Last Updated on November 16, 2023 by Monika Tanaya
Pemilik bisnis dan perusahaan, baik yang baru memulai atau sudah lama berdiri, pasti selalu berusaha untuk memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi para customer/pelanggannya. Namun, ada beberapa faktor internal maupun eksternal yang terkadang membuat bisnis Anda mendapatkan complain dari beberapa pelanggan.
Complain pelanggan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Maka dari itu, Marketing Online Indonesia menyediakan complain form template gratis dan siap pakai untuk Anda!
Definisi Complain Form
Berdasarkan artinya, complain form adalah formulir atau dokumen yang berisi keluhan dari pelanggan. Keluhan ini juga biasa dikenal dengan istilah feedback dari customer.
Biasanya, keluhan pelanggan bisa terjadi karena ada ketidakpuasan dari segi produk yang mereka beli atau pelayanan jasa yang mereka terima. Oleh karena itu, keluhan pelanggan merupakan salah satu masalah serius yang harus diselesaikan secepatnya oleh pemilik bisnis atau perusahaan.
Baca juga:
Mengapa Complain Form Penting bagi Perusahaan?
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keluhan pelanggan merupakan masalah yang serius bagi perusahaan karena itu tandanya produk atau jasa yang ditawarkan belum memenuhi ekspektasi dan kepuasan pelanggan.
Jika tidak diatasi dengan baik, maka akibat yang dapat dirasakan perusahaan adalah sebagai berikut:
- Menurunnya tingkat kepercayaan pelanggan, baik kepada produk atau jasa yang ditawarkan dan perusahaan itu sendiri.
- Kekecewaan pelanggan meningkat dan bisa mempengaruhi opini publik terhadap citra perusahaan.
- Pelanggan yang tidak puas mengakibatkan menurunnya angka penjualan produk atau jasa sehingga merugikan perusahaan.
- Pelanggan enggan untuk mencoba atau membeli produk yang dikeluarkan oleh perusahaan terkait.
3 Manfaat Keluhan Pelanggan bagi Perusahaan
Walaupun menyebabkan kerugian, keluhan pelanggan memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan, yaitu:
- Perusahaan mengetahui kekurangan apa saja yang masih harus diperbaiki dalam produk, jasa, maupun sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan tersebut.
- Complain pelanggan bisa menjadi bahan evaluasi dalam rapat agar bisa menjadi perusahaan yang lebih baik lagi ke depannya.
- Apabila ditangani dengan baik, perusahaan mampu mengembalikan kepercayaan pelanggan sekaligus meningkatkan kepercayaan mereka kembali setelah meningkatkan kualitas produk dan layanannya.
5 Cara Mengatasi Keluhan Pelanggan dengan Baik
- Karyawan atau tim yang berhadapan langsung dengan pelanggan harus bisa menerima complain atau keluhan dengan baik dan sabar.
- Pastikan untuk menyampaikan kata maaf yang tulus kepada pelanggan yang kurang puas tersebut.
- Komunikasikan niat baik dari perusahaan dengan menawarkan solusi nyata.
- Tuntaskan keluhan pelanggan dengan cepat dan tepat.
- Jika diperlukan, beri pelanggan tersebut diskon atau penawaran spesial lainnya sebagai bentuk permintaan maaf dari perusahaan.
Complain Form Template Gratis dari Marketing Online Indonesia
Kami tahu bahwa Anda disibukkan oleh rencana bisnis, produk, atau layanan perusahaan Anda. Maka dari itu, Marketing Online Indonesia menyediakan template complain form gratis dan siap pakai untuk Anda:
Semoga artikel ini bermanfaat dan perusahaan Anda terbantu dengan complain form ini untuk menanggulangi keluhan pelanggan.
TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.
Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.
Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.
Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!