14 Langkah Jitu Optimasi Google MyBusiness

Optimasi Google MyBusiness

Memiliki visibilitas di mesin pencari seperti Google adalah salah satu tujuan aktivitas digital marketing saat ini. Sebagian besar brand kini mencoba menambah visibilitas mereka lewat aktivitas SEO, dan beberapa juga mencoba Google Ads untuk trafik berbayar. Namun, masih banyak brand dan bisnis yang melupakan entitas ketiga, yaitu Google MyBusiness atau Google Bisnisku. Memiliki listing di Google Bisnisku dapat memungkinkan calon pelanggan untuk dengan cepat menemukan, mempelajari, dan berinteraksi dengan Anda, semuanya dari SERP.

Apa itu Google MyBusiness?

Google MyBusiness atau Google Bisnisku adalah salah satu tools gratis dari Google yang membantu pemilik bisnis mengelola kehadiran online mereka di seluruh mesin pencari dan membangun portofolio bisnis mereka secara online.

Mendaftarkan bisnis atau brand Anda dalam Google MyBusiness (GMB) adalah langkah pertama untuk mengoptimasi pencarian lokal. Dan GMB menawarkan dampak terbesar bagi merek yang mencari eksposur secara lokal. Fitur seperti penelusuran lokal (localization) Google menekankan perlunya kehadiran GMB untuk bisnis baru ataupun yang sudah besar. Dalam GMB, audiens Anda dapat menemukan banyak informasi penting, seperti;

  • Alamat bisnis atau toko online
  • Jam kerja
  • Kategori bisnis
  • Ulasan dari pelanggan lainnya.

Jika Anda baru saya memulai masuk dalam dunia digital marketing, dan sedang mencari tahu bagaimana cara mengoptimasi Google Bisnisku untuk brand Anda, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat, menyiapkan, dan mengoptimalkan Google MyBusiness Anda

1. Buat akun Google MyBusiness

Google MyBusiness (Google Bisnisku)
Google MyBusiness (Google Bisnisku)

Bagaimana cara membuat Google MyBusiness? Hal pertama dan terpenting untuk diperhatikan di sini adalah Anda perlu tahu bahwa Profil Google Anda adalah entitas yang terpisah dari akun Google MyBusiness. Untuk melakukan pengoptimalan yang dijelaskan dalam panduan ini, Anda harus memiliki keduannya. Untuk membuat akun Anda, buka Google.com/business dan masuk dengan akun Google / Gmail biasa yang Anda gunakan untuk keperluan bisnis Amda.

2. Membuat Listing di Google MyBusiness

Langkah pertama untuk membuat listingan adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah Anda sudah memiliki listingan di GMB atau tidak. Jika bisnis Anda sudah ada cukup lama (beberapa tahun atau lebih), kemungkinan bisnis tersebut sudah memiliki listingan di GMB dan Anda hanya perlu mengklaimnya saja. Setelah berhasil diklaim, Anda dapat mengelola informasi dalam listingan tersebut. Google juga dapat memberi tahu Anda jika ada orang lain yang telah mengklaim bisnis Anda. Jika hal itu terjadi, ikuti langkah-langkah berikut.

Jika listingan bisnis Anda belum pernah dibuat, Anda dapat mendaftarkannya dengan cukup cepat. Namun, proses verifikasi mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk diselesaikan. Tidak perlu khawatir, biasanya paling lama dapat diselesaikan dalam waktu seminggu.

3. Melengkapi semua informasi di Google MyBusiness

Kelengkapan Profil Bisnis Google Anda tidak hanya membantu Google memberi Anda peringkat lebih tinggi di hasil penelusuran lokal, tetapi juga berpotensi meningkatkan tindakan yang akan dilakukan oleh pelanggan atau calon pelanggan Anda ketika mereka menemukan profil Anda. Ada banyak informasi yang Anda harus diberikan, berikut beberapa pedoman yang harus Anda ‘prioritaskan’.

Aspek-aspek profil di bawah ini harus diisi dan dilengkapi saat mendaftar:

  • Nama
  • Alamat
  • Telepon
  • Situs web
  • Jam
  • Kategori dan Atribut
  • Jenis produk dan layanan
  • Dari bisnis (From Business)
  • FAQ (Pertanyaan dan jawaban buatan Anda)

Aspek dalam profil yang harus konsisten Anda update atau ter-update:

  • Postingan Anda
  • Ulasan dari pelanggan Anda
  • Pertanyaan dan jawaban (Buatan konsumen)

4. Optimalkan kontak informasi di Google MyBusiness

Berikut langkah-langkah untuk mengoptimalkan kontak informasi di Profil Bisnis Google Anda:

  1. Pastikan nama bisnis Anda identik dengan yang Anda gunakan pada papan nama toko Anda. Dengan kata lain, persis seperti yang terlihat di dunia nyata. Menambahkan nama lokasi (kecuali dalam nama merek Anda) atau kata kunci dianggap sebagai spam oleh Google dan Anda dapat dikenakan sanksi.
  2. Pastikan nama dan alamat bisnis Anda sama persis dengan listingan Anda yang lain di seluruh web. Ini berarti menggunakan “st” vs “street” atau “co” vs “company” secara konsisten. Algoritma Google akan memperhitungkan ketidakkonsistenan ini saat menilai kredibilitas Anda.
  3. Tunjukkan jam reguler toko Anda buka dan hari libur Anda. Hal ini mendorong pelanggan untuk mengunjungi Anda, dan juga menghindari potensi adanya ulasan negatif yang diberikan oleh seseorang yang mungkin datang namun toko Anda tutup.

5. Tulis deskripsi “dari bisnis” Anda

Hal pertama yang perlu Anda tahu adalah deskripsi singkat yang muncul tepat di bawah nama bisnis Anda sebenarnya tidak dalam kendali Anda. Deskripsi singkat ini adalah ringkasan editorial yang ditulis oleh Google untuk memastikan konsistensi di seluruh platform. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena kabar baiknya Google biasanya membuat deskripsi yang cukup baik untuk listingan bisnis dalam platformnya. Yang perlu Anda pastikan bahwa semua infomasi yang tersebar online maupun offline mengenai bisnis Anda konsisten sama dan senada. Adapun deskripsi yang dapat Anda kendalikan adalah bagian “dari bisnis” di dasbor akun Google Bisnisku milik Anda. Bagian deskripsi ini lokasinya akan dicantumkan di profil Anda tapi paling bawah, sering kali di bawah bagian ulasan.

Optimasi Google Mybusiness

Berikut hal yang Anda dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkankan “dari bisnis ”di Profil Bisnis Google Anda:

  1. Gunakan 750 karakter, dengan informasi berisi kata kunci di dalam 250 karakter pertama.
  2. Gunakan lagi konten dari halaman “Tentang Kami/ About Us” atau pernyataan misi Anda di website Anda.
  3. Gunakan kata kunci yang digunakan audiens Anda untuk menemukan bisnis seperti milik Anda.
  4. Jangan mengulangi informasi apa pun yang sudah terlihat di bagian lain profil Anda. Gunakan ruang ini untuk membicarakan tentang apa yang membedakan Anda dari pesaing dan apa yang paling disukai pelanggan Anda tentang bisnis Anda.
  5. Jangan sertakan tautan link atau HTML.

6. Pilih salah satu kategori untuk Google MyBusiness

Memilih kategori adalah suatu keharusan untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda. Berikut adala alasannya:

  • Lewat studi yang dilakukan BrightLocal, Sebanyak 84% tampilan Profil Bisnis di Google berasal dari penelusuran di mesin pencari (artinya konsumen menelusuri produk, layanan, atau istilah kategorikal dan profil bisnis tersebut muncul), dibandingkan hanya 16% yang berasal dari penelusuran langsung (konsumen mengetik bisnis tersebut nama atau alamat).
  • Setelah Anda memilih kategori, Google menyediakan fitur khusus kategori yang membuat profil Anda lebih menarik dan efektif. Misalnya, restoran dapat menyertakan menu atau tombol reservasi; profil hotel akan menarik peringkat bintang; Detail ini dapat membantu calon konsumen Anda memilih Anda daripada pesaing.
  • Google menawarkan sejumlah kategori, jadi sungguh sangat penting untuk memilih kategori mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Berikut ini adalah cara mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda menggunakan kategori:

  1. Bersikaplah spesifik. Jika Anda memiliki bisnis nail salon, pilih “Nail Salon” dan bukan hanya sekadar “Salon”. Jika Anda memiliki sebuah restoran, pilih kategori “Restoran Polinesia”, “Restoran Amerika”, dll., Daripada hanya “Restoran”. Pastikan untuk memilih sesuatu yang spesifik untuk bisnis Anda (ada lebih dari 3.000 kategori sehingga layak untuk dicek terlebih dahulu).
  2. Pilih kategori tambahan. Banyak bisnis memiliki lebih dari beberapa kategori. Tetapkan kategori utama Anda ke penawaran utama Anda (misalnya, “Toko Swalayan”) dan kemudian pilih kategori tambahan yang berlaku, seperti “Gourmet Grocery Store”
  3. Jangan berlebihan. Anda ingin Google menghubungkan Anda dengan konsumen yang membutuhkan layanan Anda, jadi pilihlah hanya kategori yang sesuai dengan penawaran Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis perbaikan peralatan, pilih hanya “Bengkel Sepeda Motor”, bukan “Pemasok Suku Cadang Peralatan”. Secara teknis Anda memang menyediakan suku cadang servis untuk motor, tetapi ini bukanlah penawaran bisnis Anda yang sesungguhnya.

Selain itu, perlu diingat bahwa Google mungkin meminta Anda untuk memverifikasi bisnis jika Anda hendak mengedit daftar kategori atau menambahkan beberapa kategori. Ini hanya untuk memastikan akurasi di seluruh platform mereka.

7. Pilih atribut yang berlaku

Seperti yang baru saja kami sebutkan, setelah Anda memilih kategori, Google akan memberi Anda daftar atribut yang dapat Anda centang untuk mendeskripsikan bisnis Anda lebih lanjut. Atribut adalah fitur khusus yang dicari calon pelanggan, seperti “makan di tempat/ dine-in”, “bawa pulang/ take out” atau “Wi-Fi gratis/ Free Wi-fi”.

Atribut ini tidak spesifik untuk platform Google Bisnisku (situs ulasan seperti Yelp juga memilikinya). Namun atribut Google menjadi sangat terperinci, seperti “bagus untuk bekerja dengan laptop” atau “populer bagi wisatawan”.

8. Menambahkan foto

Mengupload foto ke Profil Bisnis Anda melalui dasbor akun Google Bisnisku penting karena empat alasan utama, yaitu:

  • Menunjukkan kualitas lewat foto. Siapa pun dapat menambahkan foto ke Profil Bisnis Anda, yang berarti Anda akan mendapatkan impresi dari prospek Anda mengenai kualitas bisnis Anda. Dengan menambahkan foto dengan kualitas yang baik, Anda dapat memastikan profil Anda terlihat terbaik.
  • Menunjukkan bahwa Anda aktif. Menambahkan foto secara teratur (setiap 7 hari sekali) menandakan ke Google bahwa bisnis Anda aktif, yang kemudian akan berdampak positif pada peringkat Anda dalam listing.
  • Meningkatkan keterlibatan. Menurut Google, sebanyak 42% pelanggan cenderung meminta petunjuk arah GPS untuk mengemudi ke listingan bisnis di GMB, jika Profil Bisnisnya memiliki foto, dan 35% di antaranya lebih cenderung mengklik ke situs website bisnis tersebut. Untuk studi lebih lanjut, BrightLocal menunjukkan bahwa bisnis dengan lebih dari 100 foto mendapatkan 520% ​​lebih banyak ‘call’ , 2.717% lebih banyak permintaan petunjuk arah GPS untuk menuju lokasi, dan 1.065% lebih banyak klik situs daripada bisnis rata-rata. Maka dari itu, jangan meremehkan kekuatan foto!

Ini tidak berarti Anda harus berlebihan dalam menambahkan ratusan gambar ke profil Anda sekaligus. Ikuti tips berikut untuk menggunakan foto guna mengoptimalkan Google MyBusiness Anda:

  1. Tambahkan setidaknya satu foto baru setiap tujuh hari.
  2. Untuk foto thumbnail Anda, upload logo Anda.
  3. Untuk foto sampul Anda, gunakan sesuatu yang paling mewakili merek Anda, tetapi jangan mempermasalahkan ini karena Google akan menampilkan foto fitur yang berbeda tergantung pada kueri atau keyword penelusuran.
  4. Untuk foto umum lainnya, lihat pedoman foto Google untuk spesifikasinya, jika bisa, pastikan untuk menyertakan foto pelanggan yang tampak puas dengan layanan Anda, tampilan interior dan eksterior, dan jika memungkinan, masukan juga foto tim Anda.
  5. Jangan menggunakan stock foto, dan jangan mengupload foto dengan efek khusus atau branding. Google lebih menyukai Anda tampil seperti yang terlihat di dunia nyata.
  6. Fokus pada gambar yang berkualitas yang memiliki penggambaran yang jelas (untuk menyelaraskan dengan hasil yang diperkaya gambar).
  7. Geo-tag foto Anda untuk lebih menunjukkan ke Google keunggulan Anda di daerah tersebut.
  8. Tambahkan video, jika Anda bisa.
  9. Gunakan aplikasi Google Street View untuk menambahkan foto 360º ke profil Anda.

9. Dapatkan review di Google MyBusiness Anda

Jika Anda mencari restoran untuk dikunjungi, mana yang kemungkinan besar akan Anda pilih? Restoran dengan review rata-rata 4 bintang atau restoran tanpa review atau ulasan apapun?

Google tahu bahwa ulasan adalah pengaruh pertama pada pembelian konsumen, jadi ini adalah faktor peringkat utama dalam algoritma mereka. Anda juga dapat melihat sendiri dampak ulasan konsumen terhadap peringkat. Untuk sebagian besar pencarian yang dilakukan di Google, tiga hasil lokal pertama yang muncul (yang dikenal dengan sebutan “Local 3 Pack”) adalah hasil dengan beberapa ulasan dan peringkat bintang yang cukup solid.

Local 3 Pack  - Optimasi Google MyBusiness
Local 3 Pack – Optimasi Google MyBusiness

Untuk mengoptimalkan Google MyBusiness Anda dengan ulasan, ikuti tips berikut:

  1. Ajaklah pelanggan setia Anda untuk memberikan review positif mereka.
  2. Buatlah semudah mungkin bagi pelanggan dengan menyediakan link untuk review.
  3. Komunikasikan pada konsumen Anda bahwa ulasan mereka di Google MyBusiness sangat penting bagi usaha Anda. 62% pelanggan akan menulis ulasan jika diminta. Anda bisa meminta pelanggan Anda menuliskan ulasan melalui email, teks, media sosial, dan percakapan langsung.
  4. Miliki halaman khusus “Review” di situs website Anda dengan membuat CTA button untuk masuk ke Google Review.
  5. Tanggapi ulasan yang sudah diberikan konsumen Anda (baik yang positif ataupun negatif). Feedback dari Anda ini mendorong datangnya prospek baru, dan meningkatkan SEO lokal Anda.
Optimasi Google MyBusiness
Tanggapi ulasan positif ataupun negatif

Baca juga : 8 Cara Mudah Memperpendek Link

10. Posting konten ke Google MyBusiness

Sama seperti platform media sosial, Anda dapat memposting ke Profil Bisnis Google Anda tentang pengumuman, promosi, acara, dan produk. Postingan dibuat di dasbor Google Bisnisku dan muncul di bagian “Pembaruan” di bagian bawah Profil Bisnis Anda.

Posting konten di Google MyBusiness

Berikut beberapa tips untuk Anda dalam mengoptimalkan Profil Bisnis Google dengan postingan:

  1. Posting konten secara teratur. Bukan hanya untuk mengirim sinyal ke Google, tetapi juga karena jenis postingan tertentu (misakan promosi) dapat menjadi ‘kadaluarsa’ karena memiliki tengat waktu. Gunakan bantuan kalender perencanaan konten dalam membantu Anda.
  2. Sertakan link dan CTA di setiap postingan..

11. Lengkapi FAQ (Frequently Asked Questions)

Google menawarkan fitur FAQ dalam Profil Bisnisnya. Jawaban atas pertanyaan yang disusun dalam list FAQ ini mungkin menjadi pendorong bagi pelanggan untuk memutuskan memilih bisnis Anda. Namun, bagian ini sangat penting untuk dioptimalkan karena tidak hanya siapa pun dapat mengajukan pertanyaan di profil Google Anda, tetapi semua orang juga dapat menjawab. Anda tidak dapat menonaktifkan fitur Tanya Jawab di Profil Bisnis Anda, tetapi ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya:

  1. Set alert agar Anda mengetahui adanya notif pertanyaan dan jawaban yang diposting ke profil Anda. Dengan demikian, Anda dapat memberikan jawaban rinci kepada calon konsumen sebelum orang lain yang menjawab pertanyaan tersebut.
  2. Siapkan FAQ yang sudah Anda susun sendiri. Buat daftar pertanyaan umum yang paling sering diajukan konsumen bisnis Anda. Kemudian tanyakan, jawab, dan beri suara positif pada jawaban Anda di profil Anda sendiri. Tenang saja, hal ini tidak bertentangan dengan persyaratan dan ketentuan Google. Faktanya, Google sendiri merekomendasikan hal ini.
  3. Perhatikan penggunaan kata kunci. Pertanyaan dan jawaban yang berisi kata kunci dapat membantu meningkatkan peringkat Profil Bisnis Anda untuk kata kunci tersebut. Jadi ingatlah strategi kata kunci Anda saat memasukkan bagian FAQ, tetapi gunakan secara longgar dan teratur, dan jangan menggunakan kata kunci.
  4. Dengan memantau dan menyebarkan bagian FAQ, Anda dapat memastikan informasi yang akurat, menyoroti fitur atau layanan terbaik Anda, dan mengurangi hambatan umum untuk masuk.

12. Tambahkan produk dan layanan

Menambahkan produk dan layanan sangat membantu jika penawaran Anda tidak dijelaskan dalam nama bisnis Anda. Mengisi bagian ini dan juga menambahkan konten ke profil Anda dapat membantu bisnis Anda mendapat peringkat untuk pencarian yang lebih relevan. Saat menambahkan produk dan layanan, sertakan nama, deskripsi, dan harga (jika ada). Deskripsi lengkap akan muncul setelah pencari mengklik produk. Selain itu, Google dapat menautkan ke produk dari bagian kategori.

Optimasi Google MyBusiness
Optimasi Google MyBusiness

13. Fitur Chat Google MyBusiness

Fitur ini memberikan opsi kepada calon konsumen untuk mengirimkan chat ke ponsel Anda langsung dari Profil Bisnis Google Anda. Dengan banyaknya orang yang menggunakan perangkat mereka untuk penelusuran lokal, fitur ini adalah peluang besar bagi pelanggan untuk menghubungi Anda. Untuk mengaktifkan fitur chat, pilih tab “Messaging” di dasbor Google Bisnisku, dan Anda akan memiliki opsi untuk menginstalnya melalui Google Play atau Apple App Store.

Anda tidak perlu khawatir tentang menampilkan nomor telepon pribadi Anda, karena Anda akan menggunakan nomor yang berbeda melalui aplikasi Google Allo. Pastikan untuk menyiapkan lansiran untuk pesan di dasbor Google Bisnisku milik Anda. Buka pengaturan dan centang “customer messages”.

14. Pertahankan Profil Bisnis Anda dengan strategi Google MyBusiness yang solid

Optimasi konten Google MyBusiness
Optimasi postingan konten berupa promo dan event di Google MyBusiness

Profil Bisnis Google adalah alat pemasaran lokal yang membutuhkan tindakan yang harus berkelanjutan untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Jadi di langkah terakhir ini, saya merekomendasikan Anda untuk selalu mengoptimasinya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Memperbarui informasi, bahkan sekecil apapun perubahan itu. (Ganti alamat, ganti nomor telepon, dll)
  2. Menerbitkan postingan dan mengupload foto setiap minggu.
  3. Menjaga aliran ulasan atau review yang masuk tetap stabil.
  4. Memantau dan menanggapi ulasan, baik yang positif maupun negatif.
  5. Terus mengikuti perkembangan fitur baru sehingga Anda dapat memastikan Anda menggunakan profil Anda secara maksimal.

Sama seperti strategi SEO lainnya, strategi Google Bisnisku Anda harus berpusat pada penyediaan informasi berkualitas tentang bisnis Anda sebanyak mungkin, tidak hanya di Profil Bisnis Anda tetapi juga di sumber seperti situs website Anda, dan bahkan akun media sosial Anda.

Ingat, tujuan utama Google MyBusiness atau Google Bisnisku ini adalah menghubungkan audiens yang melakukan penelusuran di mesin pencari untuk mendapatkan rekomendasi terbaik dari Google sesuai dengan kebutuhan mereka melalui informasi yang terperinci, konsisten dan terpercaya. Jadi, fokuslah menggunakan dasbor Google Bisnisku untuk membuat Profil Bisnis mewakili bisnis Anda seakurat dan selengkap mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *