Mengenal Header Tag dan Cara Optimasinya!

Mengenal Header tag dan Cara Mengoptimasinya

Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya

Apa itu header tag?

Header tag atau yang disebut juga sebagai heading tag merupakan elemen HTML yang dipakai untuk mengidentifikasi heading dan subheading dalam sebuah halaman web. Tag-tag ini tersusun secara hierarkis dari H1 hingga H6, dengan H1 biasanya memuat judul atau tajuk utama halaman web atau artikel. Penggunaan header tag yang tepat dapat membantu memberikan struktur yang jelas pada konten, sehingga memudahkan navigasi dan meningkatkan keterbacaan. Bukan hanya itu, header tag juga berfungsi mempermudah web crawling oleh mesin pencari dan mengindikasikan bahwa halaman tersebut penting untuk diindeks.

Bagaimana sususan hierarki header tag?

Header tag terdiri dari enam tingkatan, mulai dari H1 hingga H6.

1. H1

Tag H1 digunakan untuk mengidentifikasi judul dan tajuk utama dari halaman website atau artikel. H1 merupakan bagian yang penting karena bertugas memberikan gambaran umum terhadap isi konten. Oleh karena itu, keyword utama konten ditempatkan pada H1.

2. H2

Kemudian ada tag H2, yang umumnya digunakan untuk menunjukkan subjudul. Bila H1 berfungsi sebagai judul, H2 berfungsi seperti daftar isi. Dalam kaitannya dengan SEO, kita dapat menempatkan LSI keyword, alias kata-kata atau kalimat yang berhubungan dengan kata kunci utama.

3. H3 – H6

Selanjutnya, H3 hingga H6 memuat penjelasan lebih lanjut dari H2. H3 hingga H6 dapat berbentuk teks biasa, tabel, bulleted list, atau numbered list.

Dalam praktiknya, susunan header tag dalam konten terlihat sebagai berikut:

Penggunaan Header Tag pada konten untuk optimasi SEO

Bagaimana cara mengoptimasi header tags?

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar penggunaan header tag lebih optimal bagi performa SEO.

1. Hindari keyword spamming dalam header tags

Mesin pencari memanfaatkan header tags untuk mendapatkan konteks suatu konten secara menyeluruh. Namun, hati-hati jangan sampai melakukan keyword spamming dengan mencantumkan keyword yang sama secara berulang dalam header tag berbeda.

2. Maksimalkan heading tags untuk featured snippets

Featured snippets dapat membantu konten lebih menonjol dari pesaing karena ditampilkan sebagai hasil pencarian pertama di mesin pencari. Google secara spesifik, dapat menghasilkan bulleted list atau numbered list berdasarkan teks yang tercantum dalam header tags

4. Cukup cantumkan satu tag H1

Meskipun kerap didebatkan, penggunaan lebih dari satu tag H1 dinilai tidak ideal oleh mayoritas praktisi SEO. Penggunaan beberapa tag H1 dalam halaman web yang sama akan menyebabkan konten terlihat berantakan dan membingungkan pembaca. Bagi mesin pencari, beberapa tag H1 akan membuat web crawler bingung tag H1 mana yang perlu diprioritaskan dan diindeks.

5. Gunakan copywriting yang menarik

Header tag merupakan salah satu kontak pertama pengunjung dengan konten website kita. Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkan copywriting yang kreatif dan menarik agar pengunjung melanjutkan membaca konten sampai selesai.

Apa perbedaan header tag dan title tag?

Header tag dan title tag seringkali tertukar karena keduanya sama-sama berfungsi memberi tahu mesin pencari isi sebuah website. Dalam HTML, title tag ditulis dengan atribut <title> sedangkan header tag dengan atribut <H1>, <H2>, dan seterusnya. Untuk menghindari kebingungan dan kesalahan pemakaian tag, ingat bahwa title tag tidak muncul pada halaman website, tetapi dapat dilihat oleh pengunjung pada SERP. Selain itu, title tag merupakan hyperlink yang mengarahkan pengunjung ke halaman website tertentu. Nah, sebaliknya header tag tidak muncul pada SERP, tetapi dapat dilihat pada halaman website sebagai judul suatu konten.

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *