14 Cara Cerdas Mendapatkan Ulasan di Google Review

Ulasan bisnis Google Review

Jangan pernah meremehkan kekuatan ulasan atau review yang bagus dan positif dari customer Anda! Ulasan di Google My Business dapat membantu orang menentukan layanan dan produk mana yang terbaik. Penilaian yang dipersonalisasi ini memiliki pengaruh yang kuat pada perilaku publik dan audiens Anda, sehingga pada akhirnya akan memengaruhi penjualan Anda. Memiliki banyak ulasan positif dapat membantu meningkatkan online presence Anda dan menghasilkan lebih banyak konversi dan penjualan.

Manfaat banyaknya ulasan bisnis Google

Review di Google mungkin merupakan proses yang cepat dan sederhana, tetapi manfaatnya terus berlanjut. Semakin banyak customer Anda yang memberikan ulasan dan review yang positif di listingan Google MyBusiness milik Anda, maka semakin banyak pula yang dapat Anda capai dalam tujuan bisnis. Jika Anda belum pernah menjadikan ulasan bisnis Google sebagai taktik Anda dalam meningkatkan online presence bisnis Anda, sekaranglah waktu yang tepat untuk Anda memulainya. Berikut adalah daftar manfaat adanya ulasan bisnis Anda di Google.

Baca juga: 14 Langkah Jitu Optimasi Google MyBusiness

Lebih banyak ulasan, lebih banyak prospek

Tahukah Anda bahwa 88% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak pada rekomendasi pribadi? Membangun ulasan Anda membangun kemungkinan bahwa penelusur Google akan terlibat dengan bisnis Anda setelah menemukannya.

Lebih banyak ulasan positif, lebih banyak pembelian

Konsumen meneliti dan membaca ulasan sebelum membuat keputusan pembelian. Bahkan, mereka membaca minimal 10 ulasan sebelum merasa percaya diri dalam mengambil keputusan. Semakin banyak ulasan pelanggan Google yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan pembelian dilakukan.

Ulasan lebih tinggi, peringkat lebih tinggi

Google menghargai bisnis yang memiliki ulasan positif dan sering. Mereka adalah faktor peringkat SEO lokal yang pasti, seperti yang dikonfirmasi oleh Google sendiri.

Banyak ulasan, biaya lebih rendah

Tidak ada biaya untuk meninggalkan ulasan atau menanggapinya. Dukungan positif untuk bisnis Anda di Profil Bisnis berfungsi sebagai iklan Google gratis untuk bisnis Anda di platform paling tepercaya di dunia.

Google review atau ulasan mengenai bisnis Anda di Google bukan hanya faktor terakhir yang memberi tip prospek kepada audiens Anda, tetapi juga memiliki muatan bobot yang cukup tinggi dalam algoritma pencarian saat ini. Misalnya, semakin banyak ulasan positif, maka peringkat bisnis Anda dalam listingan Google Bisnisku atau Google MyBusiness pun akan lebih tinggi. Jika Anda kesulitan untuk meningkatkan kehadiran online (online presence) Anda, dalam artikel ini saya akan memberi Anda 14 cara untuk mendapatkan ulasan di Google untuk bisnis Anda!

1. Buat instruksi cara meninggalkan ulasan bisnis di Google kepada pelanggan Anda.

Agar pelanggan dapat meninggalkan ulasan tentang bisnis Anda di Google, mereka perlu membuka Google Maps, mencari outlet bisnis Anda, membuka Profil Bisnis Google Anda, masuk ke bagian ulasan, lalu klik membuat ulasan. Salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak ulasan adalah dengan menjelaskan proses ini di situs web Anda, media sosial, dan platform apa pun yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

2. Buat shortcut link review Google

Untungnya, Google memiliki fitur untuk membuat shortcut link yang memungkinkan mereka mengakses bagian ulasan di Profil Bisnis Anda hanya dalam satu klik saja. Berikut cara membuat tautan pintasan ulasan Google untuk bisnis Anda:

  • Buka Google Maps Place ID Finder
  • Cari outlet Anda di bagian pencarian
  • Salin ID tempat yang muncul dengan hasil Anda.
  • Paste ID Anda ke dalam tanda kurung di link ini: https://search.google.com/local/writereview?placeid=[paste ID tempat Anda di sini]
Cara Mendapatkan Ulasan di Google Review
Cara Mendapatkan Ulasan di Google Review

Jadi misalnya, link shorcut review Gowes Coffee Canggu adalah:

https://search.google.com/local/writereview?placeid=ChIJ3VeGtYlH0i0RmzbRr-mgTOE

3. Persingkat link shortcut untuk review bisnis Anda

Cara no 2 sebelumnya memang membantu bisnis Anda untuk diulas lebih banyak audiens dan pelanggan Anda, namun Anda perlu juga berpikir dari sisi audiens Anda. Link ulasan tersebut memang merupakan jalan pintas namun link tersebut terlalu panjang jika harus diketik saat Anda menyebarkan link ke sosial media dan mungkin metode offline. Jadi cara, untuk memudahkan pelanggan Anda adalah mempersingkat link tautan menuju ulasan bisnis Google Anda. Untungnya, ada cara memperpendek link gratis di luar sana seperti bitly.com di mana Anda dapat mempersingkat dan bahkan menyesuaikan link ulasan Anda.

Baca juga: 8 Cara Mudah Memperpendek Link

4. Hasilkan barcode

Beberapa orang mungkin tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengetik bahkan tautan pendek yang sudah Anda siapkan. Solusi terbaik untuk ini adalah membuat tampilan barcode untuk mereka pindai (scan) agar diarahkan ke halaman Google Review Anda. Barcode ini sangat membantu pelanggan Anda yang merupakan pengguna smartphone. Yang Anda butuhkan hanyalah mencetak barcode untuk mereka pindai.

5. Taruh tautan ulasan Google di situs web Anda

Jika pelanggan ingin memberikan ulasan untuk bisnis Anda, tempat pertama yang mungkin mereka lihat adalah situs web Anda. Buatlah CTA yang jelas dan tidak berantakan yang secara intuitif mudah ditemukan. Anda dapat meletakkan tautan di tombol CTA. Tombol tersebut akan mengarahkan pengguna langsung ke bagian ulasan di Profil Bisnis Google Anda. Anda juga dapat menyisipkan link tautan menuju ulasan Google di bagian footer Anda.

6. Sebarkan link dan barcode ulasan lewat kartu terima kasih

Ini adalah metode offline untuk mendapatkan lebih banyak ulasan Google, dimana link dan barcode yang Anda buat, Anda cetak di kartu ucapan terima kasih kepada pelanggan Anda. contohnya:

“Beri kami review di Google! Review Google Anda dapat membantu kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik untuk Anda (masukkan url Anda di sini) Terima kasih! “

7. Minta ulasan Google secara langsung kepada pelanggan Anda

Jika Anda memiliki staff yang handal dalam berkomunikasi dengan pelanggan Anda, cobalah ajari mereka untuk menyalipkan beberapa skenario percakapan untuk meminta langung ulasan positif dari customer yang memang puas dengan pelayanan Anda. Berikut contoh skenario:

“Bagaimana Pak/Bu produk dari kami? Kami senang dapat memberikan pelayanan yang baik untuk keluarga Bapak dan Ibu. Kami akan sangat berterima kasih jika Bapak dan Ibu meluangkan sedikit waktu untuk meninggalkan review di (Link review bisnis Anda).

8. Tekankan kepada pelanggan betapa cepat dan mudahnya menuliskan review di Google Bisnisku

Anda mungkin tahu bahwa meninggalkan ulasan di Google itu mudah, namun pelanggan Anda mungkin tidak. Terkadang bukan hanya mereka tidak tahu caranya, namun kadang mereka mungkin akan bingung untuk menulis apa. Jika demikian, beri tahu mereka bahwa mereka dapat memberikan peringkat bintang tanpa menulis apa pun (jika memungkinkan). Ingatkan mereka bahwa jika mereka memang menulis, review hanya perlu satu atau dua kalimat. Dalam menyampaikan pesan ini kepada pelanggan Anda, gunakan terminologi seperti “tinggalkan ulasan” atau “berikan ulasan singkat”.

9. Kirim email kepada database pelanggan Anda

Baik melalui pesan yang dipersonalisasi atau kampanye marketing, email marketing pemasaran email adalah cara lain yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak ulasan bisnis Google. Cukup jelaskan permintaan Anda secara langsung, jangan mencoba menutup-nutupi, bertele-tele, atau memaksa pelanggan untuk memberikan ulasan. Selain itu, jika Anda memiliki database pelanggan yang puas, Anda akan terkejut betapa mereka bersedia untuk menulis ulasan dan review yang baik untuk bisnis Anda. Selama instruksinya jelas dan Anda membuatnya cepat dan mudah dilakukan, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan respon positif. Dalam mengirimkan email, ada beberapa rekomendasi untuk Anda coba:

  • Bersikaplah personal, sapa pelanggan Anda dengan nama mereka
  • Berterima kasih kepada pelanggan karena menggunakan jasa Anda.
  • Beri tahu pelanggan Anda bahwa Anda menghargai pendapat mereka dan meminta mereka menuliskan ulasan mengenai bisnis Anda.
  • Berikan link langsung kepada pelanggan Anda.

10. Sertakan peluang ulasan Google dalam survei

Ada kalanya bisnis akan melakukan evaluasi tim customer service mereka secara berkala untuk evaluasi kinerja dan pelayanan mereka. Jika bisnis Anda adalah salah satu yang mempraktikan teknik ini, maka saran saya adalah memanfaatkan mometum ini untuk meminta pelanggan Anda yang puas untuk menuliskan review.

11. Minta ulasan lewat media sosial

Platform media sosial sangat bagus untuk kegiatan marketing. Posting screenshoot dari ulasan terbaik Anda dan minta pelanggan Anda untuk memberikan umpan balik mereka sendiri (termasuk link shortcut ulasan Google). Anda dapat menyebarkan link lewat social media seperti LinkedIn, Instagram, TikTok, dan lainnya. Yang perlu Anda ketahui, untuk social media seperti, Facebook, mereka memiliki sistem ulasan sendiri.

12. Dapatkan ulasan dari vendor dan mitra bisnis Anda

Vendor dan mitra mungkin bukan pelanggan Anda, tetapi mereka dapat membuktikan seperti apa rasanya bekerja dengan Anda. Mereka juga mungkin lebih bersedia memberikan ulasan bisnis Google jika Anda menulis ulasan untuk bisnis mereka terlebih dahulu.

13. Menanggapi ulasan Google bisnis Anda yang sudah ada

Saat menanggapi ulasan Google dari pelanggan Anda, Anda secara tidak langsung memberikan sinyal kepada calon pelanggan Anda bahwa Anda mendengarkan setiap masukan dari semua pelanggan untuk meningkatkan layanan dan kinerja Anda. Terdapat dua cara untuk menanggapi ulasan, untuk ulasan yang positif, sebaiknya Anda membalas dengan berterima kasih dulu kepada pelanggan Anda dan balas secepat mungkin. Untuk ulasan yang negatif, baiknya Anda tetap berterima kasih, lalu meminta maaf. Jika ada masalah yang belum terselesaikan, jabarkan di tanggapan Anda bahwa Anda akan menghubungi mereka dan menyelesaikan masalah tersebut. Sering kali jika masalah telah selesai, beberapa dari customer akan mengedit kembali ulasan negatif mereka menjadi positif.

14. Sertakan link review Google di email signature Anda

Menambahkan link untuk mengulas bisnis Anda di Google pada signature email Anda adalah cara yang bagus untuk mendapatkan ulasan di Google tanpa Anda harus benar-benar bertanya. Berikut beberapa caption yang dapat Anda gunakan untuk email signature Anda.

  • Apakah kami telah membantu Anda? Bantu orang lain menemukan bisnis kami dengan meninggalkan Google Review!
  • Tinggalkan review disini!
  • Punya waktu sebentar untuk mengulas kami di Google? Feedback dari Anda berarti untuk kami!
  • Kami menghargai masukan Anda! Bantu kami terus memberikan layanan terbaik dengan memposting ulasan Anda di Google.

Hal ini bisa jadi sangat efektif jika Anda berkomunikasi setiap hari dengan klien melalui email.

Cara meninggalkan ulasan Google (tanpa link shortcut)

Meskipun link shortcut Anda mengubah penulisan ulasan Google menjadi proses satu langkah dengan sekali klik, ada baiknya Anda mengetahui langkah-langkah manualnya. Selain itu, Anda mungkin ingin meninggalkan ulasan untuk bisnis lokal lainnya di komunitas Anda yang mungkin tidak menyediakan link shortcut langsung.

Cara meninggalkan review Google lewat smartphone

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Cari nama bisnis
  • klik nama bisnis yang Anda cari
  • Klik “Ulasan” di listingan.
  • Anda akan melihat bagian “Beri peringkat dan ulasan” tempat Anda dapat memberikan peringkat bintang untuk bisnis.
  • Setelah Anda memilih peringkat bintang, Anda akan memiliki opsi untuk menulis ulasan tentang pengalaman tersebut.

Cara meninggalkan review Google di desktop

  • Buka Google.com/maps
  • Telusuri nama bisnis
  • Klik nama bisnis dalam daftar
  • Scroll ke bawah ke “Ringkasan ulasan”
  • Klik “Tulis ulasan”
  • Cara lainnya, Anda dapat mengeklik peringkat bintang tepat di bawah judul cantuman bisnis. Ini akan membawa Anda langsung ke panel review, yang memiliki opsi untuk menulis review. Untuk salah satu metode ini, Anda akan diminta untuk menilai bisnis dari satu hingga lima bintang. Anda juga dapat menambahkan komentar atau bahkan gambar dari lokasi dan penawaran.
  • Kemudian, untuk memublikasikan, Anda hanya perlu mengklik “Posting”.

Demikian cara-cara untuk mendapatkan ulasan bisnis di listingan Google MyBusiness atau Google Bisnisku bisnis Anda. Semoga lewat artikel ini, tim internal Anda juga dapat mendistribusikan link ulasan dan mendaptkan peringkat tinggi di Google, hingga dapat mendatangkan banyak visitor dan pelanggan baru. Namun, Jika Anda pemilik bisnis, pastikan Anda sudah memiliki akun Google MyBusiness dan mengoptimasikan Google MyBusiness Anda dengan tepat. Jika sudah demikian, saya yakin apapun bisnis yang Anda lakukan, algoritma Google akan merekomendasikan bisnis Anda lewat hasil pencarian lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *