Top 10 Software Design Grafis Online & Alternatif Canva

Top 10 Software Graphic Design Online & Alternatif Canva

“Is it true that optimizing your social media branding is easier said than done?”

Bagi para pelaku bisnis tentu sudah paham betapa pentingnya memberikan kesan terbaik ke customer melalui brand. Hanya saja, tidak jarang hal ini membebani mereka dengan tuntutan pembuatan konten yang menarik, engaging–bahkan viral—demi kelangsungan bisnis. Dengan Canva, mengedit konten menjadi mudah. Tapi, jika semua brand menggunakan template Canva, apa bedanya dengan look and feel brand lain?

Kami telah mengumpulkan 10 aplikasi design grafis online dan alternatif untuk Canva yang dapat diakses melalui handphone ataupun desktop. Saking mudahnya, Anda tidak perlu repot menginstal dan mempelajari penggunaan masing-masing software. 

Cukup drag and drop, Anda tidak perlu tanpa takut kehilangan momentum aktivitas socmed atau mengalami creator’s block dalam menghasilkan konten. Tinggal pilih fitur gratis, atau berlangganan dengan perbandingan harga sesuai budget. Anda dapat mengalokasi waktu dan energi untuk meningkatkan cash flow, serta menghemat budget untuk mengggaji designer grafis profesional. 

Canva

Canva merupakan salah satu one-stop software yang komprehensif. Pilihan templatenya beragam, bervariasi, dan sering di-update, mulai dari kartu nama, poster, instagram feed, facebook banner, Instagram story, undangan dll. Bahkan, untuk mendukung aktivitas belajar online, Canva memberikan template berbagai printable worksheet menggemaskan. Sementara, desain komersialnya terlihat unik dan terasa kekinian. Dijamin konten Anda terlihat keren dan mahal. 

Tentunya, untuk hasil yang ‘tampak’ seperti Anda menyewa jasa desainer profesional, Anda perlu mengenali tools Canva yang lebih banyak dari software lainnya. Anda juga dapat memperoleh inspirasi dari template-template Canva yang dibuat oleh desainer grafis profesional seluruh dunia. 

Format penyimpanannya pun terdiri dari JPG, PNG, dan PDF. Terdapat 3 paket Canva, yaitu Canva Free, Canva Pro ($9.99 / bulan), dan Canva Enterprise ($30/month), Canva Education, dan Non-profit organization. Untuk Canva Enterprise, Anda dapat lebih leluasa menyesuaikan desain secara kolaboratif dengan seluruh tim, meskipun berbeda negara, departemen ataupun brand.

Aplikasi desain grafis online ini cocok untuk entrepreneur, guru, staff marketing yang selalu dituntut bekerja cepat, murah, kece, namun masih mau belajar dan mengulik fitur Canva di waktu senggang. Tenang, ada video tutorial yang mudah diikuti. 

Banner daftar canva pro

Alternatif Canva

1. Stencil

Stencil - Alternative to Canva

Stencil dirancang khusus untuk memudahkan desain konten sosial media. Selain ramah browser (ada add-ons untuk Chrome, Firefox, dan Safari), Anda bebas mengatur size file sesuai template untuk Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, Yang paling menyenangkan lagi, Stencil terhubung langsung dengan Buffer, sehingga Anda dapat mengautomasi upload konten sesuai jadwal marketing calendar Anda. 

Stencil menyediakan  5.000.000+ high resolution photos dari Unsplash, Pixabay, dan Pexel;  3.100.000+ icons, 100.000+ quotes,  dan berbagai templates untuk sekali bayar. Untuk pilihan font, Untuk design print, Anda tidak perlu khawatir, Stencil memunkinkan high-resolution download sampai dengan 300dpi. Kini, flyer dan poster Anda bisa terlihat sekeren feed Instagram. Untuk harga berlangganan, Stencil menyediakan paket gratis $0, paket Pro $9 per bulan, dan Unlimited $12 per bulan. 

2. Visme

Visme

Visme difokuskan untuk mendesain presentasi agar tampak menarik. Bisa juga dipakai untuk mengedit konten sosial media. Tapi, templatenya lebih cocok untuk mempercantik presentasi, infografik, dan chart sederhana. Look and feelnya sederhana, cocok untuk penggunaan corporate (seperti jasa finansial, hukum, dan manufaktur), dimana grafik dituntut tampil profesional, bersih, dan terpercaya. Tools nya pun jauh lebih simple dari PiktoChart. Jadi, jika Anda sudah terbiasa dengan PowerPoint, penggunaan Visme akan jauh lebih mudah. Tersedia paket berbayar Free (terbatas untuk 5 projek), $15 per bulan (untuk 15 projek), $29 per bulan (unlimited project). Selain itu ada pula paket Enterprise yang harganya dapat di-custom dengan fitur-fitur terbaik yang disesuaikan kebutuhan. 

3. Snappa

Snappa - Canva Alternatives

Snappa merupakan alternatif aplikasi Canva. Aplikasi ini memberikan berbagai template Infografik, Youtube thumbnails, channel art, banner ad, Instagram Ads, Pinterest pin, Google Display ads, Twitter ads, Facebook Post, dan lain-lain. Harga berlangganan dibanderol seharga $20 per bulan untuk Team, dan  $10 per month untuk Pro. Sedangkan untuk Free trial dan starter dengan fitur terbatas, tersedia versi gratis.

Snappa menyediakan foto dan grafik 100% royalty free sejumlah lebih dari 600.000 stock images, dapat digunakan untuk keperluan personal atau komersial. Snappa cukup praktis dengan fitur resize size untuk berbagai platform sosial media.  Anda cukup drag-and-drop, edit, dan upload! Semudah itu. 

4. Fotor

Fotor - Alternatif Canva

Untuk Anda yang ingin memperbarui feed instagram, e-banner, poster, dan collage, Fotor memberikan fitur yang cukup memadai. Berbagai tools dasar mengedit foto seperti healing brush, curve, filter, template frame, dan collage tersedia. Sebagai software untuk beginner, export formatnya terbatas hanya JPG dan PNG.

Save 40% on Fotor Annual Plan

Bukan pilihan yang tepat apabila Anda hendak menyimpan file poster dalam format PDF untuk dicetak. Dan ada batasan file size 19MB untuk upload dan 15MB download. Jika file anda lebih besar dari 19MB, maka harus di-resize terlebih dahulu.  Software ini gratis untuk editing tool generik, namun Anda perlu membayar sekitar $8.99 sebulan untuk unlock fitur Pro. Cocok bagi Anda pengguna pemula yang sibuk, dan harus segera mengupdate konten, tanpa membebani gawai (dan otak tentunya).

5. PicMonkey

PicMonkey template for Instagram

PicMonkey ialah aplikasi yang cukup praktis untuk digunakan pribadi maupun usaha kecil dan menengah. Jauh hadir sebelum Canva, PicMonkey memberikan service yang reliable. Hasil upload tersedia dalam format JPG, PNG, PDF.  Mirip dengan Canva, tools edit meliputi Photo retouch, social media template, logo, calendar, business card, dll.graphic vektornya pun lumayan beragam, dan cukup kekinian. Cocok untuk social media content yang praktis.PicMonkey memiliki paket Basic $7.99 per bulan, paket Pro $12.99 per bulan, dan paket Team $33.99 per bulan. Untuk paket basic sekalipun, PicMonkey memberikan akses untuk real time collaboration dan share folder. 

6. DesignBold

Designbold template

Graphic design simplified.  DesignBold memberikan alternatif Canva nan apik, yang memungkinkan Anda mendesainflyer, poster, trifold brochure, invitation, business card, presentation. Preset foto yang dapat dikustom, dan fitur pin favorite resources dari library untuk membantu mencari inspirasi. Hasil akhir dapat didownload dalam format JPEG, PNG, dan PDF. Hampir bisa dibilang fungsi Adobe InDesign dapat diperoleh disini, namun jauh lebih mudah digunakan. Gunakan aplikasi ini untuk membuat CV Anda stand out dan profesional.  Terdapat paket free, dan Pro ($7.99/bulan). 

7. Crello

Crello

Bisa dibilang Crello memiliki fitur yang mirip dengan Canva. Tools dasar untuk grafis statis   hampir sama dengan software lain, seperti frame, add text, rotate, erase background, dan retouch sederhana. Tapi, yang paling diunggulkan Crello adalah template animationnya yang beragam. Anda dapat membuat feed atau presentasi menjadi lebih interaktif dengan tambahan Animasi. Cukup drag and drop, feed social media Anda akan tampak lebih hidup. Ada paket started gratis, hanya saja terbatas untuk 5 download design sebulan. Sedangkan untuk unlock Pro, dibanderol $7.99 / bulan. 

8. PiktoChart

PikToChart

Dengan segala kemudahan dunia digital, bukan alasan lagi untuk tidak menggunakan aplikasi desain grafis online untuk mempercantik konten Anda—sekalipun Anda tidak bekerja di dunia Marketing. Ada kok software untuk mempercantik data Anda —Karena data adalah koentji–Piktochart. Software ini membantu membuat infografik, poster, presentasi, flyer, report, dan grafik sosial media. Yang paling unik dari software ini ialah dapat mengedit chart. Bukan chart biasa, bahkan dashboard interaktif yang terhubung dengan Google sheet. Belum berhenti disitu, anda dapat share dengan tim anda untuk diedit lagi. Presentasi Anda akan tampak profesional dan overall amazing. Terdapat versi free dengan fitur terbatas, dan watermark Piktochart. Pro seharga $29 per bulan, dan Team untuk 5 member seharga $99/bulan. Terdapat harga khusus bagi pelajar dan non-profit organization.

9. Desygner

Desygner

Desygner adalah salah satu platform desain grafis online yang luar cukup canggih. Desygner memiliki empat aplikasi berbeda, masing-masing untuk merancang, membuat logo, mengedit PDF, dan semua aplikasi desain. Anda dapat menggunakan Desygner untuk melakukan lebih dari sekadar mendesain grafis. Beberapa fitur pentingnya adalah software ini menyediakan file multi-format (PSD, PDF, PPT). Selain itu software ini mudah digunakan karena mirip dengan Canva. Ketersediaan templatenya pun beragam dan basis datanya terdiri dari gambar, ikon, font, dan banner bebas royalti yang dapat digunakan secara gratis. Terakhir, Anda juga dapat menggunakan software ini di smartphone Anda. Harga berlangganannya terbagi atas paket gratis dan paket premium (berbayar). Untuk langganan berbayar, Desygner menawarkan paket Plus dengan 4.95 dollar per bulan dan Paket Enterprise yang harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

10. BeFunky

Be Funky

BeFunky adalah alternatif Canva lainnya yang merupakan alat pengeditan foto dan desain grafis online yang sangat kaya dengan fitur-fitur yang praktis. Anda dapat mengedit foto, mendesain grafis dan membuat kolase (collage). Tampilan interfacenya mungkin agak sedikit berbeda dengan Canva, tapi tetap sangat mudah digunakan. Untuk membuat desain, Anda dapat menggunakan template untuk Anda sesuaikan nanti, atau mulai dari nol. Editor fotonya dapat menawarkan banyak opsi yang Anda butuhkan, seperti pengeditan efek, editor teks, frame dan lainnya. Setelah itu, Anda dapat menyimpan gambar ke Google Drive, Facebook, atau Dropbox. Selain paket gratis, harga berlangganan Be Funky premium, dibagi menjadi paket 4.99 dollar per bulan dan 6.99 dollar per bulan.

Agar konten Anda terkesan lebih original daripada kompetitor Anda, selalu terapkan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam pembuatan konten. Berikan sentuhan unik yang mewakili image yang dicari target market Anda.  Aplikasi desain online ini juga turut mengikuti tren bisnis. Fitur-fitur yang memungkinkan Anda setia pada Brand Identity Anda juga terus dikembangkan. Jadi, tak ada alasan untuk tidak tampil original. 

Try Canva Pro Today

Hormati pula karya orang lain dengan tidak melakukan plagiarisme atau sekedar copy-paste konten tanpa mencantumkan sumber. Hal ini kelihatan sepele, namun terdapat konsekuensi hukum apabila Anda tidak berhati-hati.  Dengan segala kemudahan software, sedikit kreativitas, dan inspirasi desain dari berbagai sumber, dijamin Anda dapat membuat konten social media secara produktif dan efektif. Selamat mengedit dan semoga sukses!

Penulis: Kartika Rachma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.