SEO Keyword: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

SEO Keyword_ Definisi, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya

Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk website Anda dalam hal konten marketing dan juga untuk mendapatkan ranking terbaik di halaman hasil pencarian. Strategi pengembangan website menggunakan SEO pastinya juga tidak terlepas dari kata kunci, atau yang sering disebut juga dengan keyword.

Pengertian SEO Keyword

Keyword atau kata kunci sendiri merupakan kata-kata atau frasa yang ditulis di mesin pencarian untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.  Berdasarkan dari pengertian keyword di atas, maka SEO Keyword adalah kata kunci yang didapat berdasarkan riset SEO yang digunakan pengguna internet untuk menemukan sesuatu di halaman hasil pencarian. 

Jenis-Jenis Keyword

Berikut ini adalah jenis-jenis keywords menurut  Alexa berdasarkan panjangnya.

1. Short-tail Keywords

Short tail keywords sering disebut juga sebagai head keywords, board keywords, atau generic keywords. Seperti namanya, keywords ini merupakan kata kunci umum yang sering digunakan pengunjung internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Karena kata kuncinya sangat umum, maka volume pencarian menggunakan kata-kata ini sangat besar. 

Volume pencarian yang besar tersebut mengakibatkan persaingan yang amat tinggi antar website untuk mendapatkan posisi teratas di halaman hasil pencarian.

Contoh dari short tail keywords adalah “restoran”, “marketing”, “smartphone”, dan lain sebagainya.

2. Mid-tail Keywords

Middle berarti di tengah-tengah. Dalam hal ini, mid-tail keyword merupakan kata kunci yang volume pencarian dan persaingannya tidak setinggi short-tail keyword tetapi belum mencapai volume pencarian dan persaingan di level long-tail keywords.

Biasanya, mid-tail keyword menggunakan kata tambahan yang menjelaskan kata kunci utama sehingga panjang kata-katanya sedikit melebihi short-tail keywords.

Contoh dari mid-tail keywords adalah “restoran seafood terdekat”, “skill digital marketer”, “smartphone canggih termurah”, dan lain sebagainya.

3. Long-tail Keywords

Long-tail keywords merupakan jenis kata kunci yang paling detail dan panjang rangkaiannya. Sehingga, kata kunci yang diketikkan di kolom pencarian tersebut merupakan kata kunci yang target audiensnya sangat terfokus. Oleh karena itu, volume pencarian long-tail keywords sangat kecil dengan tingkat persaingan yang sangat rendah pula. Jenis kata kunci yang satu ini sangat memungkinkan konten website Anda untuk menempati halaman utama hasil pencarian di internet dengan ranking yang tinggi.

Contoh dari long-tail keywords adalah “restoran seafood terkenal di daerah Klaten”, “skill digital marketer yang dibutuhkan content creator”, “smartphone Samsung tercanggih di tahun 2000-an”, dan lain sebagainya.

Manfaat SEO Keywords

1. Membuat Website Masuk ke Halaman Pertama SERP

Optimasi kata kunci yang tepat akan membuat website Anda masuk ke halaman pertama Search Engine Result Page (SERP). Karena mayoritas audiens tidak mau buang waktu dan akan langsung mengklik hasil pencarian di halaman pertama. Maka dari itu, mendapat posisi dengan rangking tertinggi menggunakan SEO keyword ini sangat penting.

2. Meningkatkan Trafik Website

Apabila website Anda masuk halaman pertama SERP, maka besar kemungkinan orang akan mengklik dan mengunjungi website Anda. Semakin banyak pengunjung, semakin tinggi pula click through rates (CTR) dan juga conversion rates (CR) bagi website Anda.

Baca Juga: 15 Cara Meningkatkan Traffic Website Anda Secara Gratis!

3. Meningkatkan Brand Awareness

Website yang sering muncul di halaman pertama menandakan bahwa konten website tersebut relevan dengan kata kuncinya. Maka, kesadaran audiens terhadap website hingga brand equity akan semakin meningkat.

Demikian penjelasan mengenai definisi, jenis-jenis, dan juga manfaat SEO keyword. Semoga bermanfaat dan selamat menerapkannya untuk website Anda ya!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *