Last Updated on November 15, 2023 by Monika Tanaya
Aplikasi AI chat atau chatbot AI telah menjadi bagian dari perkembangan bisnis digital dalam waktu yang cukup panjang. Esksitensi AI chat menjadi salah satu solusi logis dari kebutuhan layanan pelanggan yang masif namun efektif dan efisien.
Dengan perkembangan bisnis digital, sebuah layanan ecommerce dapat berhadapan dengan ribuan pelanggan setiap jam. AI chat menjadi solusi yang masuk akal untuk menangani kebutuhan tersebut, setidaknya dalam fase awal komunikasi.
Apa itu AI Chat?
AI chat adalah layanan asisten virtual berbasis AI (Artificial Intelligence) yang selalu siap membantu pengguna menjawab pertanyaan, menyelesaikan tugas, atau bahkan mengobrol tentang topik tertentu. Tak jarang AI chat ini disebut juga dengan chatbot AI.
Sesuai dengan namanya, chatbot didesain untuk berkomunikasi melalui aplikasi perpesanan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, atau Telegram. Layanan AI chat juga bisa disematkan di web penjualan sebagai asisten virtual bagi calon pembeli yang berkunjung. Kehadiran AI chat atau chatbot AI ini dikemudian hari dapat diprediksi akan menjadi fitur wajib yang ditawarkan oleh semua software live chat.
Alasan Website Menggunakan AI Chat
Pemanfaatan AI chat menjadi semakin populer dengan beberapa pertimbangan di sisi bisnis dan kepuasan pelanggan. Hal tersebut utamanya berkembang pada kemampuan chatbot untuk mengakomodir banyak pelanggan sekaligus.
Faktanya ketersediaan dan inisiatif informasi yang dimiliki AI chat membantu meningkatkan potensi bisnis. Berikut ulasan tentang beberapa website menggunakan chatbot.
1. Membantu Visitor Secara Real-time
Jika Anda menggunakan software live chat dengan fitur AI chatbot, biasanya AI chat dapat memberikan respon secara instan tanpa jeda operasional seperti istirahat makan siang. Seluruh pelanggan yang menghubungi dapat langsung menerima respon.
Selain itu, AI chat juga tidak terlalu membutuhkan sistem antrian. Pada kondisi umum, AI chat dapat menyediakan informasi pada banyak pelanggan secara bersamaan.
2. Berinteraksi dan Menawarkan Bantuan Proaktif
Aplikasi AI chat dapat mendeteksi kunjungan pelanggan baru di dalam fiturnya. Kemampuan tersebut akan terhubung dengan inisiatif pesan otomatis.
Dengan begitu, setiap pelanggan akan mendapat atensi yang baik tanpa prosedur yang rumit. Proses tersebut membantu meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
3. Membantu Lebih Banyak Pelanggan dengan Cepat dan Otomatis
AI chat memungkinkan layanan bisnis memfasilitasi calon pelanggan untuk berbagai kebutuhan dengan cepat dan otomatis. Dalam waktu yang sama, AI chat dapat menangani lebih banyak potensi pelanggan.
Kemampuan tersebut menjadi salah satu daya tarik utama layanan chatbot. Dengan pemanfaatan yang sesuai, AI chat dapat menjadi alat pengembangan bisnis yang sangat strategis.
Baca Juga: Mengenal Pengaruh Follow-Up Terhadap Aktivitas Marketing Beserta Tipsnya
Cara Kerja AI Chat: NLP & Machine Learning
AI chat umumnya dibangun menggunakan machine learning dan neuro-linguistic programming (NLP). Kedua teknologi tersebut memungkinkannya program belajar dari pengalaman.
Pengembangannya menempatkan AI chat beradaptasi sesuai informasi yang diterima dari rutinitas pemakaian. Semakin banyak berinteraksi dengan AI chat, aplikasi tersebut akan membantu peningkatan kualitas akurasi informasi dan respon yang diberikan.
Sebuah AI chat akan memeriksa basis data saat pengguna memberikan pesan untuk mencari jawaban terbaik. NLP menjadi modul yang memberikan respon yang sesuai bahasa manusia.
Baca Juga:
- Apa itu Chat GPT-3 dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
- Aplikasi Open-Source Alternatif dari Chat GPT-3 yang Wajib Anda Kenal!
33 Daftar Layanan AI Chat Terbaik
Dalam perkembangan, setidaknya terdapat 33 brand AI chat yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Setiap layanan menawarkan spesifikasi dan biaya langganan berbeda.
Beberapa layanan juga menawarkan opsi uji coba untuk membentuk ekspektasi pengguna. Adapun ulasan singkat beberapa AI chat tersebut adalah sebagai berikut.
1. Conversational AI | Drift
Drift AI menawarkan AI chat untuk kebutuhan bisnis termasuk pemasaran, penjualan, transaksi, dan berbagai tingkatan audiens yang berbeda. Layanan ini diklaim berhasil mendorong produktivitas mencapai 25% penggunanya.
Harga: Drift AI menawarkan layanan chatbot mulai dari USD2500 per bulan.
Kelebihan:
- Dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan bisnis;
- Fitur menyeluruh termasuk untuk Meeting dengan pelanggan.
2. Acquire
Acquire merupakan penyedia layanan AI chat dengan fitur menyeluruh untuk pengelolaan pelanggan. Layanan ini juga dilengkapi dashboard yang detail dan informatif untuk meningkatkan performa penjualan.
Harga: Acquire menawarkan chatbot dengan berbagai fiturnya mulai dari USD 2000 per bulan.
Kelebihan:
- Dapat dipersonalisasi dengan divisi dan departemen yang berbeda;
- Mendukung opsi video dan task management.
3. Intercom
Intercom menawarkan layanan AI chat yang dapat dipersonalisasi dan secara khusus menargetkan bisnis skala kecil dan menengah. Layanan Intercom membagi fungsi produknya ke dalam pembiayaan ringan dan dapat digunakan sesuai jenis bisnis.
Harga: Layanan Intercom dapat digunakan mulai dari USD 74 per bulan pada modul dasarnya. Terdapat beberapa fitur yang dapat menjadi pelengkap fungsi dengan biaya terpisah.
Kelebihan:
- Dapat dipersonalisasi tanpa proses pemrograman;
- Terintegrasi dengan berbagai layanan kerja lain seperti Slack dan WhatsApp.
4. Thankful AI
Thankful AI merupakan opsi interactive AI Chat yang dikembangkan dengan teknologi GPT dari OpenAI. Tidak sebatas chatbot, layanan ini juga merupakan program NLP dan kecerdasan buatan sekaligus.
Thankful AI menawarkan modul interactive AI chat yang humanis. Layanan ini membentuk komunikasi yang tidak terkurung alur pemrograman konvensional.
Harga: Thankful AI menawarkan layanan mulai dari USD15.000 per bulan dengan opsi uji coba gratis selama satu bulan penuh.
Kelebihan:
- Komunikasi natural dan sesuai dengan konteks pelanggan;
- Dapat terintegrasi dan dipersonalisasi tanpa proses pemrograman lanjutan.
5. Certainly
Certainly menawarkan chatbot yang sudah terintegrasi penuh dengan kecerdasan buatan. Layanan ini menghasilkan komunikasi yang natural dan terus berkembang tingkat akurasi responnya.
Harga:
Certainly tidak memberi harga langganan publik. Namun pengguna dapat menerima penawaran dengan melakukan uji coba terlebih dulu selama 14 hari.
Kelebihan:
- Dioptimasi untuk layanan ecommerce;
- Dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan populer seperti Zendesk.
6. ManyChat
ManyChat merupakan alternatif AI chat yang ideal diadopsi oleh bisnis skala kecil dan menengah. Biaya layanan dan fitur integrasinya cocok untuk berhubungan dengan pelanggan di kategori tersebut.
Harga:
ManyChat dapat digunakan secara gratis untuk menangani 1.000 pesan setiap bulannya. Terdapat paket tingkat lanjut dengan biaya mulai dari USD15 per bulan.
Kelebihan:
- Tersedia layanan gratis dan biaya profesional terjangkau;
- Terintegrasi dengan layanan populer seperti Facebook dan Instagram.
7. Zowie
Zowie merupakan layanan AI chat yang menawarkan efisiensi pada proses pengulangan dan membangun sistem otomasi. Layanan ini juga dapat diintegrasi dengan modul lain sesuai kebutuhan.
Harga:
Zowie menawarkan layanan gratis pada fungsi chatbot dasarnya. Sementara fitur lanjutan tersedia dalam penawaran khusus di halaman resmi Zowie.
Kelebihan:
- Layanan gratis dan mudah digunakan;
- Tersedia modul pendukung penjualan yang sangat lengkap.
8. Tidio
Tidio hadir sebagai brand AI chat yang sudah sangat populer. Hal tersebut terbukti dengan integrasi layanannya yang termasuk pada jajaran terlengkap.
Harga:
Tidio dapat digunakan secara gratis pada layanan dasarnya. Sementara fitur menyeluruh dapat digunakan mulai dari USD19 per bulan.
Kelebihan:
- Layanan populer dengan integrasi yang sangat lengkap;
- Layanan menyeluruh dengan dashboard dan analitik.
9. Freshwork
Freshwork menjadi salah satu layanan AI chat yang dapat dikelola tanpa kemampuan pemrograman. Layanan Freshwork juga didukung NLP untuk komunikasi yang natural.
Harga:
Freshwork dapat digunakan secara gratis pada fitur dasar. Tersedia juga paket Growth untuk layanan profesional sebagai opsi paling ringan mulai dari USD15 per bulan.
Kelebihan:
- Performa ringan dengan dashboard pengelolaan yang mudah;
- Model otomasi yang dapat diatur tanpa pemrograman.
10. Solvvy
Solvvy merupakan layanan AI chat yang dikembangkan oleh ZOOM. Layanan ini menawarkan asisten virtual yang ringan, responsif, dan terintegrasi penuh.
Harga:
Layanan Solvvy berada dalam pengembangan ZOOM dan dapat digunakan dengan mengajukan permintaan di halaman resminya.
11. Infobip
Infobip menyajikan layanan AI chat dengan kemungkinan personalisasi untuk kebutuhan yang sangat luas. Layanan Infobip dilengkapi API yang memudahkan integrasi dengan modul populer seperti Facebook dan Instagram.
Harga:
Informasi harga Infobip dapat diterima dengan mengajukan permintaan demo di halaman resminya.
Kelebihan:
- Dokumentasi API dan integrasi yang sangat efisien;
- Tersedia variasi produk berbeda untuk layanan pelanggan yang spesifik.
12. Salesforce Einstein
Salesforce Einstein merupakan salah satu produk turunan dari brand utama Salesforce. Layanan AI chat tersebut melengkapi otomasi yang terdapat di platform utamanya.
Harga:
Biaya penggunaan Salesforce Einstein dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan. Informasinya bisa didapat melalui permohonan demo di halaman resmi Salesforce.
Kelebihan:
- Integrasi menyeluruh dengan layanan utama Salesforce;
- Dilengkapi dengan optimasi dan analitik dashboard fungsional.
13. MobileMonkey
Mobile Monkey menawarkan layanan pengelolaan pelanggan yang menyeluruh. Berbeda dengan brand lainnya, Mobile Monkey juga mencakup fitur SEO dan konten.
Harga:
Layanan Mobile Monkey untuk kebutuhan pemasaran dan pelanggan dibanderol mulai dari USD119 per bulan.
Kelebihan:
- Mencakup optimasi SEO dan traffic pengguna secara menyeluruh;
- Tersedia layanan pendukung untuk optimasi performa media sosial.
14. Netomi
Netomi hadir sebagai salah satu brand chatbot pertama di dunia. Layanan ini juga telah terintegrasi dengan kecerdasan buatan yang menjadikannya sebagai interactive AI chat. Netomi menghasilkan komunikasi yang natural dan humanis.
Harga:
Netomi menetapkan harga berbeda untuk setiap kebutuhan pengguna. Anda dapat menerima penawaran khusus dengan menghubungi tim resmi di halaman Netomi.
Kelebihan:
- Dioptimasi dengan lebih dari 100 bahasa di dunia;
- Menerapkan kecerdasan buatan untuk interaksi yang natural.
15. Chatfuel
Chatfuel menawarkan layanan AI chat yang dioptimasi secara khusus untuk kategori bisnis berbeda. Terdapat modul yang dikembangkan secara khusus untuk layanan pendidikan, travel, hotel, properti, dan lainnya.
Harga:
Chatfuel menawarkan layanannya mulai dari USD12 per bulan. Layanan ini juga menyediakan opsi uji coba gratis hanya dalam beberapa menit pengisian form.
Kelebihan:
- Terhubung langsung dengan media sosial populer;
- Dioptimasi khusus untuk berbagai kategori bisnis berbeda.
16. Meya.ai
Meya AI merupakan layanan AI chat yang dapat dimodifikasi untuk berbagai kebutuhan spesifik. Layanan Meya AI berkembang dengan seluruh dokumentasi yang memungkinkan pemanfaatan lanjutan dan integrasi dengan modul populer.
Harga:
Meya AI menawarkan layanannya mulai dari USD99 per bulan.
Kelebihan:
- Berkembang dengan dokumentasi yang luas dan lengkap;
- Memiliki potensi implementasi dan integrasi yang optimal untuk berbagai bisnis.
17. SnapEngage
Snap Engage menawarkan layanan chatbot yang dapat diintegrasikan dengan platform lain. Layanan Snap Engage mengklaim proses otomasinya dapat memaksimalkan perkembangan transaksi hingga 80% per kuarter.
Harga:
Layanan Snap Engage menawarkan model biaya layanan yang dikostumisasi sesuai kriteria pengguna. Pemilik bisnis dapat menerima penawaran dan melakukan uji coba melalui form di halaman resmi Snap Engage.
Kelebihan:
- Dukungan integrasi dengan layanan populer;
- Layanan pendukung otomasi menyeluruh untuk bisnis.
18. Virtual Agent – IBM Watson Assistant
IBM Watson Assistant merupakan opsi layanan AI chat dengan fleksibilitas terbaik untuk berbagai kebutuhan. Layanan ini dapat dikatakan sebagai “best AI chatbot” dengan potensi modifikasi fungsi besar-besaran.
Brand IBM Watson Assistant mengoptimalkan kategori layanan rekrutmen, layanan pelanggan, dan pemasaran umum. Produk IBM Watson Assistant menawarkan layanan cepat, efisien, dan akurat sebagai nilai utamanya.
Harga:
IBM Watson Assistant dapat digunakan secara gratis tanpa persyaratan khusus. Terdapat juga opsi langganan berbayar mulai dari USD140 per bulan.
Kelebihan:
- Opsi kostumisasi fungsi aplikasi secara besar-besaran;
- Potensi penggunaan gratis tanpa syarat khusus.
19. Boost.ai
Boost AI hadir sebagai layanan chatbot dengan solusi otomasi komunikasi pelanggan. Layanan Boost AI juga berkembang dengan penyesuaian khusus di berbagai bidang seperti ecommerce dan perbankan.
Harga:
Boost AI menawarkan sistem harga yang disesuaikan dengan rencana penggunaan konsumen. Form permintaan harga dapat diisi di halaman resmi Boost AI.
Kelebihan:
- Memiliki modul pendukung pemasaran lengkap;
- Produk chatbot teruji dengan reputasi panjang yang positif.
20. Haptik
Haptik eksis sebagai brand AI chat yang cukup dekat dengan berbagai layanan digital di Asia Tenggara. Layanan Haptik juga menawarkan integrasi di platform populer seperti WhatsApp dan Facebook yang sangat potensial untuk bisnis.
Harga:
Haptik menawarkan biaya layanan berbeda untuk setiap kebutuhan. Informasi lengkap dan opsi uji coba dapat diajukan melalui form di halaman resmi.
Kelebihan:
- Integrasi singkat dan mudah dengan berbagai layanan populer;
- Berada dalam proses adopsi teknologi ChatGPT.
Kekurangan:
21. Bold360
Bold360 merupakan layanan chatbot yang dioptimalkan untuk pemanfaatan dan pengembangan teknologi lanjutan. Layanan ini mendukung berbagai modul dan dokumentasi yang dibutuhkan oleh sebuah tim engineer.
Harga:
Bold360 dapat digunakan mulai dari EUR40 per bulan. Terdapat juga opsi uji coba yang bisa didapatkan melalui halaman resmi Bold 360.
Kelebihan:
- Fleksibilitas pengembangan lanjutan yang cocok untuk perusahaan teknologi;
- Biaya terjangkau dengan modul dokumentasi yang sangat baik.
22. Zendesk Chatbot
Zendesk Chatbot merupakan layanan pendukung dari keseluruhan platform Zendesk sebagai pengelola hubungan pelanggan. Layanan Zendesk Chatbot dapat dikostumisasi menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan platform utamanya.
Harga:
Layanan Zendesk Chatbot dapat digunakan mulai dari USD20 per bulan untuk sebuah chatbot. Terdapat opsi uji coba
Kelebihan:
- Memiliki layanan terintegrasi penuh dengan platform Zendesk;
- Dashboard dan pengelolaan pelanggan sangat mudah digunakan.
23. ProProfs Chat
Pro Profs Chat merupakan salah satu brand AI chat terbaik dengan infrastruktur pengembangan paling mutakhir. Meski begitu, Pro Profs Chat juga menawarkan harga yang terjangkau untuk berbagai bisnis.
Harga:
Layanan Pro Profs Chat dapat digunakan mulai dari USD20 per bulan untuk satu operator. Terdapat opsi uji coba gratis selama 15 hari yang juga dapat digunakan.
Kelebihan:
- Interaksi ringan dan natural pada operasional yang cepat;
- Dapat diatur untuk berbagai fungsi departemen.
24. Inbenta
Inbenta menawarkan produk chatbot dengan fitur yang unik. Di dalamnya terdapat modul komunikasi, informasi produk dan layanan, mesin pencari, dan perpesanan bebas.
Harga:
Inbenta menetapkan sistem biaya yang dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Terdapat opsi uji coba yang dapat dipilih di halaman resmi Inbenta.
Kelebihan:
- Layanan menyeluruh untuk interaksi pelanggan di web penjualan;
- Terdapat dukungan SEO dan pembelajaran mandiri yang berjalan terus-menerus.
25. Ada Support
Ada Support dapat dikategorikan sebagai interactive AI chat dengan spesifikasi customer experience yang sangat intuitif. Tidak hanya modul umum, Ada Support juga berinteraksi dengan menawarkan otomasi dan personalisasi yang sangat canggih.
Harga:
Ada Support menetapkan biaya yang dipersonalisasi. Informasi detail biaya dapat diajukan melalui halaman resmi Ada Support. Tersedia juga opsi uji coba gratis untuk 14 hari pemakaian.
Kelebihan:
- Mampu mengembangkan komunikasi yang sangat interaktif;
- Performa stabil, cepat, dan akurat dengan NLP yang teroptimasi.
26. Rul.ai
Rul AI merupakan platform pengembangan AI chat untuk kebutuhan komunikasi pelanggan yang intens. Layanan Rul AI cocok digunakan untuk bisnis omni-channel.
Harga:
Rul AI menggunakan sistem biaya yang dipersonalisasi yang dapat diajukan melalui halaman resmi Ada Support.
Kelebihan:
- Dapat diatur dan dipersonalisasi dengan pengetahuan pemrograman dasar;
- Teroptimasi untuk bisnis yang padat, cepat, dan sibuk.
27. LivePerson
Live Person menjadi layanan chatbot dengan fungsi yang menyeluruh. Chatbot yang dikembangkan brand Live Person juga dilengkapi dengan dashboard dan analitik yang detail untuk kebutuhan perencanaan otomasi.
Harga:
Live Person memberikan skema biaya yang dipersonalisasi secara khusus untuk setiap pengguna. Informasi detail dapat diajukan melalui halaman resmi Ada Live Person.
Kelebihan:
- Respon chatbot natural dan terus berkembang secara otomatis;
- Dukungan analitik untuk perencanaan komunikasi pelanggan jangka panjang.
28. Ultimate.ai
Ultimate AI mengembangkan berbagai solusi AI chat yang disesuaikan fungsinya untuk berbagai jenis bisnis. Layanan Ultimate AI berkembang dengan pendekatan yang berbeda untuk setiap kategori produk.
Harga:
Ultimate AI tidak memiliki paket siap guna, bisnis yang hendak mengadopsi Ultimate AI dapat mengisi form di halaman resmi untuk mendapat detail biaya dan spesifikasi teknis.
Kelebihan:
- AI chat for website: dioptimalkan untuk berintegrasi dengan layanan web;
- Tersedia proses perancangan yang mungkin berjalan tanpa kemampuan pemrograman.
29. ChatBot
ChatBot menawarkan layanan menyeluruh dalam kebutuhan otomasi komunikasi dengan pelanggan. Layanannya termasuk analisa, chatbot, hingga integrasi dengan fasilitas seperti Facebook dan WordPress.
Harga:
Layanan ChatBot mematok harga mulai dari USD52 per bulan.
Kelebihan:
- Integrasi menyeluruh dengan berbagai layanan populer;
- Terdapat modul panduan yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan fungsi layanan pelanggan.
30. DeepConverse
Deep Converse merupakan AI chat yang dilengkapi dengan fitur ChatGPT untuk menghasilkan komunikasi yang natural dan sesuai konteks. Layanan ini juga terintegrasi dengan fitur lain seperti Zendesk dan Salesforce.
Harga:
Layanan Deep Converse menawarkan biaya langganan yang dapat dikostumisasi sesuai spesifikasi pengguna. Tersedia juga opsi uji coba selama 14 hari tanpa syarat.
Kelebihan:
- Memiliki integrasi resmi dan optimal dengan layanan Zendesk;
- Mengadopsi layanan ChatGPT untuk komunikasi natural.
31. Quriobot
Quriobot merupakan layanan chatbot yang dapat digunakan secara gratis tanpa syarat untuk berbagai bisnis.
Harga:
Quriobot dapat digunakan secara gratis untuk menangani hingga 500 pesan per bulan. Terdapat paket profesional yang dibanderol mulai dari EUR13 per bulan.
Kelebihan:
- Tersedia opsi layanan gratis tanpa batasan waktu;
- Layanan menyeluruh termasuk analisa dan dashboard pelanggan.
32. Appy Pie
Appy Pie menawarkan model AI chat yang berkembang dengan fitur ChatGPT. Layanan ini dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan tanpa harus memiliki skill pemrograman.
Harga:
Layanan Appy Pie menawarkan biaya yang sangat ringan mulai dari USD8 per bulan.
Kelebihan:
- Biaya sangat terjangkau untuk bisnis pemula;
- Terintegrasi dengan layanan ChatGPT.
33. HubSpot
Hubspot merupakan layanan menyeluruh yang memfasilitasi otomasi, manajemen pelanggan, CMS, dan chatbot. Layanan ini menjadi solusi instan untuk bisnis dengan orientasi optimasi.
Harga:
Hubspot menawarkan layanan chatbot builder secara gratis dalam modul yang dibanderol mulai dari USD50 per bulan. Terdapat opsi uji coba penggunaan selama 14 hari yang juga dapat dipilih pengguna.
Kelebihan:
- Layanan gratis dalam paket pilihan;
- Dapat dipersonalisasi tanpa kemampuan pemrograman.
Penutup
Demikian ulasan menyeluruh tentang chatbot dan aspek-aspek yang terdapat dalam pemanfaatannya. Berbagai layanan chat bot hadir sebagai solusi bisnis ideal, efisien, dan terjangkau untuk berbagai kategori pengguna.
Pemanfaatan chat bot dalam bisnis dapat mempertimbangkan kategori, kompleksitas layanan, sekaligus rencana pengembangan jangka panjang. Beberapa layanan chat bot bahkan menawarkan opsi uji coba sebagai modul penyesuaian pada spesifikasi teknisnya.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!
Penulis : Iqbal Maulana Prihardianto