12 Software Live Chat Terbaik untuk Website Anda

live chat website

Jika tim sales dan tim support Anda saat ini berkomunikasi dengan pelanggan melalui telepon dan email, ada banyak alasan untuk beralih ke saluran chat dengan bantuan software live chat. Mengapa demikian? Karena memiliki saluran chat untuk berkomunikasi langsung akan membuat staf Anda lebih produktif dan pada saat yang sama membantu tim Anda menghasilkan lebih banyak prospek lagi. Jika saluran komunikasi hanya berupa telepon, makan satu agen layanan pelanggan (customer service) hanya dapat berbicara di telepon dengan satu orang pada satu waktu. Tetapi dengan menggunakan software live chat, agen yang sama ini dapat mengelola beberapa obrolan online secara bersamaan. Dan beberapa platform chat online memiliki paket gratis yang dapat Anda coba. Jadi, jkali ini saya akan mengulas beberapa software chat online terbaik untuk membantu Anda berkomunikasi dengan prospek Anda secara real time.

1. LiveChat

best free live chat app for website LiveChat
LiveChat

LiveChat adalah pemimpin dalam industri software live chat online. Sangat mudah untuk mengatur dan menginstal LiveChat dalam website Anda berkat plugin LiveChat gratis. LiveChat juga menawarkan aplikasi dukungan chat online yang dirancang dengan sangat baik yang dapat Anda dan agen Anda gunakan di laptop, tablet, dan perangkat mobile atau smartphone Anda. Ini berarti Anda dapat mengobrol dengan pelanggan Anda saat bepergian, tanpa harus masuk ke dasbor WordPress Anda. Anda dapat menambahkan formulir survei sebelum dan sesudah sesi obrolan online, untuk menilai kinerja tim support dan customer service Anda. Di luar jam kerja, user Anda juga dapat mengirimkan support tiket langsung dari chat langsung. LiveChat adalah software layanan pelanggan lengkap yang benar-benar melayani pelanggan dan prospek Anda serta mendorong penjualan juga meningkatkan kepuasan pelanggan Anda.

2. Drift

best free live chat app for website drift
Drift

Drift adalah platform chat yang difokuskan untuk pemasaran. Anda menggunakan Drift untuk memberikan pengalaman pembelian modern bagi prospek mereka, menghasilkan lead yang lebih berkualitas, dan secara dramatis mempercepat siklus penjualan. Tidak seperti software pemasaran dan penjualan tradisional yang mengandalkan formulir di landing page, cold calling, dan email follow up, Drift menghubungkan bisnis dengan pengunjung situs web secara real-time menggunakan bot dan kecerdasan buatan (artificial inteligent). Drift memungkinkan tim Anda untuk mengelola pertanyaan pelanggan secara real time untuk memberikan pengguna situs web dengan jawaban cepat (FAQ) tentang pertanyaan terkait produk. Drift mengurangi waktu follow up prospek, yang mempercepat siklus penjualan dan juga digunakan untuk membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan saat menggunakan situs website.

3. Freshchats (Freshworks)

best free live chat app for website freshchats
Freshchats

Freshchat adalah software live chat yang cukup canggih buatan Freshworks.Semua tools untuk customer supportmereka terintegrasi secara baik satu dengan yang lainnya demi menciptakan pengalaman pelanggan yang sangat baik. Platform live chatnya memungkinkan Anda mengukur kinerja tim customer service Anda melalui integrasi dan otomatisasi. FreshChats dirancang untuk menjadi aplikasi percakapan dan messenger. Anda juga dapat memulai real time chat dengan pelanggan menggunakan agen atau bot menggunakan kecerdasan buatan (AI- artificial inteligence). Selain itu, Anda dapat menghubungkan chat untuk membuat tiket atau doket laporan langsung ke aplikasi lainnya, seperti Zendesk.

4. Olark

best free live chat app for website Olark
Olark

Olark adalah solusi live chat populer untuk bisnis online. Mudah digunakan, dan menambahkan Olark ke situs WordPress Anda itu caranya sungguh mudah. Olark menawarkan integrasi dengan layanan lain seperti Salesforce, Zendesk, Highrise, dll. Ada juga aplikasi mobile yang memungkinkan Anda terhubung ke chat Olark dari hampir semua perangkat iOS atau Android, sehingga Anda dapat mengobrol dengan pelanggan saat berpergian. Live chat dari Olark memudahkan Anda mengumpulkanfeedback dari pelanggan dan menjawab pertanyaan secara langsung (real-time). Olark juga memiliki CRM bawaan, jadi semua catatan dan transkrip chat Anda dapat diakses kapanpun Anda mau. Nah, fitur ini tentu saja memudahkan Anda untuk menarik data kualitatif dan insights dari pelanggan untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.

5. HubSpot Live Chat

best free live chat app for website Hubspot
Hubspot

Apakah Anda menggunakan HubSpot CRM? Jika demikian, Anda tentu sudah menikmati fitur live chat gratis mereka. HubSpot Live Chat adalah tool gratis, yang merupakan bagian dari CRM HubSpot (free forever). Software ini menyediakan semua fitur yang Anda inginkan dari solusi live chat. Bagian terbaik Hubspot Live Chat adalah integrasi langsung menuju HubSpot CRM. Tentu saja solusi ini dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda menginginkan CRM yang gratis dan mudah digunakan. HubSpot Live Chat sangat ideal jika Anda sedang menggunakan atau berencana menggunakan produk HubSpot lainnya.

6. Zoho Live Chat (SalesIQ)

best free live chat app for website Zoho SalesIQ
Zoho SalesIQ

Zoho menawarkan live chat anti ribet yang disebut SalesIQ untuk pertumbuhan bisnis. Zoho SalesIQ membantu melibatkan pengunjung situs langsung (real-time) untuk membantu konversi pengunjung tersebut menjadi custumer Anda. Tidak hanya itu, SalesIQ akan membantu meningkatkan ROI pada konten, SEO, Adwords, dan upaya email marketing Anda. Platform ini paling baik untuk bisnis ukuran bisnis kecil dan menengah (UKM), entrepreneur, freelancer sampai pihak enterprise. Platform Zoho SalesIQ ini juga melayani semua negara. Secara keseluruhan, Zoho SalesIQ mudah digunakan, terjangkau, dan merupakan tools penting untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Menurut saya, fitur pelacakan pelanggannya paling cocok untuk bisnis.

7. LiveAgent

best free live chat app for website liveagent

LiveAgent menawarkan widget chat yang banyak digunakan dan merupakan software live chat yang paling banyak direview dan mendapatkan predikat pertama untuk live chat dengan segmentasi UKM pada tahun 2020. Platform ini adalah software helpdesk yang memiliki fitur sangat lengkap yang membantu Anda melakukan personalisasi dalam interaksi dengan pelanggan Anda lewat all-in -satu helpdesk solution. Anda dapat mempersonalisasi komunikasi Anda dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti segmentasi pelanggan, otomatisasi, CRM, laporan analitiknya. LiveAgents juga menawarkan lebih dari 175 fitur helpdesk dan lebih dari 40 integrasi.

8. Crisp

best free live chat app for website Crisp
Crisp

Didirikan pada tahun 2015, Crisp termasuk platform yang masih relatif baru untuk ruang live chat. Selain live chat, Crisp juga menawarkan email campaign . Crisp adalah platform support untuk customer atau pelanggan Anda yang sifatnya multi saluran guna membantu bisnis terhubung secara instan dengan pelanggan mereka. Dengan sistemnya yang cukup berkembang, Crisp dapat membantu bisnis Anda untuk menghasilkan prospek atau lead yang lebih berkualitas, meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan yang mengarah pada peningkatan pendapatan atau profit bisnis Anda.

9. HelpCrunch

best free live chat app for website helpcrunch
HelpCrunch

Helpcrunch sangat menekankan otomatisasi chat dengan memungkinkan Anda membuat segmen yang sangat terperinci untuk menargetkan pelanggan Anda yang paling cocok. Namun tidak hanya itu, Anda juga dapat mengotomatiskan pesan emailnya. Salah satu fitur yang menurut saya terbaik dari platform ini adalah kemampuan untuk menawarkan live chat dalam berbagai bahasa. Singkatnya, live chat HelpCrunch adalah solusi live chat yang paling dapat disesuaikan di pasar yang membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda secara real-time meningkatkan konversi dan penjualan, meningkatkan dukungan, dan tumbuh lebih cepat. Platform ini paling baik untuk bisnis online (seperti SaaS, e-commerce, dan lainnya yang mengharuskan transaksi secara real time).

10. Intercom

best free live chat app for website intercom
Intercom

Intercom bukan hanya software live chat biasa. Intercom adalah platform untuk percakapan atau obrolan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lead yang berkualitas. Platform ini dapat digunakan sebagai alat orientasi, asisten support, tool penghasil leads, otomatisasi pemasaran, dan software customer engagement. Perusahaan sering kali menggunakannya lebih sebagai form kontak yang mudah di isi. Pengunjung situs web biasanya perlu memasukkan alamat email mereka dan kemudian menunggu jawaban. Lewat Intercom, Anda bahkan bisa melakukan chat dengan suara dan video.

11. iAdvize

best free live chat app for website iAdvice
iAdvize

iAdvize adalah platform chat yang memungkinkan lebih dari 2000 merek di 100 negara menghadirkan sentuhan manusia (human connection) yang tentunya sangat baik untuk dihadirkan dalam platform digital saat ini. Platform iAdvize menggunakan perpaduan human connection dan kecerdasan buatan (AI). Platform ini juga memungkinkan untuk memberi advice atau solusi pada customer dari jarak jauh, membuat kontak dengan pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. Selain itu, platform ini berfungsi agar semua orang dapat berkolaborasi bersama dalam satu tempat dan juga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan untuk diberikan jawaban atas pertanyaan yang mereka miliki. Terakhir, platform ini tentunya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan atas layanan yang Anda berikan.

12. Small Chat

best free live chat app for website Small Chat Slack
Small Chat for Slack

Apakah Anda menggunakan Slack? Nah, Anda harus mempertimbangkan penggunaan SmallChat untuk live chat di situs web Anda. SmallChat memungkinkan Anda memulai percakapan dengan pengunjung di situs web Anda melalui platform dan mengubah pengunjung tersebut menjadi pelanggan. Semua bisa dilakukan dari dalam akun Slack Anda. Jadi, ya, Anda dapat berbicara dengan pengunjung Anda tanpa meninggalkan Slack dan membuka tab lain di browser Anda untuk mengakses berbagai aplikasi. Small.chat menyediakan UI admin ternyaman dan praktis. Namun, platform ini tidak memiliki fitur multi-bahasa, sehingga Anda dapat menyesuaikan teks widget hanya untuk satu bahasa dan juga tidak ada fitur untuk membuat pesan-bot untuk pertanyaan yang sering diajukan (FAQ). Namun secara keseluruhan, platform ini sangat bagus untuk pengguna Slack yang menggunakan Slack untuk bekerja dan tidak ingin mengintegrasikan banyak aplikasi di dalamnya.

Demikian 12 ulasan software live chat terbaik untuk website Anda. Bagaimana? Apakah website Anda sudah memiliki fitur Live chat? Jika Ya, share dengan kita dong live chat mana yang kamu pilih untuk website mu? Selamat mencoba dan salam sukses!

Baca juga:

6 Tujuan Utama Membuat Website

10 Software Terbaik Untuk Membuat Website Gratis Selain WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *