Featured Snippet dalam Praktik SEO

Featured Snippet dalam Praktik SEO

Pernahkah kamu mencari suatu keywords di Google, baik long-tail keywords maupun short-tail keywords, dan mendapatkan hasil sebuah potongan website yang sudah menjelaskan pencarianmu secara lengkap? Itu artinya Google memberimu jawaban lewat featured snippet!

Apa itu Featured Snippet?

Secara harafiah, snippet berarti potongan. Maka featured snippet adalah potongan isi sebuah website yang merupakan hasil dari pencarian cepat mesin pencari. Bahkan pakar SEO juga mengatakan bahwa featured snippet adalah hasil dengan posisi ke-0.

Mesin pencari seperti Google membuat sebuah jawaban yang panjang, bahkan lengkap dengan tabel, gambar, bahkan video yang diletakkan paling atas. 

Jenis-Jenis Featured Snippet

Biasanya hasil pencarian berupa featured snippet sering kita temukan dalam beberapa macam jenis yaitu:

1. Paragraf

Featured snippet - definisi seo

Hasil pencarian muncul di dalam kotak yang berisi jawaban, baik berbentuk  teks maupun teks dan gambar. Biasanya jawaban jenis ini muncul ketika kamu mengetikkan long-tail keywords atau short-tail keywords yang merujuk pada pertanyaan dan juga definisi suatu hal. Data dari Getstat menunjukkan bahwa featured snippet dengan jenis paragraf adalah jenis yang paling populer. Berikut ini contoh keywordnya: 

  • apa arti dari featured snippet?
  • featured snippet adalah
  • definisi SEO
  • Snippet merupakan
  • featured snippet
  • dan lain sebagainya

2. Daftar Berurutan (The Ordered List)

featured snippet - cara membuat croissant

Hasil pencarian berupa daftar berurutan yang biasanya berupa instruksi atau juga langkah-langkah dalam pemrosesan sesuatu. Daftar berurutan ini muncul ketika kamu mengetikkan long-tail keywords atau short-tail keywords yang merujuk pada urutan cara melakukan sesuatu. Berikut ini contoh keywordnya: 

  • cara membuat kue 
  • cara mengoperasikan komputer
  • urutan menghidupkan komputer yang mati mendadak
  • film terbaik sepanjang masa
  • deretan lagu terpopuler di Indonesia bulan Juni 2021
  • dan lain sebagainya

3. Daftar Tidak Berurutan (The Unordered List)

Featured snippet - 10 best movie all time

Hasil pencarian berupa sebuah daftar yang tidak memiliki urutan tertentu yang berarti. Posisi dari hasil pencarian tidak memiliki pengaruh atau tidak terkait dalam statistik tertentu. Biasanya jenis daftar ini muncul ketika kamu mengetikkan long-tail keywords atau short-tail keywords yang hasilnya menunjukkan pilihan. Berikut ini contoh kata kuncinya:

  • 20 alasan SEO penting
  • 10 film petualangan
  • daftar rumah makan di Jakarta Barat
  • daftar gerai kopi terenak di Yogyakarta
  • dan lain sebagainya

4. Tabel

Featured Snippet - Mattress Size

Hasil pencarian berupa sebuah tabel yang berisi data. Biasanya jawaban ini muncul ketika kamu meminta mesin pencari untuk menampilkan data-data konversi ataupun kumpulan data yang memiliki beberapa variabel untuk ditampilkan. Berikut ini contohnya:

  • Ukuran plastik
  • Ukuran sprei kasur
  • Perbandingan kertas A4 dan A3
  • Harga baju grosir dan satuan
  • dan lain sebagainya

Manfaat Featured Snippet pada Praktek SEO

Featured snippet pastinya memiliki beberapa aspek yang bisa menjadikannya salah satu faktor penunjang SEO (search engine optimization). Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Potongan Artikel Ada di Posisi Teratas

Pakar SEO menyebut featured snippet sebagai artikel dengan posisi ke-0. Hal tersebut membuat artikel kamu berada di posisi teratas sebuah halaman hasil pencarian. 

2. Tingkat Keterbacaan Tinggi

Selain posisinya yang teratas, potongannya yang lebih besar dibandingkan snippet yang lain membuat kemungkinan keterbacaannya tinggi dan lebih banyak orang membacanya sebagai referensi hasil pencarian.

3. Menaikkan Ranking di Google

Artikel yang dipilih sebagai featured snippet adalah artikel yang memiliki ranking satu dalam SEO. Itulah mengapa artikel terpilih merupakan artikel yang memenuhi semua kriteria Google untuk dijadikan jawaban oleh mesin pencari.

4. Menjadi Lebih Sering Muncul di Pencarian Long-Tail Keywords

Featured snippet menampilkan halaman hasil yang menjelaskan secara lengkap dan detail. Tipe jawaban seperti ini muncul apabila kamu mengetikkan long-tail keywords yang berarti penyempitan jangkauan bagi Google saat mencari artikel yang sesuai dan peningkatan kemungkinan artikel kamu yang muncul dengan posisi ke-0 di halaman utama.

Kekurangan Featured Snippet pada Praktek SEO

Tidak dapat dipungkiri, akses cepat dan lengkap yang didapatkan seseorang yang bertanya pada mesin pencari mengandung sebuah konsekuensi yang harus diterima oleh pihak pembuat artikel di website. Beberapa kekurangan featured snippet adalah sebagai berikut.

1. Website Menjadi Sepi Pengunjung

Jawaban lengkap dan detail seperti yang ditampilkan pada featured snippet membuat seseorang merasa cukup dan puas dengan hasil yang dia dapatkan hanya dengan melihat jawaban di posisi ke-0. Oleh karena itu, artikel yang muncul tidak mendapatkan “klik” dan otomatis website juga tidak mendapatkan pengunjung baru. Padahal, SEO yang baik adalah ketika website kamu sering dikunjungi oleh banyak orang.

2. Featured Snippet Mendominasi Halaman Hasil Pencarian

Bagi artikel-artikel yang masuk di halaman yang sama, featured snippet menjadi “ancaman” yang membuat artikel-artikel di bawahnya “tidak kelihatan”. Hal ini disebabkan jawaban yang disediakan dalam kolom featured snippet sudah lengkap dan mendetail sehingga orang-orang merasa tidak perlu untuk mengecek website lain di bawahnya.

Bagaimana Cara Agar Tulisan Menjadi Featured Snippet?

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, featured snippet memiliki manfaat yang lebih banyak bagi SEO artikel website kamu. Yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Menggunakan Keyword Populer

Salah satu indikator yang dapat membuat artikel website kamu menjadi featured snippet adalah penggunaan keyword populer. Kenapa? Karena keyword populer secara otomatis menjadi filter yang dilakukan Google dan artikel kamu mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam posisi ke-0 apabila memiliki SEO yang bagus.

2. Menggunakan Long-tail Keyword

Semakin panjang keyword yang diketikkan di kolom pencari, semakin detail dan terfokus pula bagi artikel website kamu untuk menjadi kandidat featured snippet.

Selain itu, artikel dengan tulisan yang informatif dan menjawab pertanyaan yang sering diajukan dalam Frequently Asked Questions (FAQ) juga menaikkan probabilitas munculnya tulisan tersebut menjadi jawaban teratas di Google SERP.

3. Menggunakan Format Paragraf yang Ramah Snippet

Salah satu jenis featured snippet adalah format paragraf. Artikel sebaiknya berisi kata-kata yang cocok dengan kata-kata yang dituliskan dalam mesin pencari, atau setidaknya mengandung unsur keyword yang muncul dalam pertanyaan.

4. Menaikkan Peringkat Visibilitas Website 

Peran SEO sangat penting untuk membuat website berada di halaman pertama Search Engine Result Page (SERP). Hal ini perlu diperhatikan karena setiap artikel yang dijadikan featured snippet adalah artikel yang memiliki peringkat visibilitas no. 1 di Google. 

 5. Mengidentifikasi Artikel dengan Pencarian Tinggi 

Ketika kamu sudah mengetahui artikel mana saja di website kamu yang memiliki peringkat pencarian tinggi di Google, maka kamu wajib mengidentifikasi dan mengoptimalkan artikel tersebut agar “dipilih” oleh Google. Ingat, Google hanya akan menjadikan artikel dengan peringkat no.1 untuk featured snippetnya. Sehingga identifikasi dan pengoptimalan yang fokus ditujukan kepada artikel tersebut dapat mendorongnya agar semakin “terlihat”.

6. Mengajukan Pertanyaan Kepada Orang Umum (Followers, Subscribers, Teman, Orang Sekitar)

Mengajukan pertanyaan kepada followers, subscribers, teman, dan juga orang sekitar merupakan hal yang tidak kalah penting. Mengapa? Karena mereka adalah pengguna internet yang kerap kali juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke Google. Selain itu, mereka juga pengguna yang sering mengetahui perkembangan internet dan sekaligus “pengamat” artikel-artikel dalam website kita.

7. Membuat Konten yang Berkualitas

Peringkat yang baik tidak lepas dari konten marketing yang baik pula. Apabila tulisan artikel kamu menyajikan informasi lengkap dan mendetail mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan di mesin pencari, maka selain akan tampil menjadi featured snippet, tulisan kamu juga memiliki SEO yang baik. Itulah mengapa kemampuan skill digital marketing dan pembuatan kontennya sangat penting untuk mendukung fitur ini.

8. Membuat Tulisan yang Mengandung Informasi Angka

Featured Snippet menampilkan hasil berupa paragraf, gambar, video, dan juga tabel yang berisi angka. Maka tulisan yang berisi data-data terupdate dan juga angka-angka memiliki peluang lebih banyak untuk muncul sebagai featured snippet. Sebisa mungkin angka yang ditulis adalah akurat dan sesuai dengan topik yang dituliskan.

9. Membuat Tulisan yang Menjawab Banyak Pertanyaan Google

Seperti yang sudah disebutkan di atas, melakukan riset pertanyaan-pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan kepada Google akan membantu tulisanmu untuk lebih dikenal oleh mesin pencari tersebut. Sebisa mungkin, di saat kamu memasukkan long-tail keyword ke mesin pencari, kamu lihat juga turunan-turunan pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna. Rangkum jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dan jadikan tulisan informatif yang juga menarik.

10. Membuat Tulisan yang Faktual

Buatlah tulisan berdasarkan fakta yang ada dan terkini. Pengguna internet zaman sekarang sudah cukup paham dan peduli mengenai kebenaran suatu informasi agar tidak menjadi sesat pikir dan mengonsumsi informasi yang salah. Selain itu, tulisan yang faktual dapat membangun kredibilitas website kamu dan suatu saat setelah melihat artikel kamu di featured snippet Google, pengguna internet tersebut akan menjadi pengunjung tetap website kamu.

11. Menggunakan Gambar yang Bagus, Menarik, dan Sesuai

Salah satu jenis hasil jawaban yang menjadi featured snippet adalah gambar. Oleh karena itu, gambar yang bagus, menarik, dan sesuai dapat membantu pengguna internet untuk memahami jawaban mesin pencari secara jelas. Bahkan, jika gambar kamu sangat menarik perhatian pengguna, mereka akan melanjutkan untuk mengklik dan mengunjungi website kamu untuk melihat artikel lainnya di website kamu! Nah, jangan khawatir ya! Sekarang ini sudah banyak aplikasi dan juga software untuk membuat desain menarik yang mudah untuk digunakan.

12. Menggunakan Video yang Ramah Snippet

Bersama YouTube, Google sekarang ini menampilkan lebih banyak jawaban dalam bentuk video. Dan lebih menariknya lagi, video yang ditampilkan Google hanyalah bagian video yang merupakan jawaban dari pertanyaan di mesin pencarinya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal tersebut disebabkan oleh Google yang makin mahir membaca keyword metadata video yang diunggah ke internet. Jangan lupa juga untuk menambahkan caption video yang mendukung.

Apakah Featured Snippet Baik untuk SEO?

Ya! Featured snippet memiliki manfaat yang lebih banyak dari pada kekurangannya. Visibilitas artikel yang mengambil ruang lebih banyak di SERP (search engine result page) membuat artikel kamu mendapat spotlight penuh. Namun, tentu saja kamu harus membuat artikel dengan gambar atau bahkan video yang menarik agar pengguna internet mau menelusuri website kamu secara langsung dan mereka putuskan untuk menjadi pengunjung tetap website kamu. Jadi, diperlukan kreativitas dan juga konten yang menarik agar orang-orang tidak hanya berhenti di featured snippet Google.

Topik-topik Populer yang Menjadi Featured Snippet

1. Proses Do It Yourself (DIY)

Proses Do It Yourself atau yang lebih sering dikenal dengan DIY berisi tahapan atau urutan untuk membuat sesuatu. Hasil jawabannya dapat berupa the ordered list (daftar yang berurutan), video, dan gambar. Mengapa proses DIY menjadi featured snippet yang populer? Karena ketika ingin mengetahui tahapan DIY, artikel yang menyediakan daftar urutan pengerjaan dan juga gambar maupun video akan langsung muncul di posisi paling atas dengan space yang besar. Hal tersebut membuat orang merasa tidak perlu mencari hasil lain di halaman SERP tersebut.

2. Kesehatan

Jawaban seputar kesehatan mayoritas berisi daftar dari gejala-gejala suatu penyakit dan juga cara-cara pertolongan pertama. Hasil jawabannya berupa ther ordered list (daftar yang berurutan), the unordered list (daftar tidak berurutan), video, dan juga gambar. Apalagi di zaman pandemi seperti sekarang ini, banyak orang mencari gejala-gejala suatu penyakit dan langsung mendapatkan jawabannya dalam featured snippet yang disediakan Google. Bahkan, untuk sebagian keyword tentang pertolongan pertama, ada video dari YouTube yang menjadi pelengkap potongan artikel tersebut.

3. Resep Makanan

Selain ibu rumah tangga, remaja dan para pekerja yang tinggal sendiri sebaiknya bisa memasak sederhana agar biaya hidupnya lebih hemat. Nah, hal itulah yang membuat pencarian resep makanan sangat populer. Karena ingin menghemat waktu, featured snippet tentang resep makanan yang langsung muncul dalam bentuk daftar (list) menjadi pilihan remaja dan pekerja untuk langsung jadi panduan memasaknya.

4. Perihal Matematis

Di zaman sekarang ini, pelajar mendapat akses mudah untuk mencari jawaban dari tugas-tugas sekolahnya. Selain buku panduan sekolah, pelajar juga bisa mengakses internet untuk mendapatkan data, salah satunya adalah tabel yang menyajikan rumus aritmatika dan juga diagram mengenai konsep satuan matematika dan lain sebagainya. Hal ini yang menyebabkan perihal matematis menjadi salah satu topik yang populer.

5. Perihal Finansial

Pengguna internet yang rajin memeriksa naik turun harga saham atau kurs mata uang menjadi alasan mengapa topik finansial menjadi featured snippet yang populer. Kurs dan juga harga saham menyajikan potongan artikel yang dilengkapi dengan gambar grafik dan juga tabel.

6. Perihal Persyaratan 

Persyaratan (requirements) mengandung daftar persyaratan apabila pengguna ingin melakukan atau berpartisipasi dalam suatu kegiatan. Pengguna internet banyak yang mencari lowongan pekerjaan atau syarat-syarat untuk masuk dalam suatu kompetisi. Hal tersebut yang menyebabkan hasil berupa daftar persyaratan masuk dalam topik featured snippet yang populer.

Segala macam cara yang bisa membantu SEO untuk menjadi lebih optimal adalah baik, termasuk juga dengan featured snippet. Jadi, kamu perlu sekali untuk membaca artikel ini dan mempraktekannya agar artikel kamu bisa mencapai posisi ke-0 dan menjadi jawaban teratas pada Google SERP!

Penulis: Tami Kira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *