Rekomendasi Email Marketing Tools Terbaik untuk Bisnis Anda

Rekomendasi Daftar Email marketing tools terbaik

Era digital menjadi tantangan sekaligus kesempatan emas bagi pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya, baik yang selama ini masih konvensional maupun yang ingin menjajal bisnis online.  Tidak hanya mengandalkan media sosial, Anda juga bisa lho memanfaatkan email untuk menunjang strategi marketing bisnis Anda. Diam-diam banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan email marketing lho, diantaranya menganalisis perilaku pelanggan dan meningkatkan penjualan. 

Tertarik untuk membuat email marketing sendiri? Yuk simak rekomendasi email marketing tools dari kami berikut ini agar email campaign bisa berjalan efektif dan meningkatkan loyalitas pelanggan di tengah ketatnya kompetisi bisnis.

Apa itu Email Marketing Tool?

Email marketing tools adalah software yang memungkinkan pengguna untuk mengirim email massal ke pelanggan dan kontak mereka. Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengirim pesan yang sebagian disesuaikan dengan kebutuhan individu dan mengirimkan iklan, promosi, dan pemberitahuan penting lainnya. Beberapa tool email marketing juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat respons dan melacak tingkat konversi serta menganalisis perilaku pelanggan.

Mengapa Anda Memerlukan Email Marketing Tool?

Email marketing tool dapat membantu memaksimalkan strategi pemasaran Anda dengan cara yang efisien dan efektif. Sebab email marketing  dapat menjangkau target lebih terarah/segmented dan memberikan sentuhan personal yang dapat meningkatkan respon mereka terhadap bisnis Anda. Selain mempertahankan kepuasan pelanggan dan loyalitas, berikut ini kegunaan email marketing tools terhadap bisnis :

1. Meningkatkan keuntungan bisnis dengan mempromosikan produk dan layanan melalui email

mempromosikan produk dan layanan melalui email marketing

Email marketing tools dapat membantu Anda mempromosikan produk dan layanan secara langsung melalui email yang sudah di kustomisasi sesuai tujuan campaign. Anda pun dapat menambahkan tombol untuk melakukan pembelian langsung, melampirkan voucher atau memberikan undian dalam email tersebut. Sehingga konversi penjualan lebih terukur dan terarah untuk meningkatkan profit bisnis.

2. Membangun hubungan lebih intens dengan pelanggan melalui email  yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka

meningkatkan kepuasaan pelanggan

Email marketing tools membantu Anda membuat email yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk membangun hubungan yang lebih intens dengan pelanggan. Lewat email marketing, Anda dapat mengirimkan newsletter kepada database pelanggan Anda. Ketertarikan mereka akan meningkat karena merasakan adanya kecocokan melalui kostumisasi berbasis data dari email marketing tools. Perasaan terhubung ini akan meningkatkan loyalitas mereka. Ingat, untuk menyesuaikan email dengan kebutuhan mereka, Anda perlu mendeteksi user Anda atau buyer persona Anda.

3. Mengukur, menganalisis, dan meningkatkan efektivitas email marketing Anda

Mengukur, menganalisis, dan meningkatkan efektivitas email marketing Anda

Software ini bisa membantu Anda menentukan berapa banyak orang yang membuka email Anda, berapa banyak yang mengklik tautan di dalamnya, dan berapa banyak orang yang membeli produk atau layanan Anda berdasarkan email yang Anda kirim. Mereka juga dapat membantu Anda dengan membuat daftar email yang berkualitas dan menargetkan pesan yang lebih tepat. 

4. Meningkatkan konversi dengan mengirimkan tawaran yang disesuaikan dengan pelanggan Anda

Hal tersebut dapat dilakukan melalui kemampuan email marketing tools dalam mengumpulkan data pelanggan dan menggunakannya untuk membuat tawaran yang tepat sasaran. Alhasil kemungkinan orang membeli produk atau layanan Anda lebih besar dibanding menggunakan platform lainnya. Pelajari juga tips membuat email dan newsletter yang menarik agar pelanggan dan prospek Anda konversi.

5. Mempromosikan bisnis Anda dengan mengirimkan tautan ke website dan media sosial Anda

Anda bisa mengkostumisasi konten email sesuai kebutuhan dengan menggunakan software email marketing. Itulah saat yang tepat untuk menambahkan tautan ke website, platform e-commerce maupun media sosial bisnis Anda yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan, pendapatan, dan profitabilitas.

6. Menghemat waktu dan uang dengan mengirimkan email secara massal

mengirimkan email secara massal

Dengan email marketing tools, Anda tidak perlu mengirimkan email satu per satu sehingga lebih hemat waktu dan uang. Pengiriman massal bisa dilakukan hingga ribuan email setiap bulannya, mudah bukan? Alat ini juga dapat membantu Anda mengukur dan menganalisis respon pelanggan untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Fitur yang Harus Dimiliki dalam Email Marketing Tool

Sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu email marketing tools yang banyak tersedia di digital, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan:

1. Mudah digunakan (Ease of Use)

Email marketing tools yang baik memiliki antarmuka intuitif yang mudah dipahami dan digunakan. Anda bisa menyesuaikan bagian konten email dengan fleksibel, termasuk dalam mengedit desainnya dan melakukan tes dan preview.

2. Harganya terjangkau/ sesuai budget Anda

Meski tersedia beragam paket dengan pilihan harga namun tetaplah memilih yang sesuai budget. Maksimalkan fitur yang diberikan paket sesuai budget Anda alih-alih memaksakan diri mengambil yang lebih mahal.

3. Deliverability

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim email dengan tingkat keberhasilan tinggi. Ini memastikan bahwa email Anda dikirim ke tujuan yang tepat.

Mengapa aspek ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih software email marketing? Karena setiap email yang terkirim, belum tentu masuk ke inbox penerima. Beberapa email malah banyak masuk ke folder spam/ junk mail. Karena IP yang memberikan email sudah dideteksi sebagai spammer. Nah, jika demikian, Anda perlu email marketing software yang menjamin bahwa email memiliki deliverability tertinggi dan sudah pasti email masuk ke inbox penerima.

4.  Email marketing template

Dengan adanya pilihan email marketing template maka akan semakin memudahkan Anda, terutama bagi yang pemula atau awam.

Pilihan template yang baik adalah yang dapat disesuaikan dengan jenis email yang akan dikirimkan seperti newsletter, promosi, dan lainnya. Selain itu juga dapat menyesuaikan tampilan email untuk beberapa perangkat seperti desktop, tablet, dan ponsel.

5. Memiliki CRM dan fitur marketing automation

Dengan menggunakan CRM software, Anda dapat mengirimkan email promosi dan lainnya dengan target yang spesifik sehingga fitur ini sangat penting. Sedangkan marketing automation berfungsi untuk mengatur dan menerapkan strategi pemasaran yang akan terus beradaptasi sesuai perubahan pelanggan Anda. Sehingga Anda lebih mudah memonitor tingkat respon pelanggan.

Baca Juga:

6. Memiliki Integrasi dengan software marketing populer lainnya

Email marketing tool yang bagus adalah tidak bisa berdiri sendiri. Pastikan yang Anda pilih terintegrasi dengan software penunjang bisnis digital seperti CRM, Google Analytics, dan lainnya. Sistem yang terhubung, akan memudahkan Anda dalam merekam semua aktivitas yang terjadi antara bisnis Anda dengan pelanggan.

7. Memiliki knowledge base yang terdokumentasi lengkap

Email marketing tool yang baik memiliki panduan yang terdokumentasi dengan baik yaitu untuk membantu para pengguna baru memahami dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan. Setidaknya memiliki dashboard yang intuitif dan mudah digunakan yang memungkinkan pengguna memahami dan melacak kinerja campaign mereka dengan cepat.

8.  Memiliki tim support yang baik

Karena semuanya akan dilakukan sendiri maka ketersediaan support team menjadi penting sekali bagi penyedia email marketing tools. Sehingga setiap masalah yang terjadi dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

9. Memiliki fitur keamanan dan tunduk pada aturan privasi

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa semua email yang dikirimkan dan diterima telah memenuhi semua aturan peraturan yang berlaku. Selain itu juga memungkinkan Anda untuk mengirim email yang aman untuk dibaca.

25 Email Marketing Tools Terbaik untuk Bisnis Anda

Email marketing tool yang baik tentunya memiliki fitur lengkap yang sudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digital marketer. Berikut 25 email marketing tools rekomendasi kami yang layak dipertimbangkan untuk memperkuat pemasaran online Anda.

1. MailChimp 

MailChimp

Bisa dibilang MailChimp adalah software email marketing yang paling populer. Mereka menganalisis miliaran email untuk disesuaikan dengan tujuan campaign bisnis Anda menggunakan AI. Tersedia versi gratis yang mampu mengirim hingga 12.000 email per bulan kepada 2.000 orang. Sedangkan biaya berlangganan termurah USD 13/bulan dengan pengiriman email tak terbatas.

2. HubSpot 

Dashboard - hubspot

HubSpot juga salah satu software email marketing yang banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap dan memiliki tim support yang handal. Harga berlangganan HubSpot berdasarkan jumlah kontak yang dimulai dari USD 50/bulan untuk paket Starter. Banyak marketer pemula yang menggunakan HubSpot terlebih dahulu sebelum menggunakan email marketing tools lainnya.

3. Drip

Drip termasuk software email marketing yang dapat diandalkan karena banyak fiturnya dan mudah digunakan. Kompatibel dengan berbagai CMS dan platform e-commerce dan dapat mengirim email dalam jumlah besar dengan mulus.

Harga berlangganan Drip dimulai dari USD 39/bulan untuk maksimal 2.500 kontak yang tersedia masa uji coba gratisnya selama 14 hari. Selanjutnya harganya bisa disesuaikan dengan kebutuhan jumlah kontak yang Anda inginkan.

4. SendinBlue

Dashboard - sendinblue

SendinBlue memberikan Anda fitur yang lengkap untuk menunjang strategi pemasaran Anda mulai dari pembuatan landing page, Drag-and-Drop Builder email dan pemantauan SEO. Namun keunggulan SendinBlue yang disukai penggunanya adalah memiliki plugin WordPress yang mulus. Sayangnya, software email marketing ini dikeluhkan loadingnya berat (lemot) 

Harga berlangganan SendinBlue dimulai dari USD 25/bulan dengan unlimited contact dan bisa mengirim 20 ribu email per bulan. Tersedia juga versi gratis dengan kuota 300 email per hari yang sudah dilengkapi dengan CRM.

5. Sender  

Dashboard - sender

Sender disukai karena memiliki antarmuka dan visual editor yang mudah digunakan pengguna pemula. Pengguna juga dapat mengkostumisasi desain  email dan mengelola daftar email dengan mudah. Namun tim supportnya dikeluhkan kurang memuaskan.

Sender memiliki biaya berlangganan sangat terjangkau yaitu USD 10/bulan dengan kuota 30 ribu email per bulan. Tersedia juga versi gratis selamanya namun memiliki “watermark” Sender.

6. Bitrix24

Bitrix24 email marketing

Bitrix24 bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang membutuhkan kolaborasi team. Fiturnya terintegrasi dengan CRM dan laporan analisisnya mendalam serta mendukung pengiriman SMS. Berbagai jenis konten yang Anda ingin masukkan ke dalam email marketing juga dapat dilakukan dengan Bitrix24. Meski begitu, fitur yang lengkap di Bitrix24 cenderung membuat pengguna bingung terutama bagi yang tidak terbiasa menggunakan kanban atau project management.

Berbeda dengan penyedia alat email marketing lainnya, Bitrix24 menerapkan harga langganan per jumlah team/kolaborator. Paling murah adalah USD 46/bulan untuk 5 pengguna dengan penyimpanan 24GB.

7. Benchmark

Benchmark memiliki keunggulan yang memikat pengguna seperti menyediakan fitur penargetan email yang beragam menggunakan menggunakan bahasa berbeda dan desain yang responsif. Namun sayangnya antarmuka software email marketing ini sedikit rumit bagi mereka yang baru menggunakannya.

Harga paket berlangganan yang diberikan Benchmark mulai dari USD 10/bulan dengan kuota 3.500 email yang sama dengan versi gratis. Namun versi berbayar ini memiliki tambahan fitur seperti landing page dan penjadwalan email.

8. Ortto (Autopilot) 

Melakukan email marketing tertarget dengan mudah dan cepat bisa dilakukan di Ortto. Fiturnya memungkinkan Anda untuk mengirimkan email dalam berbagai format, termasuk HTML, teks, dan gambar serta memilikii antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Kekurangannya adalah harganya relatif mahal dan team support yang kurang responsif. Paket berlanggan termurahnya saja USD 99/bulan mencakup 5 ribu kontak dengan 14 hari masa uji coba gratis.

9. GetResponse

Dashboard - getresponse

Sebagian dari Anda mungkin familiar dengan GetResponse karena banyak yang menggunakannya. Memang email marketing tools ini memiliki berbagai fitur ciamik termasuk pembuatan landing page, integrasi ke CRM dan e-commerce, pembuatan kuis dan analisis yang mendalam. Sayangnya harganya relatif agak mahal jika dibandingkan dengan software sejenis. Harga untuk layanan GetResponse bervariasi tergantung berapa banyak kontak Anda dan jenis layanannya. Harga dimulai dari USD 15/bulan untuk 1.000 kontak.

Baca juga: Review lengkap GetResponse Email Marketing dan Automation

10. MailJet 

Dashboard - mailjet

MailJet mendapatkan review cukup bagus sebagai email marketing tools yang komplit untuk marketer. Pengelolaan kontak dan segmentasinya bagus dengan dukungan berbagai bahasa dan fitur analitik yang memuaskan. Selain itu Anda dapat melakukan kolaborasi real time seperti GDocs di sini.

Kekurangan MailJet yang dirasakan pengguna adalah fitur otomatisasinya terbatas dan workflow-nya tidak dapat diedit jika sudah berjalan. Fitur segmentasi-nya juga terbilang kurang. 

Untuk harganya terjangkau mulai dari USD 15/bulan dengan kuota 15 ribu email tanpa batasan harian. Tersedia juga versi gratis dengan jatah 6 ribu email per bulan.

11. ConvertKit  

Dashboard - convertkit

ConvertKit  menyediakan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan sehingga pengguna mudah dalam mengelola kontak, membuat landing page, dan melakukan kegiatan email marketing lainnya. Support teamnya yang responsif juga bisa jadi pertimbangan Anda selain fitur integrasinya yang memuaskan. Namun email marketing tools ini tidak memiliki fitur penyegaran daftar kontak dan laporan yang kurang mendalam.

Harga ConvertKit berbeda tergantung pada paket yang Anda pilih. Paket basic mulai dari USD 29/bulan untuk 1.000 subscriber. Tersedia juga versi gratis untuk 300 subscriber.

12. MailterLite

Dashboard - mailterlite

MailterLite bisa jadi pilihan Anda sebagai software email marketing tools karena budget friendly yaitu gratis hingga 12.000 kontak. Penggunaannya pun mudah untuk pemula dan dilengkapi dengan fitur drag and drop untuk membuat desain email yang menarik. Anda juga bisa membuat formulir berlangganan pop-up menggunakan antarmuka drag-and-drop yang sama seperti yang Anda gunakan untuk newsletter. 

Tidak ada dukungan untuk pengoptimalan mobile menjadi catatan kekurangan MailterLite. Begitupun dengan dukungan untuk pengguna yang dirasa masih sangat kurang. Simak review lengkap MailterLite di sini

Sedangkan untuk harga berlangganan MailterLite bervariasi mulai dari USD 10/bulan hingga USD 75/bulan. Tersedia juga versi gratisnya.

13. ActiveCampaign 

Dashboard - activecampaign

ActiveCampaign menjadi platform yang kuat untuk membuat dan mengelola email marketing yang efektif dan disesuaikan kebutuhan Anda. Selain fitur otomatisasinya, fitur drag and drop yang fleksibel untuk membuat desain email disukai para penggunanya. 

Meski disukai namun fitur otomatisasinya dinilai terlalu kompleks untuk pemula. Begitupun untuk mengedit beberapa tombol yang membuat beberapa pengguna harus bolak balik ke menu awal.

ActiveCampaign menawarkan Paket Starter mulai dari USD 9/bulan dengan beberapa pilihan paket untuk perusahaan besar. Simak review lengkapnya di sini.

14. Constant Contact

Constant Contact email marketing

Integrasi yang banyak menjadi daya tarik untuk Constant Contact yang dapat digunakan di berbagai macam platform termasuk Facebook, Twitter dan WordPress. Constant Contact juga memiliki sejumlah besar template responsif beserta fitur drag and drop. 

Dengan banyaknya keunggulan, beberapa review menyebutkan layanan dukungan konsumen Constant Contact kurang responsif. Dari sisi pembuatan konten juga menuai kritikan karena kurang bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna.

Untuk paket berlangganan Constant Contact terdiri dari dua opsi yaitu USD 9.99/bulan dan USD 45/bulan serta tersedia masa uji coba gratis 7 hari.

15. SendPulse

Dashboard - sendpulse

SendPulse menawarkan berbagai pengaturan otomatis dan pengiriman email yang cepat. Dukungan mobile iOS dan Android milik mereka juga memikat yang mudah dipantau. Berbagai alat pemantauan dan analitik milik SendPulse menambah alasan pengguna untuk setia memakai email marketing tools ini.

Meski begitu antarmuka-nya dinilai cukup rumit dan pengguna tidak bisa membuat desain email dengan fleksibel. Harga berlangganan SendPulse dihitung berdasarkan paket yang diambil dan kuota pengiriman email. Ada pilihan harga USD 8/bulan untuk 500 email.

16. AWeber

Dashboard - AWeber

Sebagai software email marketing, AWeber memiliki fitur yang lengkap dan terintegrasi dengan banyak platform serta mobile friendly. Anda dapat membuat beberapa campaign email dengan template yang dikostumisasi dengan mudah. Pengguna menyukai email marketing tools satu ini karena memiliki fitur analisis penjualan terintegrasi ke PayPal.

Beberapa review menyayangkan fitur spam dan design testing mereka yang kurang canggih. Biaya berlangganannya juga termasuk mahal dengan perincian yang kurang jelas.

Untuk paket berlangganan ada yang gratis dan yang berbayar mulai dari USD 20/bulan untuk kuota pengiriman 500 email.

17. Moosend

Dashboard - moosend

Moosend memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif yang memudahkan pengguna baru. Mereka juga memiliki fitur pemantauan konversi untuk Anda melacak konversi dengan mudah melalui konfigurasi yang sederhana. 

Sayangnya Moosend memiliki fitur pembuatan landing page yang dikeluhkan kurang memuaskan dan pilihan bahasa yang terbatas. Selain itu plugin WordPress-nya juga kurang up to date.

Moosend memiliki masa uji coba gratis 30 hari untuk mencoba semua fiturnya. Sedangkan Harga paketnya dimulai dari USD 10/bulan untuk versi Pro.

18. Omnisend

Omnisend email marketing

Omnisend memiliki sejumlah fitur unggulan yang memudahkan untuk mengirim email marketing serta berbagai macam kontennya seperti SMS, push notification dan chatbot. Memberikan analisis data yang komprehensif dan terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce. 

Namun beberapa review mengatakan bahwa menavigasikan Omnisend tidak mudah bagi pemula sehingga beberapa fitur tidak bisa digunakan dengan maksimal. Begitupun dengan pop up form untuk newsletter yang terbatas.

Untuk harga Omnisend bervariasi dari USD 16 hingga USD 1.000/bulan sesuai dengan kebutuhan. Tersedia juga versi gratis meski terbatas 500 email per bulan namun jumlah kontak tidak terbatas.

19. Zoho Campaigns 

Dashboard - zoho campaign

Zoho Campaigns memikat penggunanya karena memberikan kontrol penuh atas campaign marketing mereka. Ketersediaan alat pengoptimalan tingkat konversi, integrasi dengan aplikasi analytic dan e-commerce serta pembuatan newsletter yang menarik. Pentingnya newsletter untuk menunjang campaign bisnis Anda juga tidak bisa disepelekan lho!

Namun beberapa review mengeluhkan kesulitan menavigasikan email marketing tools satu ini karena begitu kompleks, tidak seperti HubSpot atau Pipedrive. 

Harga berlangganan Zoho Campaigns tersedia mulai dari USD 5/bulan serta tersedia versi gratis yang terbatas dengan kuota 5 ribu kontak.

20. Campaign Monitor

Campaign Monitor email marketing template

Campaign Monitor disukai karena simpel dan mudah digunakan dengan berbagai pilihan fitur dan template. Mendukung pengiriman melalui berbagai platform seperti Gmail, Outlook, dan iOS serta performa emailnya bisa diukur secara real-time.

Campaign Monitor menawarkan paket berlangganan mulai dari USD 9/bulan untuk 500 kontak dan paket harga lebih mahal untuk jumlah kontak lebih banyak.

21. Keap 

Dashboard - keap

Keap memikat bagi yang mencari email marketing tools yang memungkinkan Anda membuat daftar kontak yang beragam dan mengirimkan pesan email yang tepat dengan cepat. Keap menawarkan fitur CRM, otomatisasi marketing, landing page dan laporan yang terbilang komplit untuk bisnis kecil menengah (UMKM).

Namun Keap dikeluhkan memiliki harga berlangganan terbilang tinggi untuk level UMKM dengan kuota email yang sedikit. Harga yang ditawarkan Keap mulai dari USD 20/bulan tergantung pada jumlah fitur yang Anda butuhkan.

22. Campayn

Campayn Email Marketing

Campayn memiliki antarmuka yang mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. Sebagai email marketing tools, Campayn juga menyediakan lebih dari 200 template yang responsif dan dapat dikustomisasi. Menariknya, mereka memiliki fitur kontrol akses yang memungkinkan pengguna untuk mengatur hak akses untuk setiap pengguna yang terdaftar.

Harga yang ditawarkan Campayn ada tiga paket berbeda  yaitu Basic (USD 9/bulan), Plus (USD 29/bulan) dan Pro (USD 99/bulan).

23. EasySendy 

EasySendy email marketing interface

EasySendy memiliki fitur segmentasi yang kuat untuk mendukung campaign email marketing Anda. Memungkinkan Anda mengelola dan mengirimkan kampanye email secara efektif menggunakan fitur otomatisasi dan pilihan template menarik. Kekurangan EasySendy adalah fitur pemantauan kinerja dan laporannya masih terbatas. Begitupun dengan pilihan bahasa yang terbatas.

Harga EasySendy menawarkan tiga paket harga yang berbeda, mulai dari USD 19/bulan untuk 5.000 subscriber. Tersedia juga versi gratis hingga 2.000 subscriber dan email unlimited email per bulan.

24. Moonmail 

Dashboard - moon mail

Moonmail memungkinkan Anda mengelola dan mengatur konten email dengan mudah dan terintegrasi API yang kuat. Laporan dan analisisnya  untuk memonitor tingkat klik dari campaign email Anda juga bisa didapatkan dengan terperinci. Sayangnya fitur segmentasi Moonmail masih kurang.

Paket yang ditawarkan Moonmail ada 4 jenis yang dimulai dari USD 44/bulan. Semua paket memiliki kelipatan harga untuk jumlah kontak tertentu.

25. SendX

Dashboard - sendX

SendX memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan oleh pemula. Masih ada fitur  segmentasi, integrasi dengan layanan lain, drag and drop untuk membuat email yang responsif,  otomatisasi serta team support yang dapat diandalkan membuat SendX patut dipertimbangkan. Sayangnya kontrol spam lemah.

SendX menawarkan tiga paket harga yang berbeda, mulai dari USD 9,99/bulan untuk paket Starter. Paket gratis juga tersedia untuk penggunaan hingga 2.000 penerima.

Simpulan: Manakah Email Marketing Tools Terbaik?

Demikian 25 email marketing tools rekomendasi kami yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat strategi pemasaran digital bisnis. Email marketing tools ini dapat Anda gunakan untuk mengirimkan penawaran terbaik dan aktivitas promosi produk-produk Anda. Sebelum berlangganan software email marketing ini, pertimbangkanlah  keunggulan, kelemahan dan harga tiap software tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan serta budget bisnis Anda.

Jika Anda benar-benar seorang pemula, maka akan saya sarankan untuk menggunakan MailChimp terlebih dahulu untuk mengetahui flow email dan cara membuat email dengan sistem no code atau hanya lewat drag and drop saja. Jika Anda sudah lumayan jago untuk membuat email lewat template yang ditawarkan MailChimp, Anda pasti akan familiar dengan email marketing tools lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan menambah fitur-fitur tertentu yang tidak ditawarkan oleh MailChimp.

Sebagai contoh, saat saya bekerja di dunia e-commerce industri hospitality, saya mulai dengan versi MailChimp gratis. Namun, saat bekerja di perusahaan besar yang bisnisnya B2B, saya menggunakan Keap (Infusionsoft) karena fitur mereka lebih cocok. Tapi saat saya harus menangani start up retail B2C, saya dan tim memutuskan ActiveCampaign lebih cocok dari segi fitur dan harga ketimbang Keap yang mahal dan banyak fitur yang terlalu kompleks (yang belum tentu kami gunakan). Namun, untuk marketingonline.id sendiri, saat ini saya menggunakan SendinBlue untuk database klien dan propek.

Intinya, NO one size fits all ya. Anda harus menuliskan terlebih dahulu fitur-fitur yang Anda butuhkan, lalu cek dari 25 email marketing tools di atas. Apakakah mereka menawarkan fitur tersebut? Dan apakah sesuai dengan budget marketing Anda?

Dari 25 rekomendasi kami, manakah email marketing tools yang menarik perhatian Anda? Yuk simak terus Marketing Online agar Anda tidak ketinggalan info dan tips digital marketing lainnya!

Penulis: Murti Rahayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *