Panduan Lengkap Cara Menaikkan Follower Instagram dengan Aman lewat Software Automation

CARA CEPAT MENAIKKAN FOLLOWER INSTAGRAM

Halo teman-teman Marketing Online! Beberapa waktu lalu saya sempat membahas soal aktivitas marketing di Instagram dan sepertinya banyak dari teman-teman yang tertarik dengan beberapa tips dan trik sederhana, seperti mengoptimalkan fitur link in bio dan beberapa hal lainnya. 

Sebelumnya saya juga sempat berdiskusi dengan sahabat karib saya, Ivana Natasha, salah satu founder Yuku Hama soal ads dan perkara follower di berbagai platform untuk bisnisnya yang lain. Hal ini membuat saya ingin membahas soal perkara followers di Instagram. 

Jika Anda membaca ini sekarang, ada kemungkinan lebih besar bahwa Anda mungkin mencari informasi untuk mengembangkan akun Instagram Anda (atau akun klien Anda). Tidak hanya informasi sederhana seperti menumbuhkan Instagram Anda secara organik, tetapi Anda mungkin mencari apakah ada kemungkinan untuk sedikit meng-hack sistem untuk menumbuhkan follower akun Anda. Adakah cara tercepat, termudah dan tidak memakan waktu yang panjang untuk mendapatkan follower?

Jawabannya ya, tentu saja ada cara yang cepat, mudah, instan dan otomatis. Akan tetapi, ada pula resikonya. Seperti investasi, high risk high return. Anyway, Anda mungkin perlu membaca artikel lengkap ini untuk mengetahui risiko yang mungkin terjadi dan bagaimana cara menggunakan trik ini dengan aman (versi 2020).

Baca juga: 10+ Cara Menaikkan Follower Organik di Instagram

Salah satu cara untuk menumbuhkan akun Anda adalah menggunakan bot Instagram dan berlangganan software yang menawarkan otomatisasi untuk Instagram. Nah, apa sih bot Instagram itu?

Apa itu bot Instagram?

Bot Instagram adalah bot yang dirancang untuk membantu akun Anda melakukan tindakan praktis seperti memberikan like, berkomentar, dan mengikuti akun lain di Instagram melalui proses targeting dan otomatisasi. Tindakan-tindakan ini adalah tindakan yang dilakukan sebagian besar pengguna Instagram setiap hari (following, liking, dan memberi komentar), tetapi kalau Anda tidak mengotomatisasi kegiatan ini, alias melakukannya secara manual, Anda tentu saja harus menghabiskan sebagian besar waktu Anda.

Keberadaan bot instagram ini dan layanan bot sebenarnya dapat membantu Anda untuk mendapatkan follower dalam waktu yang lebih singkat daripada mengerjakannya secara manual.

Wait! Strategi bot ini bisa berhasil JIKA ANDA MEMILIKI STRATEGI TARGETING DENGAN TEPAT. Yang dilakukan adalah, Anda dapat memasukkan parameter, seperti tagar (hashtag) atau memilih akun tertentu untuk menargetkan follower mereka dan kemudian bot akan melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Beberapa bot paling populer untuk Instagram atau layanan otomatisasi adalah Jarvee dan Instaboss. 

Instagram ‘benci’ dengan layanan bot Instagram 

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, jika Anda menggunakan bot instagram atau software otomatisasi di Instagram ini resikonya tinggi karena Instagram benci dengan layanan bot ini. Jadi, jika Anda ketahuan menggunakan bot instagram, akun Anda bisa terkena suspend atau mungkin di-block oleh platform.

Lah, kenapa Instagram benci dengan layanan software otomatisasi dan bot Instagram? Jawabannya sungguh sederhana, ini karena soal perduitan saja. Karena ini adalah platform Instagram, Instagram ingin me-monitize platform mereka sendiri dengan menjual Instagram Ads. Jika mereka ‘memperbolehkan” layanan bot tentu saja uang yang harusnya masuk ke kantong Instagram, jadinya masuk ke penyedia layanan Instagram bot dan automation software. Monopoli bisnis? Ya, iya dong. Suka-suka Instagram, itu platform-nya dia juga. 

Instagram selalu meng-update dan merubah algoritmanya setiap tahun untuk mempersulit kegiatan otomatisasi aktivitas setiap akun di platform. Yang paling terakhir itu update-nya di tahun 2019, dimana Instagram menyertakan pengurangan batas aktivitas sampai tingkat per jam dan harian hingga lebih dari setengahnya algoritma sebelumnya, dan penambahan kondisi atau skenario untuk aktivitas yang mereka anggap sebagai ‘tindakan spam’.

Sampai di sini kalian paham nggak penjelasannya? Saya kasih contoh ekstrem dulu ya biar tidak terlalu bingung. Misalkan nih kalian punya akun instagram dan biasanya sehari bisa scrolling Instagram selama 5 jam. Dalam waktu 6 jam itu kalian bisa me-like 300 postingan, mungkin follow 100 akun, unfollow 50 akun dan nge-DM 200 akun. Setelah update di pertengahan 2019 (kalau tidak salah, Juni-Juli) aktivitas ini sudah dianggap spam dan akun kalian bisa di suspend. Apa menurut kalian normal kalau akun kalian tiap hari follow 100 akun,unfollow 50 akun, dan nge-DM 200 akun? Manusia enggak punya kerjaan mana yang nge-DM 200 akun tiap hari? 

Nah, perilaku yang tidak ‘terasa’ seperti manusia normal ini dianggap algoritma Instagram yang baru sebagai bot. Mungkin tidak sih ada orang yang nge-DM 200 orang tiap hari? Mungkin saja! Tapi algoritma Instagram akan langsung ‘menandai’ orang tersebut sebagai akun yang ‘suspicious’.

Algoritma Instagram akan menyingkirkan akun apa pun yang menunjukkan tanda spam atau bot. Misalnya, Following massal atau unfollow massal dalam waktu singkat adalah salah satu tanda spammer yang diketahui. Pertama, Anda akan diblokir sementara hingga 48 jam dan mungkin saja bisa membuat Instagram mem-banned akun Anda secara permanen.

10 software Instagram bots terbaik untuk menaikkan follower Anda

Saat ini terdapat banyak software yang dapat membantu Anda mengembangkan audiens Anda, terutama dalam platform Instagram. Berikut beberapa software yang berguna untuk mengelola akun Istagram Anda dengan proses automation.

1. Jarvee

jarvee

Jarvee adalah alat otomatisasi berbagai akun media sosial, salah satunya adalah Instagram. Secara khusus, Jarvee memungkinkan pengguna Instagram memiliki visibilitas yang lebih baik di akun mereka sama seperti software lainnya. Dengan Jarvee, pengguna dapat merencanakan konten mereka, menggunakan fitur penjadwalan konten yang tentu saja membantu dalam hal menghemat waktu. Untuk mendorong keterlibatan (engagement) pelanggan, ada opsi untuk mengirim pesan otomatis ke follower baru. Selain itu, fitur Jarvee juga memungkinkan untuk mem-follow pelanggan secara otomatis. Penggunaan fitur hashtag memudahkan platform untuk menargetkan audiens juga. Jarvee juga dapat menghapus posting lama yang tidak memiliki efek yang diinginkan.

2. Ingramer

ingramer

Ingramer adalah software yang memberi pengguna Internet visibilitas di Instagram. Aplikasi ini menggunakan filter yang cukup cerdas untuk menghasilkan like dan kegiatan follow secara otomatis. Filter lanjutannya juga memungkinkan penargetan yang lebih baik. Filter Ingramer juga memungkinkan Anda untuk meng-unfollow akun yang dianggap tidak sesuai menjadi target audiens Anda. Dengan Ingramer, user dapat menjadwalkan postingan mereka untuk menghemat waktu. User dapat mengikuti perkembangan akun Instagram mereka menggunakan fitur analisisa statistik. Mengenai keamanan, Ingramer menjamin perlindungan akun dan memastikan kerahasiaan data yang sifatnya sensitif.

3. Combin

Combin adalah salah satu alat pemasaran Instagram yang membantu meningkatkan jumlah follower. User memiliki opsi untuk menjadwalkan postingan mereka agar bisa menghemat waktu. Combin juga memudahkan dalam mengelola akun Instagram, sehingga user dapat mengelola hingga 15 akun dari satu komputer. Combin juga memungkinkan usernya dalam melacak kemajuan akun yang mereka kelola. Dengan menggunakan Combin, user dapat melihat jumlah follower, jumlah like dan jumlah komentar. Software ini menggambarkan aktivitas akun pengguna menggunakan alat analisis statistik. Opsi pencariannya menggunakan fungsionalitas yang lebih canggih untuk memberikan hasil pencarian yang lebih efisien.

4. Social Captain

Social Captain

Social Captain membantu para penggunanya untuk mengelola akun Instagram mereka agar lebih optimal. Terdapat fitur yang bisa memungkinkan Anda secara otomatis mengirim pesan DM yang dipersonalisasi ke follower baru. Software ini ideal untuk akun bisnis atau UKM yang ingin memiliki visibilitas lebih, apa pun sektornya. Social Captain juga cocok untuk influencer yang mencari follower baru. Interface platform ini sangat ramah pengguna dan gampang penggunaannya sehingga tidak akan begitu kesulitan. User dapat mengikuti perkembangan akun mereka secara real time di dasbor. Dengan otomatisasi, melakukan aktivitas following, unfollow, like dan memberikan komentar menjadi jauh lebih mudah.

5. Instazood

instazood

Instazood adalah software otomatisasi Instagram yang memudahkan untuk mendapatkan follower dan likes di Instagram. Perangkat lunak ini menawarkan banyak filter serta pengaturan personalisasi untuk meningkatkan jumlah follower Instagram. Untuk menyenangkan usernya, alat ini tersedia di berbagai display, seperti desktop, mobile, dan versi tablet. Instazood memberi penggunanya layanan customer service dan support yang sangat responsif. Mereka juga dapat merencanakan penjadwalan pada tiap postingan berupa teks, gambar, dan menambahkan tagar khusus untuk menargetkan audiens tertentu. Keuntungan lain dari Instazood adalah software ini tidak perlu diunduh, tetapi dapat digunakan real-time versi web.

6. Social Sensei

Social Sensei

Social Sensei adalah tools pemasaran Instagram yang dirancang untuk meningkatkan audiens Anda. Tool ini bertujuan untuk memberikan lebih banyak visibilitas kepada user akun. Perangkat lunak ini juga cocok untuk influencer yang ingin mendapatkan lebih banyak keterlibatan dari pengikut mereka. Baik brand yang sudah terkenal ataupun brand kecil, Social Sensei bisa membuat akun Anda dikenal di Instagram. Mengenai keamanan, data pribadi user juga dilindungi oleh Social Sensei. Untuk memanfaatkan layanan Social Sensei, Anda tidak perlu memberitahukan password Instagram Anda.

7. Kicksta

Kicksta

Kicksta adalah salah satu marketing tools praktis yang bertujuan membantu pengguna mendapatkan lebih banyak visibilitas di Instagram. Berkat otomatisasi, perangkat lunak ini mendapatkan keterlibatan (engagement) dengan follower yang lebih bermakna. Faktanya, ada fitur like otomatis dan fitur follow otomatis yang mempromosikan interaksi antar pengguna. Kicksta juga dapat menargetkan audiens tertentu yang sesuai dengan harapan usernya melalui tagar atau hashtag. Selain itu, platform ini juga menawarkan kemungkinan kepada penggunanya untuk mengikuti perkembangan akun mereka di dasbornya.

8. BigBangram

BigBangRam

BigBangram membantu pengguna menghasilkan lebih banyak follower di akun Instagram penggunanya. Perangkat lunak ini memungkinkan postingan yang dijadwalkan beberapa minggu sebelumnya yang membuatnya lebih mudah untuk mengelola akun. Generator hashtag memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memperluas audiens mereka. Seiring waktu, akun Instagram akan mendapatkan banyak like dan follower. BigBangram memudahkan pengelolaan banyak akun dengan banyak fitur otomatisasi. Opsi mengikuti (follow) otomatis memungkinkan penggunanya untuk mem-follow akun target audiensnya. Untuk mempertahankan follower baru, terdapat fitur untuk mengirim pesan otomatis yang bisa dipersonalisasi.

9. Instato

Instato

Instato adalah salah satu software otomatisasi Instagram untuk aktivitas marketing. Berkat fitur Instato, pengguna dapat merencanakan publikasi mereka beberapa hari sebelumnya untuk menghemat waktu. Konten yang dijadwalkan dapat berupa teks caption, foto, atau bahkan video. Selain itu, Instato memudahkan untuk melacak kemajuan akun Instagram dengan statistik yang sangat detail. Fitur lanjutan Instato juga menawarkan kemungkinan memberikan like secara otomatis. Selain itu, fitur hashtag memungkinkan pengguna menargetkan audiens mereka dengan lebih efektif.

10. InstaBoss

InstaBoss

InstaBoss adalah aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan pengelolaan akun Instagram. Software praktis ini menjamin visibilitas yang lebih baik bagi pengguna. Software automation ini sangat ideal untuk para pemula, influencer yang mencari follower, atau brand yang mencari audiensnya di Instagram. Dengan penargetan yang cerdas, user akan mendapatkan follower yang sesuai dengan harapan mereka (follower aktif dan memiliki engagement yang baik pula). Instaboss juga menawarkan fitur penjadwalan post dan juga story Instagram. Software ini memungkinkan untuk secara otomatis memberikan like, komentar kepada akun lain sesuai dengan filter yang ditentukan pada pengaturan akun di dalam platfrom. Instaboss juga menghormati privasi penggunanya dan menjamin keamanan data.

Bagaimana cara menggunakan bot Instagram atau otomatisasi Instagram dengan aman?

Dalam beberapa tahun terakhir dan setelah Instagram memperbarui algoritmanya, menggunakan software otomatisasi secara aman menjadi hampir tidak mungkin. Algoritma Instagram akan segera mendeteksi  aktivitas Anda seperti bot dan Anda akan diblokir. Solusi alternatif terbaik adalah meng-hire manajer akun Instagram untuk mengelola akun atas nama Anda atau mendaftar ke platform otomatisasi instagram dengan bantuan bot dengan sangat hati-hati.

7 tips menggunakan bot Instagram dengan aman

Berikut adalah beberapa cara aman versi Tahun 2020 untuk mengotomatisasikan akun Istagram Anda dengan aman:

Selalu menyertakan informasi jelas di profil Instagram Anda

Upload foto profil, tambahkan deskripsi menarik di bio, berikan call to action pada link di bio dan postinglah beberapa gambar, minimal 4-6 postingan untuk akun yang baru saja dibuat.

Konfirmasikan nomor telepon Anda dan verifikasi alamat email Anda

Pastikan untuk selalu mengkonfirmasi dan memverifikasi nomor telepon dan alamat email Anda setelah membuat akun Instagram. Banyak kejadian yang menunjukkan bahwa Instagram cenderung mem-banned atau mem-block akun Instagram aktif yang hanya memiliki konfirmasi email tanpa verifikasi nomor telepon. Jadi, pastikan akun Instagram Anda memiliki email dan nomor telepon. Satu akun saya pernah di banned dan di-block oleh Instagram karena hal ini jadi tips kedua ini adalah belajar dari pengalaman saya terdahulu.

Jangan langsung memulai otomatisasi pada akun Instagram Anda baru saja Anda buat.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan saat membuat akun instagram baru? Nah, semua pakar yang jago Instagram mungkin memberi tahu Anda hal yang sama sejak update Instagram tahun lalu. Dan tips yang mereka berikan adalah memulai aktivitas di akun Anda dengan perlahan dan usahakan untuk menargetkan follower yang tepat se-normal mungkin.

Contohnya, jika Anda adalah akun gym Muay Thai, Anda mungkin ingin menargetkan pengikut akun Muay Thai serupa atau orang-orang yang tinggal di dekat area gym Anda. Atau targetkan berdasarkan hashtag.

Untuk tips ini, Anda perlu menumbuhkan akun Instagram Anda secara alami selama 2 bulan pertama dengan mengikuti akun yang terkait atau mungkin bisa menjadi audiens target Anda dan juga menyukai dan mengomentari posting mereka. Lakukan secara organik, sealami mungkin.

BACA JUGA: Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram Beserta Tips Praktis

Konsisten untuk selalu mem-posting konten di akun Instagram

Aktif dalam berinteraksi dengan orang lain di platform Instagram tetapi tidak pernah memposting konten apapun di platform Anda bukanlah hal yang disukai Instagram. Anda tidak perlu mem-posting setiap hari atau bahkan dua hari sekali, yang terpenting adalah konsistensi untuk selalu memberikan konten. Setelah Anda membuat jadwal posting reguler yang nyaman, cobalah sebaik mungkin untuk mempertahankannya. 

Memang akan sangat baik jika Anda selalu memiliki konten untuk di-publish dan bahkan beberapa pakar jago Instagram menyuruh Anda posting 2-3 post per hari. Tentu saja itu benar. Tapi untuk akun pemula yang konten juga masih sedikit, cobalah untuk memiliki konsistensi dalam memposting konten di Instagram Anda dengan menjadwalkan konten.

Gunakan proxy saat melakukan aktivitas otomatis lebih dari satu akun

Sebelum tahun 2019, sangat dimungkinkan untuk mengelola 2 atau lebih akun Instagram dengan aman hanya dengan menggunakan satu alamat IP, tetapi sejak update terbaru, Instagram ‘diduga’ mulai merekam alamat IP dari mana saja akun masuk dan kemudian ‘meng-assign’ nomor IP tersebut ke akun. 

Jika terdapat banyak login terdeteksi dari IP yang sama atau ada akun telah login dari alamat IP yang dianggap tidak biasa, Instagram menganggap adanya tindakan yang mencurigakan. Upaya otorisasi berulang kali dan aktivitas keseluruhan dari beberapa akun berbeda dari alamat IP yang sama akan dilarang.

Jika Anda menggunakan software automation dan instagram bot untuk Instagram, coba periksa apakah ada fitur yang ditawarkan platform yang memiliki kemungkinan untuk mensimulasikan koneksi dari berbagai tempat menggunakan pengaturan proxy dalam aplikasi. Ini memungkinkan mengubah IP untuk semua akun pada saat yang sama, serta mengatur proxy yang berbeda untuk setiap akun. Biasanya software penyedia bot saat ini sudah menyediakan fitur proxy di dalamnya bagi Anda yang mengatur proses otomatisasi lebih dari satu akun.

Pelajari limit aktivitas unik Instagram akun Anda

Aktivitas massal seperti mem-follow, me-like, men-DM itu efektif dalam menumbuhkan audiens followers Instagram tapi dapat pula membuat akun diblokir jika dikelola secara sembarangan. Bahkan sebelum Anda mulai mengotomatiskan aktivitas, lebih baik tentukan batasan aktivitas Anda setiap harinya. 

Hitung berapa banyak pengikut, aktivitas me-like, dan komentar yang Anda lakukan dalam sehari secara manual, pertimbangkan informasi ini saat mulai menggunakan alat otomatisasi apa pun. Mulailah dengan perlahan, kurangi tindakan yang biasanya Anda lakukan, lalu secara bertahap mulai tingkatkan jumlahnya setiap beberapa hari. Pantau berapa banyak aktivitas yang diperbolehkan dan cobalah tidak terlalu agresif dan berada tetap di bawah limit. 

Instagram terus mencoba untuk menghentikan bot dan otomatisasi, jadi Anda wajib tampil dan beraktivitas secara alami di akun Anda agar tidak dilarang.

Perlu ditekankan bahwa LIMIT PASTINYA SANGAT BERGANTUNG PADA RIWAYAT AKUN INSTAGRAM ANDA.

Namun berikut ini adalah beberapa landasan limit di Tahun 2020 yang bisa menjadi gambaran untuk Anda. Angka-angka yang disebutkan di bawah ini hanyalah sebuah landasan dan bisa saja berubah tiap waktu karena update di Instagram.

Limit Following Instagram Tahun 2020

7-13 following akun per jam atau 100-150 followingt per hari diperbolehkan selama rentang waktu screen time Anda, yang akan menghasilkan maksimal 100-150 following per harinya.

Limit Like Instagram Tahun 2020

300-400 like per hari (dari akun yang diikuti). Saat menyukai postingan, pastikan Anda menyukai postingan dari akun yang Anda ikuti, jika tidak, Anda meningkatkan kemungkinan diblokir. Praktik terbaiknya adalah menyukai 3 kiriman terakhir dari setiap akun baru yang Anda ikuti, yang akan menghasilkan jumlah total 300-400 suka per hari.

Limit Komentar Instagram Tahun 2020

Untuk komentar, Instagram membatasi 2-5 komentar per jam atau 20-30 komentar per harinya. Berkomentar dibatasi menjadi 2-5 komentar per hari (20-30 per hari).

Limit DM Instagram Tahun 2020

Limit untuk DM dibatasi hingga 10 DM per jam dengan pertimbangan sangat ketat. Saat mengirim DM, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

  • Jangan pernah mengirim pesan yang sama persis ke banyak akun. (usahakan untuk mengirim beberapa versi wording kalimat yang berbeda saat menggunakan software otomatisasi)
  • Personalisasi isi DM Anda. (pastikan untuk memasukkan nama dan ID audiens Anda)
  • angan pernah melampirkan link ke DM Anda jika ini adalah interaksi pertama Anda dengan akun tersebut.
  • Jangan mengirimkan DM di saat yang bersamaan. Usahakan tentukan rentang waktu mengirimkan DM dengan settingan di software otomatisasi selama waktu screen time Anda.

Berhati-hatilah dalam memberikan komentar massal

Dari semua jenis aktivitas di Instagram, memberikan komentar sejauh ini adalah yang paling sensitif dalam hal otomatisasi dan keamanan. Untuk Anda yang juga menggunakan akun Instagram secara pribadi, Anda pasti pernah mendapatkan komentar spam dengan emoji api dan kalimat seperti ‘Wow!’ dari akun bisnis, akun jualan atau akun influencer. Dan mungkin jika komentar tersebut jatuhnya seperti hard selling, seperti, “Cek ig kami ya kak buat tur keliling Nusa Penida, ada diskon 50% selama 1 Agustus- 17 Agustus 2020!” 

Mungkin untuk beberapa user, tidak masalah mendapatkan komentar seperti itu di akun mereka. Bisa saja user tersebut menghapus komentar akun yang ‘hard selling’ di postingan mereka. Akan tetapi hati orang tidak ada yang tahu, bisa saja user tersebut langsung ‘me-report’ akun Anda karena tidak nyaman menjadi target hard selling.

Fitur report account ini bekerja lebih cepat dari algoritma Instagram. Akun Anda bisa saja langsung di-suspend dan mungkin jika banyak yang melapor, Anda bisa di-banned permanen.

Intinya di sini adalah menyesuaikan semua komentar untuk setiap akun dan situasi secara khusus, jika tidak, komentar yang tidak pada tempatnya dapat dilihat dan dilaporkan oleh penerima lebih cepat daripada oleh algoritma Instagram. Jangan berkomentar dengan maksud promosi dan hindari memberi komentar satu kata atau berkomentar dengan mengirimkan emoji love atau emoji api.

Hindari berperilaku seperti spam

Otomatisasi bukanlah satu-satunya alasan mengapa akun Instagram Anda dapat diblokir. Ada banyak kasus ketika pengguna berhasil melakukan otomatisasi aktivitas, tetapi akun tersebut tiba-tiba berhenti beroperasi. Ini bisa terjadi karena  profil Anda kosong, komentar yang Anda berikan samar seperti aktivitas bot.

Daftar perilaku menyerupai spam bisa saja panjang dan saya sendiri tidak dapat mengetahui semua kasus dan perilaku yang dianggap seperti spam oleh Instagram (soalnya saya tidak kerja di Instagram).

Tapi rumus saya untuk menciptakan ‘aturan’ tips nomor 8 ini adalah bertanya kepada diri Anda sendiri  ‘Apakah tindakan saya ini terlihat alami?’ sebelum Anda menerapkannya. Ingat, akun, konten, dan audiens Anda adalah hal yang Anda pertaruhkan dalam platform. Jadi, jika software otomatisasi dengan bot adalah cara yang ingin Anda tempuh, baiknya lakukan keseluruhan aktivitas di Instagram dengan hati-hati.

Apakah bot Instagram adalah cara terbaik untuk menambahkan follower akun Instagram Anda?

Sebagai orang yang percaya pada proses, saya pribadi tidak berpikir bahwa ini adalah cara yang ‘jujur’ untuk mendapatkan engagement secara alami (karena ini bot) tetapi sampai batas tertentu saya menyukai efisiensi waktu yang diberikan platform software automation untuk melakukan hal-hal lain daripada menghabiskan berjam-jam menggunakan instagram per hari.

Dan saya bisa mengerti jika Anda membutuhkan bot untuk melakukan berbagai aktivitas secara otomatis agar Anda mendapatkan follower, dan banyak like saat Anda membuat akun bisnis karena alasan psikologis (akun dengan pengikut yang banyak dianggap sebagai akun yang luar biasa dan terpercaya). Namun jika Anda mengenal saya secara pribadi dan secara jujur saya berpendapat bahwa, IT’S ALWAYS OK untuk memulai dari 0 follower dan 0 like, dan berusaha untuk meluangkan satu jam setiap harinya untuk menyukai postingan orang lain dan dengan tulus memberikan komentar yang relevan dengan post tersebut, mem-follow, serta membuat konten yang bagus untuk mengembangkan akun Anda.

Hasil yang Anda peroleh dengan strategi penargetan dan platform otomatisasi yang Anda gunakan mungkin berbeda satu dengan yang lainnya. Jika strategi dan instagram bot Anda lakukan dan berhasil untuk Anda, maka strategi ini adalah cara terbaik tetapi tak jarang menggunakan bot membuat akun Anda mendapat suspend atau mungkin di-blokir. Jika sudah begini, tentu saja strategi instagram bot menjadi tidak aman. 

Jadi, untuk pertanyaan terakhir ini, saya serahkan kembali kepada Anda untuk menjawabnya sendiri. Selamat merencanakan strategi Anda dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *