Definisi Sitelink, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Definisi Sitelink, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya

Saat mencari informasi di internet dengan keyword, ada kalanya jawaban yang muncul disertai dengan sitelink. Link yang tersusun di bawah link utama itu disebut sitelink atau Google sitelink. Mari kita pelajari lebih lengkap pengertian sitelink, manfaat sitelink dan cara membuat sitelink!

Definisi Sitelink

Contoh Sitelink dengan kata kunci Apple.

Sitelink adalah link sub-halaman terpopuler dalam website yang pertama kali muncul di halaman hasil pencarian. Jumlah sitelink yang muncul biasanya berbeda-beda, ada yang terdiri dari 2 kolom berisi 4-6 sitelink, ada juga yang hanya terdiri dari satu kolom berisi 4 sitelink seperti contoh di atas. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua kata kunci bisa menghasilkan sitelink, hanya nama jasa atau perusahaan (brand) saja yang bisa.

Manfaat Sitelink dalam Praktik SEO

Lantas, apa saja manfaat adanya sitelink? Demikian kami rangkum ada setidaknya 5 manfaat hadirnya sitelink.

1. Menambah Kepercayaan Pengunjung Website

Biasanya sitelink muncul sebagai sub-halaman teratas Google SERP. Kemudian, tidak semua keyword maupun website yang bisa mendapatkan sitelink ini. Itu membuktikan bahwa website yang memiliki sitelink merupakan website yang populer dengan SEO yang baik pula.

Hal ini juga menandakan bahwa hasil teratas dengan sitelink inilah yang merupakan jawaban paling relevan di Google SERP.

2. Menambah Jumlah Click Through Rates (CTR)

Sitelink mengambil banyak area teratas layar sehingga audiens akan terdorong untuk mengklik salah satu link yang tersedia. Kemudian, karena sitelink merupakan sub-halaman dari website yang sama, maka sudah pasti click through rates halaman tersebut juga bertambah.

3. Meningkatkan Performa Internal Linking  

Hampir sama dengan pembahasan sebelumnya. Sitelink yang memungkinkan audiens untuk mengklik halaman-halaman populer dari website yang sama bisa meningkatkan performa internal linking dalam praktik SEO. Selain itu, internal linking ini juga akan mengarahkan dan mendorong audiens untuk mau menjelajahi suatu website lebih dalam lagi.

4. Meningkatkan Awareness Terhadap Website Anda

Selalu ada keuntungan saat website Anda berada di halaman teratas Google SERP. Apabila posisi itu dipertahankan, audiens pasti akan semakin mengenal dan menyadari keberadaan dan isi website Anda.

Baca juga: Mengenal Konsep AIDA dalam marketing

5. Menunjukkan Halaman Terpopuler dan Terpenting dalam Website Anda

Audiens yang memahami konsep sitelink akan menyadari bahwa sub-halaman yang ditunjukkan sitelink tersebut merupakan halaman-halaman terpenting dan terpopuler yang ada di website tersebut. Sehingga, audiens akan bisa langsung menuju ke halaman yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagaimana Cara Membuat Sitelink untuk Website Anda?

Anda memang tidak bisa meminta Google untuk membuatkan sitelink website Anda. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan website Anda untuk dipilih Google.

1. Pilih Nama Website yang Unik

Pilih nama yang spesifik dan mendetail. Jangan gunakan kata-kata umum supaya Google bisa dengan mudah menemukan nama website Anda.

Baca juga: Mengenal Perbedaan dan Definisi Hosting dan Domain

2. Optimasi SEO Website Anda

Sitelink muncul dari website yang menempati posisi teratas, maka SEO website harus optimal. Ada banyak teknik optimasi SEO yang bisa dilakukan. Mulai dari teknik optimasi On-Page SEO, dimana di dalamnya mencakup optimasi teknikal SEO. Hingga teknik optimasi Off-Page SEO.

3. Pastikan Konten Website Anda Menggunakan Internal Linking

Internal linking adalah salah satu faktor pendukung SEO. Selain itu, tampilan sitelink juga merupakan internal linking itu sendiri.

4. Jangan Gunakan Tag noindex di Halaman Penting Website

Halaman yang memiliki tag noindex tidak akan bisa ditemukan Google. Maka pastikan halaman-halaman penting website Anda terindex.

Baca juga:

5. Buatlah Struktur dan Navigasi Website yang Jelas

Website yang struktur dan navigasinya bisa memudahkan Google untuk melakukan crawling dan indexing sehingga bisa memunculkan sitelink untuk website Anda.

Nah… Semoga artikel ini membantu Anda untuk mendapatkan sitelink dari Google ya! Selamat mencoba dan salam sukses!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Penulis: Tami Kira
Editor: Yoan Letsoin

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *