Last Updated on November 16, 2023 by Monika Tanaya
Kebutuhan akan logo, desain produk, desain untuk promosi, dsb menjadi kebutuhan suatu bisnis atau perusahaan, baik yang masih merintis maupun yang sudah berjalan lama. Bahkan, bisnis dan perusahaan di zaman digital ini pasti menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan awareness tentang bisnis, pengenalan produk/jasa, informasi terkait perusahaan dan produk/jasa, serta promosi kepada calon customer atau pelanggan. Agar mendapatkan perhatian dari audiens, maka perlu desain yang menarik perhatian mereka dengan bantuan dari tim kreatif perusahaan atau outsourcing desainer grafis.
Tim kreatif perusahaan biasanya terdiri dari desainer grafis (graphic designer) dan juga spesialis digital marketing agar hal-hal yang ingin disampaikan dapat tersalur dengan baik kepada audiens. Jika memerlukan bantuan dari desainer grafis perusahaan atau outsourcing, maka Anda harus menyerahkan creative design request form yang disediakan gratis dan siap pakai oleh Marketing Online Indonesia.
Apa itu Creative Design Request Form?
Creative design request form adalah sebuah formulir permohonan yang ditujukan kepada tim kreatif dan desain yang ada dalam struktur bisnis atau perusahaan. Namun, ada beberapa perusahaan yang juga melakukan outsourcing atau mencari vendor desainer grafis dari luar perusahaannya.
Fungsi Creative Design Request Form
Fungsi dari creative design request form adalah sebagai catatan dan bukti bahwa ada departemen atau tim yang meminta bantuan desainer grafis untuk membuat desain bagi keperluan departemen tersebut.
Formulir ini juga bisa membantu para desainer grafis perusahaan untuk membuat desain sesuai dengan permintaan dan keperluan (brief) departemen yang membuat permohonan.
Isi dari Creative Design Request Form
- Jika perusahaan membutuhkan bantuan vendor desainer grafis, maka harus ada poin yang menjelaskan tentang brand perusahaan tersebut.
- Memberi penjelasan singkat tentang tujuan dari materi yang akan dibuat.
- Menjelaskan tentang target pasar berdasarkan demografis, ketertarikan, dan juga tantangan yang akan dihadapi.
- Menjelaskan tentang keperluan desain grafis beserta ukuran dan kuantitasnya: apakah untuk media sosial, label produk, baliho, dsb.
- Terdapat guidelines atau panduan bagi desainer grafis.
- Referensi style atau gaya yang diinginkan dalam bentuk mood board atau gambar.
- Memberi link logo (jika sudah ada), identitas brand (font, warna brand, dsb) kepada desainer grafis.
- Kolom timeline yang berisi tanggal pembuatan awal, revisi, dan hasil final.
- Mencantumkan kesepakatan tentang bagaimana desain tersebut akan dikirim (misalnya lewat email, drive, dsb).
Creative Design Request Form Template Gratis dari Marketing Online Indonesia
Kami tahu bahwa Anda disibukkan oleh rencana bisnis, produk, atau layanan perusahaan Anda. Maka dari itu, Marketing Online Indonesia menyediakan template creative design request form gratis dan siap pakai untuk Anda:
Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membuat creative design request form bagi departemen kreatif di perusahaan Anda!
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!