Monday.com VS Trello : Mana yang Paling Bagus?

Monday.com vs trello mana yang lebih baik?

Trello dan Monday.com adalah dua solusi software manajemen proyek yang paling populer dalam kategori project management (manajemen proyek). Lewat artikel ini, kami akan membandingkan kelebihan dan kekurangan antara Monday.com dan Trello dalam perbandingan langsung sehingga Anda dapat memutuskan mana software yang lebih unggul dan lebih tepat untuk tim kerja Anda.

Gambaran Umum: Monday.com VS Trello

Trello dan Monday.com adalah dua opsi populer untuk software manajemen proyek. Memilih software yang tepat tidak hanya didasarkan kepada kehebatan fitur software semata, namun hendaknya disesuaikan pula dengan kebutuhan Anda sehingga software bisa menjadi solusi terbaik.

Secara garis besar saat kami menggunakan dua software ini, kami mendapatkan kesimpulan bahwa Trello adalah salah satu project management software yang sangat user friendly (ramah pengguna), akan tetapi Monday.com adalah software project management yang patut Anda lirik karena Monday.com memiliki fungsionalitas tingkat lanjut (advanced feature). 

Mari kita bahas dengan lengkap perbandingan Trello dan Monday.com di setiap kategori di bawah ini!

Siapa yang cocok menggunakan Trello?

Trello adalah sistem manajemen proyek dengan format display kanban yang ideal untuk proyek marketing, monitoring penugasan proyek, layanan bantuan pelanggan (customer service), jalur sales funnel, dan lain-lain. 

Trello tampilan

Meskipun fiturnya tergolong dapat menjadi solusi, ada pula beberapa batasan dalam software ini, contohnya saja Anda tidak bisa membuat invoice otomatis untuk pelanggan Anda, berbeda dengan project management software lainnya yang sudah bisa melakukan hal ini. Karena keterbatasan ini, maka Trello sangat baik untuk dipakai di bisnis kecil secara in-house dengan kebutuhan software sederhana. Untuk proyek berskala besar yang kompleks, seperti pengembangan software (software development) yang memiliki kemampuan pelaporan yang canggih, sebaiknya Anda mempertimbangkan Monday.com, dan alternatif Trello.

Siapa yang cocok menggunakan Monday.com?

Monday.com dapat menggunakan kanban untuk mengatur proyek, tetapi juga menyediakan format display lainnya, seperti timeline, kalender, list atau daftar, dan gantt chart. Karena fungsionalitasnya yang lebih mengungguli Trello, Monday.com dapat digunakan baik untuk kebutuhan individual, seperti freelancer atau untuk bisnis skala besar dengan banyak anggota tim. 

Monday.com tampilan

Di sisi lain, Monday.com tidak menawarkan paket membership gratis untuk mengakses fitur yang lengkap ini. Jadi, jika Anda ingin mengakses fitur yang lengkap ini, mau tidak mau Anda harus meng-upgrade akun Anda menjadi akun premium. Untuk paket gratis Monday.com, Anda hanya bisa mengakses beberapa fitur sederhana, dan akses ke ruang penyimpanan yang lebih kecil.

Fitur Monday.com VS Trello

Seperti gambaran umum yang telah kami utarakan sebelumnya, Trello merupakan software yang menggunakan pendekatan manajemen proyek yang cukup sederhana. Hal ini sebenarnya sudah merupakan kontras langsung dengan Monday.com yang memiliki fungsionalitas tingkat lebih tinggi di atasnya. Mungkin saja menyenangkan bisa mendapatkan akses ke fitur yang serba canggih daripada Trello, akan tetapi apakah fitur lanjutan yang dihadirkan Monday.com adalah fitur yang benar-benar Anda butuhkan? Jika tidak, ya sebaiknya simpan uang Anda dan gunakan saja project management tools yang lebih sederhana. 

Fitur yang disediakan oleh Trello

Trello adalah software project management yang sederhana dengan tampilan kanban yang menarik secara visual. Di dalam software ini Anda dapat membuat workspace proyek kerja Anda dan mulai membuat daftar tugas yang perlu dikerjakan dalam bentuk kartu kerja yang bisa digeser sesuai statusnya. Saat ini, selain kanban, jika Anda berlangganan paket business, ada juga tampilan timeline dan kalender.

tampilan-Trello-Kanban

Pada praktik umumnya, tiap tim biasanya menggunakan kanban dengan status “TO DO”, “RESEARCH”, “IN PROGRESS”, “REVIEW”, dan “COMPLETED”. Setiap penugasan berubah status, makan kartu penugasan akan digeser dari satu kolom ke kolom lainnya. Saat Anda memindahkan kartu ke kolom lain, Anda dapat menetapkan tugas ke anggota tim yang berbeda.

Selain itu, berikut ini adalah fitur lain yang membuat Trello dapat dijadikan solusi untuk bisnis Anda:

  • Fitur Penjadwalan: Anda bisa memprioritaskan tugas dengan meletakkan tanggal jatuh tempo (deadline) pada kartu dan memberinya label dengan label khusus.
  • Fitur Kolaborasi: Anda dapat menulis atau menanggapi komentar di bagian bawah setiap kartu, dan tandai pengguna Trello di dalamnya.
  • Fitur Pelampiran Dokumen: Lampirkan file dan foto ke kartu, atau tautkan ke file di layanan penyimpanan cloud lain seperti Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.
  • Tersedia Aplikasi: Aplikasi iOS dan Android gratis Trello untuk perangkat digital memungkinkan Anda mengelola papan Anda dimana saja lewat smartphone Anda selama terhubung akses internet.

Perlu dicatat bahwa Trello tidak memiliki fitur dan kemampuan pelaporan analitik. Namun, fitur butler-nya dapat mengumpulkan informasi dari kartu, seperti tugas yang diselesaikan selama seminggu, dan mengekspornya ke spreadsheet. Namun, kemampuannya hanya terbatas sampai di sini saja. 

Untuk proyek yang lebih kompleks, di mana pelaporan sangat penting, Trello “power-up”, atau aplikasi atau integrasi dengan pihak ketiga (third party app / software), akan sangat diperlukan untuk meningkatkan fungsionalitas.

Fitur yang ditawarkan Monday.com

Monday.com dapat menampilkan proyek yang diatur menggunakan kanban, tetapi juga memiliki template roadmap tambahan. Anda dapat mengubah tampilan dari format kanban, kalender, bagan, timeline dan map untuk proyek Anda. Keunggulan Monday.com, salah satunya adalah penggunanya dapat membuat dashboard kerja proyek pribadi. Sangat kontras dengan Trello, dimana semua anggota tim sebagai usernya hanya dapat mengakses dashboard yang sama. 

Monday.com marketing tools KANBAN

Beberapa proyek produksi konten ditampilkan sekaligus dalam format kisi yang mudah dibaca yang tidak tersedia di Trello pada contoh di bawah ini.

Format grid table Monday.com

Monday.com menggunakan sistem daftar dalam papan kerja yang dikenal dengan sebutan “pulse”. Pulse akan di-setting di tiap proyek dalam kolom untuk melacak kemajuan suatu proyek. Selain format view yang beragam, pembuatan dashboard pribadi dan sistem pulse, Berikut beberapa fitur lainnya yang dapat membuat Monday.com menjadi solusi bisnis Anda:

  • Fitur Berbagi Kalender Dengan Tim: Lihat tugas mana yang jatuh tempo dalam beberapa minggu atau bulan mendatang di semua papan proyek dengan tampilan kalender tim.
  • Fitur Manajemen Sumber Daya: Buat papan khusus menggunakan sistem denyut nadi untuk melacak sumber daya proyek.
  • Fitur Pelacakan Waktu (Time tracking):Tambahkan kolom pelacakan waktu ke jadwal proyek Anda di paket Pro dan Perusahaan.
  • Tersedia dalam bentuk aplikasi: monday.com juga menawarkan aplikasi iOS dan Android yang berfungsi penuh untuk perangkat digital.

Monday.com menawarkan berbagai widget untuk dasbor pribadi Anda, seperti daftar tugas atau rangkuman to-do-list sederhana, Quotes of the day (kutipan hari ini) dan “baterai” yang menampilkan display status semua proyek Anda.

Dashboard center Monday.com

Setiap proyek diberi kode warna untuk menunjukkan tugas yang sudah selesai (hijau), tugas yang sedang berjalan (oranye), tugas yang akan datang (biru), tugas yang berlum dikerjakan (abu-abu) dan tugas yang stuck (merah).

Fitur pelaporan dan analitik Monday.com juga tentu lebih unggul dari apa yang akan dilakukan oleh Trello. Mirip dengan  sistem baterai di atas, Anda hanya perlu mengakses laporan dengan sekali klik saja. Monday.com lalu akan menampilkan Key Performance Indicator (KPI) proyek: anggaran, kemajuan keseluruhan proyek, dan tugas berkode warna yang menunjukkan mana yang sedang berlangsung, yang akan datang, selesai, atau yang macet.

Jika Anda memerlukan fitur-fitur ini dan bersedia membayar untuk tingkat fungsionalitas di atas Trello, Monday.com ini dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Pemenang Kategori Fitur : Monday.com

Monday.com adalah pemenang dalam kategori fitur dibandingkan Trello. Trello unggul menjadi project management software yang sederhana, akan tetapi Monday.com bahkan lebih unggul karena selain menyederhanakan, fitur Monday.com menawarakan berbagai skema proyek organisasi, dan fitur analitik dan pelaporan tingkat lanjut. 

Layanan Bantuan Pelanggan Monday.com VS Trello

Saat pertama kali Anda menggunakan software project management software, segampang apapun UI-nya dan seramah apapun UX-nya, ada kala dimana Anda akan membutuhkan bantuan dalam mengenal fitur dan mengeksplornya. Berikut kami coba bandingkan layanan bantuan pelanggan di Trello

Layanan Bantuan Pelanggan dan Tim Support Trello

Trello Support Layanan Bantuan CS

Secara garis besar, layanan bantuan pelanggan dan support team Trello sangat baik. Untuk pengguna paket Trello gratis, Trello membantu dengan menyediakan banyak modul sumber daya panduan yang dapat diakses secara online dalam bentuk video dan teks dan tentunya gratis pula. Namun, jika Anda belangganan Trello versi berbayar atau premium, Anda akan mendapatkan perlakuan khusus dimana semua masalah atau isu Anda akan dijawab dengan customer service Trello langsung dalam waktu 24 jam.

Layanan Bantuan Pelanggan dan Tim Support Monday.com

Monday.com, seperti Trello, memiliki basis pengetahuan, modul online, dan forum komunitas. Selain itu Monday.com juga menyediakan perpustakaan tutorial video dan webinar gratis yang terorganisir dengan baik. Anda juga dapat menghubungi layanan bantuan Monday.com lewat email untuk menyelesaikan isu dan masalah Anda. Tim Monday.com kemudian akan membalas Anda dengan mengirimkan nomor tiket dan membantu Anda segera.  

Support Monday.com

Jika Anda sudah membayar versi premium paket Enterprise, Monday.com sudah otomatis akan menyediakan onboarding, training yang akan dipersonalisasi sesuai kebutuhan Anda.

Pemenang Kategori Layanan Bantuan dan Customer Service : Monday.com

Monday.com adalah pemenang dalam kategori layanan bantuan dan customer service. Dari semua sisi, segi ukuran, layanan Trello adalah standard yang dimiliki setiap project management software, termasuk Monday.com.

Faktor Kemudahan Penggunaan Monday.com VS Trello

Dalam kategori ini kami akan membahas Monday.com VS Trello dari segi kemudahan penggunaannya karena software project management yang baik hendaklah menjadi wadah untuk membantu kerja sama tim menjadi lebih mudah.

Baca juga: Mengenal Perbedaan UI dan UX

UI/UX Trello

Kami akan sangat jujur bahwa software Trello adalah salah satu software paling mudah penggunaannya. Sistem papan kanban Trello mudah sekali untuk dimengerti untuk pemula sekalipun. Tampilannya juga sangat clear dan tidak akan membingungkan. Trello juga dapat memandu Anda melalui proses pembuatan papan pertama Anda dalam langkah-langkah sederhana setelah Anda membuat akun. 

Semua kolom tugas Anda terletak di depan Anda. Jika Anda ingin meng-update-nya, Anda tinggal menggeserkan kartu ke kolom setelahnya. Anda dapat langsung menambahkan pengguna, lampiran, dan komentar ke kartu untuk berkolaborasi dengan tim, memeriksa daftar tugas, dan memberikan label.

UI/UX Monday.com

Monday.com memiliki sistem kanban yang ditawarkan oleh Trello. Namun, perbedaannya adalah Monday.com juga menawarkan format display yang bisa diubah-ubah sesuai preferensi Anda dan juga fitur-fitur lainnya. Hal ini menyebabkan perkenalan pengguna dengan software tidak akan sesingkat ketika Anda memilih Trello.

Contohnya jika Anda mengubah tampilan menjadi peta bergaya Gantt, yang menampilkan anggota tim Anda dan tugas mereka. Mungkin ada beberapa anggota tim yang sedikit kesulitan membaca gantt chart dan perlu mempelajari dan mencobanya dulu.

Anda, sebagai manajer proyek juga dapat melihat beban kerja secara keseluruhan setiap anggota tim, dan menentukan siapa yang load pekerjaannya terlalu ringan dan siapa yang terlalu banyak, lalu mendistribusikan tugas dengan adil.

Pemenang Faktor Kemudahan Penggunaan: Trello

Karena kesederhanaannya secara keseluruhan, Trello menjadi pemenang dalam kategori ini. Monday.com sebenarnya tidak sulit digunakan, tetapi karena memiliki beberapa fitur lanjutan yang membutuhkan waktu bagi pengguna pemula untuk mempelajarinya terlebih dulu.

Perbandingan Harga Berlangganan Monday.com VS Trello

Secara umum, harga software manajemen proyek ditentukan oleh dua faktor, yaitu fungsionalitas dan jumlah pengguna anggota tim dalam software. Jika Anda sudah menentukan dengan tepat kebutuhan Anda di kedua area ini, Anda bisa dapat langsung memilih paket harga berlangganan yang tepat.

Harga Paket Berlangganan Trello

Trello memiliki tiga paket berlangganan berbeda, paket berlangganan gratis, Business, dan Enterprise. Berikut breakdown harganya;

Paket Harga Trello
  • Paket Trello Gratis
  • Trello Business – 120 USD per tahun untuk 1 pengguna (setara dengan 1.750.000 Rupiah). Atau 12.50 USD per user per bulan (setara dengan 180.000 Rupiah).
  • Trello Enterprise – Untuk harga, Anda dapat menghubungi sales Trello.

Harga Paket Berlangganan Monday.com

Monday.com dengan penawaran fitur dan fleksibilitas harganya, menawarkan 5 paket berlangganan, yaitu paket gratis, Basic, Standard, Pro dan Enterprise.

Paket Harga Monday.com
  • Paket Monday.com Gratis
  • Paket Monday.com Basic – 8 USD per bulan per user (setara dengan 116.000 Rupiah)
  • Paket Monday.com Standard – 10 USD per bulan per user (setara dengan 145.000 Rupiah)
  • Paket Monday.com Pro – 16 USD per bulan per user (setara dengan 233.000 Rupiah)
  • Paket Monday.com Enterprise – Untuk harga, Anda dapat menghubungi sales Monday.com langsung.

Pemenang Kategori Harga Monday.com VS Trello : Seri!

Dalam kontras harga ini, Monday.com menawarkan fleksibilitas harga yang lebih baik dengan paket yang sangat terjangkau. Sedangkan harga Trello tidak begitu kompetitif jika dibandingkan dengan fitur yang ditawarkan. Dengan membayar paket Pro Monday.com 10 USD per orang lebih murah dibandingkan membayar 12.50 USD untuk Paket Bisnis Trello dengan fitur yang juga masih terlalu sederhana. Akan tetapi kelebihan Trello di sini adalah paket gratisnya tidak terbatas pada jumlah user, berbeda dengan Monday.com yang membatasi jumlah user maksimal 2 orang untuk paket gratisnya.

Sepertinya untuk kategori ini Monday.com VS Trello adalah seri!

Jadi, kembali lagi kepada Anda. Jika Anda membutuhkan solusi software project management gratis dan dengan fitur yang tidak terlalu kompleks, Trello adalah pemenangnya. Akan tetapi, jika Anda tidak masalah untuk merogoh saku Anda dan membeli paket berlangganan untuk mengakses fitur yang dapat membantu kompleksitas proyek Anda, Monday.com adalah solusi yang tepat!

Kategori Kemampuan Integrasi dengan Software Monday.com VS Trello

Penting untuk diketahui bahwa tak ada satupun software yang sempurna dan melakukan segalanya. Maka dari itu, kemampuan untuk berintegrasi dengan software lainnya yang populer, seperti software marketing, software akunting dan lain-lain sering menjadi faktor penentu. 

Kami ingin mengingatkan, dalam memilih software, dalam hal integrasi, Anda perlu memeriksa apakah ada kebijakan tertentu yang membatasi fungsi plug-in tertentu. Selain itu Anda harus memastikan apakah third party adds on dapat dibeli satu kali atau harus membayar biaya berlangganan.

Kemampuan Integrasi Trello

Daftar integrasi Trello

Trello memiliki lebih dari 100 integrasi, yang dibagi menjadi lima kelompok:

  • Add-ons: mencakup kemampuan untuk membuat kartu tugas berulang melalui beberapa papan, serta kemampuan untuk membuat dan menampilkan chart dan membuat kartu dari situs web mana pun.
  • Browser Extension: Membuat bagan Gantt (Gantt chart), akses papan Anda melalui pop-up Chrome, atau menampilkan daftar dalam bentuk grid.
  • Connector: Anda dapat menggunakan Zapier, Unito, Zenaton, atau vendor pihak ketiga lainnya untuk menghubungkan Trello ke hampir semua software lainnya.
  • Power-ups: Untuk melampirkan Google Hangout atau aplikasi Slack ke papan, atur kartu dalam tampilan kalender, atau buat integrasi Trello-Jira dua arah atau satu arah.
  • Trello to go: Dalam Confluence, Anda dapat menyematkan kartu tugas Trelloyang interaktif, dan di Bitbucket atau Microsoft Teams, Anda dapat menyematkan papan tugas Trello

Dengan sedikit waktu dan eksperimen, Anda dapat memodifikasi kesederhanaan Trello agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kemampuan Intergasi Monday.com

Monday.com menawarkan jenis integrasi yang sama dengan Trello, tetapi dengan lebih banyak fitur. Integrasi dalam Monday.com dibagi menjadi 4 kategori:

  • Marketing: Anda dapat mengembangkan, mengelola, dan terhubung dengan software marketing seperti MailChimp, Facebook Ads, HubSpot dan masih banyak lagi.
  • Customer Relationship Management dan e-commerce: Anda dapat memantau prospek Anda masuk ke dalam sales funnel lewat software seperti Salesforce, Zendesk, Copper atau terhubung langsung dengan e-commerce platform seperti Shopify, WooCommerce dan lainnya.
  • Software Development: Anda bisa terhubung langsung dengan software development seperti JIRA, GitHub, GitLab, dan PagerDuty. 
  • Project Management: Monday.com juga menawarkan Anda untuk terhubung dengan project management software lainnya seperti Basecamp, Asana, dan juga Trello.

Jika Monday.com tidak memiliki integrasi yang Anda butuhkan, Unito, Zapier, atau layanan serupa lainnya akan mengotomatiskan koneksi ke sebagian besar alat dan aplikasi lainnya.

Pemenang kategori integrasi dengan software populer: Monday.com

Dalam kategori ini, Monday.com sudah dipastikan bisa mengalahkan Trello karena cakupan integrasinya. 

Kesimpulan Akhir: Monday.com Adalah Pemenangnya!

Trello unggul dalam kesederhanaannya dan akan cocok untuk Anda yang tidak begitu membutuhkan banyak fitur yang ditawarkan Monday.com untuk mengerjakan proyek Anda. 

Dilihat secara keseluruhan, Monday.com mengalahkan Trello karena  fiturnya yang canggih, seperti fungsi pelaporan dan analitik, serta layanan pelanggan, harga dan kemampuan integrasi yang sangat penting untuk strategi manajemen proyek yang efektif.

Jika Anda tertarik mencoba Monday.com, Anda bisa langsung mendaftarkan diri membuat akun secara gratis hari ini!

2 tanggapan pada “Monday.com VS Trello : Mana yang Paling Bagus?”

  1. ulasan yang cukup lengkap membahas aspek2 yg sering ditanyakan dalam memilih aplikasi ….
    walaupun hasil akhir pemenangnya monday.com u pemula saya pilih pakai trello yg gratis, fiturnya cukup as start dan memenuhi kebutuhan, teruatama dari segi kemudahan pakai …. buang2 uang dan waktu milih aplikasi yg sulit pakainya ….
    klo sdh jago dan projek sdh banyak bisa liat alternative trello …
    terima kasih … ditunggu ulasan2 lainnya …

    1. Hi Tine,

      Terima kasih telah berkomentar.
      Saya setuju dengan pendapat kamu. Untuk pemula dan pertama kali menggunakan project management, tentu akan lebih bijaksana memilih Trello karena memang softwarenya sangat sederhana dan juga gratis. Akan tetapi, beberapa perusahaan besar yang memiliki staf dan departemen berbeda, vendor ataupun klien yang jumlahnya tidak sedikit (di tambah banyaknya task/ tugas kerja), software project management sangat dibutuhkan untuk otomasi tiap task dan kolaborasi, serta integrasi dengan beberapa software marketing dan accounting. Again, jika kebutuhannya untuk mengorganisir tugas dan project, lebih baik gunakan yang sederhana saja.

      Have a good day!

      Yoan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *