15 SEO Software Terbaik Untuk Meningkatkan Posisi Situs Anda di Google

Software SEO Terbaik

Apa itu software SEO?

Search engine optimization (SEO) software adalah sebuah software marketing organik yang didesain untuk merancang peringkat di website pada search engine result pages (SERPs) tanpa membayar biaya apapun kepada search engine provider. Tools ini memberikan penilaian melalui berbagai fitur, serta mengenali strategi terbaik untuk meningkatkan relevansi pencarian website. Terdapat banyak tools yang memberikan data kompetitor dan analisis industri luas.

Software SEO sering digunakan oleh produk, tim marketing, dan spesialis SEO untuk mengindentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam fitur web yang dapat meningkatkan peringkat pada perangkat pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, dan Bing. 

Daftar software SEO yang ada dalam artikel ini tentunya memiliki beberapa fitur yang menarik seperti SEO audits, rank tracking, keyword research, content optimization atau link building.

Perangkat audit SEO dapat memberikan laporan lengkap performa SEO sebuah website. Kumpulan software SEO dalam daftar ini dapat mengidentifikasi content-based atau isu teknikal yang berdampak pada peringkat pencarian dan memberikan sugesti tentang potensi perbaikan. Rank tracking tools gunanya untuk memantai performa website pada SERPs untuk suatu kata kunci (keyword), sedangkan keyword research tools memungkinkan bisnis untuk mengenali alternatif pencarian istilah (term) dan volume pencarian dari istilah tersebut. 

Dalam software SEO, content optimization tools membantu bisnis memperkuat konten website melalui fitur-fitur seperti kecerdasan artifisial (AI), SEO automation, dan semantic SEO. Tools link building digunakan untuk meningkatkan website off-page SEO dengan memonitor backlinks dan mengidentifikasi kesempatan pembuatan link baru.  

Untuk memenuhi kualifikasi dalam kategori software SEO terbaik, sebuah Software SEO harus memiliki fitur dengan beberapa fungsi di bawah ini:

  • Menghasilkan satu ataun lebih dari fungsi terkait SEO: content optimization, SEO audits, keyword research, rank tracking, link building, or backlink monitoring
  • Memberikan laporan terkait metriks optimasi
  • Fokus pada peningkatan search engine listing tak berbayar dan organik

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap ? Berikut ini adalah 15 Software SEO terbaik yang dapat Anda gunakan guna membantu situs Anda muncul di halaman pertama secara organik:

1. SEMrush

SEMrush adalah software untuk me-manajemen visibilitas situs Anda secara online dan platform SaaS content marketing yang memungkinkan bisnis mengoptimalkan kehadiran online (online presence) mereka di semua saluran utama. SEMrush sekarang menjadi software yang harus dimiliki untuk tim digital marketing di seluruh dunia. Software SEO seperti SEMRush cenderung menjadi salah satu pilihan favorit di komunitas SEO. Dengan menggunakan SEMrush, Anda akan dengan mudah menilai peringkat situs Anda serta mengidentifikasi perubahan dan menemukan peluang peringkat baru. Salah satu fitur paling populer dari software SEO ini adalah analisis Domain Vs Domain, yang memungkinkan Anda membandingkan situs web Anda dengan pesaing dengan mudah. Jika Anda mencari laporan analitik untuk membantu Anda lebih memahami data penelusuran situs web Anda, trafik atau bahkan pesaing Anda, Anda akan dapat membandingkan kata kunci dan domain. On-Page SEO Checker tool fiturnya memungkinkan Anda memantau peringkat dengan mudah dan menemukan beberapa rekomendasi tentang cara meningkatkan kinerja situs web Anda.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat SEO online yang paling direkomendasikan selain SEMrush. Software ini adalah software dengan kemampuan ‘merayap’ situs web terbesar kedua setelah Google. Pakar SEO sangat menyukai fitur Ahrefs Site Audit karena merupakan alat analisis SEO terbaik yang pernah ada. Tool ini menyoroti bagian mana dari situs web Anda yang perlu ditingkatkan agar peringkatnya lebih baik di mesin pencari. Dari perspektif analisis pesaing, Anda kemungkinan akan menggunakan Ahrefs untuk menentukan backlink pesaing Anda untuk menggunakannya sebagai titik awal untuk brand Anda sendiri. Anda juga dapat menggunakan software SEO ini untuk menemukan konten yang paling ditautkan ke dalam niche Anda, memeriksa dan memperbaiki link yang rusak (broken link) di situs web Anda, dan mendapatkan gambaran umum tentang halaman situs yang memiliki performa yang baik, sehingga Anda dapat melihat informasi apa yang menarik pengunjung.

3. SERanking

SERanking adalah  all-included SEO software yang menawarkan berbagai fitur SEO yang dibutuhkan para marketer untuk menyelesaikan proyek dan kampanye mereka secara online. SERanking sangat cocok untuk pemilik bisnis kecil, profesional dan untuk agensi SEO. Software ini menyediakan seperangkat alat lengkap untuk pelacakan posisi kata kunci dan penelitian kata kunci, audit situs web, analisis pesaing, saran dan pengelompokan kata kunci, pemantauan backlink, pelaporan otomatis, dan masih banyak lagi. Selain fitur SEO standar, sistem ini menawarkan serangkaian fitur tambahan seperti White Label, Manajemen Media Sosial, dan Marketing Plan yang bertujuan untuk membawa layanan digital profesional Anda ke tingkat yang tinggi. Semua fitur ini dapat Anda akses dalam satu platform dengan interface yang sangat user friendly tentunya.

4. Moz

Software SEO Moz Pro juga merupakan salah satu tools yang harus Anda coba! Software SEO dari Moz adalah salah satu alat SEO terbaik yang benar-benar digunakan para ahli. Software SEO Moz selalu ter-update setiap kali algoritme reguler Google berubah. Software ini juga memiliki portal obrolan, dimana Anda dapat berdiskusi dengan praktisi SEO lainnya dan mendapatkan jawaban yang berwawasan luas untuk setiap pertanyaan yang diajukan. Baik Anda mencari rekomendasi kata kunci atau penjelajahan situs. Anda juga bisa mendapatkan insights yang sangat bagus tentang bagaimana performa situs web Anda dan juga cara meningkatkannya. Software Moz Pro juga memiliki MozBar gratis yang dapat Anda unduh untuk melihat metrik situs web Anda saat menjelajahi laman mana pun. Sangat praktis!

5. Google Search Console

Google Search Console dapat membantu Anda mengukur lalu lintas dan performa Penelusuran situs Anda, memperbaiki masalah yang ada di situs Anda, dan membuat situs Anda menonjol di hasil Google Penelusuran. Software ini ditawarkan secara gratis untuk semua orang yang memiliki situs web. Selain gratis, fitur Google Search Console memungkinkan Anda memantau dan melaporkan keberadaan situs web Anda di SERP Google. Yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi situs web Anda dengan menambahkan kode ke situs web Anda atau melalui Google Analytics dan Anda dapat mengirimkan peta situs Anda untuk diindeks. Meskipun Anda tidak memerlukan akun Search Console untuk muncul di hasil penelusuran Google, Anda dapat mengontrol apa yang diindeks dan bagaimana situs web Anda direpresentasikan dengan akun ini. Sebagai alat pemeriksa SEO, Google Search Console dapat membantu Anda memahami bagaimana Google dan penggunanya melihat situs web Anda dan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kinerja yang lebih baik dalam hasil pencarian Google. Ini sangat berguna untuk situs web baru karena memungkinkan pemilik situs mengirimkan halaman web untuk pengindeksan penelusuran.

Bagi Anda yang memiliki situs website dan berminat untuk meningkatkan kinerja situs Anda dengan serius, saya sangat sangat sangat merekomendasikan Anda untuk langsung daftarkan situs Anda untuk Google Analtik dan Google Search Console. Berikut juga beberapa tools gratis dari Google yang harus Anda cek sekarang juga!

6. Ubersuggest

Ubersuggest, yang dikembangkan oleh Neil Patel, adalah alat pencari kata kunci gratis yang membantu Anda mengidentifikasi kata kunci dan juga maksud pencarian di belakangnya (search intent) dengan menampilkan SERP peringkat teratas dari frasa pendek (short-tail keyword) hingga frasa panjang (long-tail keyword). Anda dapat menemukan istilah yang tepat untuk digunakan di situs web Anda dengan ratusan rekomendasi dari keyword serach tool gratisnya. Metrik yang disertakan Ubersuggest dalam laporannya adalah volume kata kunci, persaingan, CPC, dan tren musiman. Sangat bagus untuk SEO organik dan PPC berbayar tentunya! Selain itu, software Ubersuggest dapat membantu Anda menentukan apakah kata kunci layak untuk ditargetkan dan seberapa kompetitif kata kunci tersebut.

7. Majestic SEO

Majestic SEO adalah salah satu tool SEO marketing terbaik menurut para ahli. Software Majestic SEO memiliki fitur yang sangat berguna seperti The Majestic Million yang memungkinkan Anda melihat peringkat sebuah situs dari jutaan situs web teratas yang ada. Apakah situs web Anda berhasil memiliki posisi yang baik dalam persaingan? Fitur Site Explorer memungkinkan Anda dengan mudah melihat gambaran umum situs Anda dan jumlah backlink yang Anda miliki. Dan sama seperti beberapa SEO software pada umumnya, Majestic SEO juga memiliki fitur yang berfungsi untuk mencari keyword terbaik yang dapat Anda targetkan, membandingkan performa situs, dan juga fitur untuk melacak peringkat.

8. Screaming Frog

Screaming Frog SEO Spider adalah software yang fungsi utamanya adalah ‘merayapi’ situs web . Dimana software Screaming Frog ini akan merayapi URL situs web dan mengambil elemen utama di situs untuk dianalisis dari perspektif SEO. Anda akan menyukai software ini karena dengan memiliki software ini, Anda bisa menghemat banyak waktu untuk menganalisis situs web Anda dengan sangat cepat untuk melakukan audit situs. Faktanya, kecepatan Screaming Frog memberi Anda data dan insights lebih cepat daripada kebanyakan alat SEO online. Alat ini juga memberi tahu Anda jika ada duplikasi konten, halaman error, bad redirection, dan rekomendasi untuk melakukan link-building. Alat Spider SEO miliki Screaming Frog dianggap sebagai fitur terbaik oleh para praktisi SEO.

9. KWFinder

Alat kata kunci SEO seperti KWFinder membantu Anda menemukan long tail keyword yang biasanya memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah. Para ahli menggunakan alat SEO ini untuk menemukan kata kunci terbaik dan menjalankan laporan analisis pada backlink dan SERP. Fitur Rank Tracker mereka membantu Anda dengan mudah menentukan peringkat Anda sambil melacak peningkatan Anda berdasarkan satu metrik utama. Selain itu,sebagai tambahan, Anda akan mendapatkan banyak sekali ide kata kunci baru untuk membantu Anda meningkatkan perfoma situs web Anda.

10. Answer The Public

Tool SEO gratis seperti Answer The Public memungkinkan Anda dengan mudah mencari topik untuk ditulis untuk blog Anda. Saya telah menggunakan alat ini sebelumnya untuk membuat konten seputar kata kunci tertentu untuk mendapatkan peringkat online yang lebih baik. Katakanlah Anda termasuk dalam kelompok ‘kebugaran’. Anda dapat menggunakan alat SEO gratis ini untuk membuat konten seputar kata kunci seperti fitnes, yoga, lari, Crossfit, olahraga, dan mencakup seluruh spektrum. Sangat bagus untuk menemukan peluang kata kunci unggulan. Katakanlah Anda menyewa seorang freelancer untuk membuat konten untuk Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan Answer The Public, download daftar rekomendasi berisi topik dan mengirimkannya kepada freelancer yang Anda hire tersebut. Ini semua hanya membutuhkan waktu lima menit!

11. SpyFu

Meskipun SpyFu memiliki versi premium yang luar biasa, fitur gratisnya juga sangat pantas diacungi jempol! Anda dapat dengan mudah melihat berapa kali kata kunci dicari setiap bulannya, dan juga dengan mudah menentukan kesulitan peringkat untuk kata kunci tersebut. Riset tentang pesaing Anda untuk menentukan kata kunci mana yang mereka gunakan. Selain itu, Anda dapat menelusuri situs pesaing atau situs Anda sendiri untuk dengan mudah melihat berapa banyak kata kunci organik yang mereka miliki, berapa banyak klik per bulan yang mereka dapatkan, siapa pesaing berbayar dan organik mereka, kampanye yang mereka jalankan dengan Google Ads, dan banyak lagi. . Ini adalah salah satu alat analisis SEO paling mendetail di pasar saat ini.

12. SEOQuake

SEOQuake ialah salah satu software SEO gratis terbaik. Ekstensi Chrome ini bertindak sebagai alat pemeriksa SEO yang melakukan audit situs pada halaman, menilai tautan internal dan eksternal Anda, dan juga melakukan perbandingan situs web untuk menentukan bagaimana situs Anda bekerja untuk berhadapan dengan pesaing Anda. Fitur lain dari alat analisis SEO ini termasuk analisis keyword seperti kepadatan keyword, dashboard SEO yang mudah dibaca, dan fitur ekspor yang memungkinkan Anda mengunduh dan mengirim data dengan mudah ke anggota tim Anda.

13. Siteliner

Siteliner adalah alat pemeriksa SEO yang membantu Anda menemukan konten duplikat di situs web Anda. Apa itu duplikat konten? Duplikat konten adalah konten yang identik dengan situs web lain. Jika Anda memiliki duplikat konten, Google bisa saja bertindak dan ‘menghukum’ situs web Anda. Dengan Siteliner, Anda akan dapat memindai seluruh situs web Anda untuk menemukan konten duplikat, tautan yang rusak (broken link), ukuran dan kecepatan halaman rata-rata, jumlah tautan internal per halaman, dan banyak lagi. Software Siteliner ini juga membandingkan situs web Anda dengan rata-rata situs web yang diperiksa dengan alat ini untuk membantu Anda lebih memahami posisi website Anda.

14. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah ekstensi Chrome SEO hebat lainnya seperti SEOQuake. Keywords Everywhere ini bekerja dengan cara mengumpulkan data dari berbagai alat SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, Google Trends, dan lainnya untuk membantu Anda menemukan kata kunci terbaik pada peringkat teratas. Jadi, daripada mengunjungi beberapa situs web setiap hari, Anda cukup menggunakan satu alat yang menyederhanakan seleksi keyword Anda.

15. Serpstat

Serpstat adalah platform growth-hacking untuk SEO, PPC, dan content marketing. Jika Anda mencarisoftware all-in-one terpadu yang juga terjangkau untuk menyelesaikan berbagai tugas SEO, Serpstat akan menjadi pilihan yang harus Anda cek. Banyak spesialis SEO beralih ke alat ini, karena alat ini telah mengumpulkan data analisis keyword dan pesaing untuk semua wilayah Google di seluruh dunia. Selain itu, Serpstat dikenal dengan fitur-fiturnya yang luar biasa. Yang paling populer adalah fitur Missing Keyword yang berfungsi sebagai sebuah fitur identifikasi keyword milik pesaing yang telah menempati 10 peringkat teratas teratas. Dengan mengetahui peringkat teratas kompetitor, tentu Anda dapat memulai konten Anda pula!

Simpulan

Demikian 15 Software SEO terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membantu situs Anda muncul di halaman pertama situs pencarian seperti Google. Beberapa dari software ini menghadirkan paket gratis dan free trial untuk versi premiumnya. Anda bisa mencoba lebih dulu paket gratis dan jika cocok, Anda bisa lanjut upgrade ke versi premiumnya.

Saat saya memulai, saya memulai dengan software gratis seperti Google Search Console, Ubersuggest, Answer The Public, lalu mencoba SEMrush Pro dan Ahrefs Lite. Namun sekarang mantap dengan SEMruh karena secara pribadi saya lebih cocok dengan interface SEMrush ketimbang Ahrefs. Kedua software ini cukup mirip namun tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Jika sempat, saya akan coba membuat perbandingan kedua fitur software ini.

Beberapa tahun yang lalu saat masih sangat awam dengan SEO dan benar-benar pemula, saat saya membuat strategi SEO senderhana untuk pemula, seperti riset keywords, saya biasanya akan mecoba tools gratis seperti Answer The Public dan Ubersuggest-nya Neil Patel. Dan itu sudah sangat cukup membantu. Namun, jika Anda sudah mulai berhasil mengalami peningkatan, saran saya untuk mencoba software SEO premium (berbayar).

2 tanggapan pada “15 SEO Software Terbaik Untuk Meningkatkan Posisi Situs Anda di Google”

    1. Hallo Bang,

      Untuk gratisan kalau pemula banget bisa coba Ubersuggest Neil Patel, tapi kalu mau subscribe dan mau coba software kelas Ahrefs atau SEMrush, biasanya dikasih 7-30 days trial (masa percobaan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *