Rekomendasi CRM Software Terbaik Untuk Pengembangan Bisnis Anda

Daftar CRM Software Terbaik Untuk Pengembangan Bisnis dan Toko Online Anda

Software CRM menawarkan berbagai fitur otomasi dan pengelolaan sektor relasi pelanggan yang memudahkan perusahaan. Paket layanan CRM merupakan bentuk digitalisasi perusahaan dalam kebutuhan hubungan pelanggan.

Berbagai software CRM umumnya dapat digunakan untuk menganalisa konsumen dan menyusun strategi pemasaran. Selain itu, beberapa sistem CRM juga dilengkapi dengan fitur otomasi untuk menjaga hubungan konsumen selalu berada dalam kondisi potensial.

Apa itu CRM?

Istilah CRM merupakan singkatan dari Costumer Relation Management (CRM). Secara harfiah, istilah tersebut dapat diartikan sebagai manajemen hubungan pelanggan. Dalam praktiknya, CRM merupakan software yang memiliki tujuan sesuai dengan namanya tersebut.

Di dalam aplikasi CRM, pengguna dapat mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan pelanggan. Hal tersebut beredar mulai dari strategi sampai dengan rutinitas interaksi dengan pelanggan.

27 Daftar Software CRM Terbaik untuk Bisnis Anda

Terdapat berbagai layanan CRM yang eksis saat ini. Masing-masing layanan dapat digunakan mulai dari gratis dan variasi biaya sesuai ketentuan pengembang.

Setiap CRM juga memiliki ragam paket aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan strategi penjualan pengguna. Terdapat klasifikasi penggunaan antara bisnis perorangan, kecil, mikro, menengah, hingga korporasi. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

1. Salesforce

contact management CRM Salesforce feature to manage leads and prospects

Salesforce adalah salah satu opsi CRM terbaik yang tersedia. Layanan Salesforce mengakomodir kebutuhan pemasaran, penjualan, manajemen transaksi, dan pelayanan pelanggan dengan fasilitas cloud.

Fasilitas yang dikembangkan Salesforce memungkinkan pengelola bisnis mendukung pelanggan tanpa batasan ruang dan waktu.

productivity measured by Salesforce CRM

Harga: 

Salesforce dapat digunakan mulai dari USD25 per pengguna per bulan. Namun penggunaan layanan Salesforce mengenakan tagihan tahunan atau setara USD300 per tahun.

Kelebihan:

  • Mengelola berbagai variasi data dengan efisien;
  • Penggunaan sangat mudah;
  • Sistem navigasi dan UI sangat baik;

Kekurangan:

  • Penurunan performa pada beberapa peran di dalam tim;
  • Pembelajaran fitur cukup memakan waktu;
  • Harga langganan cukup tinggi.

2. Copper

Dashboard - Copper

Copper merupakan pilihan CRM yang sangat mudah digunakan untuk berbagai keperluan bisnis. Fitur Copper dikembangkan untuk mengelola pelanggan potensial dan meningkatkan hubungan pelanggan.

Copper menawarkan sistem otomasi penjualan yang efisien. Layanan ini juga dapat diintegrasikan dengan fasilitas pendukung seperti Google Workspace.

Harga: 

Layanan Copper dapat dinikmati mulai dari biaya USD29 per bulan untuk satu pengguna. Paket minimum dapat mengelola hingga 2.500 kontak pelanggan.

Kelebihan:

  • Memiliki integrasi yang baik dengan fasilitas pendukung;
  • Pengelolaan dan pemakaian sangat mudah;
  • Terdapat fitur pemantauan email yang sangat efisien.

Kekurangan:

  • Klasifikasi kontak pelanggan tidak tersedia dengan baik;
  • Tampilan UI yang masih sangat bisa ditingkatkan;
  • Terdapat beberapa ruang pengembangan yang masih dapat ditingkatkan.

3. Bitrix24

Dashboard - Bitrix24 CRM

Bitrix24 menjadi layanan CRM dengan fitur dan aplikasi menyeluruh untuk berbagai kebutuhan bisnis. Di sisi lain, layanan Bitrix24 memungkinkan kendali penuh pada seluruh elemen pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan.

Pengguna dapat mengelola berbagai respon dari satu dashboard tanpa beralih dari satu aplikasi ke layanan lain. Bitrix24 membantu efisiensi kerja yang sangat signifikan.

Harga: 

Bitrix24 dapat digunakan mulai dari USD61 untuk lima pengguna pertama setiap bulannya. Layanan ini juga menawarkan biaya langganan lebih hemat hingga 35% untuk komitmen penggunaan tahunan.

Kelebihan:

  • Fitur lengkap kebutuhan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan;
  • Didukung ekosistem ERP yang menyeluruh termasuk HR dan operasional;
  • Biaya langganan per pengguna cukup hemat.

Kekurangan:

  • Kendala performa server;
  • Terdapat perbedaan antara aplikasi mobile dengan web;
  • Dokumentasi pengembangan kurang detail dan suportif pada pengguna baru.

4. Nimble

Dashboard - Nimble

Nimble menawarkan layanan CRM dengan optimasi dan dukungan lengkap. Tidak hanya CRM konvensional, Nimble juga menawarkan integrasi dengan berbagai layanan pendukung. Layanan ini juga dapat digunakan di berbagai platform, termasuk di perangkat mobile.

Nimble memungkinkan pengguna untuk mengembangkan model penjualan secara mandiri. Hal ini bermanfaat untuk membuat strategi yang unik dan berbeda dari kompetitor.

Harga: 

Nimble menawarkan langganan mulai dari USD25 per pengguna setiap bulan. Biaya langganan lebih ringan bisa didapat dengan komitmen layanan tahunan.

Kelebihan:

  • Memiliki fitur deteksi komentar negatif;
  • Memungkin terintegrasi dengan berbagai layanan pendukung;
  • Penggunaan sederhana dan ringan.

Kekurangan:

  • Pada fitur dan standarnya, Nimble tergolong cukup mahal;
  • Layanan pelanggan tidak terlalu responsif;
  • Beberapa pengembangan UI cukup kompleks.

5. Zoho CRM

Zoho CRM interface contact database

Zoho CRM menawarkan solusi menyeluruh kebutuhan pengelolaan pelanggan dan penjualan. Seluruh fasilitas data dan otomasi hadir dalam satu dashboar lengkap. Zoho CRM juga merupakan salah satu layanan yang memungkinkan modifikasi UI aplikasi.

Fasilitas tersebut memungkinkan Zoho CRM menjadi modul yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan yang berbeda. Zoho CRM juga menjadi salah satu layanan dengan dukungan Bahasa Indonesia terbaik.

Harga: 

Zoho CRM dapat digunakan secara gratis untuk pengguna dengan bisnis mikro. Layanan berbayar mulai dikenakan dengan biaya USD20 per pengguna per bulan. Tagihan Zoho CRM diberikan untuk penggunaan tahunan.

Kelebihan:

  • Mendukung modifikasi sesuai kebutuhan;
  • Tersedia fitur dan literatur berbahasa Indonesia;
  • Layanan menyeluruh dari hulu ke hilir.

Kekurangan:

  • Kekurangan integrasi dengan layanan pendukung lain;
  • Modifikasi modul CRM memakan waktu dan kurang efisien;
  • Kendala kecepatan respon dan proses data.

6. Pipedrive

Dashboard - PipeDrive for sales pipeline

Pipedrive merupakan CRM yang cukup berbeda dengan kebanyakan produk lainnya. Layanan ini memiliki fokus utama pada sales pipeline. Fitur utama Pipedrive adalah mengembangkan sales pipeline dan menyediakan dokumentasi untuk evaluasi yang efisien.

Pengembangan tersebut membuat Pipedrive benar-benar fokus pada aspek penjualan. Layanan ini juga memiliki dukungan integrasi yang baik dengan fasilitas penunjang seperti HubSpot dan GMail.

Harga: 

Layanan Pipedrive dapat digunakan mulai dari USD12,5 per pengguna setiap bulan. Paket Essential tersebut dapat menangani sekitar 3.000 transaksi.

Kelebihan:

  • Fokus pada pengembangan otomasi penjualan;
  • Berorientasi pada eksperimen penjualan;
  • Sajian data sederhana dan mudah dianalisa.

Kekurangan:

  • Memerlukan panduan lebih lanjut untuk pengembangan otomasi;
  • Layanan pelanggan tergolong kurang responsif;
  • Tidak tersedia bantuan teknis dari pengembang.

7. Microsoft Dynamics 365

Microsoft Dynamics 365 Sales Solutions

Microsoft Dynamics 365 merupakan bagian pengembangan perusahaan Microsoft dalam pasar CRM. Brand ini mengembangkan layanan dasar yang sederhana. Namun visi konektivitas menjadi aspek utama dalam berbagai aplikasi yang tersedia di dalam Microsoft Dynamics 365.

Pengembangan yang sederhana didasarkan pada UI dan UX yang umum dalam produk Microsoft lainnya. Hal tersebut memungkinkan proses adaptasi yang lebih singkat dan mudah.

Harga: 

Microsoft Dynamics 365 terdiri dari beragam aplikasi dengan tujuan yang berbeda. Produk manajemen penjualannya dibanderol mulai dari USD20 per bulan untuk setiap pengguna. Terdapat juga paket khusus bisnis kecil dan mikro dengan biaya mulai dari USD70 per bulan.

Kelebihan:

  • Integrasi dengan layanan Microsoft stabil dan mudah;
  • Layanan pelanggan solutif dan aktif.

Kekurangan:

  • Penggunaan awal yang lebih kompleks dibanding CRM lain;
  • Alur penggunaan aplikasi cukup kompleks;
  • Biaya langganan cukup tinggi dan memerlukan penanganan kompleks.

8. Freshsales

Dashboard - FreshSales

Freshsales adalah bagian dari produk aplikasi yang dikembangkan oleh tim Freshworks. Layanan ini menawarkan pengembangan otomasi penjualan yang berpusat pada pertumbuhan pelanggan.

Layanan ini dapat diintegrasikan dengan berbagai tools umum lain seperti GMail, Slack, dan PayPal. Selain itu, Freshsales juga mengedepankan pengembangan dashboard minimalis dengan paket informasi sederhana.

Harga: 

Layanan Freshsales dapat digunakan secara gratis. Terdapat paket berbayar mulai dari USD18 per pengguna dengan sistem tagihan bulanan.

Kelebihan:

  • Harga langganan fleksibel dan terjangkau;
  • Desain minimalis dan sederhana;
  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai tools modern dan konvensional.

Kekurangan:

  • Dukungan pelanggan kurang suportif dan lamban;
  • Tidak tersedia sistem notifikasi efektif;
  • Dokumentasi dan panduan penggunaan kurang membantu.

9. HubSpot CRM

Dashboard - Hubspot CRM

HubSpot CRM merupakan layanan pengelolaan basis pelanggan, pemasaran, dan layanan konsumen yang menyeluruh. Tidak hanya itu, HubSpot juga sejatinya merupakan sebuah paket pengelolaan bisnis dari hulu ke hilir.

Anda dapat fasilitas layanan pengelolaan pelanggan, penjualan, dan layanan konsumen dalam paket terpisah. Namun terdapat juga paket menyeluruh yang sudah mencakup fasilitas operasional dan CMS.

Harga:

HubSport CRM dapat digunakan secara gratis. Layanan berbayar dibanderol mulai dari USD50 per pengguna untuk langganan bulanan. CRM Suite sudah termasuk modul pengelolaan pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, operasional, sampai dengan CMS.

Kelebihan:

  • Tersedia layanan gratis untuk pelanggan bisnis mikro;
  • Layanan ERP menyeluruh termasuk operasional dan konten;
  • Paket minimal dapat menanganani hingga 1.000 pelanggan;
  • Layanan terintegrasi dengan cloud yang efisien.

Kekurangan:

  • Adaptasi penggunaan cukup memakan waktu;
  • Pengembangan sistem otomasi yang cukup rumit;
  • Fitur penagihan yang sesekali mengalam kendala.

10. SugarCRM

SugarCRM

SugarCRM menawarkan layanan manajemen dari hulu ke hilir sebagai produk mandiri. Pengembangan tersebut memungkinkan manajemen penjualan, layanan pelanggan, dan penjualan memiliki fitur unggulan tersendiri.

Setiap pengguna dapat mengembangkan modul otomasinya sendiri. Hal tersebut menjadikan setiap pengguna dapat membangun strategi sesuai karakter bisnisnya.

Harga: 

SugarCRM tersedia dalam beberapa layanan terpisah. Paket terkecil mendukung kebutuhan dukungan penjualan dengan biaya mulai dari USD49 per bulan dengan minimal tiga pengguna.

Kelebihan:

  • Memudahkan identifikasi dan klasifikasi calon pelanggan potensial;
  • Menyediakan beragam template interaksi yang memudahkan;
  • Layanan pelanggan responsif dan solutif.

Kekurangan:

  • Biaya langganan sangat tinggi;
  • Layanan terpisah untuk setiap kebutuhan;
  • Perbedaan lisensi terkadang menghambat pembaruan langganan.

11. Mailchimp

contact management CRM mailchimp

Mailchimp menghadirkan layanan CRM dengan orientasi penuh pada karakter dan jenjang pelanggan. Layanan ini membantu identifikasi pelanggan secara jelas dan mendorong strategi yang relevan.

Mailchimp juga mengedepankan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Meski begitu, seluruh prosesnya didorong untuk dapat memasuki tahap otomasi yang sederhana.

Harga: 

Mailchimp dapat digunakan secara gratis untuk paket maksimal 500 kontak. Layanan berbayar pada paket Essentials berlaku mulai dari USD13 per pengguna setiap bulan.

Kelebihan:

  • Fitur terpusat pada personalisasi pelanggan;
  • Dashboard sederhana, minimalis, dan mudah digunakan;
  • Terdapat layanan menyeluruh sesuai jenjang bisnis dan kebutuhan.

Kekurangan:

  • Pengaturan awal terkadang dapat cukup kompleks bagi sejumlah pengguna;
  • Tahapan persiapan yang dapat memakan waktu dan cukup melelahkan;
  • Berorientasi pada email yang dapat terkategori sebagai spam.

12. Creatio

Dashboard - Creatio

Creatio menawarkan CRM dengan satu pusat data terintegrasi. Layanan ini juga memiliki dashboard yang minimalis dan efisien. Setiap pengguna dapat memodifikasi sistem otomasi yang dibutuhkan.

Creatio memfasilitasi penggunaan CRM tanpa membutuhkan kemampuan pemrograman dengan berbagai aplikasi siap pakai. Paket Creatio sudah termasuk dukungan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan.

Harga: 

Creatio dapat digunakan secara gratis untuk satu pengguna. Layanan Studio Enterprise menjadi opsi berbayar dengan biaya langganan USD25 per bulan untuk satu pengguna.

Kelebihan:

  • Layanan menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan;
  • Tersedia paket gratis untuk bisnis skala kecil;
  • Integrasi dan manajemen data sederhana dalam satu dashboard;
  • Otomasi dapat disesuikan dengan berbagai kebutuhan;
  • Dapat diaplikasikan di berbagai industri dengan modul studi kasus.

Kekurangan:

  • Minim integrasi ke layanan penunjang;
  • Beberapa perencanaan memerlukan kemampuan IT tingkat lanjut;
  • Fitur dan fasilitas belum selengkap layanan yang berkembang lebih awal.

13. Insightly

Dashboard - Insightly

Insightly merupakan CRM dengan dukungan integrasi ke berbagai layanan yang sangat luas. Meski begitu, pengelolaan data yang disajikan berada dalam satu dashboard yang rapi dan minimalis.

Insightly menawarkan pengelolaan pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan dalam basis proyek. Pengguna juga dapat leluasa menghubungkan berbagai platform lain ke Insighly.

Harga: 

Layanan Insightly dapat digunakan mulai dari USD29 per bulan untuk satu pengguna.

Kelebihan:

  • Integrasi layanan sangat luas dan efisien;
  • Dapat tetap mengelola pekerjaan di aplikasi yang lebih familiar;
  • Pengelolaan data berbasis proyek.

Kekurangan:

  • Paket terpisah dalam beberapa kategori dengan biaya masing-masing;
  • Biaya total untuk seluruh kebutuhan tergolong sangat tinggi;
  • Dukungan tim pengembang kurang responsif dan tidak selalu solutif.

14. Keap (Infusionsoft)

Dashboard - Keap (Infusionsoft)

Keap menawarkan solusi pengelolaan pelanggan untuk bisnis perorangan dan mikro. Layanan utama Keap berada pada otomasi penjualan dan pemasaran. Fitur Keap dikembangkan untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan secara personal.

Keap memungkinkan pengguna mengintegrasikan kontak privat menjangkau pelanggan. Dukungan ini memberikan pengalaman yang lebih dekat, namun tetap sistematis.

Harga: 

Keap dapat digunakan mulai dari USD129 pada paket minimumnya. Layanan Keap menghitung tagihan berdasarkan jumlah kontak yang dikelola. Pada paket terendah, Anda bisa mengelola hingga 1.500 kontak calon pelanggan.

Kelebihan:

  • Pelayanan pelanggan lebih personal dan dekat;
  • Dashboard sederhana dan mudah digunakan;
  • UI dan UX suportif pada penggunaan.

Kekurangan:

  • Biaya langganan sangat tinggi;
  • Potensi klasifikasi pesan sebagai spam;
  • Personalisasi yang tidak maksimal pada pengiriman pesan masal.

15. Quickbase

Quickbase CRM

Quickbase menawarkan sistem pengelolaan yang dapat dimodifikasi secara total. Layanan Quickbase juga mendukung integrasi dengan fitur-fitur pemasaran dan penjualan yang telah umum eksis di bidang yang sama.

CRM yang dikembangkan Quickbase merupakan bagian dari rangkaian ERP yang lebih kompleks. Optimasi dan manajemen Quickbase menawarkan sitem pengelolaan perusahaan yang sangat efisien dan berorientasi pada otomasi.

Harga: 

Quickbase dapat digunakan mulai dari USD30 per bulan untuk setiap pengguna. Namun Quickbase menetapkan minimum langganan 20 pengguna untuk sebuah tim.

Kelebihan:

  • Kostumisasi dan modifikasi total;
  • Integrasi dengan layanan pemasaran umum;
  • Didukung layanan menyeluruh dan berbagai modul studi kasus.

Kekurangan:

  • Harga langganan cukup tinggi untuk bisnis mikro dan menengah;
  • Beberapa pengembangan membutuhkan kemampuan teknis IT lanjutan;
  • Kekurangan dukungan dan dokumentasi dasar untuk pengguna.

16. Oracle NetSuite CRM

Oracle NetSuite CRM menyajikan satu set data yang mengakomodir beberapa kebutuhan. Layanan ini memadukan data prospek, pelanggan, mitra, dan vendor dalam satu relasi.

Oracle NetSuite juga menyajikan data pemasaran dan dukungan pelanggan secara aktual. Seluruh data tersebut dapat terbuka dan diakses semua anggota tim untuk kebutuhan strategi serta eksekusi teknis.

Harga: 

Oracle NetSuite memungkinkan kostumisasi paket langganan sesuai kebutuhan bisnis. Tagihan akan diperhitungkan berdasar sumber daya dan aplikasi yang digunakan.

Kelebihan:

  • Akses data aman, ringan, dan akurat;
  • Sistem navigasi aplikasi yang sangat mudah.

Kekurangan:

  • Tidak terdapat penyesuaian peran pengguna sesuai bidang dan fitur;
  • Filter dan manajemen data terlalu kompleks;
  • Terlalu banyak data menyebabkan kesulitan analisa strategi dan dampak.
  • Tampilan interface-nya tidak menarik.

17. Act! CRM

Dashboard - Act! CRM

Act! CRM dikembangkan untuk bisnis mikro dan menengah. Layanannya terbentuk dari empat pilar fitur, yakni manajemen pelanggan, saluran penjualan, otomasi, dan pengelolaan agenda.

Uniknya, Act! CRM memiliki dukungan akses offline yang hampir sama baik dengan versi online. Hal yang tidak banyak ditemukan pada CRM lain. Seluruh data dan manajemen tertata dengan rapi yang memudahkan pelacakan dan pengembangan strategi pemasaran baru.

Harga: 

Act! CRM dapat digunakan mulai dari USD30 per pengguna setiap bulannya. Terdapat opsi sinkronisasi data dan progres dengan biaya tambahan yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi dalam keadaan offline.

Kelebihan:

  • Dapat diakses secara offline;
  • Aplikasi sederhana dengan pengelompokkan data efisien;
  • Dioptimalkan untuk bisnis kecil dan menengah.

Kekurangan:

  • Kekurangan dukungan pengembangan yang kompetitif;
  • Terjadi beberapa kesalahan duplikasi data;
  • Beberapa integrasi sistem mengalami kendala.

18. Really Simple Systems CRM

Dashboard - Really Simple System CRM

Really Simple System CRM menyuguhkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan bisnis mikro. Fitur Really Simple System CRM termasuk dukungan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan dalam satu paket yang mudah digunakan.

Aplikasinya sangat sederhana dan mudah digunakan. Really Simple System mendukung bisnis untuk dapat memonitor pergerakan calon konsumen potensial dan penyusunan strategi bisnis.

Harga: 

Layanan Really Simple System dapat digunakan secara gratis untuk dua pengguna awal. Sementara paket berbayar mulai berlaku dari USD14 per bulan dengan opsi pengguna dan dukungan lebih menyeluruh.

Kelebihan:

  • Fitur menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, dan layanan;
  • Mendukung otomasi di seluruh sistem aplikasi;
  • Tersedia opsi gratis pada penggunaan terbatas.

Kekurangan:

  • Terdapat beberapa bug dalam sistem aplikasi;
  • Beberapa transisi data dan integrasi kadang mengalami kendala.

19. Apptivo CRM

Apptivo merupakan opsi CRM dengan dukungan kostumisasi sesuai kebutuhan dan skala bisnis. Layanan Apptivo memungkinkan pengguna melakukan modifikasi total kebutuhan CRM hingga sesuai dengan kebutuhan bisnis pengguna.

Apptivo dapat digunakan untuk mengelola calon konsumen, strategi penjualan, hingga database pelanggan. Layanan ini juga mendukung beberapa otomasi penjualan yang umum diperlukan.

Harga: 

Apptivo tersedia mulai dari USD10 per bulan untuk satu pengguna. Terdapat paket lebih tinggi dengan lebih banyak jumlah aplikasi yang dapat digunakan. Langganan tahunan juga mengenakan biaya lebih murah sekitar 20 persen.

Kelebihan:

  • Mendukung langganan bulanan;
  • Dapat dimodifikasi total sesuai kebutuhan;
  • Didukung berbagai aplikasi terintegrasi total.

Kekurangan:

  • Desain UI terlalu monoton;
  • Beberapa aplikasi bagian dari CRM berjalan kurang stabil;
  • Desain UX yang kurang mengakomodir kebutuhan pengguna.

20. Close CRM

Dashboard - Close CRM

Close CRM berkembang sebagai layanan CRM dengan tampilan minimalis dan pengelolaan data sederhana. Layanan Close CRM fokus pada pengguna bisnis yang sedang berkembang.

Fasilitas dalam Close CRM fokus pada hubungan konsumen dan pengulangan interaksi. Fiturnya juga dikembangkan untuk dapat digunakan secara mudah dan tidak terlalu kompleks.

Harga: 

Layanan Close CRM dapat digunakan mulai dari USD29 per bulan. Biaya langganan tahunan dikenakan lebih murah untuk berbagai paket.

Kelebihan:

  • Dashboard sederhana dan minimalis;
  • Fokus pada interaksi dan potensi penjualan;
  • Adopsi dan adaptasi sistem cenderung singkat.

Kekurangan:

  • Minim fitur otomasi;
  • Layanan terlalu sederhana dan minimalis.

21. Less Annoying CRM

Less Annoying CRM interface for contact management

Less Annoying CRM menawarkan layanan pengelolaan pelanggan sederhana dengan tampilan minimalis. Layanan Less Annoying CRM memiliki integrasi optimal dengan model pengelolaan data klasik seperti Excel dan CSV.

Less Annoying CRM juga memiliki desain dashboard yang sederhana dan minimalis. Pengembangan tersebut ditujukan untuk memudahkan pengguna beradaptasi dengan fitur yang dibuat semudah mungkin untuk digunakan.

Harga: 

Less Annoying CRM menawarkan satu paket penggunaan dengan biaya USD15 per bulan.

Kelebihan:

  • Tampilan sederhana;
  • Penggunaan mudah;
  • Dukungan data klasik dan sederhana;

Kekurangan:

  • Desain dashboard kurang dinamis dibanding layanan lain;
  • Minim fitur otomasi.

22. NetHunt CRM

Dashboard - NetHunt CRM

NetHunt CRM merupakan layanan yang menawarkan integrasi yang sangat sederhana. Layanan NetHunt dapat terhubung dengan baik ke GMail dan berbagai platform umum lainnya.

Hal tersebut memberikan pengalaman penggunaan layanan yang sangat menyenangkan dan mudah. Integrasi dengan layanan umum seperti Google juga membuat banyak proses otomasi berjalan lebih singkat.

Harga: 

NetHunt CRM dapat digunakan mulai dari biaya USD30 per bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan:

  • Dapat memilih opsi langganan bulanan;
  • Integrasi maksimal dengan layanan umum;
  • Dapat dimodifikasi secara bebasa dan berulang.

Kekurangan:

  • Beberapa layanan Google tidak terintegrasi secara maksimal;
  • Penggunaan awal cukup rumit dengan fungsi yang sangat kompleks.

23. Ontraport

Ontraport dashboard

Ontraport memiliki layanan pengelolaan pelanggan menyeluruh dari hulu ke hilir. Layanan ini membantu mengakomodir kebutuhan sejak interaksi perdana dengan calon pelanggan.

Ontraport juga mengedepankan sistem otomasi strategis yang dapat diukur dan dievaluasi dengan baik. Ontraport memungkinkan pengguna menguji berbagai model pemasaran secara fleksibel dan eksperimental.

Harga: 

Ontraport dapat digunakan mulai dari biaya langganan USD29 per bulan.

Kelebihan:

  • Dapat berlangganan dalam tagihan bulanan;
  • Didukung CMS dengan sistem drag and drop builder;
  • Cocok untuk kebutuhan eksperimental dan bisnis baru.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak data dalam laporan (termasuk uji coba);
  • Terjadi beberapa error minor dalam penggunaan;

24. Sage CRM

Sage CRM

Sage CRM menawarkan layanan yang fokus pada kualitas hubungan pelanggan. Hal tersebut diwujudkan dengan pengelolaan insight data konsumen yang strategis dan rapi.

Layanan Sage CRM juga mengoptimalkan manajemen data untuk dapat digunakan dalam kolaborasi tim penjualan yang terbuka. Tidak hanya pada penjualan, Sage CRM juga memerhatikan beberapa aspek yang berhubungan dengan bisnis secara umum.

Harga:

Sage CRM digunakan dengan sistem langganan mulai dari USD39 per bulan per pengguna. Namun biaya langganan tersebut diberikan secara tertutup dan dapat berbeda sesuai kapasitas bisnis. Sage CRM merupakan bagian dari rangkaian ERP dari pengembang yang sama.

Kelebihan:

  • Layanan menyeluruh di berbagai lini;
  • Integrasi dan layanan pendukung sangat lengkap;
  • Dukungan tim pengembang dan komunitas yang aktif.

Kekurangan:

  • Tampilan desain kurang interaktif dan dinamis;
  • Performa server layanan tergolong lambat.

25. Vtiger

Dashboard - Vtiger

Vtiger menawarkan CRM dengan penggunaan yang sederhana, mudah, dan efisien. Meski begitu, Vtiger merupakan layanan CRM dengan produk yang menyeluruh. Layanan Vtiger mencakup pemasaran, penjualan, hingga bantuan pelanggan.

Vtiger juga menawarkan manajemen data yang terpusat dalam satu ruang kerja. Data-data tersebut dapat ditransaksikan antara tim pendukung penjualan dengan lainnya secara bebas dan mudah. 

Harga: 

Vtiger dapat digunakan mulai dari layanan gratis. Opsi tersebut cocok untuk perusahaan baru yang beradaptasi dengan CRM. Tersedia juga paket lebih menyeluruh di dalam layanan Vtiger dengan biaya mulai dari USD20 per bulan per pengguna.

Kelebihan:

  • Tersedia layanan gratis tanpa persyaratan;
  • Layanan menyeluruh untuk kebutuhan manajemen konsumen;
  • Sentralisasi dan transparansi data;
  • Integrasi baik dengan layanan pendukung.

Kekurangan:

  • Tampilan UI kurang interaktif dan dinamis;
  • Beberapa bug minor dapat menggangu kinerja;
  • Transisi data dan proses berjalan lambat.

26. Zendesk Sales CRM

Zendesk Sales CRM sell

Zendesk Sales merupakan software CRM yang mengedepankan otomasi layanan pelanggan. Terdapat berbagai fitur bot dan layanan otomatis yang berkembang di dalam Zendesk Sales.

Layanan Zendesk Sales juga mengoptimalkan sentralisasi seluruh data audiens dan potensi penjualan. Hal tersebut memudahkan proses analisa dan penyusunan strategi lanjutan.

Harga: 

Zendesk mematok harga mulai dari USD19 per bulan untuk layanan penjualan. Sementara layanan yang lebih menyeluruh untuk kebutuhan bisnis dibanderol mulai dari USD49 per bulan. Seluruh tagihan pelanggan menggunakan sistem perhitungan tahunan.

Kelebihan:

  • Layanan dukungan pelanggan aktif dan responsif;
  • Dapat mengelola beberapa proyek dalam satu ruang kerja;
  • Memfasilitasi pemusatan data dan informasi dengan baik.

Kekurangan:

  • Dokumentasi pengembangan dan teknologi minim;
  • Tidak tersedia API untuk kebutuhan pengembangan lanjutan;
  • Layanan pendukung dan integrasi masih dapat lebih berkembang.

27. Monday CRM

Dashboard - Monday CRM

Monday merupakan layanan CRM yang menawarkan pengelolaan dan modifikasi sesuai kebutuhan. Layanan Monday dapat mengakomodir kebutuhan pengembangan saluran penjualan, pengelolaan calon konsumen, dan berbagai aktivitas pemasaran lain.

Monday juga dilengkapi dengan tampilan dashboard yang intuitif bagi setiap pengguna. Layanan ini mampu mengakomodir berbagai data pelanggan di tiap tingkatan menjadi lebih mudah dianalisa dan dikelola.

Harga: 

Monday dapat digunakan secara gratis untuk dua pengguna pertama dalam tim bisnis. Pada kapasitas tim yang lebih besar, Monday mengenakan biaya mulai dari USD10 per bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan:

  • Dashboard intuitif;
  • Dapat dimodifikasi berulang;
  • Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan layanan dan bisnis.

Kekurangan:

  • Sistem otomasi yang terkadang cukup kompleks;
  • Istilah CRM yang tidak umum digunakan dalam bidang pemasaran;
  • Memiliki banyak ruang pengembangan yang masih bisa dieksplorasi.

Penutup

Itulah ulasan 27 layanan CRM yang banyak digunakan di internet. Beberapa layanan dapat digunakan secara gratis dan mengakomodir kebutuhan dasar hubungan pelanggan pada skala bisnis perorangan serta mikro. Sebagian besar layanan menetapkan biaya mulai dari USD10 per pengguna setiap bulannya. Namun tidak jarang layanan tertentu menetapkan biaya beberapa kali lipat dari nominal tersebut. Pilih layanan CRM sesuai kebutuhan dan kapasitas.

Pilihan ditentukan dari ulasan, fitur, dan orientasi layanan. Tidak setiap bisnis memerlukan layanan CRM dengan harga termahal dan fitur paling lengkap. Beberapa bisnis bahkan hanya membutuhkan dukungan penyedia data saja.

Penulis: Iqbal Maulana Prihardianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *