6 Tujuan Utama Membuat Website untuk Bisnis Anda

tujuan membuat website

Pada tahun 90-an dimana internet baru saja hadir, memiliki sebuah internet adalah hal paling mengesankan. Di era milenium tahun 2000-an, makin banyak perusahaan dan bisnis yang memiliki website. Saat ini membuat website sudah menjadi bagian praktik bisnis yang tak terhindarkan karena banyaknya adopsi teknologi digital di kehidupan kita.

Saya yakin sekali banyak teman-teman di sini yang mau memulai bisnis, namun biasanya lebih suka memulai dengan membuat akun profesional di instagram atau social media lainnya terlebih dahulu ketimbang membuat website. Alasannya mungkin karena tidak tahu bagaimana cara membuat website sederhana atau tidak memiliki budget. 

Untuk perusahaan besar mungkin sudah paham sekali website penting buat ‘online presence’ mereka, tapi  saya perhatikan banyak beberapa online shop, bisnis homemade atau UKM yang ‘sukses’ di halaman sosial media tidak memiliki website atau hanya memiliki website ‘seadanya saja’, seperti website dengan 5 halaman yang sebenarnya hanya sekadar informasi brosur saja.

Khusus sekali untuk artikel ini, saya akan menjelaskan mengapa membuat website sangat penting sekali untuk bisnis Anda. Situs web yang bagus tidak hanya mewakili merek Anda secara online atau membantu Anda menjual produk atau layanan Anda. Namun, desain situs website yang sangat bagus harus dimanfaatkan untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis dan menempatkan Anda di garis depan dalam persaingan bisnis. Langsung saja ya, berikut 6 tujuan pembuatan website yang wajib Anda ketahui:

1. Membantu audiens memiliki kesadaran mengenai brand Anda

Website yang baik dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mendidik pengguna secara efektif tentang produk atau penawaran dan menarik lebih banyak trafik untuk masuk ke dalam website.

Setiap situs website perusahaan yang baik harus memiliki informasi yang menjelaskan kepada audiensnya mengenai apa yang sebenarnya dilakukan atau dijual oleh perusahaan dan bagaimana mereka, pengguna, dapat memperoleh keuntungan. Tampaknya mudah, tetapi kalau boleh jujur, lewat pengamatan saya banyak perusahaan yang gagal dalam hal sesederhana ini.

Saat mendesain situs website, Anda bukan hanya perlu memikirkan target audiens Anda, namun Anda juga perlu memikirkan cara mesin pencari seperti Google akan mengindex situs Anda tersebut. Sebisa mungkin Anda harus bisa melakukan teknik SEO sederhana untuk situs Anda. Mungkin Anda mau membaca artikel strategi SEO efektif untuk pemula beserta contohnya untuk sedikit belajar mengenai hal ini.

Ingat, 93% dari semua pengalaman online dimulai dengan mesin pencari. Semakin tinggi peringkat Anda di Google dan Bing, semakin besar kemungkinan pelanggan potensial untuk melihat merek Anda, dan semakin banyak eksposur brand yang Anda dapatkan sebagai hasilnya.

2. Meningkatkan citra dan reputasi bisnis Anda.

Website dapat memberikan banyak manfaat bagi brand Anda, namun jika tidak didesain dengan baik dapat bekerja sebaliknya. Manfaat memiliki website yang baik dapat membuat target audiens Anda memiliki reputasi yang baik mengenai website Anda. Namun, jika desainnya tidak up to date, serta proses loading yang terlalu lama, serta tata letak (layout) tidak pada tempatnya dan sulit sekali dimengerti (interfacenya sangat jelek), audiens Anda tentu akan memiliki opini yang rendah tentang perusahaan tersebut.

Sulit untuk mempercayakan sebuah bisnis yang tidak memiliki online presence yang baik saat ini. Terutama bagi Anda yang bergerak di industri B2C.

3. Website yang mobile-friendly dapat membantu proses konversi

Berdasarkan data dari Google, dikatakan bahwa website yang dapat diakses secara mobile (mobile-friendly) lebih digemari daripada website yang tidak memiliki mobile version.Situs yang mobile-friendly ini memiliki peluang lebih tinggi agar pengunjung dapat melakukan konversi.

Ingat juga saat ini makin banyak orang yang mengandalkan mobile phone mereka untuk melakukan semua hal. Saat mengunjungi website yang mobile friendly, 74% orang mengatakan bahwa mereka lebih cenderung kembali ke situs tersebut di masa mendatang dan sebanyak 67% mengatakan bahwa saat mereka mengunjungi situs yang sesuai untuk seluler, mereka cenderung membeli produk atau layanan situs. 

Tidak memiliki situs yang mobile-friendly justru akan membantu kompetitor Anda semakin terdepan. 61% user mengatakan bahwa jika mereka tidak langsung menemukan apa yang mereka cari di situs yang mobile friendly, mereka akan dengan cepat berpindah ke situs lain.sebanyak 40% diantara memilih untuk mencari di website kompetitor yang mungkin lebih baik tampilannya. 

4. Mengedukasi audiens dan jadi pemimpin industri

Selain memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan citra dan reputasi, website yang bagus juga dapat membantu perusahaan untuk memposisikan diri sebagai salah satu industri yang memimpin. Setiap website perusahaan yang baik, hendaknya menyertakan bagian blog atau sumber daya yang memberikan perusahaan Anda suara untuk berkomunikasi dengan konsumen, perusahaan, dan pesaing.

Cara lain untuk bekerja menuju peringkat yang lebih tinggi adalah dengan membuat sumber daya yang diteliti dengan baik, informatif dan menarik, seperti membuat artikel blog dan white papers agar dapat dijadikan ‘sumber informasi’ dan dikutip oleh user. Namun sebenarnya, kegiatan menulis blog atau white papers ini bukan cuma untuk menarik aktivitas link building dan mendapatkan backlink semata, tapi ini dapat membangun atau memperkuat citra perusahaan sebagai pemimpin industri. Dimana brand secara aktif membahas fenomena yang memiliki relevansi dengan bisnis dan audiensnya.

Sebuah blog juga dapat berkontribusi pada strategi digital marketing yang efektif dibangun di sekitar pembuatan konten. Dengan adanya blog, Anda memberi perusahaan Anda platform untuk membuat dan mempublikasikan jenis konten yang tidak hanya mendapat pengakuan dari industri, tetapi juga menarik dan melibatkan konsumen.

5. Mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku audiens Anda

Mengetahui siapa target audiens Anda adalah bagian terpenting bagi setiap perusahaan. Situs web yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda memahami dengan tepat apa yang dipikirkan pelanggan dan bagaimana mereka berperilaku lewat kegiatan menganalisis statistik pengunjung website Anda.

Salah satu cara bisnis dapat memahami pelanggan dengan lebih baik melalui situs web mereka adalah melalui penggunaan platform analitik seperti Google Analytics. Perlu diperjelas, Anda tidak perlu mendesain ulang situs web Anda untuk menambahkan analytics. Google Analytics dapat ditambahkan ke situs web mana pun kapan saja. Dan dalam mendesain website Anda, sebaiknya jangan cuma memiliki 5 halaman saja. Karena sejujurnya fitur Google Analytics tidak dapat bekerja dengan maksimal jika Anda tidak memiliki banyak halaman. 

6. Meningkatkan pengalaman pelanggan yang baik

Menciptakan pengalaman pelanggan yang baik, merupakan hal yang penting untuk bisnis. Pengalaman pelanggan yang hebat tidak hanya membantu perusahaan meningkatkan reputasi brand Anda, tetapi juga mendorong pelanggan untuk tetap loyal kepada brand dan, mungkin, membeli lebih banyak produk atau layanan.

Aspek UX (User experience) dalam website dalam sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik. Aspek ‘pengalaman pelanggan’ ini akan menjadi pembeda brand utama bagi pelanggan selama proses pengambilan keputusan mereka.

Dalam membangun website, hendaknya menggunakan bantuan-bantuan visual berupa infografis, ikon yang baik untuk navigasi, stok foto atau vektor yang dapat membuat website Anda gampang dikunjungi dan membuat pengunjung Anda juga betah.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda butuh bantuan untuk membuat website? Jika ya, Anda bisa menghubungi tim kami untuk jasa membuat website. Tapi jika Anda mau mencoba sendiri, Anda dapat menggunakan WordPress sederhana atau beberapa software terbaik untuk membuat website secara gratis di sini. 

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *