.

      Namun baiknya Anda memeriksa Insights/ statistik social media Facebook Anda. Dari sana akan terlihat jam2 mana saja mereka biasanya online dan mungkin bisa juga melihat konten loker yang pernah dipost sebelumnya,” apakah konten tersebut memiliki engagement yang tinggi?” Jika ya, Anda bisa langsung mencopy strategi konten tersebut. Namun jika belom tinggi engagementnya, maka bisa di-post dengan format media lain dan di jam lainnya (A/B testing).

      Sesungguhnya tidak ada jawaban fix untuk pertanyaan ini, jadi tetap semangat terus posting dan buat konten ya! Salam sukses!

      Regards,

      Yoan

  1. Kak mau tanya nih saya kan kerja sbg promotor hp ,saya biasanya posting di fp marketplace 1 jam 1 type produk yg sama tapi dengan gambar dan lokasi yg berbeda jadi saya biasanya posting setiap jam begitu kak
    nah…
    Demikian itu efektiv atau tidak dalam pasar fb marketplace?
    Mohon di jawab ka..
    Trmksh🙏🏻

    1. Hi Fendik,
      Saya akan coba jawab sesuai pengalaman saya ya.

      Saya belum pernah berjualan via FB marketplace, namun setahu saya aktivitas yang kamu lakukan adalah untuk mendorong/ membantu agar jualan kamu terlihat di discovery atau direkomendasikan FB kepada audiens yang sedang mencari produk. Tentu akan membantu dan tentu efektif untuk visibilitas kalau resource kamu sedikit dan kamu cuma sendiri saja. Tapi keefektivan cara promote ini tergantung dengan result/ hasil yang kamu dapatkan. Apakah sejauh ini produk kamu laris? Atau banyak yang menghubungi kamu? Keefektivannya cuma kamu yg bisa jawab ya.

      Misalkan belum efektif dan kamu terbatas di sumber daya manusia dan budget buat beriklan, jika metode ini sudah kamu coba setidaknya 1 bulan dengan disiplin namun tidak menghasilkan apapun. Mungkin saatnya mengganti metode.

      Namun kalau berhasil? Hire orang lain dan lakukan hal yang sama. ^^

      Adapun, saran saya adalah cobalah beriklan di FB ads/ Meta dan cobalah targetkan audience yng tepat.

      Salam sukses,

      Yoan

    1. Coba cek insight Facebook Kakak. Kalau bisa posting di jam-jam orang aktif, namun saat ini algo FB tidak hanya 24 jam saja. pastikan menggunakan # untuk topik yang relevan dengan berjualan sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *