10 Metrik dan 6 Tools Penting untuk Mengukur Performa Instagram

10 metrics dan 6 Analytic tools to check Instagram Performance

Last Updated on Agustus 6, 2023 by Monika Tanaya

Mengukur kinerja atau keberhasilan startegi marketing adalah hal yang paling penting ketika Anda melakukan kampanye. Apapun media dan saluran marketing Anda, mengukur keberhasilan dan performa kampanye dan seluruh kegiatan marketing perlu dilakukan. Mengukur tingkat keberhasilan kegiatan marketing dapat membantu Anda dan tim untuk melakukan evaluasi secara keseluruhan apakah strategi marketing Anda berhasil atau Anda perlu melakukan perbaikan di berbagai aspek.

Lewat artikel kali ini, saya akan mencoba menjabari 10 metrik yang penting untuk mengukur keberhasilan strategi pemasaran Anda lewat Instagram. Apakah Anda siap? Yuk, langsung kita bahas satu per satu!

1. Engagement (Keterlibatan)

Metrik keterlibatan atau engagement memberi tahu Anda bahwa konten Anda sifatnya relevan dengan pengikut Anda. Semakin tinggi metrik engagement ini, makan konten Anda sangat relevan. Dan ini berlaku sebaliknya. Jika Anda memiliki banyak follower (pengikut) namun tingkat keterlibatannya sangat rendah, maka konten Anda tersebut tidak relevan dengan para pengikut Anda.

Cara menghitung tingkat keterlibatan (engagement):

Rata-rata keterlibatan di semua postingan: [Interaksi di postingan ÷ jumlah pengikut total (atau view) ✕ 100]

Metrik engagement atau metrik untuk megukur tingakat keterlibatan ini adalah metrik dasar (dan yang paling terbaik) untuk mengevaluasi seberapa baik konten Anda beresonansi dengan audiens.

Yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat engagement biasanya akan mengalami penurunan jika Anda mendapatkan lebih banyak pengikut.

2. Reach (Jangkauan)

Metrik jangkauan (reach) bertujuan memberi tahu Anda mengenai seberapa banyak orang (atau akun unik) yang melihat konten Anda. Nomor jangkauan (reach) biasanya sudah disediakan di dalam laporan Instagram Insights. Jadi, metrik jangkauan ini tidak perlu dihitung secara manual.

Apa bedanya reach (jangkauan) dan view (tayangan)?

Sampai di sini, kadang ada beberapa yang masih bingung dengan perbedaan reach dan view. Jangan kuatir, bukan hanya Anda yang bingung, orang lain pun kerap kebingungan jika ditanya perbedaannya.

Jumlah jangkauan (reach) di Instagram menunjukkan angka tampilan sebenarnya dari konten Anda. Jadi, orang -orang (akun-akun) ini sekadar melihat konten Anda terdisplay di layar mereka. Sedangkan jumlah view (tayangan) artinya konten Anda sudah ditayangkan dan dilihat oleh orang-orang tersebut (ada faktor keterlibatan di dalamnya).

Jangkauan organik Anda terkadang memang terkait dengan jumlah pengikut yang Anda miliki, tapi tidak jarang juga reach postingan Anda dipengaruhi oleh seberapa menarik konten Anda. Semakin menarik konten Anda, semakin banyak orang akan melihatnya (di sinilah kita dapat mengetahui bagaimana algoritma Instagram bekerja).

3. Pertumbuhan Follower (Pengikut)

Metrik pertumbuhan follower dapat memberitahu Anda apakah Anda sudah memiliki strategi marketing yang tepat untuk Instagram Anda.

Cara menghitung tingkat pertumbuhan pengikut:

Jumlah pengikut yang diperoleh ÷ jumlah pengikut sebelumnya ✕ 100

Saat mengevaluasi jumlah pengikut Instagram yang bertambah (atau menyusut), Anda perlu mengingat konteks penting (kegiatan promosi atau Instagram Ads), terutama jika Anda mengalami lonjakan atau penurunan follower secara random.

Pastikan untuk mengukur jumlah pengikut Anda dari waktu ke waktu dan mengingat konteks di atas sehingga Anda tahu persis apa yang berkontribusi pada jumlah yang terus bertambah.

Idealnya, Anda harusnya melihat pertumbuhan yang berkelanjutan dan bertahap dari waktu ke waktu, yang menunjukkan bahwa orang-orang menyukai apa yang mereka lihat dari konten Anda.

Selain itu, memahami strategi apa yang berfungsi atau tidak juga sangat penting dalam konteks strategi pemasaran Instagram Anda secara keseluruhan.

Dan perlu diingat bahwa metrik pertumbuhan follower dan banyaknya follower ini pada akhirnya akan memengaruhi metrik Instagram lainnya seperti, reach, view hingga metrik keterlibatan. Jadi Anda harus dapat menaikkan follower di akun instagram Anda, baik menaikkan follower Instagram secara organik atau juga menggunakan Instagram Automation software.

4. Instagram Story

Salah satu komponen terpenting untuk strategi pemasaran Instagram saat ini adalah menggunakan teknik storytelling lewat fitur Instagram stories.

Metrik Instagram story ini berguna untuk memberi tahu Anda seberapa populer dan menarik postingan story Instagram Anda. Metrik yang harus Anda perhatikan adalah Story Engagement (Keterlibatan Story) dan Navigational action counts (Tindakan Navigasi).

Story Engagement

Cara menghitung keterlibatan Stories:
Total tindakan ÷ Total jangkauan X 100

Untuk mengukur keterlibatan di Instagram Stories, Anda sebaiknya menambahkan juga jumlah reply (balasan), jumlah kunjungan di profil (visit), dan jumlah klik pada mention Anda (sticker taps) yang Anda peroleh.


Tindakan Navigasi

Sementara itu, Instagram Stories adalah salah satu fitur sosial media dimana para marketers dapat memeriksa feedback yang sifatnya negatif. Dan perlu diketahui bahwa feedback negatif ini sangat berguna bagi input strategi Instagram Anda untuk kampanye berikutnya.

Berikut beberapa tindakan navigasi untuk mengukur performa Anda di Instagram story;

  • Back / Kembali – Artinya mereka mengulang story sebelumnya. (Apakah Anda mungkin terlalu cepat dalam menyampaikan hal? Apakah penggunaan bahasa Anda kurang dipahami Audiens?)
  • Forward / Maju – Artinya mereka melewati atau men-skip konten story Anda. (Apakah story Anda membosankan? Atau konten Anda kurang relevan?)
  • Next story/ Story selanjutnya – Artinya mereka melewati Anda lagi menuju story user lainnya. (Apakah mungkin konten Anda sangat membosankan?)
  • Exit / Keluar – Artinya mereka keluar dari Instagram setelah melihat story Anda.

5. Instagram Saving

Fitur Instagram save adalah fitur yang relatif baru dan jelas merupakan salah satu metrik yang berguna untuk dilacak oleh para brand saat ini. Fitur Instagram save ini memungkinkan user untuk mengumpulkan dan menyimpan postingan konten untuk dilihat lagi nanti. Caranya cukup dengan mengetuk ikon “bookmark” di sudut kanan bawah postingan Instagram.

Instagram save ini adalah sinyal utama untuk algoritme Instagram. Lewat proses penyimpanan yang dilakukan user, algoritma Instagram akan mengetahui konten mana yang diminati tiap user berdasarkan konten yang mereka simpan. Dengan melacak jumlah penyimpanan yang diterima postingan Anda dari waktu ke waktu, Anda dapat memahami konten apa yang diminati oleh audiens Anda. Anda dapat memeriksa jumlah save ini di Instagram Insights Anda.

6. Jumlah trafik

Ada banyak cara untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dari Instagram. Salah satunya adalah dengan menggunakan tautan link dari bio Anda. Cara lainnya adalah dengan metode “Swipe Up” di Instagram Story. Akan tetapi aturannya adalah Anda harus memiliki follower dengan jumlah minimal 10K untuk bisa “Swipe Up”.

Dengan Instagram Insights, Anda dapat memantau berapa banyak jumlah klik pada link tautan yang Anda dapatkan dari akun Anda.

Terdapat tiga tempat utama untuk mengukur lalu lintas situs website dari Instagram:

  • Lacak jumlah orang yang mengikuti tautan di bio Anda;
  • Lacak jumlah orang yang “Swipe Up” di Instagram Stories;
  • Gunakan parameter UTM di link tautan Anda. (Parameter UTM dapat menangkap data dari siapa saja yang menyalin / menempel tautan ke browser mereka, mengirim pesan ke teman, atau dirujuk oleh influencer.)

7. Waktu terbaik untuk memposting

Menemukan waktu terbaik untuk mem-publish postingan adalah cara yang baik untuk menjangkau audiens Anda. Waktu terbaik ini adalah waktu dimana audiens Anda online di Instagram dan kemungkinan besar melihat konten Anda.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana untuk menemukan waktu terbaik, Anda dapat membaca cara mengetahui waktu terbaik untuk posting di Instagram.

8. Performa Hashtag

Metode pencarian di Instagram masih menggunakan Hashtag atau tagar. Menggunakan hashtag yang tepat adalah cara termurah dan efisien untuk menarik audiens tertentu. Analisis performa hashtag dapat membantu Anda mengembangkan hashtag yang relevan. Selain itu juga membantu Anda mampu secara konsisten menampilkan konten Anda ke audiens baru lainnya.

9. Rasio Klik-Tayang (Click-View) – Metrik Iklan Instagram

Angka ini mengukur keefektifan iklan dalam mendapatkan perhatian audiens yang ditargetkan. TJika angkanya cukup rendah berarti Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah ajakan bertindak (CTA) Anda cukup menarik.

Cara menghitung rasio klik-tayang iklan:

(Klik ÷ Tayangan x 100)

10. Konversi / Penjualan

Untuk banyak brand e-commerce, B2C, dan B2B, angka konversi biasanya adalah tujuan akhir kampaye. Anda ingin menjual produk Anda, mendaftar prospek baru, atau mendapatkan alamat email. Pastikan halaman arahan (landing page) Instagram Anda selaras dengan iklan yang mengarahkan audiens Anda ke sana.

Dan jika Anda memasukkan anggaran ke dalam kampanye berbayar (paid ads), pastikan untuk melacak hasilnya dengan Anda menggunakan Tools untuk menganalisis perfoma Instagram.

6 Instagram Analytics Tools Terbaik

Instagram analytics tools adalah tool atau software yang digunakan untuk menganalisis metrik Instagram dan memeriksa performa akun bisnis Instagram Anda secara keseluruhan.

Melacak analitik Instagram adalah cara setiap orang mendapatkan data metrik yang mereka butuhkan untuk mengukur performa akun mereka. Mulai dari mikro-influencer hingga merek global ternama.

Baca Juga: Cara Menemukan Influencer Lewat Influencer Marketing Platform

Alat analisis ini menunjukkan kepada Anda mana dari tujuan media sosial Anda yang layak untuk difokuskan (dan mana yang tidak), serta memberikan data yang Anda butuhkan untuk membuktikan ROI Anda di Instagram. Apakah tujuan kampanye berhasil atau gagal?

Ada berbagai macam alat analisis Instagram di luar sana. Berikut adalah beberapa tools populer dan terbaik untuk membantu brand Anda sukses di Instagram.

1. Instagram Insights

Instagram Insights adalah analitik bawaan Instagram. Instagram Insights ini gratis dan laporannya mudah dipahami, dan pastinya menunjukkan performa konten Anda saat ini. Instagram Insights akan menunjukkan demografi audiens Anda, kapan mereka online, Apa yang mereka klik (profil Anda? Situs Anda?), Dan konten mana yang mereka sukai (postingan mana yang mendapatkan banyak likes? Postingan mana yang mendapatkan banyak komentar?).

2. Hootsuite

Meskipun Anda mungkin mengenal Hootsuite sebagai alat penjadwalan otomatis untuk akun sosial media, Hootsuite ini menawarkan alat analitik yang kuat lebih dari analitik Instagram Insights.

Perlu dicatat, sebagiSebagai catatan, ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh dasbor Analisis Hootsuite lebih dari sekadar Wawasan Instagram dasar
menampilkan data dari

  • Menunjukkan data akun dari periode yang lalu;
  • Membandingkan metrik selama periode waktu tertentu untuk mendapatkan perspektif historis;
  • Membuat laporan yang dapat disesuaikan (customize);
  • Melihat kinerja pos tertentu menggunakan metrik pilihan Anda;
  • Memantau waktu respons akun Anda saat sedang melayani customer;
  • Memberi peringkat pada komentar Instagram berdasarkan sentimen (baik positif dan negatif).

3. SproutSocial

Rangkaian analisis Instagram SproutSocial dapat membantu Anda mengukur dan menyempurnakan strategi media sosial Anda, termasuk Instagram. Anda dapat melacak kinerja postingan, tren penggunaan hashtag, keterlibatan audiens, dan bahkan data pesaing (kompetitor) Anda.

Laporan analitik Instagram SproutSocial menjangkau data jaringan, profil, dan termasuk kinerja tim dan kampanye. Tool SproutSocial memiliki fitur pelaporan Instagram yang fleksibel, sehingga Anda dapat menyesuaikan laporan Anda dengan memilih sejumlah profil dan mengatur periode pelaporan tertentu.

4. Later

Later adalah tool analitik Instagram yang membantu Anda meningkatkan keterlibatan Anda, mengoptimalkan konten stories Anda, mengarahkan dan menaikkan trafik, serta banyak hal lainnya. Dengan menggunakan Later, Anda dan tim Anda dapat secara otomatis mendapatkan Insights yang Anda butuhkan dari aplikasi Instagram, ditambah analitik tambahan untuk menghitung tingkat keterlibatan, waktu terbaik untuk memposting, dan juga menguji berbagai jenis konten.

5. Keyhole

Keyhole memposisikan dirinya sebagai tools untuk “melacak percakapan,” yang berarti bahwa alat ini mengkhususkan diri dalam melacak hashtag dan kata kunci tertentu. Keyhole berguna untuk melacak promosi, hashtag brand (branded hahstag), dan kontes di Instagram secara real-time.

6. Iconosquare

Anda juga bisa mengaudit Instagram Anda dengan Iconosquare. Iconosquare akan menunjukkan kepada Anda di aspek mana Anda unggul, dan memberikan tips tentang cara meningkatkan akun Anda secara spesifik. Cara kerja tool ini adalah dengan menilai postingan Anda selama 30 hari terakhir dan melihat profil Anda secara keseluruhan. Iconosquare juga menawarkan uji coba gratis untuk paket premium mereka. Anda akan mendapatkan semua laporan metrik standard seperti tingkat keterlibatan, statistik pengikut, data stories, danlain-lain.

Kesimpulan

Menentukan metrik mana yang tepat dan mencari tools analitik untuk mengukur performa Instagram Anda memang sedikit challenging. Namun sebaiknya Anda kembali melihat tujuan kampanye Anda di Instagram untuk menilai mana metrik yang sesuai untuk menjadi indikator keberhasilan aktivitas tersebut. Selain menghitung metrik secara manual, atau lewat fitur analitik bawaan Instagram Anda, Anda juga dapat menggunakan 5 tools lainnya untuk mengukur performa analitik Instagram brand Anda.

TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA! 🙏 Saya sangat senang bisa menyempatkan waktu di tengah kesibukan yang padat untuk membuat tutorial dan konten tentang digital marketing dan SEO—waktu yang sejujurnya sangat sulit saya temukan.

Membuat konten seperti ini seringkali tidak memungkinkan saya untuk menautkan ke afiliasi atau memonetisasinya jadi akan sangat berarti bagi saya dan Tim jika Anda bisa meninggalkan komentar di postingan saya sebagai respon terhadap artikel ini.

Alternatif lainnya, Anda dapat memberikan review bintang lima ⭐⭐⭐⭐⭐ untuk halaman Google Bisnisku Marketing Online Indonesia.

Sekali lagi, terima kasih banyak atas dukungannya, dan saya berharap semua bisnis yang Anda jalankan saat ini berjalan dengan baik dan dalam penyertaan yang Maha Kuasa. Salam sukses untuk Anda semua!

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *