15 Tools Untuk Cek Backlink dan Analisis Website Kompetitor!

Rekomendasi Tools Untuk Cek Backlink dan Analisis Backlink Website Kompetitor!

Istilah backlink mungkin sering Anda temukan bagi yang menggeluti bisnis online, terutama bagi pemilik website. Backlink memang sangat penting bagi website karena menjadi salah satu “senjata” yang akan mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari. Bahkan Anda dapat memanfaatkan backlink untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website.

Jadi gunakanlah backlink dengan sebaik-baiknya untuk merasakan manfaatnya secara efektif. Salah satunya adalah dengan mengecek backlink yang ada di dalam website Anda maupun website kompetitor dengan menggunakan backlink checker. Yuk simak caranya!

Apa Itu Backlink Checker? 

Backlink adalah sebuah tautan (link) menuju website Anda yang didapatkan dari website lain. Sebagai contoh, website A memiliki artikel kesehatan. Kemudian ada website B yang merupakan media berita menautkan link artikel dari Website A tersebut pada laman mereka. Jadi website A mendapatkan backlink dari website B.

Sehingga fungsi backlink checker adalah sebagai tools untuk Anda gunakan melihat website apa saja yang memberikan link ke website Anda.

Pentingnya Backlink Checker dalam Off Page SEO

Pengoptimalan website bisa dilakukan dengan dua cara yaitu SEO on-page secara internal dan SEO off-page secara eksternal. Mempromosikan website dengan membuat backlink adalah salah satu cara yang dilakukan dalam SEO off page.

Backlink adalah sebuah tautan (link) yang ditautkan di website lain yang akan mengarah ke website Anda. Meski begitu Anda harus hati-hati menaruh backlink karena jika terlalu banyak bisa dianggap spam oleh Google. Jadi usahakan untuk memberikan backlink yang berkualitas dan itu bisa dibantu dengan backlink checker. 

Keuntungan Menggunakan Backlink Checker 

1. Mendapatkan insights metrik tingkat domain (DA/ Domain Authority) dan halaman (PA/ page Authority) 

DA dan PA adalah salah satu metrik dalam SEO untuk menunjukan tingkat otoritas website Anda. Software backlink checker akan memberikan informasi reputasi domain website  lewat skor DA dan PA. Semakin tinggi nilainya berarti website Anda dianggap sebagai rujukan terpercaya yang otomatis meningkatkan ranking di mesin pencari. Untuk nilai DA ini, kisarannya 1-100 dengan skor 1 untuk website yang baru saja “lahir”. \

Baca juga: Panduan Lengkap Keyword Difficulty yang Perlu Anda Ketahui

2. Memantau pertumbuhan dan penurunan profil backlink 

Backlink Checker akan membantu Anda memantau apakah backlink yang Anda miliki masih berfungsi atau tidak. Backlink checker ini juga akan memeriksa berapa banyak backlink yang Anda dapatkan dalam kurun waktu tertentu dan berapa backlink yang hilang. 

3. Mendapatkan rincian lengkap profil backlink target 

Dengan memanfaatkan backlink checker, Anda dapat “memata-matai” bagaimana website kompetitor mendapatkan profil backlinknya. Data backlink domain tersebut bisa berupa data website mana saja yang memberikan backlink ke sana,  berapa domain total yang mengarah ke kompetitor dan apa statusnya, berapa peringkat Alexa maupun PageRank.

4. Mendapatkan estimasi trafik organik ke setiap halaman backlink & referal domain

Anda bisa mendapatkan informasi tentang jumlah lalu lintas, sumber trafik, dan lainnya  dari backlink dan referal domain dengan menggunakan backlink checker. Lebih spesifiknya adalah  jumlah pengunjung organik atau yang akan Anda dapatkan dari mesin pencari dan juga untuk mengevaluasi apakah backlink dan referal Anda efektif atau tidak.

5. Melihat semua situs web yang tertaut ke target Anda dengan metrik seluruh domain

Metrik seluruh domain ini akan menunjukkan jumlah backlink yang masuk ke domain Anda, jenis dan kualitas backlink, dan juga backlink yang berasal dari situs web yang berbeda. Fungsinya dapat membantu Anda menentukan apakah domain Anda memiliki backlink yang berkualitas untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda.

6. Melihat halaman website yang paling banyak mendapatkan backlink/ ditautkan

Artinya adalah dengan jumlah backlink yang banyak maka menandakan bahwa halaman website tersebut populer dan dibicarakan oleh banyak website lain. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah lalu lintas dan visibilitas website.

7. Melihat rincian lengkap dari semua backlink 

Backlink checker dapat digunakan untuk meninjau data dan informasi yang berkaitan dengan website tertentu, termasuk sumber laman yang memberikan tautan ke sana. Dengan mengetahui rincian lengkap semua backlink tersebut maka Anda dapat melacak kinerja website dan mengidentifikasi masalah yang dapat diperbaiki.

8. Memungkinan Anda melakukan analisis backlink mendalam 

Melalui backlink checker maka Anda dapat melakukan analisis mendalam terhadap website sendiri maupun kompetitor, beberapa fitur yang bakal Anda dapatkan yaitu:

A. Jumlah DoFollow dan NoFollow

Backlink DoFollow banyak dicari oleh pemilik website untuk melakukan optimasi di SERP Google karena berperan penting meningkatkan ranking website. Sedangkan link nofollow adalah kebalikannya yaitu tidak diindeks oleh mesin pencari. Keduanya sama pentingnya.

B. Jenis anchor text

Dengan mengetahui jenis anchor text yang digunakan dalam backlink akan berguna untuk mengetahui kualitas backlink yang Anda bangun. Dengan backlink checker juga memungkinkan pengujian link yang mati yang penting untuk menganalisis strategi Anda.

C. Disavow Spam backlink

Disavow Spam backlink ini merupakan cara untuk menghapus backlink mengganggu dan tidak relevan yang dapat mempengaruhi SEO website. Anda dapat mengidentifikasi dan menghapus backlink yang tidak berguna dengan lebih cepat dan mudah menggunakan backlink checker.

9. Membuat laporan dalam format PDF, CSV dan Excel

Data dalam format PDF, CSV dan Excel akan memudahkan Anda karena memvisualisasikan data backlink secara rinci dan lebih gampang dipahami. Karena di sana mencakup informasi seperti URL backlink, jenis backlink, authority domain dan lokasi backlink. Jadi Anda dapat membandingkan backlink website sendiri dengan lainnya dengan lebih mudah.

15 Backlink Checker Tool yang Wajib Dicoba

Setelah mengetahui manfaatnya, kini Anda bisa mengecek kualitas dari backlink website kompetitor maupun website sendiri dengan backlink checker rekomendasi kami ini. 

1. SEMrush

Backlink checker SEMrush

SEMrush memiliki fitur yang cukup lengkap dan bisa berfungsi untuk melakukan riset keyword. Hasil analisisnya pun lengkap dengan saran jumlah kata dan jumlah backlink yang harus dipenuhi untuk berada di posisi teratas.

2. Majestic SEO

Backlink checker - Majestic backlink

Majestic menjadi tools backlink checker terpercaya lewat metriknya yang mampu memberikan analisis kualitas website berdasarkan strategi link building. Biayanya mulai dari USD 49,99/bulan tanpa free trial.

3. Ahrefs

Backlink checker - Ahrefs Backlink

Ahrefs memberikan banyak fitur ciamik yang bisa digunakan untuk menganalisa kompetitor sehingga membuatnya jadi tools populer. Biaya berlangganan beragam namun cukup mahal yaitu dimulai dari USD 99/bulan.

4. Ubersuggest

Backlink checker - Ubersuggest Backlink

Ubersuggest disukai karena performanya yang memuaskan meski gratis. Mereka memiliki produk berbeda yang disesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Selain itu ada pembaruan berita yang akan membuat Anda selalu update. Namun Ubersuggest tidak memiliki tools untuk analisis traffic. 

Jika ingin yang berbayar mulai dari USD 39/bulan tergantung pada jumlah lalu lintas yang Anda inginkan. 

5. Moz Pro

Backlink checker - MOZ Pro

Moz adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin tahu seberapa banyak backlink website kompetitor dan mengecek kualitas backlink berdasarkan metrik Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Tersedia masa uji coba gratis hingga 30 hari.

6. SEO Spyglass

Backlink checker - Seospyglass Backlink

Dikenal sebagai tools SEO yang memberikan data backlink website lain dengan cukup baik. Jadi, SEO Spyglass cocok untuk yang sedang menyusun strategi outranking website kompetitor. Tersedia versi basic yang gratis maupun profesional seharga USD 99/bulan.

7. LinkMiner (Mangools)

Backlink checker - LinkMiner Mangools

LinkMiner memiliki lebih dari 9 triliun data backlink yang sudah dianalisis. Anda pun bisa menganalisis backlink baru maupun backlink yang hilang dan fitur pendukung untuk analisis lebih mendalam. Paket berlangganannya mulai USD 29.90/bulan dan tersedia uji coba gratis 10 hari.

8. Sitechecker

Backlink checker - Sitechecker

Sitechecker mudah digunakan oleh pemula untuk meningkatkan performa website Anda. Hasilnya juga akurat dengan banyak fitur powerfull. Biaya berlanggananya terjangkau mulai USD 23/bulan.

9. Rank Signals

Backlink checker Logo - Ranksignals

Ranksignals cocok untuk Anda yang ingin cek backlink kompetitor, terutama untuk mendapatkan backlink yang sering mereka pakai di Google. Namun pemakaiannya terbatas dan harus login terlebih dahulu.

10. SEOreviewtools

Backlink checker - SEOreviewtools

Sebagai penyedia layanan utama SEO, seoreviewtools juga memiliki fitur backlink checker yang cocok untuk pemula. Selain itu juga ada fitur Free Google Rank Checker dan Broken link checker yang akan membantu analisa Anda. Layanannya tersedia gratis.

11. Buzzsumo

Digital Marketing tools - Buzzsumo

Buzzsumo memudahkan Anda dalam melihat backlink kompetitor hanya dengan mengetik keyword atau nama domain. Hasil pencariannya pun bisa dipilih mulai dari 24 jam hingga 5 tahun. Tersedia versi basic yang gratis dan upgrade USD 99/bulan.

12. All in one SEO (AIOSEO)

Backlink checker Logo - AIOSEO

All in One SEO adalah plugin SEO di WordPress yang juga dapat digunakan untuk mengecek backlink website Anda sendiri melalui fitur Link Assistant. Fitur tersebut dapat mengidentifikasi halaman yang tidak memiliki backlink dan memberikan rekomendasi pembuatan link internal. Berlangganan fitur Link Assistant dikenai USD 199.50/tahun.

13. Backlink Watch

Backlink checker - Backlinkwatch

Backlink Watch menyediakan semua tools untuk backlink checker yang mudah digunakan dan komplit. Tidak hanya mendapatkan jumlah backlink tapi juga konten di dalam tautan tersebut secara rapi dan detil. Semua layanannya tersedia gratis.

14. Open Link Profiler

Backlink checker - Open Link Profiler

OpenLinkProfiler bisa menjadi salah satu andalan bagi yang membutuhkan backlink checker gratis yang bisa mengecek link profile website apapun.

Meskipun fiturnya terbatas karena gratis namun beberapa tools-nya sudah mencukupi seperti mengetahui jumlah backlink dan memonitornya, ada metrik SEO dan mengidentifikasi link spam.

Nah sekarang Anda sudah tahu betapa pentingnya untuk rutin mengecek backlink website Anda maupun kompetitor menggunakan software backlink checker. Semoga 15 tools backlink checker yang kami rekomendasikan ini dapat membantu meningkatkan SEO website Anda. Nantikan terus info seputar digital marketing lainnya dari Marketing Online ya!

15. Smallseotools

Backlink checker - smallseotools

Meski menawarkan layanan SEO namun fitur backlink checker di smallseotools juga recommended. Anda bisa mengecek backlink kompetitor maupun anchor text distribution dan semuanya secara gratis

Penulis: Murti Rahayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *