Kapan waktu terbaik untuk posting di LinkedIn?

Kapan waktu terbaik untuk posting di LinkedIn?

Sejak diluncurkan pada 2002 lalu, LinkedIn telah berevolusi dari sekadar platform ‘pencari pekerjaan’ menjadi salah satu platform bagi aktivitas branding. Jika dulu LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk B2B, LinkedIn versi 2020 adalah tempat yang tepat bagi para marketer B2B dan B2C untuk mempromosikan konten mereka dan membangun koneksi yang kuat. Sekarang dengan fitur-fitur keren seperti video feed, targeting tools, dan juga upcoming ‘story’ feature, kini banyak brand dan agensi memiliki sumber daya yang baik untuk terlibat dengan audiens mereka lewat LinkedIn.

Kapan Waktu Terbaik untuk Posting di Linkedin?

Statistik mengatakan, 91 persen eksekutif menilai LinkedIn sebagai pilihan pertama mereka untuk konten yang relevan secara profesional. Akan tetapi dengan lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan, lalu lintas atau trafik di platform dapat membuat konten Anda tidak mendapatkan perhatian dari audiens Anda. Jadi, salah satu faktor yang dapat membantu Anda mendapatkan interaksi yang maksimal adalah mencari tahu waktu terbaik untuk memposting di LinkedIn.

Untuk mendorong percakapan dan mendapatkan keterlibatan yang lebih baik, penting untuk memposting saat audiens Anda online. Tapi tak jarang, menemukan waktu terbaik untuk memposting di LinkedIn bisa menjadi hal yang sedikit rumit. Jadi kami telah mengumpulkan beberapa studi dan penelitian yang didukung data untuk membantu Anda dalam menjawab persoalan ini.

  • Oberlo mengatakan bahwa waktu terbaik untuk memposting di LinkedIn adalah antara jam 10 pagi dan 11 pagi. LinkedIn adalah jaringan sosial profesional yang digunakan oleh para perekrut, tenaga penjualan (sales), dan pebisnis, itulah sebabnya sering digunakan selama jam kerja. Selasa, Rabu, dan Kamis cenderung menjadi hari terbaik untuk memposting di LinkedIn. Akhir pekan dan setelah jam kerja cenderung menjadi waktu terburuk untuk memposting di LinkedIn untuk aspek keterlibatan dan visibilitas.
  • SproutSocial mengklaim bahwa hari Rabu dari jam 8-10 pagi, Kamis jam 9 pagi dan jam 1–2 siang, serta Jumat pukul 9 pagi adalah waktu terbaik untuk memposting konten di LinkedIn.
  • Hubspot memilih waktu antara jam 10 pagi hingga tengah hari dan Rabu sebagai hari terbaik untuk memposting.

Waktu Terbaik untuk Posting di Linkedin Berdasarkan Industri

Tidak ada jawaban pasti kapan, tetapi untungnya, melakukan penelitian tentang jenis audiens yang Anda coba tangkap berdasarkan industri Anda dapat mengarahkan Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Anda dapat menyimpulkan kapan postingan Anda akan menghasilkan keterlibatan paling banyak berdasarkan perilaku pesaing atau kempetitor di industri Anda.

HubSpot menyarankan data ini sebagai waktu terbaik untuk memposting di LinkedIn berdasarkan industri.

Waktu Terbaik untuk Memposting di Linkedin untuk Kategori Perusahaan Perangkat Lunak (Software) dan Media

Ditengarai bahwa audiens perusahaan media cenderung memeriksa feed media sosial mereka di pagi hari, seperti aktivitas membaca koran. Banyak ditemukan postingan yang sukses dibagikan kepada audiens pada pagi hari antara Senin-Jumat. Sementara, untuk kategori perusahaan perangkat lunak (software) disarankan untuk memposting konten di luar jam kerja.

Waktu Terbaik untuk Posting di Linkedin untuk Industri Kesehatan dan Pendidikan Tinggi

Untuk industri kesehatan dan pendidikan, sebaiknya untuk memposting konten di LinkedIn pada pertengahan pagi, jadi sekitar jam 10 pagi, hingga sore hari. Sekitar jam 2 siang sangat disarankan untuk angka keterlibatan yang baik.

Waktu Terbaik untuk Memposting di Linkedin untuk Bisnis B2B

Untuk B2B, menganalisis perilaku web adalah indikator terbaik. Audiens mereka kemungkinan besar adalah tenaga profesional lainnya, jadi sebaiknya sasar mereka dengan memposting konten sebelum mereka mulai bekerja. Contohnya adalah selama jam makan siang, dan selama jam perjalanan mereka menuju kantor atau perjalanan kembali ke rumah.

Waktu Terbaik untuk Memposting di Linkedin untuk Bisnis B2C

Mirip dengan B2B, perusahaan-perusahaan ini cenderung menemukan kesuksesan di antara audiens saat memposting di luar jam kerja, atau selama istirahat makan siang.

Menurut data Sprout Social, interaksi paling sedikit per hari terjadi pada hari Minggu dan waktu paling tidak populer untuk memposting konten di LinkedIn adalah setiap hari dari jam 9 malam hingga 3 pagi. Tentunya zona waktu perlu disesuaikan ya.

Bagaimana cara menemukan waktu unik terbaik Anda untuk memposting di LinkedIn?

Sekarang saatnya untuk menemukan waktu terbaik untuk memposting konten di LinkedIn khusus untuk profil LinkedIn Anda sendiri. Cara terbaik untuk menemukan waktu terbaik dan unik akun pribadi Anda, seperti yang kami katakan dari awal, adalah dengan menganalisis data insights LinkedIn Anda. Ini berlaku untuk platform media sosial apa pun. Sama seperti analitik Facebook dan Twitter Analytics, LinkedIn pun memiliki fitur Insights.

Lakukan A/B testing dengan beberapa kerangka waktu untuk posting di LinkedIn

Untuk membuat kebijakan yang kuat seputar waktu posting di LinkedIn, Anda harus terlebih dahulu menguji setiap kemungkinan slot waktu terbaik sepanjang hari selama setidaknya 1 bulan. Jadi pilih 2-3 slot waktu terbaik rekomendasi beberapa penelitian, lalu postinglah konten Anda pada waktu-waktu tersebut selama sebulan penuh.

Berkomitmen untuk menjadwalkan postingan konten di LinkedIn

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur rencana, membuat konten untuk kalender media sosial atau kalender media LinkedIn untuk memposting konten pada kerangka waktu yang berbeda. Pastikan Anda selalu ingat untuk memposting di LinkedIn. Anda dapat menggunakan platform penjadwalan otomatis untuk menjadwalkan konten untuk diposting di LinkedIn, misalnya HootSuite ataupun Buffer.

Periksa dan analisa data di LinkedIn Insights Anda

Tentunya setelah sebulan penuh memposting konten di 2-3 jam berbeda, kini saatnya Anda untuk melihat rekapan data yang bisa Anda temukan di LinkedIn Insights. Dalam halaman LinkedIn Insights ini LinkedIn akan menampilkan beberapa metric untuk Anda analisis. Analisis LinkedIn juga memberikan wawasan yang kaya tentang demografi audiens Anda. Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa postingan atau konten apa yang menjangkau banyak orang dan pada hari dan waktu yang mana sebagian besar pengunjung terlibat dengan konten tersebut.

Demikianlah langkah-langkah sederhana untuk dicoba ketika Anda ingin menemukan waktu terbaik untuk memposting di halaman LinkedIn Anda. Apakah Anda punya tips lainnya untuk kami? Jika ya, silakan bagikan di bagian komentar di bawah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.