Content Marketing: Definisi, Format & Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

content marketing sangat penting

Bisnis online marak di tengah pandemi dan menjadi pemulih ekonomi. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dalam menjalankan bisnis online adalah content marketing. Konten sendiri merupakan suatu informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Konten yang baik dapat membuat calon customer bisnis online-mu tertarik dan ingin mengenal produk, bahkan bisnis online-mu lebih jauh lagi.

Content Marketing Itu Apa?

Menurut Gunelius, content marketing adalah kegiatan secara tidak langsung dan langsung mempromosikan bisnis atau merek melalui konten teks, video, atau audio yang memberikan nilai tambah baik secara online maupun offline.

Sebuah konten tidak dapat dibuat secara sembarangan, melainkan harus relevan dengan bisnis online-mu dan juga konsisten dalam pelaksanaannya. Selain itu, pembuatan konten-konten marketing diharapkan dapat memberikan value, hiburan, dan juga pendidikan bagi calon customer maupun tiap orang yang melihat konten tersebut.

Maka dari itu, dibutuhkan pengetahuan, komunikasi yang baik, kepekaan terhadap suatu trend, kemampuan menulis yang baik, serta kemampuan bercerita untuk menghasilkan content marketing yang menarik calon customer.

Apa Saja Bentuk-bentuknya?

Content marketing memiliki banyak bentuk. Berikut ini adalah bentuk-bentuk yang sering digunakan dalam bisnis online.

1. Artikel Blog

Blog merupakan bentuk dari content marketing yang dapat menyajikan informasi bisnis online-mu secara lengkap. Selain itu, konten dari blog juga merupakan investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan konten-konten tersebut akan bertahan lebih lama dalam sebuah blog.

2. Video Marketing

Kamu pasti setuju kalau melihat konten video pastinya jauh lebih menarik ketimbang gambar saja. Video sendiri merupakan bentuk dari content marketing yang dapat menyajikan informasi bisnis online-mu secara visual dengan ide-ide yang menarik. Video yang kreatif dapat memberikan pengetahuan sekaligus hiburan bagi calon customer, karena kamu bisa menambahkan narasi tentang konten kamu, lagu latar yang mendukung, dan juga visual dari video maupun animasi yang memanjakan audiens kamu.

3. E-mail Marketing

E-mail merupakan bentuk dari content marketing yang dapat langsung dikirimkan kepada calon customer. E-mail yang dikirimkan bisa dalam bentuk promotion, newsletter, atau e-book/ e-flyer. Biasanya email marketing ini diberikan per bulan kepada subscriber/ followers/ customer supaya mereka selalu up to date dan mendapatkan informasi terkini tentang event maupun promo yang sedang berlangsung di suatu akun/ lembaga/ restoran/ dan lain sebagainya.

4. Konten Media Sosial

Media sosial merupakan bentuk dari content marketing yang sangat populer di masa kini. Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Facebook, dan lain sebagainya adalah media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan, memberi info seputar produk dan bisnis, dan menjalin/ menjaga hubungan dengan calon customer/ customer tetap. Masing-masing media sosial memiliki strateginya sendiri untuk menghasilkan insight yang baik dari konten-konten yang baik pula. Hal ini dikarenakan hampir setiap orang di dunia sudah menggunakan dan menghabiskan banyak waktu di media sosial sehingga konten yang baik akan menarik pengguna media sosial untuk bisnis kamu. 

Mengapa Content Marketing Sangat Penting?

Content marketing penting bagi bisnis online-mu karena beberapa alasan di bawah ini.

1. Dapat Meningkatkan Brand Awareness 

Brand awareness penting bagi bisnis online-mu supaya calon customer sadar akan kebutuhan membeli produk yang kamu jual. Semakin bisnis online kamu dikenal dengan citra yang baik, semakin banyak pula kemungkinan calon customer dan customer tetap kamu untuk mempromosikan bisnis online kamu kepada orang-orang terdekat mereka. Hal itu hanya bisa terjadi apabila brand kamu sudah menjadi top of mind mereka.

2. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Content marketing, baik online maupun offline, memiliki waktu bertahan yang lebih lama dari pada iklan biasa. Apalagi konten-konten yang kreatif, menghibur, dan juga informatif. Dengan demikian, apabila orang-orang ingin mengingat suatu hal tentang bisnis kamu, mereka bisa melihat kembali konten yang pernah kamu unggah. Ibarat berita, konten-konten marketing baik di blog, media sosial, dan lain sebagainya adalah “berita” yang tidak akan termakan oleh zaman (tidak akan pernah “basi”).

3. Meningkatkan Customer Traffic

Kreativitas dan trend masa kini yang dituangkan dalam sebuah content marketing dapat meningkatkan lalu lintas calon customer. Hal ini dikarenakan konten yang kreatif dan mengikuti trend disukai masyarakat yang nantinya bisa menjadi calon pembeli di bisnis online kamu. Selain meningkatkan traffic pengunjung bisnis online kamu, konten yang menarik secara otomatis akan membuat keterikatan calon customer dan customer tetap kamu untuk menunggu dan melihat konten kamu setiap hari.

4. Membuat Calon Customer Memiliki Keinginan Untuk Membeli

Pengambilan foto maupun video produk yang menarik, serta konten yang memuat testimonial customer akan membuat calon customer memperhitungkan produk bisnis online-mu. Karena penampilan visual dari produk kamu yang indah dilihat mata juga menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas produk serta bisnis online kamu. Profesionalitas dan kredibilitas secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan calon customer akan brand bisnis online-mu. Semakin menarik dan relevannya suatu konten dengan kebutuhan calon customer, maka semakin timbul keinginan mereka untuk membeli produk kamu.

5. Sebagai Sarana Membagikan Value 

Selain membuat konten-konten blog dan media sosial yang bertujuan untuk menjual produk, pastikan untuk menyiapkan beberapa konten yang berisi kepedulian bisnis online kamu terhadap lingkungan maupun kehidupan sosial atau lebih dikenal juga dengan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Dengan demikian, bisnis online kamu juga memiliki andil dalam membagikan nilai kemasyarakatan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Value ini nantinya akan berpengaruh juga pada brand awareness untuk bisnis online kamu.

6. Dengan SEO, Bisnis Online-mu Akan Lebih “Terlihat”

Konsistensi dan kualitas suatu konten di media sosial maupun blog akan memaksimalkan SEO yang membuat kontenmu berada di barisan teratas mesin pencari. Tidak dapat dipungkiri, di zaman dengan teknologi canggih ini, banyak orang akan berinovasi dalam berbisnis online. Hal ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar bisnis online. Maka dari itu, SEO yang baik akan membantu bisnis kamu untuk lebih terlihat di mesin pencari internet. Jangan sampai bisnis online kamu ada di urutan belakang ya! Karena orang-orang cenderung hanya melihat hasil pencarian di halaman awal saja. Jadi, pelajari SEO yang baik mulai sekarang!

7. Meningkatkan Kepercayaan Audiens

Content marketing harus bisa menimbulkan rasa ingin tahu calon pembeli. Interaksi berkelanjutan karena content marketing yang dibuat akan menumbuhkan rasa kepercayaan. Dengan demikian, calon pembeli tidak akan ragu untuk mengikuti rekomendasi dan membeli produk bisnis online-mu di waktu yang akan datang. Seiring dengan konten yang baik, penjagaan kualitas produk maupun jasa bisnis online kamu juga harus selalu baik. Karena konten yang baik akan menjadi percuma bila tidak diiringi dengan aktualisasi produk yang dijual.

8. Penghasilan Lebih Banyak Bagi Bisnis Online-mu 

Ketika kamu menampilkan content marketing pada waktu, tempat, dan target audiens yang tepat, maka semakin besar kemungkinan audiens kamu akan menjadi calon customer di bisnis online-mu! Maka dari itu, penting untuk membuat content marketing berisi informasi yang berguna bagi calon customer kamu, misalnya konten info tentang promo, edukasi, dan juga testimonial dari customer terdahulu.

9. Content Marketing Dapat Membuat Bisnis Online-mu Memiliki Otoritas

Konten yang disesuaikan dengan visi misi serta nilai-nilai akan membuat bisnis online-mu kredibel dan memiliki otoritas. Dengan demikian, calon customer akan merasa aman melakukan transaksi di bisnis online kamu.

10. Content Marketing Lebih Hemat Budget

Untuk apa membayar mahal spot iklan jika kamu bisa membuat content marketing yang tepat sasaran? Hemat budget marketing bisnis online-mu dan alihkan untuk membuat content marketing yang kreatif dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Ternyata content marketing sangat penting untuk memulai dan juga menjalankan bisnis online-mu ya! Pahami 10 alasan di atas dan ikuti trend masa kini agar content marketing-mu selalu menarik calon customer dan membuat customer tetap kamu betah untuk terus mengikuti perkembangan bisnis online-mu!

Jika kamu membutuhkan jasa SEO dan content marketing untuk websitemu, jangan lupa untuk menghubungi tim kami

Penulis : Tami Kira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *