Review ActiveCampaign Untuk Marketing Automation

Marketing Automation dengan ActiveCampaign

Sekilas tentang ActiveCampaign

ActiveCampaign adalah salah satu player untuk kategori email marketing software yang memungkinkan pengguna untuk melakukan marketing automation untuk kampanye mereka secara online. Perlu dicatat bahwa ActiveCampaign bukan hanya penyedia layanan email, mereka juga berusaha untuk memberikan pendekatan yang komprehensif untuk seluruh proses pembuatan email. Fitur-fitur yang disediakan ActiveCampaign saat ini adalah email marketing, marketing automation, Sales and CRM (Customer Relationship Management), messaging untuk teknik pengiriman pesan dan machine learning.

Dalam artikel ini kita akan membahas fitur, harga, dan ulasan singkat mengenai ActiveCampaign. Mari kita mulai!

Fitur ActiveCampaign
Fitur ActiveCampaign

Fitur ActiveCampaign

Email Marketing

ActiveCampaign adalah solusi untuk aktivitas email marketing tingkat lanjut. Software ini menawarkan all in one marketing tool dan merupakan salah satu perangkat email marketing terbaik saat ini. Lewat perangkat ini, Anda dapat mengedit email untuk newsletter, membuat kampanye marketing, dan menghubungkan Anda dengan pelanggan dengan cara menciptakan pengalaman yang baik. Perangkat lunak ini menyediakan serangkaian template yang digunakan untuk mengemas isi email Anda.

ActiveCampaign Template
ActiveCampaign Template

Dari kampanye marketing sederhana hingga mengirim email broadcast, ActiveCampaign juga memiliki fitur di dalamnya yang dapat Anda atur sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan. Misalkan Anda ingin membuat “Email selamat datang” saat prospek Anda mendaftarkan diri ke formulir newsletter situs Anda. Anda juga dapat mengirimkan email kepada audiens yang lebih spesifik lewat pembagian segmen audiens di dalam database kontak yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, ActiveCampaign juga menawarkan fitur-fitur lain seperti autoresponder, menyediakan funnel email, scheduled email (email yang Ada jadwalkan pengirimannya), dan pengujian AB (AB testing) dengan memisahkan dua jenis email yang akan dikirimkan kepada kontak Anda dengan tujuan untuk melihat email mana yang lebih efektif daripada yang lain.

Email Automation

Setiap bisnis memiliki kebutuhan marketing yang berbeda, maka dari itu tidak mungkin ada satu pendekatan automation yang cocok untuk semua tipe bisnis. ActiveCampaign sadar akan hal itu, sehingga perangkatnya menawarkan pengembang automation untuk membantu Anda menyesuaikan sendiri proses automation sesuai dengan tujuan dan sasaran spesifik bisnis Anda.

Seluruh proses automationnya sangat mudah untuk digunakan, karena saat Anda merencanakan proses workflow automation Anda, Anda hanya tinggal ‘click, drag and drop’. Lewat interfacenya juga, Anda dapat membuat workflow yang rumit dengan nyaman karena setiap elemen automationnya dapat disesuaikan dengan aturan main Anda sendiri. Hal ini memungkinkan Anda dapat menyesuaikan sistem Anda untuk men-delay pengiriman email selanjutnya sampai beberapa kriteria yang sudah Anda set tercapai.

ActiveCampaign Marketing Automation
ActiveCampaign Marketing Automation

Contohnya adalah Anda dapat memberikan perintah di workflow untuk mengirim email ke-2 setelah prospek membuka email pertama, atau memberikan perintah untuk mengirimkan email ke-3 jika prospek tidak membuka email pertama dalam waktu 3 hari.

Tentu saja bukan soal perkara delay, mendelay email ya. Tapi juga beberapa fitur kondisi seperti ‘split action’ di dalamnya dan masih banyak lagi, sesuai dengan kondisi seperti apa yang Anda inginkan dalam workflow kampanye Anda.

Jika Anda berencana untuk menjalankan otomatisasi untuk bisnis Anda, ActiveCampaign bisa menjadi alat yang sempurna dalam membantu Anda mengatur semua kegiatan marketing dalam satu platform. Jika Anda sudah memiliki semua konten untuk memulai proses automation Anda, ActiveCampaign akan menjadi senjata yang sangat ampuh untuk memberikan Anda lead yang baik dan memberikan prospek dan customer Anda pengalaman yang lebih baik dengan brand Anda.

Sales & CRM

Personalisasi adalah dasar untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Hampir setiap marketer percaya bahwa personalisasi sangat efektif dalam membangun hubungan dengan prospek mereka. Anda lebih suka yang mana? Email yang menyapa nama Anda atau cuma menggunakan kata sapaan ‘Dear pelangan yang terhormat’? Tetapi mengumpulkan data mengenai pelanggan dan calon prospek tidak semudah itu men-setting personalisasinya dalam platform ActiveCampaign, karena biasanya prospek atau pelanggan tidak memberikan data yang lengkap saat mengisi formulir.

Melalui CRMnya, ActiveCampaign dapat memberikan gambaran umum perihal data prospek Anda di media sosial seperti Facebook, seperti usia, minat, lokasi dan mengintegrasikan itu semua dengan aktivitas kontak sebelumnya dan kebiasaan kontak saat setiap kali mengunjungi situs Anda. Data ini tentu berguna, terutama ketika Anda ingin menyempurnakan workflow automation Anda yang kompleks.

Berbicara mengenai CRM, apakah Anda familiar jika saya menggunakan term ‘funnel’? Funnel dalam marketing itu dilambangkan dengan corong. Semakin ke bawah, corong akan semakin menyempit. Logikanya misalkan Anda memiliki database Anda dengan 1000 kontak prospek atau pelanggan, pada akhirnya secara keseluruhan, hanya sejumlah kecil kontak akhirnya akan mengkonversi dan menjadi pelanggan tetap.

Messaging

ActiveCampaign juga menawarkan solusi pemasaran lainnya untuk bekerja secara otomatis selain email marketing, yaitu mengirim SMS yang dipersonalisasi, memberikan Anda data mengenai minat audiens facebook Anda dan mengirim pesan ke visitor situs Anda.

Machine Learning

Jika Anda kerap menjalankan beberapa kampanye sebelumnya, Anda mungkin sudah memiliki cukup data untuk diproses dan dianalisis. Akan tetapi, jika bisnis Anda sudah besar dan ada tingkat kerumitan yang membutuhkan waktu yang lama untuk menganalisis, ActiveCampaign bisa menjadi solusi untuk dicoba karena mereka dapat membantu Anda memproses data yang sudah ada dengan machine learning yang mereka tawarkan.

Machine learning ini dapat merekomendasikan Anda fitur kemungkinan menang (win probability) dan pengiriman prediktif (Predictive sending). Fitur Win probaility dapat membantu Anda dan tim Anda untuk fokus pada prospek yang memiliki probabilitas konversi lebih tinggi atau penawaran yang kemungkinan besar bisa langsung di-closing.

Kapan waktu terbaik untuk mengirim email Anda? Saat saya bekerja dengan salah satu perusahaan besar, kami selalu memilih hari Selasa dan Kamis antara 10-11 pagi. Hal ini sudah menjadi aturan karena tingkat email yang dibuka pelanggan kami sangat tinggi pada hari Selasa dan Kamis.

​​Anda tidak bisa memukul rata bahwa Selasa dan Kamis adalah hari yang tepat untuk mengirimkan email Anda. Anda harus memiliki cukup data dari target pasar Anda lewat kampanye terdahulu. Bisnis yang berbeda memiliki perilaku pelanggan yang berbeda. Jika Anda membuat situs yang menjual skincare dari Perancis, perilaku pelanggan Anda mungkin berbeda dari situs lain yang menjual mesin kopi yang berbasis di Inggris. Nah, fitur Predictive Sending pada ActiveCampaign dapat membantu Anda mengirim email di waktu yang paling baik untuk prospek Anda. Waktu terbaik itu adalah waktu dimana kesempatan mereka membuka email sangat tinggi.

Harga

ActiveCampaign memiliki daftar fitur yang cukup powerful dan sangat solid dan tentu saja, saya memperkirakan harganya akan sedikit lebih tinggi. Akan tetapi, software yang mereka tawarkan ini juga dibandrol dengan Plan harga yang cukup kompetitif dan mungkin bisa dibilang ‘murah’ untuk kategori paket harganya.

Harga ActiveCampaign
Harga ActiveCampaign

ActiveCampaign menawarkan empat paket utama, masing-masing dengan fitur yang berbeda untuk keperluan bisnis Anda, yaitu paket Lite, Plus, Professional, dan Enterprise. Jika Anda belum terlalu yakin untuk menggunakan software ini untuk bisnis Anda, Anda mungkin mau mencoba dulu software mereka secara gratis selama 14 hari. Mari kita cek apa saja fitur yang mereka tawarkan untuk 4 paket harga ActiveCampaign.

Lite

Paket Lite dibandrol dengan harga $ 9,00 USD per bulan dengan beberapa fitur sederhana, yaitu:

  • Pengiriman tanpa batas
  • Email marketing
  • Mengirimkan newsletter
  • Menyediakan formulir berlangganan (subscribtion form)
  • Marketing Automation / Otomasi Pemasaran
  • Chat & Email Support
  • Terbatas untuk 3 user saja.

Plus

Paket Plus ActiveCampaign dibandrol dengan biaya $ 49 per bulan. Fitur yang masuk di dalam paketnya adalah semua fitur yang ada pada paket Lite dan ditambahkan beberapa fitur lain, seperti:

  • Dapat digunakan oleh 25 user
  • Facebook custom audiences
  • Terdapat lead & contact scoring
  • Integrasi
  • SMS Marketing
  • Dynamic content dan
  • Bisa custom user permissions

Professional

Paket Professional ditawarkan dengan harga $ 129 per bulan dan ditagih setiap tahunnya. Fitur yang termaksud di dalamnya adalah semua fitur yang ada di paket Plus dan tambah fitur-fitur di bawah ini;

  • Predictive Content
  • Customer Attribution & Path to Purchase
  • Win Probability (Kemungkinan menang)
  • Conversion Attribution Reporting
  • Split Automations (otomasi terpisah)
  • Site Messaging (menampilkan pesan di situs Anda)
  • In-Depth Onboarding Consultation
  • Konsultasi untuk strategi Automation Anda
  • 3 kali pelatihan one-on-one setiap bulannya
  • Untuk 50 user

Enterprise

Paket paling tinggi yang mereka tawarkan adalah paket Enterprise yang ditujukan untuk bisnis yang sudah besar dengan kebutuhan pemasaran yang sangat luas dan kompleks. Paket Enterprise ditawarkan dengan harga $ 229 per bulan yang juga dibebankan setiap tahun. Enterprise menawarkan semua fitur yang ada pada paket Professional ditambah fitur lainnya, yaitu:

  • Unlimited User
  • Unlimited sending
  • Custom Reporting (Beta)
  • Custom Mailserver Domain
  • Custom Domain
  • Dedicated Account Rep
  • Free Design Services
  • Free Social Data
  • Phone Support
  • Uptime SLA

Pro penggunaan ActiveCampaign

ActiveCampaign adalah salah satu alat pemasaran terbaik yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda serius dengan otomasi pemasaran (marketing automation). Alat ini dapat membantu Anda jika Anda membutuhkan platform penjualan dan pemasaran terintegrasi untuk bisnis Anda. CRM bawaan mereka dapat memungkinkan untuk terhubung ke semua data pemasaran email Anda. Ini memungkinkan tim penjualan Anda untuk melakukan pendekatan lain untuk menindaklanjuti prospek mereka berdasarkan fitur scoring dan data sosial yang tersedia di CRM. Software email marketing dibantu automation yang menurut saya cukup kuat ini pasti dapat memberikan pelanggan Anda secara keseluruhan pengalaman yang baik dengan brand Anda.

Maka dari itu, ActiveCampaign sangat saya rekomendasikan jika Anda memerlukan fitur automation, CRM, pelaporan yang menyeluruh, migrasi akun yang akan memberikan dampak yang baik pada customer experience Anda secara menyeluruh.

Kontra penggunaan ActiveCampaign

Namun, saya tidak akan merekomendasikan ini jika Anda hanya mencari alat otomatisasi sederhana untuk email marketing Anda. Saya tahu bahwa ActiveCampaign masih merupakan alat yang mudah digunakan dengan fitur drag and drop, tetapi dibandingkan dengan Mailchimp, saya akan mengatakan bahwa MailChimp masih sedikit lebih baik untuk mengedit email marketing Anda dalam platformnya.

ActiveCampaign adalah salah satu alat yang canggih untuk kebutuhan otomasi Anda dan perlu waktu untuk merasa familar dengan interface-nya karena kompleksitas fitur yang ditawarkan. Jika Anda seorang pemula, saya lebih merekomendasikan Mailchimp atau SendinBlue karena interface mereka lebih sederhana dan karena software mereka menawarkan paket gratis. Jika dibandingkan langsung, Active Campaign hanya menawarkan periode percobaan gratis selama 14 hari percobaan dan sejujurnya 14 hari tidak bisa saya katakan cukup untuk mengetes software (karena patokan saya untuk mengetes software biasanya 90 hari atau 3 bulan).

Kesimpulan tentang ActiveCampaign

Jika Anda serius menjalankan bisnis atau jika bisnis Anda sudah besar dan Anda sudah memiliki banyak aset/ konten untuk melakukan marketing automation, serta membutuhkan CRM yang berfungsi dengan baik, ActiveCampaign bisa menjadi solusi yang baik untuk bisnis Anda. Hal ini saya simpulkan karena fiturnya powerful dan harganya juga sangat kompetitif.

Meskipun ActiveCampaign terbilang canggih, saya tidak akan merekomendasikan software ini untuk Anda jika Anda seorang pemula dan hanya mencari automation sederhana karena mungkin Anda tidak akan menggunakan sebagian besar fitur yang mereka tawarkan dengan harga yang mereka bandrol dalam paketnya.

Bagaimana? Apakah menurut Anda ActiveCampaign adalah pilihan yang tepat? Yuk cek di sini untuk coba ActiveCampaign selama 14 hari gratis!

Product Rating

8.7

Fitur

9.1/10

Harga

7.9/10

Keseluruhan

9.0/10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *