Database Customer: Template Gratis dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Database Customer template

Last Updated on November 16, 2023 by Monika Tanaya

Apapun bisnis yang Anda jalani sekarang atau di kemudian hari, kepuasan pelanggan adalah yang utama. Namun, untuk mengenal pelanggan atau customer Anda lebih dekat, dibutuhkan beberapa data yang perlu dikumpulkan dan dianalisis untuk evaluasi dan pelayanan yang lebih baik ke depannya. Maka dari itu, database customer menjadi hal penting yang harus Anda pahami sebagai pemilik bisnis. 

Jika Anda belum familiar dengan istilah ini, Marketing Online Indonesia akan membantu menjelaskannya secara singkat dengan sekaligus menyertakan database customer template gratisnya!

Apa itu Database Customer?

Database customer adalah kumpulan data pribadi customer/pelanggan (nama, nomor telepon, email, alamat, dsb) yang dibutuhkan untuk kepentingan marketing perusahaan (promosi, newsletter, dsb).

Biasanya database customer disimpan di software customer relationship management agar bisa diakses dimanapun secara real-time. Jika ini pertama kali Anda mendengar istilah CRM atau Customer Relationship Management, Anda bisa memeriksa dan mempelajari Panduan Customer Relationship Management (CRM) untuk bisnis dan rekomendasi kumpulan CRM software terbaik untuk bisnis Anda.

Mengapa Database Customer atau Pelanggan Penting bagi Perusahaan?

Database customer form template

Bermodalkan database customer, perusahaan dapat menargetkan produk yang dimilikinya sesuai dengan kebutuhan target audiensnya. Mengapa? Karena customer atau pelanggan adalah aset bisnis yang tidak ternilai dan berpotensi memberikan loyalitas mereka terhadap produk bisnis Anda.

Manfaat Database Customer bagi Perusahaan

  • Perusahaan jadi lebih mengetahui target marketnya melalui data-data yang terkumpul dan kemudian dianalisis lebih mendalam.
  • Perusahaan mampu menerapkan strategi penjualan dan marketing yang tepat berdasarkan demografi yang didapat dari database customer/pelanggan.
  • Mempermudah perusahaan untuk membuat daftar hitam tentang customer/pelanggan yang memiliki masalah ketika melakukan transaksi atau merupakan pembeli yang tidak serius (fake customer).
  • Data seperti nomor telepon, media sosial, dan email bisa menjadi sarana komunikasi dan marketing perusahaan kepada customer setia.

Cara Mengumpulkan Database Customer

  • Setiap menyelesaikan transaksi, tim penjualan dapat menyuguhkan kuesioner dengan kolom data diri kepada customer.
  • Memintanya secara langsung kepada pelanggan.
  • Mengadakan event dan menyediakan daftar pengunjung yang harus diisi dengan data diri customer.
  • Melakukan riset.
  • Mengirimkan email marketing.
  • Menawarkan promo spesial lewat aplikasi dengan registrasi terlebih dahulu.

Database Customer (Pelanggan) Template Gratis dari Marketing Online Indonesia

Kami tahu bahwa Anda disibukkan oleh rencana bisnis, produk, atau layanan perusahaan Anda. Maka dari itu, Marketing Online Indonesia menyediakan template database customer (pelanggan) gratis dan siap pakai untuk Anda:

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membuat database customer (pelanggan) perusahaan Anda!

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *