Last Updated on September 26, 2023 by Monika Tanaya
Belajar tentang SEO dan optimasi website lainnya tidak jauh-jauh dari SERP. Atau mungkin untuk anda yang sering menggali informasi di Google kerap melihatnya tapi tidak menyadarinya. Jadi apa itu SERP? Apa kaitannya dengan SEO? Kenapa sering disebut ketika mengerjakan optimasi website? Kita akan bahas selengkapnya di sini.
Apa itu SERP?
Search engine results pages atau yang biasa disingkat SERP adalah halaman mesin pencari yang terbuka setelah menuliskan kata kunci. SERP akan menampilkan halaman situs hasil optimasi berbayar ataupun gratisan.
Ada satu fakta unik tentang SERP adalah hasil pencarian akan berbeda meski memakai keyword yang sama jika pencarian itu dilakukan di lokasi yang berbeda.
Misalnya ada dua orang mengetikkan kata kunci yang serupa. Baju gamis murah. Satu user di Jakarta, serta satunya lagi di Bandung. Meski sama persis dalam mengetikkan keyword “baju gamis murah”, hasil tampilan akan berbeda.
Mengapa bisa demikian? Karena hasil tampilan dipengaruhi banyak hal terkait users. Seperti lokasi, settingan, history pencarian, dan lain sebagainya. User yang berlokasi di Jakarta akan mendapat tampilan toko online gamis murah yang terletak di Jakarta. Begitu pula yang di Bandung.
Lantas apa hubungannya SERP dan SEO? Kita juga akan membahas pada penjelasan berikutnya.
Pentingnya SERP Untuk SEO
Sebelum membahas ini, penting anda pahami terlebih dahulu apa itu SEO. Yang dinamakan dengan SEO ialah segala usaha yang dikerjakan untuk website menempati halaman pertama pencarian secara organik alias gratis atau tidak berbayar. Tujuannya untuk website cepat ditemukan.
Karena 99,08% users mesin pencarian, terutama Google, selalu membuka situs web di halaman pertama search engine. Dengan halaman pertama, kesempatan guna menaikkan traffic bisa lebih besar.
Trik yang dipakai beragam, mulai dari membuat artikel ramah SEO, membangun backlink, memperbaiki performa website, membuat sitemap, membangun internal link, dan lain sebagainya. Segala hal yang dikerjakan tersebut tujuannya hanya satu, yaitu membantu website menempati halaman terbaik berdasarkan SERP Google.
Tapi tak semua SERP Google menjadi target SEO, biasanya hanya SERP pertama saja. Karena halaman pertama inilah yang dapat menyumbang banyak kelebihan pada website. Di sinilah hubungan SERP dengan SEO. SEO dimanfaatkan untuk website masuk di page one SERP atau halaman utama Google.
Cara Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google
1. Menggunakan SEO
SEO adalah cara organik untuk bisa di SERP halaman pertama. Namanya juga organik. Tidak berbayar. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk bisa masuk dalam page one Google .
Lama tidaknya tergantung dari kemampuan anda. Tentang kemampuan menulis artikel yang ramah SEO, mencari backlink berkualitas, membuat sitemap, navigasi website yang memudahkan pengunjung dan lain sebagainya.
Semakin mahir anda melakukan ini, maka semakin cepat website bisa berada di halaman pertama mesin pencarian. Atau, anda bisa meminta bantuan jasa SEO spesialis untuk melakukan ini. Mereka akan membantu memaksimalkan ranking situs agar bisa melesat masuk pada page one Google .
2. Iklan Berbayar di Search Engine
Tidak sabar dengan proses SEO yang lama? Atau tidak memiliki kemampuan melakukannya? Tidak masalah. Anda bisa menggunakan iklan berbayar untuk menempatkan situs pada SERP strategis.
Iklan ini disebut dengan istilah search engine marketing atau yang biasa disingkat SEM. Dibandingkan dengan SEO, SEM memberikan hasil yang instan. Karena sifatnya berbayar. Bukan organik. Biasanya dalam jenis iklan PPC atau pay per click.
Tidak hanya cukup bayar iklan saja. Ketika anda mengajukan keyword yang sama dengan advertiser yang lain, Google akan melakukan lelang posisi. Mereka yang berani membayar lebih tinggi adalah mereka yang berhak berada di posisi paling strategis.
Jadi, pastikan memiliki cost iklan yang cukup agar bisa memasang iklan berbayar ini. Karena kemampuan bertahan website di halaman pertama pencarian tergantung dari ada tidaknya biaya iklan.
3. Menggunakan Fitur SERP
Kebanyakan user hanya ada tahu dua cara di atas saja. Yaitu SEO dan SEM. Padahal, masih ada cara lain agar website bisa masuk pada SERP. Yaitu dengan menggunakan fitur SERP. Berikut beberapa fitur yang biasa digunakan :
1. Sitelink
Sitelink adalah bagian yang akan menampilkan halaman-halaman favorit dalam sebuah website. Dari sitelink yang ditampilkan pada bawah hasil pencarian akan meningkatkan popularitas situs. Karena lengkapnya informasi yang diberikan.
2. Kotak Twitter
Merupakan tampilan twitter terbaru yang relate dengan kata kunci. Tentu saja ini dari akun Twitter yang sama dengan website. Cuitan twitter inilah yang akan membantu meningkatkan ranking dan kualitas website di pada SERP.
3. Hasil Belanja
Merupakan fitur yang menyajikan produk yang relevan dengan kata kunci. Fitur hasil belanja ini dilengkapi dengan berbagai informasi. Mulai dari nama produk, lokasi toko, harga, katalog, hingga diskon yang diberikan secara real time.
Misalkan ada yang mengetikkan keyword “baju gamis premium”. Maka akan muncul beberapa produk sejenis di SERP. Visitors bisa menjadikannya sebagai referensi untuk menemukan produk sesuai kebutuhan.
Sayangnya, agar website anda bisa mendapat tampilan seperti ini diperlukan iklan pada Google. Karena SEO saja tidak bisa memberi tampilan seperti ini.
4. Featured Snippets
Yaitu fitur yang menampilkan ringkasan konten. Bisa dalam bentuk artikel ataupun video. Kalau disajikan dalam bentuk artikel, berisi paragraf singkat dan list jika artikel dalam bentuk listicle.
Tidak semua website bisa menggunakan fitur featured snippets ini. Hanya website yang masuk dalam 5 urutan pertama saja yang bisa menggunakannya. Ini terjadi karena struktur artikel yang cukup baik. Sehingga bot mesin pencarian bisa membacanya dan mereferensikannya kepada para pengunjung.
5. Rich Snippets
Adalah salah satu fitur SERP yang memungkinkan menampilkan bintang review dari visitors. Tidak hanya sebatas meta deskripsi standar saja. Inilah yang akan membuat website terlihat lebih menonjol dibandingkan website lain di page yang sama. Tujuan menggunakan fitur rich snippets adalah menarik visitors untuk membuka halaman tersebut. Memberikan kepercayaan pada mereka bahwa website tersebut memang website profesional.
6. Knowledge Cards
Knowledge cards merupakan jawaban singkat dari informasi yang dibutuhkan audien ketika mengetikkan kata kunci. Tanpa harus repot-repot membuka website tertentu.
Tidak semua website bisa menggunakan fitur knowledge cards. Hanya website yang dianggap google sebagai sumber informasi dan pengetahuan terpercaya. Salah satunya adalah Wikipedia. Jika ingin website anda seperti ini, pastikan membuat artikel yang menarik dan informatif.Itulah beberapa informasi tentang SERP lengkap dengan fitur yang bisa digunakan. Pastikan anda menggunakan SERP checker untuk memastikan bahwa keyword yang anda gunakan memang bisa diterima di SERP dan berapa besar kemungkinan untuk bisa masuk pada page one.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!