Last Updated on Agustus 21, 2023 by Monika Tanaya
Bicara tentang optimasi website, sebagian besar marketer hanya fokus pada teknik SEO atau search engine optimization saja. Padahal masih ada teknik optimasi website lain yang layak untuk dicoba. Dan SEM adalah salah satunya.
SEO memang cukup layak digunakan. Sayangnya, teknik optimasi organik ini masih memiliki banyak kelemahan. Salah satunya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama agar website bisa masuk pada page one google. Kelemahan SEO inilah yang disempurnakan oleh SEM.
SEM singkatan dari search engine marketing. Lalu apa itu SEM? Apa manfaatnya? Bagaimana cara kerjanya? Akan kita bahas satu per satu di sini.
Pengertian Search Engine Marketing (SEM)
Yang dimaksud dengan search engine marketing atau SEM adalah cara optimasi website dengan menggunakan iklan berbayar. Jika SEO menggunakan optimasi gratis, SEM harus berbayar. Dan cara yang paling sering digunakan adalah menggunakan iklan pay per click (PPC).
Cara kerja SEM sangat sederhana. Yaitu kampanye iklan dengan menggunakan keyword sesuai niche website atau produk bisnis. Keyword inilah yang nantinya akan menggiring bot search engine untuk menemukan website ketika ada yang mengetikkan keyword di mesin pencarian.
Manfaat Search Engine Marketing (SEM)
Teknik optimasi website dengan iklan berbayar ini tidak akan digunakan marketer jika tidak ada kelebihannya. Berikut beberapa kelebihan dan manfaat SEM :
1. Hanya Membayar Jika Mendapat Klik
Bisa dikatakan bahwa SEM adalah iklan yang cukup irit. Karena menggunakan sistem PPC atau pay paer click. Itu artinya anda hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan tersebut. Jika tidak ada yang membuka, maka sudah pasti tidak perlu membayar. Bagaimana? Cukup ekonomis, bukan?
2. Menjangkau Pelanggan Lokal Lebih Maksimal
Sama seperti fitur Google Bisnisku, SEM bisa menjangkau pelanggan lokal lebih maksimal. Dengan memanfaatkan kekuatan kata kunci. Ini sangat efektif diterapkan jika anda memiliki toko fisik. Memudahkan audiens untuk menemukan letak toko fisik.
Anda bisa menggunakan perpaduan SEM dengan Google Bisnisku. Untuk meningkatkan brand awareness dan koversi penjualan. Cara ini tidak hanya akan meningkatkan traffic pada website saja. Juga pada toko fisik yang anda miliki.
3. Biaya Menyesuaikan
Tidak seperti jenis iklan lain yang membutuhkan dana iklan cukup besar. Biaya iklan SEM bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang anda miliki. Mesti tidak bisa dipungkiri bahwa semakin besar budget iklan, maka tingkat konversi juga akan semakin tinggi.
4. Meningkatkan Brand Awareness
Apa itu brand awareness? Yaitu kesadaran audiens terhadap brand yang anda miliki. Tidak tanggung-tanggung. Peningkatan brand awareness menggunakan SEM bisa 80,02% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan SEO.
Semakin tinggi brand awareness yang didapat, maka semakin tinggi pula tingkat konversinya. Ini dikarenakan meski tidak ada yang membuka website, iklan itu masih saja tampil pada mesin pencarian.
5. Meningkatkan Konversi
Apakah SEM mampu meningkatkan konversi? Jelas bisa. Ini disebabkan oleh penggunaan kata kunci yang sesuai dengan niatan audiens untuk mencari produk atau layanan sejenis.
Ketika pelanggan mengetikkan kata kunci sebuah produk, biasanya mereka memang mencari barang tersebut. Dengan iklan SEM, website anda bisa langsung menangkap moment karena berada di halaman pertama mesin pencarian. Saat inilah konversi bisa meningkat dengan cepat.
Kekurangan Search Engine Marketing (SEM)
Meski memiliki banyak kelebihan, tapi ternyata SEM juga memiliki banyak kekurangan. Berikut beberapa kekurangan SEM yang bisa anda jadikan pertimbangan :
1. Sangat Kompetitif
Dalam bisnis apapun, kompetitor tetaplah ada. Meski anda telah menggunakan iklan digital berbayar di mesin pencarian. Persaingan itu akan lebih ketat manakala kompetitor Anda juga menggunakan cara iklan yang sama.
Tapi tidak perlu khawatir. Anda bisa meningkatkan budget iklan untuk bisa mendapatkan posisi strategis di mesin pencarian. Biasanya sebelum iklan dipasang, pihak Google akan membuka lelang. Siapa yang berani dengan harga tinggi, maka iklan bisa masuk pada urutan pertama mesin pencarian.
2. Berbayar
Meski membuka peluang konversi lebih tinggi, namun SEM masih membutuhkan biaya untuk beriklan. Berbeda dengan SEO yang bisa dilakukan tanpa biaya.
Masalah cost inilah yang menjadi kendala beberapa marketer. Terutama pebisnis kelas UMKM yang memiliki modal kecil. Biasanya mereka lebih memilih iklan di sosial media organik. Atau menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic dan ranking website di mesin pencarian.
3. Memerlukan Kata Kunci yang Tepat
Selain berbayar, SEM juga masih memerlukan kata kunci yang tepat. Perlu diketahui bahwa mencari kata kunci yang sesuai dengan niche blog, bervolume tinggi dan minim kompetitor dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.
Tak hanya itu saja. Untuk bisa mendapat kata kunci yang sesuai juga diperlukan tool pencarian kata kunci berbayar. Memang ada tool pencarian kata kunci gratisan dari google. Tapi hasil dan kualitasnya masih di bawah tool berbayar.
4. Tidak Banyak Konten Visual
SEM adalah iklan yang hanya menampilkan judul website pada mesin pencarian. Kekuatannya hanya sebatas kalimat dalam paragraf saja. Bukan konten visual seperti gambar ataupun video.
Ini juga yang menjadi kelemahan SEM. Padahal bagi sebagian orang, konten visual lebih menarik dibandingkan dengan konten literasi.
Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)
Cara kerja SEM tidaklah rumit. Jika tertarik, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :
- Lakukan registrasi terlebih dahulu pada Google Ads. Setelah itu, tentukan apa saja yang akan menjadi komponen kampanye iklan anda. Seperti kata kunci, lokasi target market, budget yang disediakan, dan lain sebagainya.
- Jika banyak marketer yang memasukkan kata kunci yang sama, pihak Google akan melakukan pelelangan posisi. Siapa yang berani membayar paling tinggi, dialah yang berhak mendapat posisi strategis iklan. Jadi pastikan budget yang besar jika ingin mendapat posisi strategis.
Tapi bagaimana jika dana iklan terbatas? Berbesar hatilah jika memang kalah dalam lelang. Tidak masalah jika tidak bisa masuk pada halaman pertama mesin pencarian. Karena meskipun keandaannya demikian, iklan anda tetap mendapat kesempatan yang sama untuk diklik oleh visitors.
- Setelah mendapatkan pemenang lelang, google akan mengumumkannya pada hasil pencarian. Apapun hasilnya, anda harus menerima.
- Iklan akan langsung dipasang pada halaman mesin pencarian. Dan anda akan mendapat laporan secara berkala terkait performa iklan. Berapa orang yang membukanya, siapa saja mereka, jenis kelamin, lokasi, usia dan lain sebagainya. Invoice yang datang hanya sebatas jumlah klik yang anda dapatkan.
Itulah pemaparan singkat terkait search engine marketing atau SEM. Sekalipun memang sangat efektif, tapi pastikan anda menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan anda menemukan kata kunci yang tepat. Karena pada kata kunci inilah website anda bisa ditemukan oleh audiens.Perlu diketahui bahwa SEM adalah optimasi dengan hasil instan. Apakah bisa bertahan di page one atau tidak tergantung dari cost yang anda miliki. Jadi pastikan cash flow dalam keadaan baik agar bisa terus membayar biaya iklan.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!