20 Digital Marketing Tools yang Wajib Dimiliki Bisnis Online

digital marketing tools

Bagi Anda yang mencari rekomendasi tools dan software apa saja yang biasanya digunakan oleh digital marketer dalam bekerja, lewat artikel ini, saya akan mencoba membagikan beberapa software rekomendasi 20 tools digital marketing yang saya gunakan serta alternatif tools yang serupa yang pernah saya gunakan pula.

Para digital marketer biasanya diharapkan untuk pribadi multitasking yang dapat mengerjakan beberapa hal sekaligus. Selain membuat konten berupa tulisan, kadang pula diwajibkan memiliki kemampuan skil desain sederhana, selain itu juga membuat program kerja, perencanaan kampanye dan dituntut untuk membuat riset, laporan dan menghasilkan ROI atas semua aktivitas marketing. Cukup dashyat ya tanggung jawab dan tuntutannya?

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan rekomendasi tools terbaik dan mudah digunakan untuk keperluan bisnis Anda di industri manapun, baik B2B maupun B2C. Langsung saja kita mulai bahas yuk! Untuk mempermudah menavigasi ke produk yang Anda butuhkan, saya telah memecah daftar alat berdasarkan kategorinya.

Email Marketing dan Automation Tools

Email marketing tools adalah salah satu tools marketing wajib yang perlu Anda miliki. Email marketing masih merupakan tools yang relevan dalam industri digital marketing, baik di tahun 1971 maupun saat ini. Email dengan mudah menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling efektif dan sering digunakan untuk membangun kepercayaan konsumen untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan mereka yang sudah membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda. Saat ini, Anda dapat menjalankan sistem email marketing dengan fitur yang lebih canggih, seperti otomatisasi. Berikut adalah daftar email marketing terbaik yang pernah saya coba dan saya rasa dapat menguntungkan Anda.

1. SendinBlue

Digital Marketing Tools - SendInBlue

SendInBlue adalah email marketing software yang canggih dengan fitur yang sangat lengkap untuk mengotomatiskan email Anda. Software ini tidak hanya membantu kebutuhan email marketing Anda, tetapi juga membantu mengotomatiskan SMS marketing, halaman arahan (landing page) sederhana, dan iklan (ads). Setelah Anda design workflow kerja Anda di SendInBlue, software ini akan bekerja secara autopilot, memungkinkan Anda untuk men-segmentasikan, menargetkan ulang (retargeting), dan menjangkau pelanggan dengan mudah.

SendInblue merupakan pilihan software yang cocok untuk bisnis SME hingga skala enterprise. SendInBlue menawarkan paket berbayar yang didasarkan pada jumlah pesan yang dikirim setiap bulannya. Software email marketing ini mudah digunakan, bahkan jika Anda belum pernah menggunakan software email marketing dan automation sebelumnya. SendInBlue juga menawarkan paket gratis untuk Anda yang ingin mencobanya terlebih dahulu.

2. MailChimp

Digital Marketing Tools - MailChimp
Digital Marketing Tools – MailChimp

MailChimp adalah salah satu platform email marketing yang saya rekomendasikan untuk semua pemula di dunia email marketing. Mengapa? Karena software ini merupakan software email marketing termudah untuk digunakan. MaliChimp memungkinkan Anda membuat email marketing Anda terlihat profesional dan membantu Anda mengkonversi prospek lebih baik. Again, saya akan selalu merekomendasikan alat ini untuk pemula di dunia pemasaran email atau untuk usaha kecil dan menengah yang tidak terlalu membutuhkan fitur email marketing yang lebih kompleks.

Lewat MailChimp, Anda dapat membuat email yang dirancang untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan bantuan otomatisasi email, Anda bisa mendapatkan lebih banyak hasil dengan sedikit usaha. Di antara manfaat utamanya, saya dapat menyebutkan kesederhanaannya. Marketer dapat menyelesaikan banyak hal dengan versi gratis software ini. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan fitur yang lebih kompleks, pertimbangkanlah untuk mendaftarakan akun Anda untuk paket berbayar. Mailchimp juga hadir dengan banyak template yang tampak profesional, dan analitik yang akan membantu kegiatan pemasaran Anda menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

3. GetResponse

Digital Marketing Tools - GetResponse
Digital Marketing Tools – GetResponse

Platform email marketing unik GetResponse menekankan tren otomatisasi. Software marketing ini dapat menganalisis tren dan perilaku tertentu dari daftar database Anda untuk memicu pesan dan mengirimkan email otomatis tertentu secara instan. Hasil akhirnya adalah aktivitas email marketing Anda pun menjadi lebih efektif dan cerdas.

Platform ini memiliki lebih dari 500 template email yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat mengirim email yang dipersonalisasi tergantung pada preferensi pelanggan Anda (segmentasi). Hal ni dimungkinkan dengan bantuan ‘Smart HTML’ yang berisi konten dinamis yang diperbarui untuk setiap pelanggan. Dengan bantuan fitur “perfect timing”, pesan Anda dapat dikirimkan dan menjangkau prospek saat mereka paling aktif.

SEO Tools untuk Digital Marketing

Berbicara mengenai digital marketing, selain email marketing, ada juga istilah SEO dan aktivitas SEO yang harus dilakukan secara konsisten. Masalah yang biasanya terjadi adalah tidak semua marketers mengerti SEO dan bagaimana memulainya. SEO adalah tempat sebagian besar dari kita membutuhkan bantuan besar sehingga tak jarang perusahaan memilih untuk meng-hire konsultan SEO atau agensi. Sekadar berbagi dengan Anda, berikut adalah software yang saya gunakan untuk aktivitas SEO dan dapat saya rekomendasikan untuk Anda.

4. SEMRush

Digital Marketing Tools - SEMRush
Digital Marketing Tools – SEMRush

SEMRush adalah salah satu SEO tools paling komprehensif yang tersedia di pasar dan menurut saya sangat lengkap sekali untuk kebutuhan bisnis saya. Sebelum menjalankan kampanye SEO apa pun, SEMRush adalah alat yang pasti Anda perlukan untuk mengaudit secara akurat dan melakukan berbagai aktivitas pengoptimalan mesin telusur lainnya. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi pesaing penelusuran organik teratas Anda dan menemukan kata kunci atau konten berkinerja terbaik mereka. (Ada juga alternatif lainnya yang bisa Anda akses gratis untuk membantu menganilis kompetitor Anda).

SEMRush menawarkan fitur yang dapat melakukan penelitian kata kunci yang komprehensif dan menggunakannya untuk membuat konten yang bermanfaat bagi audiens Anda. Tidak hanya itu, Anda dapat melacak backlink pesaing Anda dan mengungkap strategi membangun tautan mereka yang memberikan mereka hasil, serta membantu Anda melakukan audit teknis SEO yang komprehensif untuk meningkatkan SEO pada halaman Anda.

5. ScreamingFrog

Digital Marketing Tools - ScreamingFrog
Digital Marketing Tools – ScreamingFrog

Screaming Frog adalah software SEO spider tool yang dapat dengan cepat merayapi situs web, daftar situs web, atau halaman web tertentu untuk memberi Anda analisis lengkap tentang kinerja halaman tersebut. Anda dapat menggunakan alat ini untuk melihat apakah Anda memiliki tautan atau link yang rusak atau error, halaman yang error dan banyak lagi.

Tools ini memberikan informasi penting terkait SEO tentang situs Anda yang dapat Anda unduh dan simpan dalam file untuk referensi. Hal ini mencakup elemen tingkat tinggi seperti HTML, CSS, dan Javascript. Secara pribadi, saya suka menggunakan ScreamingFrog untuk membantu mengidentifikasi kesalahan situs apa pun yang mungkin memengaruhi SEO. Anda juga dapat menghubungkan alat ini dengan Google Analytics untuk informasi lebih lanjut.

6. Majestic SEO

Digital Marketing Tools - Majestic SEO
Digital Marketing Tools – Majestic SEO

Majestic SEO adalah tool SEO yang melakukan survei di internet untuk mencari tautan ke situs web Anda. Majestic mengklaim telah membangun database “Link Intelligence” terbesar di dunia. Basis data tautan pada dasarnya adalah peta internet yang melacak setiap situs web yang tertaut ke halaman Anda. Majestic mendapatkan wawasannya (insights) dari pemetaan dan pembuatan indeks web intelijen tautan terbesar yang tersedia. Data ini digunakan untuk memahami DNA web, mengkategorikan setiap halaman, dan setiap domain.

Baca Juga : Bagaimana cara mengetahui volume pencarian kata kunci di Google

Digital Collaboration Tools

Perangkat lunak kolaborasi online membuat kerja sama dalam proyek profesional lebih mudah dan lebih cepat. Ini mengurangi kemacetan dalam umpan balik dan proses persetujuan dan memungkinkan komunikasi waktu nyata.

7. Monday.com

Digital Marketing Tools - Monday.com
Digital Marketing Tools – Monday.com

Monday.com adalah software manajemen proyek berbasis cloud yang menyederhanakan cara tim mengelola beban kerja dan berkomunikasi. Monday.com memiliki pendekatan unik untuk membantu mengelola tim secara dengan segmentasi dan pemilihan warna untuk memungkinkan pengguna dengan cepat memeriksa proyek mana yang sedang berlangsung, tugas mana yang sudah selesai dan di mana anggota tim merasa ‘stuck’.

Board di antarmuka Monday.com juga diatur sedemikian rupa sehingga dapat menyampaikan deadline dan hubungan antar tugas dengan lebih baik. Pengguna dapat memilih untuk melihat board berdasarkan status task tersebut, berdasarkan list dalam bentuk tulisan, berdasarkan user, berdasarkan timeline atau tanggal. Monday.com memungkinkan manajer proyek untuk dengan mudah menemukan pengguna yang overload dengan pekerjaan atau yang tidak begitu bekerja kelebihan sehingga manajer dapat menyeimbangkan jumlah tugas pada bawahannya. Semua komunikasi tim berlangsung di setiap board proyek dan task.

8. Trello

Digital Marketing Tools - Trello
Digital Marketing Tools – Trello

Trello adalah alat manajemen proyek yang membantu orang berkolaborasi bersama dalam melakukan pekerjaan mereka. Tantangan terbesar untuk menggunakannya adalah memutuskan apakah itu adalah alat kolaborasi yang tepat untuk mengelola pekerjaan Anda. Trello dapat saya deskripsikan sebagai aplikasi manajemen proyek dalam bentuk papan kanban. Trello masuk dalam kategori softwareyang paling baik untuk mengatur, mengkoordinasikan, dan melacak pekerjaan saat bergerak melalui alur kerja di antara sekelompok orang.

Nilai jual Trello adalah kemudahan penggunaan dan kemampuannya untuk berbagi papan Trello dengan kolaborator luar. Trello juga merupakan salah satu alat manajemen dan kolaborasi proyek pertama yang mengambil pendekatan yang sangat berbeda dalam proses kerja. Perangkat lunak manajemen proyek biasanya bekerja di sekitar tugas dan proyek, dengan UX khusus untuk memenuhi kebutuhan ini.

9. Asana

Digital Marketing Tools - Asana
Digital Marketing Tools – Asana

Asana adalah software-as-a-service (SaaS) yang dirancang untuk meningkatkan kolaborasi tim dan manajemen kerja. Ini membantu tim mengelola proyek dan tugas dalam satu platform. Asana adalah salah satu alat kolaborasi terbaik yang membantu tim mengelola semua jenis tugas, apapun industrinya. Meskipun mungkin membingungkan pada awalnya, fleksibilitas dan kemampuannya yang canggih sepadan dengan upaya awal yang diperlukan untuk memulai. Asana dapat berguna untuk tim dan perusahaan yang menangani banyak proyek sekaligus, dan dapat melayani perusahaan dalam berbagai ukuran. Plus, Asana memiliki antarmuka yang sangat intuitif dan sebenarnya sangat mudah digunakan.

Content Creator Tools

Saya yakin bahwa Anda sendiri tahu bahwa kita hidup di era visual. Artinya, jika Anda tidak memiliki strategi pembuatan konten visual, Anda akan kehilangan audiens. Menciptakan visual sangat sulit jika Anda tidak memiliki keterampilan desain. Saya tahu, saya pernah berada di posisi itu. Yang dapat saya sarankan untuk Anda adalah jika Anda memerlukan bantuan untuk membuat konten visual, Anda mungkin perlu memeriksa Canva dan Powtoon sebagai permulaan.

10. Canva

Digital Marketing Tools - Canva
Digital Marketing Tools – Canva

Canva adalah alat yang hebat untuk membuat grafik yang tampak profesional. Apa pun pengalaman Anda, Anda dapat dengan mudah menggunakan alat ini untuk membuat gambar sosial, tombol CTA (Ajakan Bertindak), dan infografis secara gratis. Canva menawarkan banyak pilihan template, clip art, dan font untuk membantu Anda menyesuaikan proyek. Ini adalah alat yang sempurna untuk seseorang yang tidak memiliki akses ke platform desain yang lebih canggih seperti Photoshop atau InDesign.

Canva tidak hanya menghemat waktu, tetapi templatnya juga cukup mudah digunakan. Ini juga membutuhkan banyak ‘pemikiran’ tentang bagaimana membuat desain media sosial ‘praktik terbaik’. Banyak orang tidak tahu harus mulai mendesain dari mana dan Canva membuatnya sangat mudah. Juga, saya dapat membuat template dan menyebarkannya melalui tautan ke orang lain.

11. Powtoon

Digital Marketing Tools - PowToon
Digital Marketing Tools – PowToon

Powtoon adalah platform komunikasi visual terkemuka yang memungkinkan siapa saja membuat video dan presentasi yang terlihat profesional dan menarik dalam hitungan menit, tanpa keterampilan desain atau teknis apa pun. Banyak marketer dan pembuat konten menggunakan Powtoon untuk melibatkan audiens mereka dalam membuat desain visual untuk keperluan training SDM, komunikasi internal, marketing, sales, dan banyak lagi.

Powtoon dapat memberi Anda semua dasar yang diperlukan untuk membuat video yang berfungsi untuk komunikasi secara visual. Powtoon juga menyediakan banyak template hingga gambar stok dan musik. Antar muka Powtoon juga intuitif dan mudah dinavigasi sehingga para pemula dalam membuat video tidak akan kesusahan ataupun bingung dalam menggunakannya.

Landing Pages Tools

Software pembuat halaman arahan atau landing pages adalah tools penting bagi siapa pun yang ingin menghasilkan arahan di internet. Memiliki kemampuan untuk dengan cepat membuat halaman arahan yang dipersonalisasi dengan formulir, gambar, dan corong adalah sebuah game changer bagi para marketers.

12. Unbounce

Digital Marketing tools - Unbounce
Digital Marketing tools – Unbounce

Unbounce adalah platform termudah untuk membuat dan menguji halaman arahan, website pop up yang sudah di-custom sesuai kebutuhan Anda. Unbounce sendiri sebenarnya adalah software landing page pertama yang ada. Bisa dibilang mereka adalah pioneernya dalam kategori landing page. Salah satu fitur Unbounce yang menjadi nilai jualnya adalah betapa mudahnya menggunakan platform ini untuk membuat halaman arahan baru. Meskipun Anda bukan seorang desainer, Anda dapat membuat halaman arahan dengan bantuan template yang tersedia sebagai permulaan.

Fitur Unbounce lainnya yang cukup canggih adalah kemampuannya dalam melakukan A/B testing. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat beberapa varian halaman. Setelah membuat varian, Unbounce kemudian akan mengujinya satu sama lain untuk melihat mana yang menghasilkan konversi paling banyak untuk Anda.

13. Leadpages

Digital Marketing tools - LeadPages
Digital Marketing tools – LeadPages

Leadpages memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat kampanye opt-in yang menakjubkan yang menangkap prospek, mengonversi pelanggan, dan mengintegrasikan di semua alat pemasaran digital favorit Anda, dari iklan Facebook hingga e-commerce. Sesuaikan kampanye Anda dengan mudah untuk mendapatkan pengaruh maksimum dengan menguji beberapa versi secara berdampingan sehingga Anda dapat mempertahankan apa yang berfungsi dan membuang yang tidak. Platform ini mudah digunakan dan juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna dengan lebih dari 160 templat untuk membuat halaman arahan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih templat yang Anda perlukan dan menggunakan editor seret dan lepas mereka untuk meletakkan setiap elemen agar sesuai dengan preferensi Anda.

14. Instapage

Digital Marketing tools - Instapage
Digital Marketing tools – Instapage

Instapage adalah tools yang berguna untuk blogger, pemilik bisnis kecil online, dan agensi. Instapage membuat proses pembuatan halaman arahan yang mudah dilakukan dengan editor drag and drop yang sederhana. Dibutuhkan sekitar 2 menit untuk menyiapkan dan memiliki editor yang sangat ramah pengguna dan dapat disesuaikan, yang tidak diragukan lagi akan memberi Anda lebih banyak leads dan prospek.

Instapage membantu membuat halaman arahan dengan desain yang baik tanpa skil coding. Ada banyak sekali template untuk industri apa pun, yang memudahkan Anda membangun halaman arahan dengan cepat. Instapage juga mudah diintegrasikan dengan email marketing software, dan juga CRM. Fitur pengujian A / B testingnya juga bagus untuk melihat varian halaman mana yang berkinerja baik.

Social Media Tools

Dengan begitu banyak orang menghabiskan begitu banyak waktu di media sosial, hal ini menjadi salah satu saluran terpenting bagi pemilik brand untuk dimanfaatkan secara maksimal. Itulah mengapa software untuk manajemen media sosial telah menjadi kebutuhan pokok perusahaan besar maupun kecil yang memang aktif di sosial media.

15. Hootsuite

Digital Marketing tools - Hootsuite

Hootsuite adalah tools manajemen media sosial tingkat perusahaan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menjadwalkan konten media sosial di berbagai platform. Alat ini dapat membantu Anda melacak kinerja konten media sosial Anda, menghitung konversi, ROI, dan melacak percakapan publik tentang brand, produk, atau layanan Anda. Hootsuite menawarkan langganan gratis terbatas dan penawaran uji coba gratis selama 30 hari untuk paket berlangganan profesional.

16. Buffer

Digital Marketing tools - Buffer
Digital Marketing tools – Buffer

Buffer adalah software manajemen media sosial untuk brand yang bertujuan untuk mendorong keterlibatan (engagement) di media sosial, sama seperti Hootsuite. Fitur Buffer membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan konten Anda, menganalisis hasil keterlibatan brand dengan audiens Anda. Buffer memungkinkan Anda menjadwalkan posting di berbagai platform media sosial seperti Facebook dan Twitter. Ada versi gratis tetapi Anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur ketika Anda meningkatkan akun Anda ke akun premium yang tentunya berbayar.

17. BuzzSumo

Digital Marketing tools - Buzzsumo
Digital Marketing tools – Buzzsumo

BuzzSumo adalah salah satu tools yang saya gunakan untuk penelitian dan pemantauan yang dapat membantu mengidentifikasi tren seputar topik tertentu. BuzzSumo dapat membantu Anda menghasilkan ide blog atau konten untuk media sosial yang sedang trending. Meskipun BuzzSumo adalah tools berbayar, Anda dapat mendaftar untuk uji coba gratis selama 7 hari untuk menguji fiturnya sebelum berlangganan. BuzzSumo juga memungkinkan Anda menemukan konten terbaik untuk niche apa pun dan juga membantu Anda menemukan influencer atau KOL (Key Opinion Leader) untuk mempromosikan konten Anda. Alternatif lebih ekonomis atau gratis, mungkin Anda bisa cek Google Trends.

Analytics Tools untuk Digital Marketing

Penting untuk terus memantau data tentang aktivitas dan apapun yang sebenarnya terjadi di situs Anda mulai dari klik hingga konversi dan seterusnya. Dan beberapa tools analytics ini adalah beberapa tools terbaik untuk membantu Anda dengan analisis situs web Anda.

18. Google Analytics

Digital Marketing tools - Google Analytics
Digital Marketing tools – Google Analytics

Google Analytics adalah tools WAJIB yang harus Anda miliki untuk website Anda karena memungkinkan Anda menganalisis lalu lintas situs web Anda pada tingkat yang dalam. Google memiliki analitik canggih yang menjelaskan berbagai informasi situs website Anda, mengidentifikasi saluran mana yang mengirimkan paling banyak trafik ke situs Anda dan juga bekerja untuk mengidentifikasi konten berkinerja terbaik di situs Anda.

Konversi situs adalah elemen terpenting dari setiap kampanye SEO, dan Google Analytics memungkinkan Anda melacak sasaran dan mengukur konversi situs web dengan mudah. Dengan bantuan laporan mengenai audiens, Anda dapat memahami tentang demografi, geolokasi, dan insights lain tentang audiens target Anda. Dengan bantuan Pelacakan Parameter, Anda dapat mengidentifikasi saluran yang efektif yang mendatangkan trafik ke tempat Anda yang membantu konversi. Kabar baiknya, Google Analytics itu gratis!

Baca juga: 10 Google Tools Gratis untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

19. Kissmetrics.io

Digital Marketing tools - Kissmetrics
Digital Marketing tools – Kissmetrics

Kissmetrics adalah software analitik yang menawarkan sistem yang dirancang untuk pelacakan data secara mendalam, dan mungkin yang paling mampu memberikan wawasan mendalam kepada pengguna tentang bagaimana bisnis dalam website berjalan. Tool ini membandingkan metrik penting dan mengotomatiskan pembaruan, sehingga semua pengguna akan memahami sejauh mana mereka telah beroperasi dalam mencapai tujuan dan apa yang benar-benar diharapkan (feedback) pelanggan dari mereka.

Kissmetrics menawarkan alat analitik yang membantu Anda meningkatkan konversi di seluruh situs web Anda. Platform ini melacak pengunjung situs Anda sepanjang seluruh perjalanan konversi mereka dan memberi Anda laporan di setiap bagian corong penjualan (sales funnel). Singkatnya, software ini membantu Anda menyempurnakan seluruh proses konversi untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

20. Hotjar

Digital Marketing tools: Hotjar
Digital Marketing tools – Hotjar

Hotjar adalah platform analisis dan feedback untuk memahami perilaku pengguna di situs Anda secara efektif dan meningkatkan pengalaman pengguna Anda. Software ini memberikan visibilitas yang ditingkatkan ke kinerja situs web Anda, perilaku pengguna, dan pengalaman pengguna. Anda dapat memanfaatkan data untuk meningkatkan tingkat konversi dan kinerja.

Platform ini memberikan catatan visual waktu nyata (real-time) dari tindakan dan perilaku pengunjung Anda di situs. Melalui peta (heat map) yang memberi petunjuk kepada Anda dimana orang-orang mengklik video sebenarnya dari perjalanan pengunjung Anda, Anda benar-benar dapat melihat apa yang perlu dioptimalkan daripada menebak-nebak.

Demikian 20 software atau tools digital marketing yang dapat Anda gunakana auntuk membantu Anda menghasilkan prospek, membuat konversi pada setiap aktivitas pemasaran digital Anda. Bagaimana dengan Anda? Anda juga menggunakan software ini dalam bekerja? Share dengan saya di kolom komentar di bawah ini! Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *