Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram Beserta Tips Praktis

Cara membuat akun bisnis instagram profesional

Last Updated on November 2, 2023 by Monika Tanaya

Tahukah Anda bahwa Instagram adalah jejaring sosial peringkat kedua dengan pengguna aktif setelah Facebook? Yes! Tidak begitu mengejutkan sebenarnya, karena platform ini terus tumbuh dan berkembang dan menurut statistik dari Instagram sendiri tahun 2019 lalu, terdapat 1 miliar orang menggunakan Instagram setiap bulan dan 500 juta orang menggunakan fitur story Instagram setiap harinya.

Akun Profesional Instagram

Karena banyaknya perusahaan, brand dan para pembuat konten yang sudah menggunakan Instagram, Instagram akhirnya memutuskan untuk menambahkan fitur baru mereka yang disebut dengan Akun Profesional Instagram yang dikategorikan menjadi dua tipe, yaitu akun bisnis dan akun pembuat konten. Dibuatnya fitur ini agar pemilik bisnis dan pembuat konten dapat mengoptimalkan platform Instagram mereka untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens.

Apa Perbedaan Antara Akun Bisnis Instagram dan Akun Pembuat Konten Instagram ?

Menurut Instagram, akun bisnis (business) dimaksudkan untuk memudahkan pemilik bisnis, seperti brand produk untuk mempromosikan bisnis mereka di Instagram. Sedangkan akun pembuat konten (content creators) ditujukan untuk para selebritas, influencer, atau tokoh publik.

Apa Perbedaan Antara Akun Pribadi dan Akun Profesional di Instagram?

Dari segi penampilan, akun bisnis Instagram atau akun pembuat konten sangat mirip dengan akun pribadi. Hampir tidak ada perbedaan jika Anda hanya melihat sekilas saja. Tetapi ketika Anda meluangkan waktu untuk memeriksa dengan seksama, Anda akan melihat bahwa ada kategori akun yang diletakkan di bawah display nama di bagian bio, dan Anda akan melihat tombol kontak pada akun profesional. Apakah cuma itu saja perbedaannya? Tentu saja tidak dong, ada juga perbedaan lainnya seperti;

Fitur Instagram Insights

Fitur Instagram Insights

Semua statistik yang Anda butuhkan untuk menganalisis keterlibatan Anda dengan audiens Anda di platform dapat ditemukan dalam fitur Instagram Insights.Fitur Insights di Instagram mirip dengan fitur Insights Facebook Anda (Jika Anda memiliki halaman penggemar atau halaman bisnis di Facebook). Jika Anda menggunakan akun profesional, baik akun bisnis Instagram ataupun akun pembuat konten Instagram, Anda akan dapat memiliki akses untuk informasi berikut:

  • Data tentang pengikut Anda – pertumbuhan pengikut, jenis kelamin, usia, lokasi, dan jam berapa mereka membuka Instagram.
  • Data pada posting-an mana yang paling populer, berapa banyak orang melihat posting-an Anda, konten mana yang menghasilkan banyak pengikut/ follower, dll.
  • Interaksi pada Profil – berapa banyak audiens yang mengunjungi profil, berapa banyak orang mengklik tautan bio, email, atau kontak.
  • Dan masih banyak lagi.

Tombol Call To Action (CTA)

Saya mungkin sudah menyebutkan ini sebelumnya, tetapi tombol CTA yang gunanya sebagai ajakan bertindak ini akan memudahkan audiens Anda untuk melakukan tindakan langsung via email atau via telepon Anda.

Iklan Instagram

Fitur ini mungkin juga disediakan di akun Instagram personal saat ini, tetapi jujur ​​saja, Anda tidak akan begitu bisa mengoptimalkan Instagram untuk bisnis ketika Anda belum mengubahakun personal Anda menjadi Akun bisnis. Jadi, menggunakan fitur promosi dengan iklan instagram lebih disarankan ketika Anda sudah beralih dari akun pribadi ke profesional.

Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

Tanpa diskusi panjang lebar lagi, berikut adalah panduan lengkap cara membuat akun profesional Anda di Instagram hari ini!

  1. Buka profil Anda di Instagram dan cari tiga garis di kanan atas profil Anda
    Jika Anda belum memiliki akun instagram, silakan buat satu dan ikuti langkah ini setelah selesai.

2. Klik “Pengaturan” atau “Setting”

3. Klik “Akun” atau “Account”

4. Klik “Beralih ke akun profesional”, atau “Switch to professional account”

Panduan Membuat akun bisnis di Instagram

5. Pilih “Akun bisnis (business) atau pembuat Konten (creators)”
Di langkah kelima ini, Anda dapat menyesuaikan sendiri apakah Anda mau menjadi akun bisnis atau akun creator. Contoh: Jika Anda jualan produk dengan nama brand, mungkin lebih baik untuk mengkategorikan sebagai akun bisnis. Tapi jika Anda mau menjadi influencer, akun pembuat konten mungkin adalah pilihan yang paling tepat.

6. Pilih kategori akun profesional Anda

7. Selesaikan pengaturan dengan mengisi informasi seperti email dan nomor telepon Anda.

8. Hubungkan ke halaman Facebook Anda
Jika Anda tidak memiliki halaman Facebook, Anda harus masuk ke Facebook dan membuat halaman terlebih dahulu untuk akun bisnis Anda. Lalu kembali ke Instagram untuk menghubungkan halaman dengan instagram Anda. Aku bersumpah itu super mudah.

Cara membuat akun bisnis Instagram

Voila! Sekarang Anda hanya perlu meng-upload gambar profil Anda dan mungkin menulis deskripsi menarik di bio Anda. Anda juga dapat mengubah username atau tampilan nama Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk memeriksa email Anda untuk memverifikasi hal-hal yang perlu diverifikasi.

Cara untuk mengoptimalkan Akun Bisnis di Instagram

Yah, bukan rahasia bahwa Instagram membatasi Anda untuk menaruh link di platform mereka. Dan untuk beberapa orang yang mungkin membuat halaman instagram sendiri dan memiliki budget terbatas, Anda akan kesal karena sulit sekali memberikan tautan link kepada audiens Anda, karena cara untuk membagikan link Anda kepada Audiens adalah melalui iklan Instagram (yang tentu saja harus Anda bayar) atau akun Anda sudah memiliki follower sebayak minimal 10,000 untuk memanfaatkan fitur Swipe Up di Instastory.

Nah, jangan khawatir, banyak orang memiliki masalah yang sama juga sehingga Anda sebenarnya tidak sendirian dalam hal ini. Dan kabar baiknya adalah ada cara untuk menyelesaikan isu keterbatasan ini dan solusinya bisa menjadi solusi gratis dan tidak begitu repot.

Buat halaman arahan (landing page) di link bio Akun Instagram Anda

Laman landas dapat menjadi solusi sederhana bagi Anda yang mungkin menawarkan tombol CTA berbeda-beda (lebih dari satu) untuk mengkategorikan tindakan audiens Anda. Jika Anda adalah brand, Anda bisa membuat variasi CTA yang mengarah ke web Anda, toko Anda di Shopee, toko Anda di Tokopedia atau WhatsApp Anda untuk terhubung dengan customer service. Contoh lain jika Anda seorang fotografer, Anda juga dapat membuat halaman arahan dengan beberapa tombol CTA seperti halaman portofolio Anda, situs web Anda, masterclass Anda (jika Anda menjual kelas fotografi online).

Banyak software saat ini menawarkan solusi freemium untuk landing pages dan halaman arahan. Contohnya saja ada plug-in seperti Linktree atau micro landing page-nya ContactInBio yang sudah berfungsi sangat baik pada tampilan mobile. Berita bagus lainnya, kedua platform ini menawarkan paket gratis.

Landing page Instagram

Link langsung ke fitur chat

Nah, beberapa pelanggan mungkin lebih suka mengobrol dengan CS online shop atau admin ((khususnya warga Indonesia ya) daripada berkomunikasi melalui telepon, menggunakan pesan langsung (DM) di Instagram ataupun lewat email.

Jika Anda adalah perusahaan yang berorientasi pada pelayanan yang baik biasanya Anda juga sudah memiliki software web chat seperti Live Chat, Drift, atau platform obrolan web lainnya. Nah, jika Anda menggunakan fitur web chat sebagai salah satu saluran untuk berkomunikasi dengan pelanggan, Anda juga dapat membuat link atau tautan langsung agar pelanggan Anda dapat meng-klik link tersebut untuk langsung terhubung dengan Anda di ruang chat.

Jika Anda menggunakan WhatsApp sebagai platform chat untuk terhubung dengan audiens Anda, Anda juga dapat membuat tautan langsung (direct link) daripada menuliskan nomor telepon Anda di bio Instagram yang tidak bisa disalin.

Tujuan membuat link langsung ini adalah untuk memudahkan prospek atau pelanggan Anda untuk segera menghubungi Anda. Dengan mengeklik tautan,chat dengan orang tersebut secara otomatis akan terbuka.

Untuk menghubungkan direct link atau tautan langsung fitur web chat Anda, Anda perlu menghubungi pihak platform web chat Anda untuk memberikan kode html atau link langsung (karena ini tergantung platform yang Anda pakai). Tetapi jika Anda menggunakan WhatsApp, baik akun WhatsApp bisnis maupun personal, Anda dapat membuat link chat langsung dengan cara berikut

Rumus link chat langsung WhatsApp: https://wa.me/nomorWhatsAppAnda

Contoh :
Misalnya, nomor WhatsApp Anda adalah + 62821XXXXXXX
Maka, tautannya seharusnya menjadi https://wa.me/62821XXXXXXX

Demikianlah langkah-langkah dan beberapa tips yang bisa saya rekomendasikan untuk Anda untuk memulai akun profesional Anda di platform Instagram untuk menjangkau lebih banyak audiens. Jika Anda memiliki saran lainnya tentang bagaimana cara mengoptimalkan platform Instagram untuk bisnis, silahkan berbagi di kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba dan salam sukses!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *