Manfaat Suplier Lokal untuk Bisnis Dropshipping Anda

Suplier Dropshipping

Bagian tersulit saat Anda memutuskan untuk bergabung menjadi dropshipper baru dalam bisnis e-commerce adalah menemukan suplier yang tepat untuk produk Anda. Suplier adalah aspek yang sangat penting untuk setiap bisnis dropshipping. Tanpa suplier yang tepat, bisnis tidak akan berjalan dengan baik.

Ketika Anda memilih suplier, Anda perlu memastikan bahwa suplier Anda akan memberikan produk yang sama seperti yang telah Anda janjikan kepada customer Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa produk Anda dikirim dalam kondisi yang baik, dikirim dengan cepat, dan sesuai dengan ekspektasi customer saat memesan, Tetapi dalam dunia nyata, cukup sulit untuk menemukan suplier yang tepat, apalagi suplier ‘top’ yang memberikan pelayanan lebih seperti mengemas paket dengan packaging bisnis Anda untuk membuat tampak seolah-olah Andalah yang langsung mengirim produk itu sendiri.

Ketika Anda ingin memulai bisnis Anda, Anda mungkin akan sedikit galau memutuskan untuk bekerjasama dengan suplier lokal atau luar negeri? Berbicara dari pengalaman melakukan bisnis dropshipping, bekerja dengan supplier lokal mungkin memberi bisnis Anda lebih banyak keuntungan daripada yang Anda pikirkan. Jadi, apa sajakah keuntungannya jika Anda bekerja sama dengan suplier lokal?

Fleksibilitas karena kedekatan

Ketika Anda bekerja dengan suplier atau distributor lokal, mereka kemungkinan besar lebih fleksibel dalam bekerja sama dengan Anda. Biasanya mereka lebih fleksibel karena merasa jarak lebih dekat dengan Anda, sehingga kadang mareka bisa lebih reaktif pula. Flleksibilitas ini mungkin agak susah jika Anda bekerja sama dengan suplier yang secara jarak juga sudah terlalu jauh. Suplier lokal juga mampu mengirimkan produk lebih cepat, dan jauh lebih mudah bagi pemasok untuk mengkoordinasikan pengiriman di lingkungan sekitar daripada di seluruh dunia.

Lebih banyak kontrol untuk kualitas produk

Semua suplier dapat mengatakan bahwa mereka selalu memperlakukan semua pelanggan mereka dengan baik karena pelanggan adalah raja. Tapi janganlah menutup mata, kita sama-sama tahu bahwa ada customer yang VIP, VVIP atau hanya customer regular biasa. Jika Anda bekerja sama dengan suplier luar, mungkin akan sulit membangun hubungan kerja sama yang solid yang bisa memberikan privilidge lebih untuk bisnis Anda agar diutamakan. Di sisi lain, jika Anda bekerja dengan pemasok lokal, karena faktor kedekatan, hubungan bisnis akan lebih mudah dibangun lewat serangkaian pertemuan dengan mereka, dan lewat melakukan kunjungan menuju kantor atau gudang mereka. Hal-hal kecil seperti inilah yang akan membuat Anda tetap diingat dan diutamakan.

Anda perlu selalu memastikan bahwa suplier dropshipping yang Anda gunakan dapat memberikan produk terbaik dan berkualitas tinggi, juga layanan yang terbaik untuk bisnis Anda. Semakin jauh Anda mencari suplier, semakin sedikit kendali yang Anda miliki atas mereka.

Pengiriman produk lebih cepat

Ketika suplier Anda berlokasi di luar negeri, dibutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk pesanan dikirim dan sampai ke rumah pelangan Anda. Misalnya, jika Anda membeli dari suplier Anda dari Cina, mungkin perlu 3-4 minggu untuk tiba di Indonesia. Ketika Anda membuat pelanggan Anda menunggu terlalu lama untuk produk yang mereka pesan, mereka kemungkinan besar mungkin berpikir Anda adalah penipu, mengajukan keluhan dan meminta untuk membatalkan pesanan mereka.

Berbeda dengan suplier lokal, karena Anda dapat memberi tahu suplier lokal Anda untuk segera mengirimkan pesanan kepada pelanggan Anda. Dengan demikian, suplier lokal memungkinkan Anda untuk secara konsisten menjanjikan waktu pengiriman yang lebih cepat, sesuai dengan jasa ekspedisi yang Anda tawarkan.

Hemat biaya dan lebih banyak keuntungan

Kemampuan untuk menambahkan margin profit bisnis Anda adalah salah satu keuntungan memiliki pemasok lokal. Nah, menggunakan pemasok lokal berpotensi menghemat pengeluaran Anda untuk biaya logistik. Biasanya beberapa bisnis langsung menambahkan shipping cost yang lebih mahal untuk produk agar lebih cepat sampai ke customer. Karena biaya shipping yang cukup tinggi, maka margin keuntungan pun tidak akan banyak.

Jika Anda ingin memiliki margin yang tinggi, biaya produk yang affordable, Anda harus mempertimbangkan untuk memperpendek supply Anda pula. Jumlah uang yang dihabiskan perusahaan untuk logistik setiap tahun sangat tinggi. Banyak dari biaya-biaya ini dapat dikurangi dengan melokalisasi supply chain Anda dan dengan lebih sedikit uang yang digunakan untuk biaya logistik, akan ada lebih banyak profit di bisnis Anda

Layanan pelanggan yang baik dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi

Ketika Anda memberikan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan dengan lebih cepat, saya percaya bahwa kepuasan pelanggan akan lebih terjamin. Pelanggan kemungkinan besar tidak akan mengeluh atau meminta pengembalian uang. Tetapi jika misalkan ada beberapa pelanggan yang tidak puas dan meminta pengembalian uang atau pertukaran produk, prosesnya akan lebih mudah untuk ditangani, dibandingkan dengan pemasok luar negeri.

Biasanya suplier lokal akan memberikan salah satu staf atau sales mereka kontak yang dapat dihubungi untuk menangani masalah apa pun yang mungkin Anda miliki. Dan ketika Anda berkomunikasi dengan bahasa yang sama, Anda mungkin dapat lebih mudah saling memahami karena tidak akan ada hambatan dalam bahasa. Jika Anda mencari Suplier di luar negeri, seringkali Anda tidak dapat berkomunikasi dengan efektif karena kendala dengan bahasa. Masalah yang ada akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Berkontribusi pada pertumbuhan komunitas lokal

Menjaga supply chain Anda tetap lokal dapat memberikan dampak yang lebih berkelanjutan secara ekonomi, lingkungan, sosial dan operasional. Hal ini didasari pada pemikiran bahwa jika suplier lokal Anda dapat meningkatkan laba Anda, Anda tentu akan terus bekerja sama dengan suplier tersebut. Dengan begitu Anda akan memberikan keuntungan bagi pertumbuhan produsen yang digunakan suplier di daerah itu. Perekonomian lokal dan taraf hidup orang-orang yang tinggal di sana pun akan bertumbuh. Karyawan yang bahagia dan bergaji lebih besar kemungkinan berinvestasi dalam bisnis lokal lainnya. Selain itu, bisnis yang sudah besar dan dihormati akan menjalankan program-program CSR untuk business sustainability mereka dengan cara berkontribusi kepada masyarakat melalui penggalangan dana, donasi, dan mensponsori kegiatan-kegiatan lokal lainnya.

Memilih Suplier dan distributor adalah langkah penting yang harus diambil oleh setiap bisnis dropshipping. Tetapi ada begitu banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mencari pemasok dropshipping. Bekerja dengan suplier yang tidak jelas keberadaannya dan reputasinya akan dapat merusak reputasi bisnis Anda juga atau menyebabkan Anda kehilangan banyak uang (karena refund), jadi pastikan Anda memilih suplier yang memberikan pelayanan yang baik sebelum memulai bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *