23 Software Live Chat Terbaik untuk Website Anda

live chat website

Last Updated on September 6, 2023 by Monika Tanaya

Jika tim sales dan tim support Anda saat ini berkomunikasi dengan pelanggan melalui telepon dan email, ada banyak alasan untuk beralih ke saluran chat dengan bantuan software live chat. Mengapa demikian? Karena memiliki saluran chat untuk berkomunikasi langsung akan membuat staf Anda lebih produktif dan pada saat yang sama membantu tim Anda menghasilkan lebih banyak prospek lagi. Jika saluran komunikasi hanya berupa telepon, makan satu agen layanan pelanggan (customer service) hanya dapat berbicara di telepon dengan satu orang pada satu waktu. Tetapi dengan menggunakan software live chat, agen yang sama ini dapat mengelola beberapa obrolan online secara bersamaan. Dan beberapa platform chat online memiliki paket gratis yang dapat Anda coba. Jadi, kali ini saya akan mengulas beberapa software chat online terbaik untuk membantu Anda berkomunikasi dengan prospek Anda secara real time.

1. LiveChat

LiveChat - Website live chat

LiveChat adalah pemimpin dalam industri software live chat online. Sangat mudah untuk mengatur dan menginstal LiveChat dalam website Anda berkat plugin LiveChat gratis. LiveChat juga menawarkan aplikasi dukungan chat online yang dirancang dengan sangat baik yang dapat Anda dan agen Anda gunakan di laptop, tablet, dan perangkat mobile atau smartphone Anda. Ini berarti Anda dapat mengobrol dengan pelanggan Anda saat bepergian, tanpa harus masuk ke dasbor WordPress Anda. Anda dapat menambahkan formulir survei sebelum dan sesudah sesi obrolan online, untuk menilai kinerja tim support dan customer service Anda. Di luar jam kerja, user Anda juga dapat mengirimkan support tiket langsung dari chat langsung. LiveChat adalah software layanan pelanggan lengkap yang benar-benar melayani pelanggan dan prospek Anda serta mendorong penjualan juga meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai dari $20 perbulan

Kelebihan:

  • Mendukung pelanggan secara langsung dan instan
  • Responsif dan real-time
  • Memberikan analisis dan memantai percakapan
  • Dapat diintegrasikan dengan platform lain
  • Membantu meningkatkan reputasi perusahaan

Kekurangan:

  • Terbatas dalam menyelesaikan masalah kompleks
  • Memiliki resiko dalam merespon pelanggan
  • Bergantung pada koneksi internet

2. Drift

Drift - Website live chat

Drift adalah platform chat yang difokuskan untuk pemasaran. Anda menggunakan Drift untuk memberikan pengalaman pembelian modern bagi prospek mereka, menghasilkan lead yang lebih berkualitas, dan secara dramatis mempercepat siklus penjualan. Tidak seperti software pemasaran dan penjualan tradisional yang mengandalkan formulir di landing page, cold calling, dan email follow up, Drift menghubungkan bisnis dengan pengunjung situs web secara real-time menggunakan bot dan kecerdasan buatan (artificial inteligent). Drift memungkinkan tim Anda untuk mengelola pertanyaan pelanggan secara real time untuk memberikan pengguna situs web dengan jawaban cepat (FAQ) tentang pertanyaan terkait produk. Drift mengurangi waktu follow up prospek, yang mempercepat siklus penjualan dan juga digunakan untuk membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan saat menggunakan situs website.

Harga: Berbayar mulai dari $2.500 perbulan hingga Anda dapat mengkostumkan kebutuhan Anda.

Kelebihan:

  • Real-time chat
  • Dapat mengumpulkan data pelanggan
  • Memiliki fitur automasi untuk menjawab pertanyaan umum
  • Dapat diintegrasikan dengan CRM
  • Dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan

Kekurangan:

  • Versi gratis memiliki fungsi yang terbatas
  • Memerlukan pelatihan dan pemeliharaan sistem
  • Bergantung pada koneksi internet

3. Olark

Olark - Website live chat

Olark adalah solusi live chat populer untuk bisnis online. Mudah digunakan, dan menambahkan Olark ke situs WordPress Anda itu caranya sungguh mudah. Olark menawarkan integrasi dengan layanan lain seperti Salesforce, Zendesk, Highrise, dll. Ada juga aplikasi mobile yang memungkinkan Anda terhubung ke chat Olark dari hampir semua perangkat iOS atau Android, sehingga Anda dapat mengobrol dengan pelanggan saat berpergian. Live chat dari Olark memudahkan Anda mengumpulkanfeedback dari pelanggan dan menjawab pertanyaan secara langsung (real-time). Olark juga memiliki CRM bawaan, jadi semua catatan dan transkrip chat Anda dapat diakses kapanpun Anda mau. Nah, fitur ini tentu saja memudahkan Anda untuk menarik data kualitatif dan insights dari pelanggan untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai $29 perbulan

Kelebihan:

  • Dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan
  • Memberikan dukungan pelanggan yang lebih cepat dan efektif
  • Dapat menganalisis data pelanggan
  • User-friendly

Kekurangan:

  • Memerlukan biaya tambahan untuk fitur yang lebih kompleks
  • Bergantung pada koneksi internet
  • Tidak disarankan untuk penggunaan skala bisnis besar

4. HubSpot Live Chat

Hubspot - Website live chat

Apakah Anda menggunakan HubSpot CRM? Jika demikian, Anda tentu sudah menikmati fitur live chat gratis mereka. HubSpot Live Chat adalah tool gratis, yang merupakan bagian dari CRM HubSpot (free forever). Software ini menyediakan semua fitur yang Anda inginkan dari solusi live chat. Bagian terbaik Hubspot Live Chat adalah integrasi langsung menuju HubSpot CRM. Tentu saja solusi ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda menginginkan CRM yang gratis dan mudah digunakan. HubSpot Live Chat sangat ideal jika Anda sedang menggunakan atau berencana menggunakan produk HubSpot lainnya.

Harga: Tersedia pengunaan gratis dan berbayar mulai dari $18 perbulan

Kelebihan:

  • Memiliki integrasi yang kuat, sehingga dapat mengelola data pengguna dan melacak percakapan dalam satu platform
  • Dapat melacak informasi pengunjung dan membuat pesan secara personal
  • Aplikasi ini dapat di kelola dalam satu tim dan terjadwal
  • Platform ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu untuk menggunakan platform ini
  • Fitur dari versi gratis terbatas
  • Tidak dapat diaktifkan selama 24/7

5. Zoho Desk

Zoho desk - Website live chat

Zoho Desk menjadi salah satu penyedia live chat, platform ini memungkinkan Anda untuk merespon pelanggan ketika mereka langsung menghubungi Anda. Untuk masalah pelanggan yang spesifik atau membutuhkan perhatian khusus, Anda dapat mengubah percakapan menjadi tiket dan mengelompokannya ke departemen terkait untuk mengatasi masalah tersebut.

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai dari $14 perbulan

Kelebihan:

  • Cepat memahami percakapan pelanggan
  • Memiliki fitur managemen tiket yang efisien
  • Percakapan dapat di otomatisasi dengan mudah
  • Dapat diintegrasikan dengan Zoho CRM, Zoho Analytics dan lainnya
  • Memberikan fitur analisis yang untuk melacak kinerja tim

Kekurangan:

  • Versi gratis memiliki keterbatasan fungsi

6. LiveAgent

LiveAgent - Website live chat

LiveAgent menawarkan widget chat yang banyak digunakan dan merupakan software live chat yang paling banyak direview dan mendapatkan predikat pertama untuk live chat dengan segmentasi UKM pada tahun 2020. Platform ini adalah software helpdesk yang memiliki fitur sangat lengkap yang membantu Anda melakukan personalisasi dalam interaksi dengan pelanggan Anda lewat all-in -satu helpdesk solution. Anda dapat mempersonalisasi komunikasi Anda dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti segmentasi pelanggan, otomatisasi, CRM, laporan analitiknya. LiveAgents juga menawarkan lebih dari 175 fitur helpdesk dan lebih dari 40 integrasi.

LiveAgent (description sudah ada pada artikel sebelumnya)

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai dari $9 peragen perbulan

Kelebihan:

  • Dapat diintegrasikan dengan saluran komunikasi lainnya
  • Dapat berkomunikasi secara real-time
  • Memiliki data riwayat pelanggan
  • Platform ini dapat digunakan oleh segala jenis bisnis sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Tidak dianjurkan untuk bisnis bidang keuangan
  • Tidak tersedia untuk semua bahasa dan wilayah
  • Membutuhkan koneksi internet yang kuat

7. Crisp

crisp- live chat

Didirikan pada tahun 2015, Crisp termasuk platform yang masih relatif baru untuk ruang live chat. Selain live chat, Crisp juga menawarkan email campaign . Crisp adalah platform support untuk customer atau pelanggan Anda yang sifatnya multi saluran guna membantu bisnis terhubung secara instan dengan pelanggan mereka. Dengan sistemnya yang cukup berkembang, Crisp dapat membantu bisnis Anda untuk menghasilkan prospek atau lead yang lebih berkualitas, meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan yang mengarah pada peningkatan pendapatan atau profit bisnis Anda.

Harga: Tersedia pemakaian gratis dan berbayar mulai $25 perbulan

Kelebihan:

  • Didukung dengan multi-channel support seperti live chat, email, Facebook Messenger, WhatsApp
  • Real-time chat
  • Memiliki fitur pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan umum
  • Pesan pelanggan dapat dijadwalkan
  • Dapat berkolaborasi dengan tim

Kekurangan:

  • Fitur versi gratis sangat terbatas
  • Integrasi dengan platform lain terbatas
  • Tidak semua bahasa tersedia
  • Bergantung pada koneksi internet

8. Intercom

Intercom - Website live chat

Intercom bukan hanya software live chat biasa, Intercom adalah platform untuk percakapan atau obrolan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lead yang berkualitas. Platform ini dapat digunakan sebagai alat orientasi, asisten support, tool penghasil leads, otomatisasi pemasaran, dan software customer engagement. Perusahaan sering kali menggunakannya lebih sebagai form kontak yang mudah di isi. Pengunjung situs web biasanya perlu memasukkan alamat email mereka dan kemudian menunggu jawaban. Lewat Intercom, Anda bahkan bisa melakukan chat dengan suara dan video.

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai dari $74 perbulan

Kelebihan:

  • Dapat berkomunikasi dengan pelanggan dengan berbagai saluran
  • Dapat membuat pesan personal dan respon kepada pelanggan
  • Memiliki fitur untuk melacak kegiatan pelanggan
  • Memiliki fitur untuk mendukung kepuasan pelanggan selama 24/7

Kekurangan:

  • Bergantung pada koneksi internet
  • Tidak tersedia dalam berbagai bahasa

9. iAdvize

iAdvize - Website live chat

iAdvize adalah platform chat yang memungkinkan lebih dari 2000 merek di 100 negara menghadirkan sentuhan manusia (human connection) yang tentunya sangat baik untuk dihadirkan dalam platform digital saat ini. Platform iAdvize menggunakan perpaduan human connection dan kecerdasan buatan (AI). Platform ini juga memungkinkan untuk memberi advice atau solusi pada customer dari jarak jauh, membuat kontak dengan pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. Selain itu, platform ini berfungsi agar semua orang dapat berkolaborasi bersama dalam satu tempat dan juga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan untuk diberikan jawaban atas pertanyaan yang mereka miliki. Terakhir, platform ini tentunya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan atas layanan yang Anda berikan.

Harga: Hubungi sales secara langsung

Kelebihan:

  • Dapat digunakan dalam berbagai saluran komunikasi seperti percakapan secara langsung, email, dan media sosial
  • Interaksi yang diberikan secara real-time 
  • Dapat diintegrasikan dengan CRM

Kekurangan:

  • Bergantung pada koneksi internet
  • Memerlukan pelatihan untuk menggunakan platform ini

10. Podium

Podium - Website live chat

Podium adalah sebuah perusahaan yang menyediakan saluran komunikasi kepada pelanggan dan managemen secara online untuk para pembisnis. Podium menawarkan cara berkomunikasi dengan pelanggan melalui berbagai saluran, termasuk pesan teks, percakapan online, dan melalui media sosial. Podium juga menawarkan managemen yang mengelola hasil ulasan dari para pelanggan dari berbagai platform seperti Google, Yelp, dan lainnya. Anda dapat memantau bisnis Anda dan merespon ulasan yang diberikan pelanggan untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda.

Harga: Berbayar mulai dari $249 perbulan

Kelebihan:

  • Memiliki fitur pemesanan online
  • Memiliki fitur analitik dan laporan untuk melacak kinerja
  • Dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak CRM
  • Dapat digunakan untuk semua skala bisnis

Kekurangan:

  • Tidak dapat diintegrasikan dengan semua platform
  • Tidak dapat digunakan untuk semua jenis industri atau bisnis

11. Zendesk

Zendesk - Website live chat

Zendesk merupakan sebuah platform yang berbasis cloud yang dirancang untuk membantu perusahaan atau organisasi untuk mengelola layanan pelanggan, dukungan teknis, atau manajemen tiket, dan interaksi pelanggan lainnya. Fitur yang ditawarkan pun sangat beragam sehingga perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mengelola operasional dengan lebih efisien. 

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai dari $55 perbulan

Kelebihan:

  • User-friendly
  • Didukung oleh omnichannel
  • Memiliki fitur analisis dan pelaporan
  • Dapat diintegrasikan dengan CRM atau e-commerce
  • Dapat digunakan oleh segala jenis bisnis
  • Semua interaksi ada pada satu pintu

Kekurangan:

  • Memerlukan pelatihan dalam menggunakan Zendesk
  • Memerlukan penyesuain untuk bisnis skala besar
  • Perusahaan bergantung pada infrastruktur Zendesk

12. Acquire

Acquire - Website live chat

Acquire merupakan platform yang dirancang untuk membantu perusahaan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi. Fitur yang ditawarkan pun beragam dan berguna untuk mengelola komunikasi, meningkatkan pengalaman, dan mendukung tim penjualan. Memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi secara real time dengan mengintegrasikan live chat dari Acquire ini. Acquire juga memberikan panduan yang efektif untuk membantu menjawab pertanyaan pelanggan. Dengan Acquire perusahaan Anda dimudahkan dan dibantu untuk meningkatkan penjualan secara efektif. 

Harga: Tersedia coba gratis dan berbayar mulai dari $500 perbulan

Kelebihan:

  • Memiliki fitur berbagai saluran seperti  live chat, email, SMS, telepon, dan media sosial dalam satu platform
  • Real-time chat
  • Dapat diintegrasikan dengan Chatbot untuk menangani masalah kompleks
  • Dapat diintegrasikan dengan CRM
  • Menyediakan fitur analisis percakapan

Kekurangan:

  • Memerlukan integrasi tambahan
  • Chatbot yang diberikan terbatas
  • Tidak didukung oleh berbagai bahasa

13. Genesys

Genesys - Website live chat

Genesys merupakan perusahaan teknologi khusus berfokus pada pengembangan perangkat lunak untuk mengelola hubunga pelanggan dan layanan pelanggan. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam produk dan layanan untuk membantu perusahaan agar dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efektif.

Harga: Berbayar mulai dari $75 perbulan

Kelebihan:

  • Memberikan solusi dalam mengintegrasikan berbagai macam layanan
  • Didukung untuk digunakan dalam berbagai macam saluran komunikasi
  • Memanfaatkan AI untuk mengoptimalkan layanan
  • Memberikan analisis yang kuat terhadap perilaku pelanggan

Kekurangan:

  • Bergantung pada jaringan dan infrastruktur IT
  • Membutuhkan keahlian teknis
  • Memerlukan waktu untuk mengintegrasikan Genesys

14. Glandly (Thankful AI)

Thankful AI - Website live chat

Gladly (Thankful AI) memberikan pengalaman unik dalam menggunakan chatbot. Thankful menggunakan AI untuk membantu memahami bahasa, keinginan dan maksud pelanggan dalam memberikan personalisasi. Thankful sudah terintegrasi dengan Zendesk dan dapat diintegrasikan dengan layanan lainnya untuk membangun interaksi dengan pelanggan.

Harga: Berbayar mulai dari $180 perbulan

Kelebihan:

  • Dapat mengelola komunikasi pelanggan secara terpusat
  • Dapat mengintegrasi data pelanggan dari berbagai sumber
  • Memiliki sistem routing otomatis untuk mengarahkan permintaan pelanggan
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem CRM

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu untuk di implementasikan
  • Bergantung pada infrastruktur yang dimiliki oleh Thankfull AI/Gladly
  • Bergantung pada koneksi internet

15. BirdEye

Birdeye - Website live chat

BirdEye merupakan salah satu platform yang berbasis cloud ini dapat mengelola reputasi dan pengalaman untuk pelanggan. Platform ini digunakan untuk mengumpulkan ulasan pelanggan, mengelola reputasi secara online, dan meningkatkan keterlibatan pelanggan pada suatu bisnis.

Harga: Contact Sales

Kelebihan:

  • Memiliki fitur mengumpulkan ulasan dari online platform seperti Google, Facebook, Yelp, TripAdvisor dan banyak lagi.
  • Dapat melakukan penjadwalan untuk memposting di beberapa media sosial 
  • Dapat menganalisis ulasan pelanggan secara mendalam

Kekurangan:

  • Bergantung pada ulasan online
  • Membutuhkan waktu untuk melihat hasil dari BirdEye jika memiliki bisnis dengan banyak cabang atau lokasi
  • Tidak dapat diintegrasikan dengan semua platform bisnis

16. 3CX

3CX - Website live chat

3CX adalah sebuah platform komunikasi yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk mengelola komunikasi mereka, termasuk melalui suara, video, pesan instan, konferensi web dan layanan lainnya. 

Harga: Tersedia penggunaan gratis dan berbayar mulai dari $145 pertahun

Kelebihan:

  • Menggantikan sistem telepon tradisional dengan telepon Internet Protocol 
  • Mendukung berbagai komunikasi termasuk panggilan suara, video, pesan instan, dan percakapan berkelompok
  • Memiliki fitur untuk bekerja dengan tim seperti konferensi web secara real-time
  • Dapat digunakan menggunakan smarthphone dan tablet 

Kekurangan:

  • Memerlukan pemahaman teknis terhadap sistem telepon IP atau VoIP
  • Beberapa fitir memerlukan hardware khusus
  • Memerlukan koneksi internet yang stabil

17. Tidio

Tidio - Website live chat

Tidio adalah live chat yang menggunakan cloud untuk mengintegrasikan pesan lewat widget live chat, email, dan messenger. Fitur-fitur dasar yang diberikan menyesuaikan dengan ukuran layar pelanggan sehingga mereka dapat menuliskan pesan kepada Anda melalui smarthphone atau tablet. Tidio juga dapat di hubungkan ke semua situs web dan platform. Anda juga bisa menjawab pertanyaan berulang kali dengan template. 

Harga: Tersedia pengunaan gratis dan berbayar mulai dari $29 perbulan

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan chatbot yang dapat diprogram sesuai kebutuhan bisnis
  • Memungkinkan untuk berkomunikasi dengan berbagai saluran secara langsung, email atau Facebook Messenger
  • Dapat diintegrasikan dengan Shopify, WordPress, Slack, dan lainnya
  • Memiliki dukungan pelanggan yang baik yang membantu masalah teknis

Kekurangan:

  • Memerlukan waktu untuk mengintegrasi ke platform lain
  • Keterbatasan chatbot dalam memahami pertanyaan atau permintaan pelanggan
  • Bergantung pada koneksi internet

18. Chatra

Chatra - Website live chat

Chatra adalah platform chat yang dirancang khusus untuk membantu bisnis Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan secara real-time melalui website Anda. Banyak fitur yang dapat digunakan oleh pembisnis saat memilih Chatra untuk menjadi platform chat mereka. 

Platform ini memungkinkan pelanggan berkomunikasi langsung dengan agen manusia untuk memberikan respon instan dan cepat. 

Harga: Tersediaan pengunaan gratis untuk satu user dan berbayar mulai dari $29 perbulan

Kelebihan:

  • Chatra mendukung penggunaan emoji dalam percakapan
  • Dapat meninggalkan pesan offline untuk direspon kepada agen saat online
  • Dapat diintegrasikand dengan platform CRM
  • Didukung oleh berbagai bahasa

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan dalam skala bisnis besar
  • Bergantung pada koneksi internet
  • Membutuhkan pelatihan untuk agen
  • Tidak didukung dengan layanan 24/7

19. Tawk.to

Tawkto - Website live chat

Tawk.to merupakan platform komunikasi untuk pelanggan yang dirancang agar dapat berinteraksi dengan pengunjung secara langsung. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan interaksi antara Anda dan pelanggan. Selain itu Tawk.to ini juga dapat memantau dan mengelola komunikasi Anda dengan pelanggan.

Harga: Gratis

Kelebihan:

  • Dapat mengelola percakapan dengan pelanggan secara bersamaan
  • Memiliki pemberitahuan real-time 
  • Memberikan informasi mengenai pelanggan Anda melalui lokasi geografis atau sejarah kunjungan pelanggan
  • Tampilan widget dapat disesuaikan

Kekurangan:

  • Analisis yang diberikan terbatas
  • Membutuhkan koneksi yang stabil
  • Tidak disarankan untuk bisnis skala besar

20. SnapEngage

SnapEngage - Website live chat

SnapEngage adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan mereka melalui saluran digital. SnapEngage ini berfokus dalam meningkatkan layanan pelanggan dan komunikasi pemasaran.

Harga: Berbayar mulai dari $49 perbulan

Kelebihan:

  • Dapat diintegrasikan dengan email, pesan teks, dan media sosial
  • Dapat digunakan bersama dengan satu tim dan memantau kinerja tim
  • Platform ini dapat mengarahkan pelanggan ke departemen terkait

Kekurangan:

  • Membutuhkan pemahaman teknis untuk mengintegrasikan platform ini
  • Membutuhkan pembelajaran dan pelatihan untuk tim dalam menggunakan platform ini
  • Bergantung pada koneksi internet

21. Small Chat

small chat web live chat

Apakah Anda menggunakan Slack? Nah, Anda harus mempertimbangkan penggunaan SmallChat untuk live chat di situs web Anda. SmallChat memungkinkan Anda memulai percakapan dengan pengunjung di situs web Anda melalui platform dan mengubah pengunjung tersebut menjadi pelanggan. Semua bisa dilakukan dari dalam akun Slack Anda. Jadi, ya, Anda dapat berbicara dengan pengunjung Anda tanpa meninggalkan Slack dan membuka tab lain di browser Anda untuk mengakses berbagai aplikasi. Small.chat menyediakan UI admin ternyaman dan praktis. Namun, platform ini tidak memiliki fitur multi-bahasa, sehingga Anda dapat menyesuaikan teks widget hanya untuk satu bahasa dan juga tidak ada fitur untuk membuat pesan-bot untuk pertanyaan yang sering diajukan (FAQ). Namun secara keseluruhan, platform ini sangat bagus untuk pengguna Slack yang menggunakan Slack untuk bekerja dan tidak ingin mengintegrasikan banyak aplikasi di dalamnya.

Harga: Tersedia paket gratis. Untuk paket berbayar, dimulai dari 19.99 USD.

Kelebihan:

  • Integrasi sempurna dengan Slack.
  • Setup yang cepat dan mudah.
  • Cocok untuk tim yang sudah menggunakan Slack sebagai alat komunikasi utama.

Kekurangan:

  • Terbatas pada integrasi dengan Slack.
  • Mungkin tidak cocok untuk perusahaan yang memerlukan solusi komunikasi yang lebih kompleks.
  • Bergantung pada koneksi internet.

22. Freshchats (Freshworks)

Freshchats (Freshworks) - live chat website

Freshchat adalah software live chat yang cukup canggih buatan Freshworks.Semua tools untuk customer supportmereka terintegrasi secara baik satu dengan yang lainnya demi menciptakan pengalaman pelanggan yang sangat baik. Platform live chatnya memungkinkan Anda mengukur kinerja tim customer service Anda melalui integrasi dan otomatisasi. FreshChats dirancang untuk menjadi aplikasi percakapan dan messenger. Anda juga dapat memulai real time chat dengan pelanggan menggunakan agen atau AI chatbot menggunakan kecerdasan buatan (AI- artificial inteligence). Selain itu, Anda dapat menghubungkan chat untuk membuat tiket atau doket laporan langsung ke aplikasi lainnya, seperti Zendesk.

Harga: Tersedia masa percobaan gratis dan paket berbayar mulai dari 23 Euro per bulan.

Berbayar, harga mungkin bervariasi tergantung pada fitur yang dipilih.

Kelebihan:

  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain dari Freshworks.
  • Menawarkan analitik mendalam untuk memahami perilaku pelanggan.
  • Mudah diintegrasikan dengan berbagai platform CRM.

Kekurangan:

  • Dapat terasa rumit untuk pengguna yang tidak terbiasa dengan produk Freshworks lainnya.
  • Harga bisa menjadi mahal dengan fitur tambahan.
  • Memerlukan koneksi internet yang stabil.

23. HelpCrunch

HelpCrunch - live chat website

Helpcrunch sangat menekankan otomatisasi chat dengan memungkinkan Anda membuat segmen yang sangat terperinci untuk menargetkan pelanggan Anda yang paling cocok. Namun tidak hanya itu, Anda juga dapat mengotomatiskan pesan emailnya. Salah satu fitur yang menurut saya terbaik dari platform ini adalah kemampuan untuk menawarkan live chat dalam berbagai bahasa. Singkatnya, live chat HelpCrunch adalah solusi live chat yang paling dapat disesuaikan di pasar yang membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara real-time meningkatkan konversi dan penjualan, meningkatkan dukungan, dan tumbuh lebih cepat. Platform ini paling baik untuk bisnis online (seperti SaaS, e-commerce, dan lainnya yang mengharuskan transaksi secara real time).

Harga: Paket berbayar mulai dari 15 USD.

Kelebihan:

  • Platform serbaguna yang mencakup live chat, pemasaran email, dan otomatisasi.
  • Tampilan user-friendly dan mudah diadaptasi.
  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai platform lainnya.

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu untuk memahami semua fitur.
  • Harga dapat meningkat dengan penambahan fitur.
  • Terkadang ada laporan mengenai keterlambatan notifikasi.

Apa itu software Live Chat?

Live chat adalah teknologi percakapan yang terjadi antara pelanggan atau karyawan secara real-time pada sebuah website, aplikasi seluler, Messenger, WhatsApp, dan juga Slack. Perangkat lunak live chat yang modern memanfaatkan AI dan bot untuk menjadi tim dukungan demi meningkatkan skala percakapan dan sekaligus mengurangi biaya sebuah perusahaan.

Platform live chat yang terintegrasi dengan chatbot, platform otomatisasi, CRM, pelaporan dan analisis, pusat bantuan, dan masih banyak lagi API (application programming interfaces), yang terintegrasi dengan pihak ketiga sehingga membuat live chat dapat digunakan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan first impresion pertama kali dan mengurangi biaya operasional
  2. Membantu perusahaan untuk menyediakan layanan yang lebih cepat dan personal
  3. Membantu perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan

Keuntungan Dalam Menggunakan Live Chat

Saatnya melihat manfaat dari menggunakan live chat untuk beberapa bisnis yang mungkin menghasilkan nilai lebih. Berikut beberapa manfaat menggunakan live chat untuk bisnis Anda:

1. Efisien dan Menghemat Biaya

Live chat membantu tim lain pada perusahaan untuk melakukan banyak hal dan menghemat waktu, tanpa harus menjadi customer service secara langsung.

2. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Live chat memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cepat. Dengan menggunakan live chat yang tepat, Anda dapat:

  • Melayani diri sendiri dengan konten yang relevan
  • Dapat meminta untuk terhubung langsung dengan customer service
  • Dapat meninggalkan pesan internal atau eksternal
  • Dapat melanjutkan percakapan sebelumnya

3. Meningkatkan Penjualan

Proaktif menggunakan live chat dapat mengurangi pengabaian pada keranjang belanja secara online dan meningkatkan penjualan. Berikut beberapa hal yang dapat membantu tim Anda dalam bekerja dengan menggunakan live chat:

  • Chatbot dan opsi layanan secara mandiri yang menyaring pertanyaan dapat dilakukan berulang kali
  • Otomatisasi dalam menangani logistik
  • Menganalisis percakapan palanggan sesuai dengan wawasan yang relevan

Fitur-fitur yang harus dimiliki Live chat/ Cara memilih Live Chat yang tepat

Proaktif

Anda dapat mengkofigurasikan pesan secara otomatis untuk dikirim kepada pelanggan berdasarkan apa yang pelanggan ingin tahu mengenai halaman yang mereka cari, dan berdasarkan browser apa yang digunakan oleh pelanggan. Selain itu juga Anda dapat menggunakan bot atau agen manusia untuk melanjutkan setiap percakapan. Dengan adanya pesan proaktif, segala bisnis bisa mendapatkan manfaat seperti:

  1. Biaya Operasional lebih rendah
  2. Penjualan meningkat
  3. Pelanggan lebih loyal kepada perusahaan dan berkurangnya pelanggan yang beralih pada produk/jasa lain.

Analisis Sentimen

Memberikan pengalaman untuk para pelanggan yang membutuhkan pemahaman mengenai apa yang mereka cari dan apa yang mereka ingin rasakan terhadap suatu produk/jasa. Maka dari itu live chat harus dapat menganalisis atau mendeteksi percakapan yang sedang terjadi. Hal ini dapat membantu agen Anda untuk menangani interaksi yang sedang berjalan.

Anda juga dapat memberikan informasi dari analisis yang dilakukan oleh live chat untuk mengetahui perasaan pelanggan Anda mengenai merek Anda. Percakapan yang terjadi secara langsung mengajarkan Anda banyak hal. Misalnya, Anda dapat memahami apakah pelanggan Anda memberikan sikap positif, negatif, atau netral saja saat membicarakan produk, layanan atau bisnis Anda.

Menggunakan Omnichannel Memberikan Solusi

Semua percakapan dan data mengenai pelanggan Anda dari segala sumber harus disimpan pada satu tempat. Omnichannel memberikan agen informasi yang mereka butuhkan mengenai pelanggan.

Agen Anda tidak harus berpindah-pindah aplikasi untuk mencari informasi selama percakapan berlangsung. Agen Anda bisa tetap pada satu tempat untuk mendapatkan informasi tersebut. Dengan adanya sistem omnichannel, Anda dapat menangani live chat lebih dari satu saluran dan bisa menangani lebih dari satu live chat dalam waktu yang bersamaan.

Mengulang Tanggapan Yang Sudah Digunakan

Agen live chat bisa berjalan dengan baik dan dapat menggunakan jawaban sebelumnya untuk percakapan lebih spesifik. Hal ini membantu agen Anda menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dan konsisten.

Agen Anda dapat menulis jawaban yang sudah digunakan sebelumnya seperti:

  • Memberikan salam kepada pelanggan baru atau pelanggan lama
  • Menjawab pertanyaan yang sering diajukan
  • Menawarkan diskon
  • Memberikan link artikel untuk pusat bantuan

Anda juga bisa mengatur percakapan dengan pelanggan yang kembali pada website Anda. Hal ini membantu untuk mempercepat penjualan hingga proses pembayaran. Anda juga dapat mengatur percakapan agar pelanggan tetap pada halaman website Anda hingga jangka waktu tertentu, dengan menampilkan percakapan sebelumnya.

Chatbots

Adanya chatbots membantu mengurangi pertanyaan berulang kali yang diajukan oleh pelanggan. Memastikan bahwa pelanggan dapat mencari jawaban dari pertanyaan mereka ketika agen manusia tidak tersedia. Chatbot bisa menjawab pertanyaan umum dengan memberikan artikel pusat bantuan sehingga pelangga bisa mendapatkan jawaban secara langsung tanpa harus menunggu.

Chatbot menjadi pelengkap untuk situs web Anda yang dimana mereka dapat menangani pertanyaan sedehana dan umum secara langsung. Bot AI juga dapat memahami sebuah interaksi kapan pelanggan membutuhkan agen manusia untuk memperlancar percakapan mereka.

Integrasi dengan perangkat yang Anda gunakan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari live chat Anda, maka ini harus diintegrasikan dengan perangkat yang mendukung bisnis Anda. Live chat memberikan agen pandangan mengenai pelanggan secara lengkap dengan data diri pelanggan, dan interaksi sebelumnya dari segala saluran. Hal ini mencegah pelanggan untuk menanyakan pertanyaan yang sama apabila dialihkan dengan departemen terkait sesuai dengan pertanyaan dari pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang konsisten dan personal bagi pelanggan.

Mudah digunakan dan diimplementasikan

Saat perangkat lunak lainnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diimplementasikan dan terintegrasi dengan baik, hal tersebut akan menambah biaya dan waktu untuk melatih agen manusia untuk menggunakannya. Maka dari itu chatbot yang baik adalah yang intuitif. Perangkat lunak yang mudah diatur dengan cepat dan langsung dapat digunakan oleh tim Anda untuk memberikan layanan yang baik tanpa ada yang terlewatkan.

Skalabilitas dan jumlah total kepemilikan

Live chat yang ideal cukup fleksibel untuk digunakan oleh bisnis Anda dan terus berkembang. Selain itu juga live chat Anda harus digunakan dalam ruang kerja yang tepusat dengan koneksi internet yang stabil, maka dari itu live chat dapat memberikan hal berikut untuk bisnis Anda:

  • Terukur : Interaksi satu dengan yang lainnya memungkinkan agen Anda untuk melayani banyak pelanggan dengan waktu yang bersamaan
  • Cepat : Memberikan alur kerja yang otomatis sehingga memberikan opsi pelanggan untuk menyelesaikan masalah sederhana dengan cepat
  • Personal : Berbicara dengan agen manusia memberi dukungan personal, sama seperti pelanggan berbicara dengan teman ataupun keluarga.

Simpulan

Demikian 20 ulasan software live chat terbaik untuk website Anda. Bagaimana? Apakah website Anda sudah memiliki fitur Live chat? Jika Ya, share dengan kita dong live chat mana yang kamu pilih untuk website mu? Selamat mencoba dan salam sukses!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

Baca juga:

6 Tujuan Utama Membuat Website

10 Software Terbaik Untuk Membuat Website Gratis Selain WordPress

About The Author

2 tanggapan pada “23 Software Live Chat Terbaik untuk Website Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *