Ide Bisnis Online Terbaru yang Menjanjikan

Ide Bisnis Online Terbaru yang Menjanjikan

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, peluang bisnis online yang muncul menjadi semakin beragam. Dengan keberadaan internet serta kemudahan yang ditawarkan, bisnis online bisa menjadi lapangan usaha potensial untuk masyarakat. 

Tetapi, di sisi lain hal ini juga membuat persaingan menjadi semakin ketat. Jika Anda ingin membuka bisnis online tetapi bingung memilih ide peluang yang menjanjikan, berikut beberapa pilihan bisnis serta tips untuk merintisnya.

Ide Peluang Bisnis Online Terbaru 

Berikut sejumlah ide peluang bisnis yang dapat Anda jalankan secara online, antara lain:

1. Bisnis Jastip

Sekarang ini, masyarakat Indonesia dari berbagai macam wilayah umumnya memasarkan produk yang dijual secara online. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika masih ada penjual yang hanya membuka tokonya secara offline.

Hal ini membuat konsumen, khususnya di lokasi yang jauh dari penjual tersebut akan merasa kesulitan membeli barang. Oleh sebab itu,  jastip atau jasa titip barang menjadi peluang yang menjanjikan. 

Baca juga: Kumpulan Daftar Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis Anda

Anda dapat membuka layanan jastip seperti makanan, pakaian, minuman hingga skincare pada konsumen di tempat Anda. Bisnis ini begitu menguntungkan karena Anda tidak membutuhkan sewa toko. 

2. Blogger

Sekarang ini pengembangan blog menjadi peluang yang menjanjikan. Bayangkan saja, siapapun bisa menjadi blogger asalkan memiliki laptop serta terhubung dengan jaringan internet. 

Bila ingin menjadi blogger, salah satu kunci suksesnya adalah membuat konten berkualitas, menarik dan bermanfaat untuk pengguna internet. Bukan hanya itu, Anda juga harus terus mengikuti perkembangan SEO, sehingga terus menerus up to date. 

3. Menjual Foto di Situs

Memiliki hobi di bidang fotografi? Sayang rasanya jika tidak menekuni hobi tersebut dan menyia-nyiakannya begitu saja. Bila Anda ahli mengabadikan moment dan traveling, Anda dapat menjual foto tersebut ke berbagai situs pembelian foto. 

Peluang bisnis online bagi penyuka fotografi dengan menjual foto online

Situs jual beli foto ini seperti iStock, Shutterstock dan masih banyak lagi. Selain mudah dan menyenangkan, bisnis ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang cukup banyak ke dalam kantong Anda. 

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menjual hasil foto ke media sosial contohnya seperti Pinterest untuk mempromosikan jasa Anda. Nantinya, klien yang tertarik akan langsung menghubungi Anda. 

4. Jasa Konsultasi

Sekarang, membuka jasa konsultasi tidak membutuhkan kantor. Anda dapat menjalankan bisnis ini secara online dari rumah. Namun, ketika membuka jasa konsultasi, pastikan Anda menguasai bidang tersebut. 

Contohnya saja Anda menguasai jual beli online, Anda dapat membuka jasa konsultasi untuk mengembangkan produk online, membuka bisnis online dan yang lainnya. Kemudian konsultasi dilakukan melalui website atau melalui aplikasi seperti Zoom dan Skype. 

Baca juga: Jasa Konsultan Digital Marketing dan SEO di Bali

Untuk masalah tarif, tarif yang dipatok ketika membuka jasa konsultasi ini bisa sesuai dengan yang Anda sepakati bersama dengan klien. Agar tetap laris manis pelanggan, pastikan mematok tarif yang bersaing dengan jasa lainnya. 

5. Memasarkan Iklan Digital

Beberapa waktu belakangan ini, strategi pemasaran secara digital sudah mengalahkan periklanan tradisional. Sejumlah periklanan dengan sistem tradisional antara lain seperti brosur, koran hingga baliho. 

Berbagai sistem periklanan ini mulai hilang karena banyak pengusaha yang lebih memilih menggunakan internet untuk promosi produk. Selain efisien, penggunaan internet dianggap lebih mudah dan murah.

Peluang bisnis online dengan memasangkan iklan

Tentu saja ini dapat dijadikan sebagai peluang yang menguntungkan, jika Anda memiliki skill dalam pemasaran secara digital. Anda juga dapat memanfaatkan sejumlah platform media sosial untuk mengiklankan konten. 

6. Podcast

Sebenarnya, podcast hampir mirip dengan siaran radio. Namun, hal yang membedakan antara podcast dengan siaran radio ialah, siaran ini tidak ditayangkan secara langsung. Selain itu Anda juga tidak harus menyiapkan sejumlah hal untuk membuat konten. 

Proses produksi podcast ini relatif mudah, selain itu podcast menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena Anda bisa memperoleh penghasilan dari iklan yang masuk serta monetize yang berasal dari sejumlah platform streaming. 

Tips Merintis Bisnis Online untuk Pemula

Jadi, semakin tertarik dengan peluang bisnis online di atas? Bila Anda tertarik untuk menjalankan salah satu usaha potensial di atas dari awal, sampai memperoleh omset yang besar, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan, seperti:

1. Lakukan Identifikasi Setiap Tantangan

Tujuan membangun bisnis salah satunya ialah sebagai solusi untuk masalah yang dihadapi oleh orang lain. 

Diharapkan melalui bisnis tersebut, nantinya mereka akan menjadi konsumen loyal. Saat dapat memahami masalah yang dihadapi konsumen, pastinya hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Peluang Bisnis Online _ dua wanita sedang mengindentifikasi tantangan dan riset

Setelah mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi, Anda juga dapat menyusun apa saja tantangan yang nantinya dapat muncul ketika menjalankan usaha. Sehingga, ketika masalah tersebut muncul, Anda sudah memiliki jawabannya.

2. Lakukan Riset Pasar

Meskipun menjalankan bisnis secara online, namun riset pasar menjadi hal yang tetap harus dilakukan. Lakukan riset pasar dengan sederhana, hindari bertindak terburu-buru ketika memulai bisnis atau terlalu percaya diri dengan apa yang Anda miliki sekarang ini.

Baca juga: 5 Cara Mengidentifikasi Buyer Persona dan Cara Membuatnya + Template

Hal tersebut dapat menjadi kesalahan dan menyebabkan kegagalan atas bisnis yang nantinya akan dijalankan. Ada berbagai macam peluang yang bisa dijadikan sebagai pilihan. 

Pastikan kembali membuat riset berkaitan dengan target konsumen dari produk yang Anda tawarkan nantinya.

3. Pilih Model Bisnis Terbaik

Hal lain yang harus dilakukan adalah mencari model bisnis terbaik serta yang paling cocok dengan karakter yang dimiliki. Sebenarnya, usaha online terdiri dari sejumlah model yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan pebisnis.

Model bisnis ini seperti resell serta sistem penjualan dropship. Untuk resell, lebih cocok dilakukan oleh mereka yang memiliki modal berlebih, sedangkan dropship lebih cocok dilakukan oleh pebisnis yang memiliki modal terbatas.

4. Putuskan Apa Produk yang Ingin Anda Jual

Saat menjalankan bisnis, akan lebih baik Anda fokus dengan produk yang Anda suka dan Anda pahami. 

Contohnya, Anda menyukai dunia fotografi, Anda dapat menjual produk yang erat kaitannya dengan fotografi seperti hasil foto yang Anda ambil. Sudah pasti Anda akan memahami detail produk yang dijual ke calon konsumen. 

Baca juga: Manfaat Suplier Lokal untuk Bisnis Dropshipping Anda

Bila Anda memiliki pemahaman produk yang mendetail, Anda bisa lebih mengetahui apa kebutuhan target konsumen. Hal ini membuat Anda dapat memastikan bahwa bisnis tersebut akan mudah berkembang.

5. Buat Website Bisnis

Tidak semua lini bisnis dapat berkembang dengan membuat toko online maupun media sosial saja. alternatif yang dapat digunakan untuk membangun bisnis online ialah membuat website bisnis yang berkualitas serta profesional.

Peluang bisnis online dengan membangun website

Contohnya saja Anda memiliki jasa animasi. Dengan memiliki website, bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih terkesan kredibel dibandingkan dengan usaha lain yang tidak memiliki website.

Website dibuat dengan dana yang bisa dikatakan tidak murah. Ini berarti saat bisnis online yang Anda jalankan memiliki website khusus, otomatis kepercayaan dari calon konsumen menjadi semakin terbentuk serta meningkatkan penjualan.

6. Siapkan Promosi dengan Matang

Umumnya, produk yang laris manis di pasaran mempunyai daya pikat tersendiri, tetapi ada pula produk yang laris manis karena promosi yang dimiliki sangat menarik. 

Maka sebelum memulai promosi, Anda dapat membentuk tim kreatif yang mengurus masalah ini. Sehingga terdapat bagian tersendiri dari tim yang bertugas mengelola promosi dengan fokus. 

Baca juga: 20 Digital Marketing Tools yang Wajib Dimiliki Bisnis Online

Meskipun tampak menggiurkan membuka peluang bisnis online terbaru tetap memerlukan sejumlah upaya. Namun, dengan kemudahan akses internet, hal ini juga memudahkan Anda untuk menjalankannya. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.